DIY: Papan To do List Sederhana dari Kertas (Tutorial With Pict)

Tuesday, 17 September 2013

DIY: Papan To do List Sederhana dari Kertas (Tutorial With Pict)

Hai Blogiest yang kreatif!
Ajaran baru sudah dimulai, apalagi yang kuliah, baru sekitar dua minggu kuliah dan sudah disuguhi tugas dan lainnya. Iya kan? Nah biasanya kalau sudah di depan komputer dan online pasti suka lupa deh sama tugas besar kita.

Ada beberapa cara supaya kita nggak lupa. Biasanya dicatat di Notes HP, bagi yang ada fasilitas catatan ditampilkan di desktop HP juga bisa. Pakai kertas warna ditempelin di komputer atau tempat yang mudah terlihat. Atau suka pakai Sticky Notes di laptop/komputernya sehingga kalau buka desktop terbaca terus. Nah..., bagi yang nggak punya dan ingin membuatnya menjadi lebih berbeda bahkan dibuat dari tangan sendiri?

Jadi ceritanya kemarin niat mau nulis novel baru sama tugas besar yang kudu pakai komputer. Biasanya aku pakai tanggalan yang aku print sendiri dengan tampilan dan font yang menarik sehingga aku semakin semangat untuk mengisinya. Kali ini aku pengen buat papan to do list yang sederhana dari kertas biasa.

Mau tau caranya? Yuk langsung aja!

Alat yang perlu disiapkan adalah:
  • Kertas A4 / F4 / Folio (Boleh yang lebih tebal seperti kertas manila/buffalo)
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Selotip
Cara Membuat:
Di sini aku buat template sederhana yang bisa didownload dan di print. Untuk Download di sini >> Template To do List (via 4shared). Dan seperti ini templatenya:
(Klik untuk memperbesar ya!)
Gambar di atas adalah salah satu contoh template untuk KARTU yang akan diselipkan dan bisa dilepas lalu digantikan dengan moment tugas yang sedang dilakukan. Di sini aku sediakan dua template. Bisa diganti tulisan, font, warna dan lain-lain sesuai dengan selera. Tetapi TIDAK dengan ukurannya ya. Karena ukurannya sudah sesuai dengan template papan di bawah ini:




Template Papan ini berisi dua kotak yang nantinya akan ditempel payung (Atas) dan penopang bawahnya (Bawah). Bagian warna Abu-abu dilem dan ditempelkan pada bagian yang diberi batas titik-titik. Latar belakang kotak kuberi contoh tulisan yang disamarkan. Itu estimasi tampilan yang dapat dilihat ketika payun gdan penopang sudah dipasang. 
Itu sebabnya nanti ketika mengganti tulisan jangan panjang-panjang. Secukupnya saja, tulis yang penting, padat dan mudah dibaca ^^



1. Print template tadi.
2. Dimulai dengan memotong Kartu. Potong sesuai dengan garisnya. Yang kartu ya dipotong kotak seperti gambarnya.
3. Kartu sudah selesai dipotong. Untuk tahap pembuatan kartu selesai.


4. Mulai memotong papan.
5. Simpan bagian yang telah dipotong jangan sampai hilang.
6. Potong juga bagian payung (Atas) dan penopangnya (Bawah). Hati-hati dalam memotongnya  karena bagian ini sangat kecil dan mudah sekali robek bagian yang seharusnya tidak boleh tersobek.


7. Kumpulkan kembali dan jangan sampai hilang.
8. Mulai membuat Payung dan Penopang. Tekuk di bagian garis-garisnya.
8.a. Pastikan posisi saat mengelem adalah: Yang bagian panjang berada di dalam bagian pendek.


Langkah selanjutnya adalah mencoba mengaplikasikannya  tanpa menggunakan Lem. Lalul perlahan gunakan lem dan berhati-hati supaya tidak mengotori dan tidak tertempel semuanya. Nanti malah g bisa dimasukkan kartunya. Hehe.

Tinggal masukkan kertasnya, Sisipkan bagian atas kartu dan bawah kartu pada payung dan penopangnya. daaaann... selesaaaiii!!!
Gampang kan?


Tempel di mana kamu suka dan biasa kamu lihat. Kalau aku sih ditempel di samping komputer. Tepatnya aku tempel menggunakan selotip di sisi CPU. Aku barengi dengan Tanggalan DEADLINE yang juga aku buat sendiri.


Gimana? Seru juga kan bikin sendiri. Biasanya kalau sesuatu hal membuat sendiri itu akan selalu dipuji oleh diri sendiri. Maka tidak akan segan untuk dilihat terus menerus. Sehingga kita selalu ingat dan konsisten.

Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat dan emoga tugas-tugas kita cepat kelar bahkan sebelum DEADLINE bisa kelar!! Amin!!

No comments :

Post a Comment

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com