Cara Supaya Baterai ASUS Zenfone 5 RAM 2Gb Internal 16Gb Awet

Wednesday, 28 January 2015

Cara Supaya Baterai ASUS Zenfone 5 RAM 2Gb Internal 16Gb Awet

Hai Blogiest!
Ini lanjutan dari penjelasanku mengenai Mengapa ASUS Zenfone 5 Baterainya Cepat Boros, Ya? Kali ini aku akan jelasin cara yang kupakai untuk optimasi smartphone ASUS Zenfone 5 ku.

Aku termasuk malas untuk charge. Selalu berusaha untuk mencari spesifikasi yang tepat dan selalu sensitif dengan spesifikasi kapasitas baterai. ASUS Zenfone 5 ini sendiri memiliki kapasitas 2110 mAh. Baik yang tipe RAM 1Gb dan 2Gb maupun yang memory internal 8Gb dan 16Gb.

Dengan kapasitas 2110 mAh, bagaimana caraku supaya aku bisa charge 1x dalam sehari. Selain malas bolak-balik charging, pakai powerbank -yang justru mengajarkan kita menggunakan smartphone sambil mengisi daya-. Aku juga ingin smartphone yang kupakai ini awet tidak mudah drop. Pernah punya pengalaman batrai drop dan melembung, itu sangat tidak nyaman. Bepergian nggak bisa awet.

Caraku?
Kecilkan Brightness
Ya..., ini sangat berpengaruh. Kalau indoor aku biasa pakai brightneess paling nol. Kalau outdoor aku aktifkan automatic. Tepat guna dan sasaran. Mata tidak sakit juga kan, mengurangi kontras mata. Bahkan terkadang aku browsing pakai UC Browser dan aktifkan modus malamnya. Asyik banget browsing batrai makin awet ^_^

Matikan Getar
Kalau pemakaianku, pakai profil Sound tetapi getarnya kumatikan. Percaya deh, pakai getar itu justru bikin boros batrai. Aktifkan getar jika profil Vibrate saja. Atau PING di BBM. Tapi aku keseringan di-PING sih, jadi males banget pakai getar.

Menjaga Penggunaan RAM < 70%
Bagaimana caranya? Pada dasarnya aplikasi yang kuinstal tidak banyak. Aplikasi bawaan ASUS Zenfone 5, ditambah: Battery Doktor, BBM, Camera 360, Instagram, Calender Menstruasi ada 2, Opera Mini, Game Paperama, Photo Grid, Aplikasi pembuka RAR, Smart Keyboard Pro, UC Browser Mini, dan WhatsApp.
Ketika stand by RAM-ku dibawah 50% terpakai. Sisanya Lega.

Selalu Tutup Aplikasi dengan Soft Button Back
Ya, ini salah satu cara supaya aplikasi yang kita pakai tidak banyak running di system. Jika ingin keluar dari aplikasi, selalu biasakan tekan soft button back hingga aplikasi benar-benar tertutup. Jika terlalu sering tekan menu home, maka aplikasi tidak benar-benar tertutup. Di sini multitasking bekerja.

Ganti Aplikasi keyboard dengan Smart Keyboard
Ya! Aplikasi bawaan ASUS Zenfone rata-rata semua makan RAM Besar!
Pernah ketika pasang WIFI, kesempatan update segala aplikasi bawaan. Semua aplikasi dengan nama ASUS ku-update. Sampai di rumah kucoba beberapa hari, batrai kok boros banget. Kucek di Apps Management...

Gilak! Keyboard aja bisa sampai 20Mb ke atas. Launcher bisa 90Mb ke atas. Dari situ langsung Downgrade semua aplikasi ASUS. Lagian nggak pernah kupakai juga. Lalu aku juga mengganti Keyboard ke aplikasi Smarf Keyboard. Lebih ringan.

Launcher Ganti ke EASY MODE
Ini dia yang paling berpengaruh!!
Coba gunakan satu hari saja dengan fitur Easy Mode. Caranya ke Setting > Di bagian Device klik Easy Mode, Aktifkan OFF menjadi ON.

Tampilan memang jadul banget! Icon Gede-gede! Nggak bisa dipasang wallpaper lagi! Jangankan wallpaper, widget aja nggak bisa dipasang.

But..., ini ampuh! Yang kurasakan setelah pakai Easy Mode, yang ngecas 3-4x bisa hanya 1x saja. Kalau sering online biasanya 2x. Itu sudah sangat-sangat-sangat amazing mengingat spesifikasi dan kapasitas baterai yang cukup.

Nggak menarik! Buat apa dong smartphone canggih tapi nggak bisa dipernoalisasi jadi cantik!
Ya..., betul! Aku juga setuju. Serasa percuma ya beli smartphone bagus tapi tidak cantik dan keren dengan widget kece, wallpaper keren, lengkap dengan animasi yang wiiiing wiingg bisa melayang-layang. Launcher kece free di playstore juga banyak! Nggak bisa dirasain dong!

Tapi ini bisa jadi solusi tepat ketika kita hendak berpergian jauh dan kita sangat butuh ketahanan baterai yang ampuh. So..., fitur ini sangat-sangat-sangat membantu. Tidak perlu setiap hari pakai Easy Mode kalau tidak suka tampilannya. Gunakanlah secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan. ^_^


Mau lihat hasil bateraiku dengan tampilan Easy Mode? Nih ku-capture dari 97% sampai peringatan charging 10%. Silakan ngiler yee... ^_^

Gambar 1. Catatan Penggunaan Baterai pada ASUS Zenfone 5 pada Pemakaian Penulis

Smartphone ASUS Zenfone 5 kalian itu canggih! Dipakai maksimal bisa meski batrai boros, dipakai optimal juga bisa dengan batrai awet! Belum lagi teknologi ASUS Zenfone yang bakal stop charging ketika sudah mencapai 100%. Keren kan? 
Note: Sebenernya nggak bener-bener stop charging sih, hanya mAh yang masuk sangat kecil. Itulah kerennya teknologi ASUS Zenfone, meski di beberapa smartphone lain sudah mengusung ini.

Jadi..., sudah bisa membayangkan bagaimana optimasi baterai smartphone kecemu sesuai dengan kebutuhanmu? ^_^ Semoga bermanfaat....


4 comments :

  1. please visit my blog site syakir-kdb-daewoo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wah.... yg auto stop charging itu apa sudah auto ON apa harus dinyalain ams bro ?

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com