Pengalaman Jobseeker-ku

Monday, 2 February 2015

Pengalaman Jobseeker-ku

Hai blogiest yang sekarang lagi sibuk cari kerja! ^_^
Abis lulus sekolah apa sih yang bakal dilakuin? Nganggu? Main-main? Sekolah lagi? Bikin usaha sendiri? Atau cari kerja di perusahaan gede?

Kalau aku selepas kuliah di Universitas Jember langsung.... nganggur. Hahaha... Nggak langsung dapet kerjaan dong! Sebenarnya sih aku dari semasa kuliah udah bekerja sambilan sebagai Desainer Cover di sebuah penerbit indie di Lamongan. Nama penerbitnya Penerbit Indie Pustaka Jingga. Hingga akhirnya aku bekerja di sebuah Kantor yang setiap hari memproduksi harian kabar. Oke lengkapnya kujelasin ya...



2012
Januari 2012. Aku resmi direkrut oleh CEO Penerbit Indie Pustaka Jingga sebagai desainer layout dan desainer cover. Untuk cover apa saja yang pernah kubuat bisa dilihat di sini. Sedangkan untuk layout buku yang pernah kubuat bisa dilihat di sini.
Aku juga menerima permintaan untuk membuat cover di beberapa orang yang berminat kerja sama denganku. Misalnya desain banner, untuk contohnya bisa dilihat di sini. Juga menerima desain sertifikat, logo, dan desain grafis lainnya.

Jadi selama kuliah aku sudah terbiasa mendapat penghasilan sendiri. Lumayan juga sebagai tambahan uang saku. Aku bisa belanja ini itu tanpa harus minta orang tua. Apalagi saat kuliah 2 kali aku dapat beasiswa unggulan. Nambah lagi pundi-pundi tabungan. Beasiswa pertama kubelikan komputer baru sebab notebook-ku tewas. Aku kan kuliah di Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember jadi perangkat komputer sangat kubutuhkan untuk tugas pemrograman atau desain sistem.


2013-2014
Masih bekerja sebagai desainer di sebuah penerbitan indie. Namun kali ini hanya menjadi desainer cover saja, tidak lagi merangkap sebagai desainer layout. Penghasilanku ditambah dengan menjual online shop beberapa produk. Lancar namun tidak kulanjutkan, hehe.. Alasannya sih karena sempat lamaaaa nggak ada yang beli, akhirnya malas. >_<

Aku juga menulis buku novel. Diterbitkan di Penerbit Mayor/Konvensional Diva Press Lini GACA dan Senja. Judul pertama adalah "Ikunenmo", lalu judul novel kedua adalah "Hasrat Terdalam", dan novel ketiga berjudul "Pelukan yang Tak Lagi Ada".
Dapat royalti? Ya! Itu termasuk penghasilan tambahanku. Lalu berhenti di awal tahun 2014 sebab saya sibuk dengan skripsweet. ^^


2014
Juni 2014. Aku lulus kuliah!
Lalu sempat menganggur selama 3 bulan. Tapi selama nganggur aku tidak diam. Aku mencari suatu pengalaman baru yaitu aku berjualan bros. Kreatifitasku dalam menulis mulai kaku karena kelamaan dilepas dan berkutat dengan non fiksi alias ilmiah. So..., kreatifitasku masih ada namun kutuangkan dalam membuat bros.

Ada yang beli?
Ada! Banyak... hihihi... lalu berhenti karena aku malas promo-in dan lama nggak ada yang pesan, jadi nggak diterusin deh.

September 2014. Aku dapat pekerjaan baru!
Ya, aku mengikuti serangkaian rekrutmen yang panjang dan melelahkan. Aku bekerja di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai Finance Franchise Staff. Seneng banget masuk sini karena aku sangat dilancarkan proses masuknya. Mulai dari test fisik, psikotest, interview 3x dan akhirnya saya bekerja selama 2,5 bulan (tetap dapat gaji dibulan ketiga). Yang aku kerjain bayar bank keluar alias bagian yang bayar-bayar pakai klik bca (transfer). Kesalahan atau resikonya kecil kok. Karena menggunakan sistem Maker-Approve-Release.
Maksudnya, Aku yang maker alias input data di klik bca, lalu koordinator cek inputanku, kalau bener di-approve, kalau salah di-cancel lalu aku input lagi. Kemudian setelah benar semua angka dan transaksinya, manager akan me-release. Ketika di-release lah uang di rekening benar-benar terkirim. Enak kan nggak nombokin duit kalau salah. Karena melakukan pengecekan minimal 2x.

Aku resign karena beberapa alasan. Pertama jarak antara rumah sangat jauh 10km dan aku harus diantar jemput. Sebab nggak ada kendaraan juga yang mau dipakai. Pagi bareng temen, pulang dijemput. Sungguh melelahkan. Kasihan yang jemput juga.
Kedua karena ada permasalahan intern antar personal. Yahh.. di manapun sebenarnya akan menemukan hal ini. Namun, karena alasan pertama itulah aku mengundurkan diri.

Lalu aku sakit cacar selama sebulan.

Lalu aku ikut tes di Bank BRI melalui Vendor, lolos sampai tahap interview. Belum ada kabar sampai sekarang.
Kemudian ikut tes lagi di Bank BCA, sama. Sampai di interview BCA Cabang Jember, lalu belum dipanggil sampai sekarang. Aku dialihkan ke teller sih. Agak ngeri juga. Pas interview malah aku ngelobi  bagian administrasi atau staff di belakang layar. Katanya bisa jika kualifikasi memenuhi. Nanti dirundingkan. Dan... alamat lama lagi nunggunya.
Sempat ikut test psikotest PT. Paragon, dan tidak dipanggil-panggil sampai sekarang.

Lalu aku menganggur selama 1 bulan. Sambil terus mencari dan ikut jobfair.

Desember 2014 aku dapat pekerjaan lagi!
Dan aku masih bekerja saat ini. Aku jadi Desainer Layout di Jawa Pos Group - Radar Jember. Jam kerjaku sore yaitu pukul 17.00 sampai 21.00. Menyenangkan sekali! Sesuai dengan hobi mendesain, orang-orang di dalamnya sangat menyenangkan, baik, mau mengajarkan jika aku salah atau tidak tahu, sopan sekali.
Sayangnya jam kerjanya sore-malam. Aku sih ngelobi untuk rolling posisi yang pagi. Tinggal menunggu saja. ^^


----------------------------------------------------------------

Saat ini aku sangat sangat sangat menyadari bahwa mencari pekerjaan itu sangat susah! Terlepas dari syarat kualifikasi yang diinginkan oleh sebuah perusahaan, atitude, kecerdasan dasar kita itu juga sangat berpengaruh.

Singkirkan perasaan bahwa dengan IP bagus, berasal dari Universitas bagus, kita bakal terjamin dalam mencari pekerjaan. 


Tidak sama sekali!

Dan..., rejeki. Jika memang tidak diterima di tempat yang kita lamar, maka bukan di situ rejekinya. Meski itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil sekalipun.

Masalah gaji.
Jangan berorientasi deh dengan gaji tinggi untuk fresh graduate. Setiap perusahaan memiliki standartya masing-masing. Tapi...


Jangan pernah bekerja di sebuah perusahaan yang tidak menggaji sesuai standart UMR di daerah masing-masing!

Sebelum mencari pekerjaan atau sebelum tanda-tangan kontrak untuk deal gaji, wajib untuk kita tahu berapa sih nominal UMR di tempat kita.

Nah..., itu kisahku. Selama aku ikut perekrutan, alhamdulillah selalu lolos. Nah..., untuk tips dan trik lolos psikotest yang aku kerjakan, bisa ke sini ya.

No comments :

Post a Comment

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com