FAKTA Penggunaan Sistem Operasi dan Web Browser yang Paling Populer Saat Ini (Bulan Juni Tahun 2013)

FAKTA Penggunaan Sistem Operasi dan Web Browser yang Paling Populer Saat Ini (Bulan Juni Tahun 2013)

Halo Blogiest yang canggih!
Kalau blogiest buka blog, paling suka ngapain aja sih? Baca post temen? Ninggalin jejak? Posting aja? Atau ada hal lain? Kalau aku nih, paling rajin dan selalu ngecek Statistik keberadaan Blog ku di dunia maya. Seeksis apakah blogku ini.

Bagi yang belum tahu kegunaan menu Statistik pada bloger, mungkin aku bisa memberi gambaran sedikit tentangnya. Jadi begini, Blog ini punya fitur yang menarik, yaitu mencatat segala aktivitas pengunjung yang mampir ke blog kita. Misalnya:
  1. Mengakumulasikan pengunjung yang mampir di blog kita per hari, minggu, bulan, dan setiap saat (Dari awal punya blog sampai saat ini);
  2. Merekap sumber lalu lintas dari mana mereka bisa sampai ke blog kita;
  3. Memetakan asal pengunjung dari segala belahan bumi;
  4. Menampilkan 10 posting yang paling sering dikunjungi;
  5. Menampilkan 10 kata kunci yang sering dipakai oleh pengunjung hingga sampai ke blog kita; dan
  6. Merekap penggunaan Sistem Operasi dan Web Browser yang digunakan ketika masuk ke blog kita;
Lumayan banyak kan manfaatnya? Kali ini aku akan mengungkap FAKTA dari hasil penelitianku --ceilah-- yang berdasarkan statistik blogku sendiri yang telah dibuat Bulan Mei 2007 hingga Saat ini (Juni 2013).
Okey, history singkat, di tahun 2007 hanya sekedar buat saja dan sangat pasif dalam update postingan. Lalu beranjak ke tahun 2008-2009 juga masih pasif tetapi beberapa postingan juga terisi. Di awal tahun 2010 aku aktif blogwalking saja. Postingan masih bisa dikatakan pasif dan isinya pun cuap-cuap nggak penting. Di tahun 2011 mulai meredup tetapi aku post review film yang booming yaitu Film Surat Kecil untuk Tuhan. Mulai dari itu blogku ramai dikunjungi.

Tahun 2012, juga lumayan aktif update karena aku sering ikut Giveaway yang biasanya mengharuskan share lomba mereka di blog. Mau nggak mau terupdate juga postnya. Dan disamping itu aku mulai sering baa postingan tentang REVIEW sebuah produk, film, lagu, makanan, dll. Aku coba menulis itu dan memang blogku semakin sering dikunjungi hingga sekarang.


Nah..., di jaman modern banget ini, aku menemukan FAKTA yang mungkin semua orang sudah tahu, dan mungkin setelah ini semakin meyakini. Bahwa:
  1. Mozilla Firefox sudah SEMAKIN DITINGGALKAN;
  2. Google Chrome SEMAKIN DIMINATI;
  3. Sistem Operasi Windows MASIH tetap menjadi yang favorit;
  4. Sistem Operasi baru yang bernama Android MULAI MENYUSUL Windows; dan
  5. Sistem Operasi Nokia SEMAKIN MEROSOT batas 10 besar OS yang dipakai.
Seru juga lihatnya. Hehee..., Dan diantara yang unggulan --urutan 1, 2, 3-- aku memakainya sekarang. Ohya, aku punya bukti dari FAKTA tersebut. Diambil dari Statistikku. Dan kemungkinan besar, berbeda dengan statistik blog teman-teman. Tapi menurutku sih..., perlakuan pengunjung blog tidak akan jauh berbeda, karena semua kan berdasarkan perlakuan jaman modern seperti sekarang.

Ini dia statistik berdasarkan Web Browser (Dilihat berdasarkan 1 bulan terakhir)

Dan memang benar, aku makin nggak suka pakai Mozilla. Berat banget! Kalau lihat di Task Manager, bisa makan RAM 400-600 MB dan jika dipakai berjam-jam akan terasa lemotnya. Teringat ketika Kakakku bilang, "Kalau Mozilla emang tambah lemot kalau dipake lama." Dan itulah alasannya kenapa lemot.

Berbeda dengan cara kerja Chrome yang 'cerdas'. Aku bilang cerdas karena prosesnya itu dibagi-bagi. Seperti pada contoh list proses (saat aku menulis nih) pada Task Managerku. Terlihat Chrome terbagi-bagi menjadi beberapa proses. Memang jika dijumlah:

91 Mb + 89 Mb + 72 Mb + 65 Mb + 62 Mb + 55 Mb + 6 Mb = 440 Mb
NB: Chrome ku buka banyak tab nih. Hihi... :)

Tapi dengan kinerja yang dibagi-bagi inilah yang membuat Chrome masih bertahan dan tidak semakin membuat PC/Laptop hang. Terutama nih..., bagi pengguna RAM hanya 1 Gb saja.

Nah... kalau yang ini statistik berdasarkan Sistem Operasi (Dilihat berdasarkan 1 bulan terakhir)


Okey..., Windows tidak ada matinya. Meski ada Linux yang juga perlahan banyak yang pakai, Windows tetap bertahan. Lalu yang bikin aku shock ketika lihat Nokia vs Android. See? Nokia semakin tertinggal jauh! Android yang baru beberapa tahun ini booming, mampu mengalahkan BlackBerry yang konon katanya bisa BBM-an.

So...?
Coba cek statistik kalian guys..., kalau bisa dishare ya..., backlink ke sini. Aku juga pengen tahu dong perlakuan pengunjung dengan statistik di blog kalian. :)

Bagi yang tidak tahu letak Menu Statistik, coba tengok gambar di bawah ini. Ublek-ublek sendiri yaaa :)


Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Artha Amalia
AUTHOR
Thursday 13 June 2013 at 09:37:00 GMT+7 delete

dari tahun segituuu? :O Saya mah baru setahun kurang ini ... senengnyaaa udah 50rb lebih yg ke mari :p

saya pakai torch, kunjungan terbanyak dari mozila

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 14 June 2013 at 05:32:00 GMT+7 delete

iyaa... kan kamu yg dibahas Giveaway tha..., banyak yg cari. Kalau aku sih... g fokus apa-apa. Jadinya murni dari tulisan lah yang membawa mereka ke sini :)

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon