REVIEW: Aplikasi Chatting WhatsApp vs LINE vs BBM dan Perbedaannya (With Screen Capture)

Saturday, 26 October 2013

REVIEW: Aplikasi Chatting WhatsApp vs LINE vs BBM dan Perbedaannya (With Screen Capture)

Halo Blogiest yang hobi chatting! ^^
Baru-baru ini aplikasi BBM heboh banget ya? BBM yang sempet nge-PHP-in seluruh penjuru dunia, kini hadir kembali dan memuaskan rasa penasaran si pemilik android. Aku pernah share tentang cara instalasi dan Create ID di Aplikasi BlackBerry Messanger. Bisa dilihat di sini.

Akhirnya banyak kalimat yang muncul, "Dulu ngejelek-jelekin BB, sekarang berlomba-lomba instal BBM."

Ya, aku salah satu dari mereka yang anti Blackberry dan lebih memilih Nokia C3-00 di tahun 2011 (Java), dan beralih ke Samsung Ace Duos di tahun 2012 (Android v.2.3). Sekarang aku sudah ganti Smartphone, yaitu Lenovo A706 di tahun 2013 (Android 4.1.2) yang alhamdulillah kesemuanya itu kubeli dari hasil menabungku. ^^

Aku punya beberapa alasan mengapa aku tidak suka BB meski aku sebenarnya mengacungi jempol untuk beberapa poin.

Aku tidak suka BB karena:

  1. Tampilan BB yang bener-bener standart. Sebelum nyentuh C3, HP-ku Nokia 6600 dan Nexian lupa tipe. Dan kulihat BB itu sama saja tampilannya seperti Nexian. Awalnya kupikir BB tidak punya tema. Dan rupanya punya ya? hehe...
  2. Denger dari yang sudah pakai, LEMOT! Nggak mau banyak komen kalau ini, lebih baik pakai Nexian daripada harus lemot-lemotin diri sendiri. Mending Nokia 6600 deh.
  3. Kalau Bluethoot suka nggak dukung sama device lain.
  4. Boros batrai.
  5. Aplikasi banyak yang bayar daripada free.
  6. Ada BBM? Dari dulu aplikasi Chatting juga sudah ada kale...
  7. Terakhir, entah kenapa memang nggak tertarik sama sekali, meski....,

Ada yang kusuka dari BB:
  1. Ada BBM yang beda dari fasilitas Chatting lainnya. Dari dulu sudah ada aplikasi, tetapi BBM menyajikan Pin untuk saling invite-accept. Menarik dan cukup aman dalam berkomunikasi.

Sudah, cuma satu itu aja aku muji BB nya. Selebihnya nggak ada. Jadi aku memutuskan untuk beli Android. Perkara sekarang Android ngedukung BBM ya itu sungguh mukjizat yang luar biasa. Itu rejeki-ku, dan rejeki seluruh umat Android. Hehe... Entah ada strategi apa di balik persaingan pasar ini.

Nah, bagi orang sepertiku, memiliki Android dan telah berhasil instal BB, yang kurasakan adalah, SAMA SAJA! Sumpah deh..., nggak ada bedanya. Tetapi..., setiap aplikasi pasti punya perbedaan lah ya dlm segi fitur. Tapi kalau dibuat chating ya... kaya gitu rasanya. Sama aja.

Maka dari itu, aku berniat untuk mengambil 3 Aplikasi yang kupakai untuk dicari perbedaannya. Baik secara fitur, tampilan, dan fungsi-fungsi lainnya. Post ini agak panjang karena banyak gambar yang kupasang. Pastikan koneksi teman-teman lancar ya! ^^

NB: Klik untuk memberbesar jika tidak jelas.

Tiga aplikasi tersebut adalah:
  1. WhatsApp
  2. LINE
  3. BlackBerry Messanger (BBM for Android)



Baiklah, kita mulai saja!

WhatsApp




Menurut Rating di playstore, cukup mencengangkan bahwa sekitar 100 juta - 500 juta yang instal dan memakai WhatsApp. Selain digunakan di Smartphone, HP biasa seperti C3-00 pun bisa loh instal dan menggunakan ini.

Ratingnya sebagai berikut:


Yang kusuka dari aplikasi ini adalah: RINGAN! I'm very love it! Aplikasi tersimple tetapi tetap imut dan elegan, dan hampir tidak pernah bermasalah. 

Ini dia tampilan-tampilan dari WhatsApp:
Simple bukan?

Tampilan chatnya juga nggak ribet dan tidak membosankan. Kita juga bisa mengganti wallpaper semau kita. Fleksibel lah...

Ini tampilan contact yang secara otomatis mendeteksi dari phonebook yang 
juga menggunakan WhatsApp.
Dalam hal ini WhatsApp memberi kemudahan untuk kita menambah kawan secara otomatis. Jadi kita tidak perlu repot untuk invite/add teman. ^^

Kalau mau lihat profil teman bisa langsung dari chat atau menu View Contact di Menu Chat. 

