Giveaway "Review-Kritik Novel" DL 11 Mei 2013

Tuesday, 23 April 2013

Giveaway "Review-Kritik Novel" DL 11 Mei 2013


Hai, Blogiest, kali ini aku bakal ngeritik, muji, ngulas, ngeletekhi, nge-ngapain aja sama dua cover buku yang ada di bawah ini:



Okey mungkin aku akan bahas Tanpamu aku jatuh dulu.
Judul: Tanpamu Aku Jatuh
Penulis: Syamsi M Jafar
Penerbit: Divapress

Dari fisik, simple. Pohon yang gersang banget tanpa daun. Hanya ada burung yang bertengger. Jadi bisa kutafsirkan sesaat bahwa penceritaannya ibarat pohon yang mungkin tanpa matahari untuk beregenerasi, berfotosintesis, lalu berbuah. Melainkan layu, mengering, meranggas dan JATUH!

Ditambah lagi ada anak judul: "Ada Wanita Hebat di Balik Lelaki Hebat". Lalu aku menafsir kembali, Pasti yang menjadi DAUN adalah lelaki, dan yang menjadi MATAHARI adalah wanita. Dan aku yakin di sini tokoh umatanya pasti LELAKI. Jelas sekali dari anak Judulnya, bukan?

Lalu mulai muncul penasaran. Ini buku menceritakan tentang apa sih?
Akhirnya aku search sinopsis.
“Kamila, siapa pun engkau, aku tak akan mendustai cintaku padamu. Kamu tetap istriku dan tak akan kunodai kesetiaanku.”
***
Mapan. Tampan. Setia. Itulah segala image yang melekat pada diri Fandi Bachtiar. Tak heran, banyak wanita terpikat kepadanya. Namun, badai datang dan mengguncang batinnya kala Fandi mendapati kenyataan sang istri telah pergi meninggalkannya tanpa pamit dengan membawa serta buah hati mereka.
Fandi sontak limbung. Penopang hidupnya hilang sudah. Berbekal kesetiaan dan kesabaran, ia berusaha menarik kembali hati istrinya. Sayang, tak semudah itu Fandi mendapatkan kembali kebahagiaannya. Ketika sang istri telah kembali ke pelukan, Fandi harus kembali kehilangan. Namun kali ini, untuk selama-lamanya.
Mampukah Fandi menghadapi lika-liku kehidupan tanpa sang istri? Bagaimana ia mempertahankan cinta dan kesetiaannya yang selalu diuji dengan kehadiran wanita-wanita cantik di setiap hari-harinya?
Sebuah kisah tentang cinta. Bahwa cinta tidak hanya cukup hanya dengan kesetiaan. Cinta juga membutuhkan sebuah usaha, komitmen untuk membuat sebuah hubungan kokoh tanpa goyah.Selamat membaca!
“Untuk apa aku harus hidup lebih lama kalau hanya menyandang nestapa begini? Tak lagi ada tambatan hati. Tak ada lagi harapan. Hati ini kering kerontang. Apa yang kucari di dunia ini selain cintamu?”

Akhirnya terjawab, si 'daun' itu bernama Fandi Bachtiar dan si 'matahari' itu adalah Kamila. Ceritanya menarik, sebab moral view yang selalu ingin di dapat penulis. Ada hal yang menarik, bagaimana Fandi mendapatkan kembali kebahagiaannya. Lalu ketika sudah didapat, maka harus kehilangan lagi. Terutama tentang ketidak pamitan istri kepada suaminya itu juga perlu terjawab.

Cerita klasik, tetapi cukup jarang diulas dalam konteks percintaan yang lebih dewasa alias berkeluarga. Plusnya novel ini ada hal tersebut. Mungkin untuk aku kurang suka, karena genrenya lebih berat dari remaja. Harapanku sih meski bacaannya genre cinta keluarga, tapi akan lebih plus lagi jika penceritaannya meremaja dan mudah dicerna. Tapi aku yakin, Novel ini lolos dalam hal gaya penceritaan yang mudah dicerna. Sebab kebanyakan terbitan Divapress adalah yang tidak berbelit-belit dan easy reading. ^^

Over all, saya suka ide klasik but nonmainstream. Jika kurating, 3/5 Stars for Syamsi M Jafar. 