Satu hal yang kusuka dari WhatsApp adalah, EMOTICON nya BANYAK! Meski terkesan standart, tapi cukup beragam. Aku suka banget chat dengan emoticon. Seru aja gitu kan? ^^ Asal nggak alay sih...

Di dalam chat ada menunya.

Ini adalah menu Setting yang ada di Menu dalam tampilan awal. Cukup banyak menunya dan  kita bisa mengokstumisasi sesuai dengan keinginan kita. Mula dari tampilan, hingga notifikasinya.

WhatsApp juga bisa broadcast seperti BBM loh!

Ini tampilan saat mau kirim broadcast.

Dan ini dia hasilnya saat dibroadcast. ^^

Juga bisa membuat group yang anggotanya hanya 30 saja.

Yang tidak kusuka adalah ada peyment per tahun. Hiks..., aku kan suka yang gratis gratis :D

Untuk bisa update status cukup ribet. karena harus masuk ke Setting baru masuk ke Status. Ini sebabnya aku jarang banget update status di WhatsApp. Lebih ke fungsi chat nya.

Okey, sekang kutampilkan Aplikasi kedua:

LINE



Aplikasi ini aku juga suka banget! Karena Ada stikernya yang lucu-lucu. Sebenernya ada aplikasi serupa yang namanya Kakao Talk. Dulu waktu hapeku Samsung Ace Duos, lemot banget, sekarang sih belum nyoba. Keduanya hampir sama, bisa diinstal game juga. Tapi karena di hape dulu LINE sangat ringan, ya bisa kusimpulkan Kakao itu berat.

Dengan jumlah penginstal yang rata-rata sama antara 100 juta-500 juta, berbeda dengan rating di playstore yaitu seperti ini:


Okey, ini dia tampilannya:

Tampilan tidak membingungkan kok. Cantik kan? Aku lagi pakai tema Cony.

Ini dia tampilan ketika kita coba chat dengan teman.

Ada menu tambahan, yang ini menu di atas.

Kalau ini Menu yang muncul ketika tombol plus (sebelah ruang untuk ngetik pesan) diklik.

Selain stiker yang lucu dan harus didownload (tapi download yang gratisan) ada emot yang nggak kalah banyak sama WhatsApp. Berbeda dan khas punya LINE. Seru kan!

Kalau mau lihat teman? Ya pilih aja menu Friends. Di sini kadang juga langsung menambahkan teman baru yang kemungkinan teman kita sempat Add ke kita. Tetapi itu akan terjadi jika kita mensetting orang bebas add kita maka kita otomatis menjadi temannya. ^^


Bagaimana kalau kita yang mau add? Masuk ke More dan pilih Add Friends. Terkadang di situ juga langsung terdeteksi jaringan pertemanan atau dari phonebook kita. Tinggal klik dan Add aja gampang kok, nggak ribet.

Untuk kostumisasi, pilih Menu More dan tinggal pilih mau melakukan aksi apa.


Sayangnya beberapa kurang fleksibel, sama seperti WhatsApp, untuk nulis status harus masuk ke Profile.

Ganti status di kolom What's Up?

Tapi..., sukanya lagi LINE udah bisa ganti tema. Hm.., ini sudah lama sih kabarnya hehe... Seru dan imut banget tampilannya. Makin suka.

Ada fitur Home untuk tempat kita membukaberekspresi semacam beranda Facebook gitu deh. Halaman ini bisa dilihat loh sama teman kita. Pasang foto dan cover foto yang paling kece yah!

Eits, nggak hanya punya halaman pribadi, LINE menyajikan halaman yang diperuntukkan kita open aktifitas, keluh kesah, dll. Di sini kita bisa saling berkomentar dan menrespon dengan stiker juga. Seru dehh!


Untuk yang terakhir dan terspesial:

BlackBerry Messanger for Android



Aplikasi ini baru lima hari dari tanggal 22 Oktober 2013 hingga saat aku menulis ini 26 Oktober pukul 2.53, dibuka, antusiasnya begitu luar biasa! Sejauh ini masih 5 juta -10 juta penginstal Aplikasi. Tetapi ini sudah cukup luar biasa mengingat fenomena PHP alias Pemberi Harapan Palsu dari pihak BlackBerry yang menuai kehebohan.

Menurut Rating saat ini (refresh dulu ah page-nya playstore)


Wah..., 207 ribu lebih orang mereview bahwa aplikasi ini sangat menarik dan bagus. Yah.., sebagus apa sih aplikasinya? Bagi yang belum bisa menginstal, mungkin tidak bisa melihat aplikasinya secara langsung, maka jangan lewatkan review yang terakhir ini! ^^

TADAAAA.... seperti inilah tampilannya. Okey, tak ada bedanya kan? Menunya ada di bawah. Dengan 2 menu tambahan di kanan dan di kiri. Kita masuk lebih dalam lagi yuk!

Ini adalah menu di samping kiri.

Sedangkan ini adalah menu untuk di samping kanan.

Tampilan pada setting. Sedikit banget yang dapat kita kostumisasi. Terbatas dan aku hanya mengedit Suara notifikasi, dan tampilan kontak menjadi List yang sebelumnya Grid.
Itu saja.

Cara invite Pin gimana?
Caranya ke menu sebelah kanan dan pilih Invite by Pin. Easy! Setelah sempet ngublek-ngublek gimana invitenya hehehe...

Bisa juga membuat group untuk chating. Tinggal pilih beberapa teman dari kontak yang sudah kita invite-accpet.

Broadcast via BBM juga ada. Dan aku lebih sering mendengar istilah Brodcast di BBM daripada di WhatsApp atau aplikasi lain.

Ini dia tampilan chat nya. Gede-gede banget! Aku nggak suka! Lebih suka tampilannya imut dan kecil seperti WhatsApp.

Ini menu kontak. Yang ada di sini adalah teman-teman yang sudah invite/accept sebelumnya. Jadi kontak yang ada di sini adalah orang yang kita kenal sebelumnya bukan? Faktor keamanan berlaku di sini.

Ada fitur Update yang mau nggak mau kita tahu update dari teman kita. Dan berpotensi besar untuk kita menanggapi status yang pernah dibuat dengan langsung chat yang bersangkutan.

Ini adalah tampilan yang menginvite kita (Kiri) atau yang kita invite (kanan)

Ingin invite lewat Barcode? Klik foto/status kita yang ada di atas itu, dan pilih show Barcode. 

Memungkinkan untuk atach gambar.

Ini dia tampilan profil kita. Dengan klik foto/status kita yang ada di atas, maka akan muncul seperti di atas.
Yang kanan adalah tampilan kita untuk mengganti status, mengcopy pin, dan ganti foto,
sedangkan yang kiri untuk melihat history status yang kita buat.

Emoticon? -_- Sedikit banget dan tampilannya kecil banget! Kurang puas dalam hal ini.

So? Kesimpulan?

Dari segi rating:
Untuk WhatsApp

Untuk Line

Untuk BBM for Android

Lihat Rata-ratanya saja, karena kalau lihat dari jumlah pengintal tidak relevan bukan?
Dan ternyata review mengatakan:
WhatsApp memang lebih diminati.
Dengan sedikit yang tidak suka daripada yang lain.

Dari segi emoticon:
LINE lebih kreatif dan banyak!
Lalu WhatsApp,
Terakhir BBM for Android

Dari Segi Interface:
LINE Jagoan stiker lucu.
WhatsApp yang simple dan imut.
BBM yang gede-gede banget.

Dari segi kemanan:
BBM mumpuni dengan Pin BBM nya,
WhatsApp dari kontak phonebook.
LINE kontak phonebook dan add otomatisnya.

Dari segi keringanan:
Semua Ringan! Tapi yang paling ringat WhatsApp
Lalu BBM,
Terakhir LINE, maklum banyak gambar stiker lucu.

Dari segi Kuota yang terpakai:
Yang selama ini kurasakan, WhatsApp lebih sedikit mengambil kuota.
BBM lumayan sedikit,
LINE paling besar mengambil kuota karena mungkin lebih banyak interface
yang harus ditonjolkan. seperti stiker, timeline, home dll.

Segi fungsi chat:
SEMUA SAMA.

Kalau ditabelin seperti ini nih rangkumannya:

Dapat dibaca bahwa 50% pengguna aplikasi android lebih menyukai WhatsApp.

Thats All.
Terima kasih telah berkenan membaca review panjang ini ^^





8 comments :

  1. WhattsApp udah paling jago deh kalo buat aku :D
    dan bener kata kamu, install BBM juga, yaa Sama ajaa --" malah udh kebiasaa pake WA, kalo bbm cuma iseng coba2 aja yak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama aja kan? Tapi ya gpp lah..., jadi makin bangga sama andro yang bisa punya app kyg konon katanya hanya dimiliki bbm. toh org2 bbm juga instalannya wasap en line juga. meski ujung2nya mereka lemot. :D

      Delete
  2. Setelah diskusi panjang sama mbak vindy soal android di SMS & membaca riview ini, jd makin ngiler sm Android :D aplg skrg andro bisa BBM. Tp dikarenakan sy menggunakan BBM tuk bisnis, dan yg order kebanyakan via BBM, masih lihat dulu bagaimana perkembangannya kedepan :D jk memang udah stabil, dalam arti, kedepannya gak ada masalah BBM di andro, baru ganti. Biar gak gonta-ganti PIN terus. Krn apa customer jk gonta-ganti PIN terus, krn bisa2 mrka berpikiran buruk tentang status olshop kita (hwa...jadi curcol)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya teh. ya... mau gimana lagi, lihat kenyataan saja sih. Untungnya aku nggak pernah coba BB. :D

      Delete
  3. saya baru berlabuh di blog anda. kedepannya saya brharap bisa mampir ke sini lagi. salam kenal

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Hahhaa.., iya Wasap belum bisa tertandingi ya.. :D

      Delete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com