-&-


Lalu novel kedua, Jangan Panggil Aku Kitty.
Jelas dan saaaaangat jelas sekali Novel ini lah yang sangan menarikku untuk memiliki, mencari tahu, menelisik, dan mengulik-ngulik isinya.
Judul: Jangan Panggil Aku Kitty
Penulis: Samsaimo Paramina
Penerbit: Divapress

Dari fisik -- lagi-lagi fisik yang menarik pembaca pertama kali --, sudah sangat menggelitikku sebab ada unsur 'KITTY' di judulnya. Ya, kucing memang hewan termulia, peliharaan Nabi kesukaanku. Belum lagi kucingnya hitam legam. Selai suka kucing putih bertotol hitam, aku juga sangat menyukai kucing hitam legam dan polos.
Wajah si Kitty --ups, karena masih belum terjawab kamu maunya dipanggil apa, aku panggil kamu kitty untuk sementara ya, Kit--, sangat memelas dan seperti memohon. Atau lebih ke tersiksa batin sebab dipanggil Kitty?

Sangat jelas, Kitty itu perempuan. akhiran nama -ty biasa dipakai untuk gender wanita. dan unsur polkadot pink menjadi background juga identik dengan wanita yang lembut. Lalu Buku ini menceritakan apa sih? Mari kita lihat anak judul yang dipakai.

"Cinta Tanpa Batas Dunia". Apa maksudnya? Ini cerita apa? Manusia yang punya kucing lalu keliling dunia mencari cinta? Atau cerita Fantasi seekor kucing yang sedang jatuh cinta lalu keliling dunia untuk cari cinta? Masih belum terjawab. Maka aku lihat sebuah paragraf pendek yang disemat di covernya.

"Aku diberi nama Kitty oleh Mbak Danik. Kukira itu nama kucing kecil yang imut dan cocok ketika aku keci. Tapi kini aku sudah dewasa dan tidak lucu lagi di mata manusia."

Persepsi pembaca yang belum buka halaman pertama seperti aku hanya bisa menebak, Ini cerita Fantasi semi fabel. Ah apalah sebutannya. Yang jelas ada Manusia dan Hewan di dalam sana. Lalu Aku semakin tertarik. Memangnya kenapa kalau nama kamu Kitty?? Something wrong with that name?

Lalu karena aku semakin penasaran, aku cari sinopsisnya. Ini dia:


“Sekarang, aku bukan milik siapa-siapa. Kuhirup udara kebebasan, begitu segar aromanya. Kapan aku harus pergi, berdiam diri, makan, bercengkerama, bercanda, atau bertualang.”

***
Kitty memutuskan pergi dari rumah Mbak Dinik setelah melihat seekor kucing ras yang menggantikannya. Tekadnya sudah bulat untuk hidup liar dan bertualang. Ia pun mengganti namanya menjadi Hitam, seperti warna bulunya. Karena menurut dia, nama Kitty hanya pantas untuk kucing kecil nan imut.
Kehidupan liar yang keras membuat Hitam harus bersitegang dengan kucing lain untuk berebut makanan dan daerah kekuasaan. Hingga akhirnya, ia berteman dengan empat ekor kucing penghuni Pasar Nongko. Sayangnya, Pasar Nongko akan direnovasi, sehingga para tikus mulai pergi. Hitam dan teman-temannya kesulitan berburu tikus.Bagaimana petualangan Hitam selengkapnya? Mampukah ia bertahan dalam kerasnya kehidupan liar?
Simak dalam novel unik bersudut pandang kucing ini!Diwarnai dengan kisah cinta dan persahabatan, membuat petualangan si Hitam dalam novel ini semakin seru, kocak, dan menarik.
Selamat membaca!
Samar-samar, penciumanku menangkap aroma kesuburan dari tubuh Peni. Aroma kesuburan yang pertama kali dipancarkan dari seekor kucing perawan.


Makin tertarik!!!! Sumpah! Sebab aku selalu ingin tahu sisi lain dan pengetahuan lain tentang kucing. Dan aku tampaknya akan semakin berisi dengan cerita unik seperti ini!

Jadi kucing labil ini --maaf kitty-- ingin mencari jati diri toooh..., dan ide ini keren banget! non mainstream. Sebab ceritanya diangkat dari seoekor kucing yang beranjak remaja --sepertinya sih, kelihatan ababilnya--.
Jelas ini Fantasi yang nyeritain Fabel gitu..., kisah hewan. Nggak bisa ngebayangin romantisnya si 'malu-malu kucing'-nya gimana ya? Aaaahh..., nih novel kudu dipunyaaa... *berdoa*

So?
Aku penasaran baanget, SUMPAH! Andai aku punya buku ini.... *ngarep banget*. Moga ceritanya keren seperti bayanganku... ^^ Jika kurating 4/5. Belum sempurna sebab belum tahu isinya ^^.

Tulisan ini diikutsertakan dalam kuis berhadiah Novel karya Samsaimo Paramina
di Fans Page Argha Litha.

No comments :

Post a Comment

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com