TIPS TRIK Lolos Psikotes

Monday, 2 February 2015

TIPS TRIK Lolos Psikotes

Hai Blogist yang bakalan ikut test psikotest!
Setelah sebelumnya aku bercerita panjang tentang perjalanan jobseeker-ku di sini, kali ini aku ingin berbagi mengenai tips supaya lolos di tahap perekrutan psikotest. Hampir semua perusahaan besar atau kecil sekalipun, psikotest adalah tahap yang wajib dilalui oleh seorang calon pelamar. Banyak yang lolos, namun lebih banyak juga yang tidak lolos. Betul? Karena dari sekian banyak pelamar, hanya terjaring sedikit yang lolos lalu dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Okey, sebelumnya aku rinci kembali perusahaan apa saja yang pernah kuikuti psikotestnya.

Dari semua yang aku ikuti, rata-rata sama dalam pekerjaannya. Akan aku jelaskan beberpa jenis test psikotest yang dilakukan.


Test Gambar, Deret Angka, Bangun Ruang, dan Logika.
Semua test ini selalu pilihan ganda. Aku tidak akan menjelaskan bagaimana cara mengerjakan beberapa jenis test tersebut. Bisa teman-teman cari di internet jenisnya.
Satu tips dariku:

KERJAKAN YANG PALING MUDAH TERLEBIH DAHULU!

Jika waktu yang diberikan telah habis. No problem jika ada yang kosong.
Awalnya aku panik! Panik setengah mati sampai besok-besoknya nggak bisa tidur karena kepikiran dan ada perasaan menyesal karena merasa tidak maksimal.
Buktinya aku lolos tuh. Di semua perusahaan yang kuikuti, semua ada yang kosong. Ada yang kosong cuma 2, ada yang 5, lebih dari 10 bahkan....
Tapi..., pastikan bahwa yang teman-teman kerjakan adalah yang paling mudah dan benar.

Tes Pauli/Kraeplin
Ini adalah test yang melelahkan. Dua kali aku mendapat test seperti ini. Dua-duanya adalah Bank yang kusebutkan di atas. Namun dua bank terseut memiliki cara yang berbeda. Ada yang disuruh menghitung dari atas ke bawah ketika instruksi 'lanjut' maka pindah baris, ada pula yang ketika instruksi 'lanjut' maka cukup diberi garis lalu lanjutkan di atasnya.
Aku juga tidak akan memberi tahu bagaimana cara mengerjakan test ini.
Satu tips dariku:

GUNAKAN PENSIL KAYU BIASA, RUNCING DAN JANGAN BERPIKIR!

Jangan berpikir?
Ya! Karena kita butuh kecepatan, ketepatan, dan kebenaran/ketelitian. Fokus dan jangan pedulikan suara lain selain angka yang kita lihat dan suara intruktur.


Gambar Manusia dan Rumah & Pohon
Gambar Manusia, cukup gambar sambil membayangkan:

DIRIMU SEDANG BEKERJA DI PEKERJAAN IMPIAN.

Misal, kamu bekerja di meja kerja, lengkap dengan alat tulis, kursi, telepon atau apapun yang ada dibayanganku, pekerjaan impianmu. Dan sesuaikan dengan jenis kelaminmu ya...

Gambar Rumah dan Pohon. Aku ada cerita lucu nih. Pertama kali aku ikutin test gambar rumah dan pohon. AKu asyik menggambar rumah, plus detailnya. Lalu pohon asal saja. Kubuat dua pohon kanan dan kiri dari rumah. Yang satu pohon ada buahnya bulat-bulat single. Yang satu tidak ada buah sama sekali. Aku juga lengkapi dengan kucing di depan rumah, dan ada aku yang keluar dari rumah bawa tas. Maksudnya berangkat kerja.

Begitu selesai, intrsuksi terakhirnya adalah, "Beri keterangan pohon apa yang Anda buat, ya."

Glodak...!!
Ini pohon apaan yang kugambar?? Nggak jelas gini!
Karena aku panik dan beberapa teman sudah mengumpulkan, Aku asal saja menulis:
Yang ada buahnya: Pohon Mangga. (Padahal buahnya bulat)
Yang tidak ada buahnya: Pohon Jalan.

Pohon Jalan?
Entahlah... yang ada di bayanganku, pohon yang ada di pinggir jalan ituloh! Wkakakakak....

Sumpah aku menyesal sampai di rumah. Lalu aku tidak memikirkan itu hingga sekitar dua minggu aku dapat kabar kalau aku lolos! Hihihi...
Tips dariku:

CARILAH REFERENSI POHON APA YANG AKAN KAMU BUAT!

Sepertinya itu dulu deh. Nanti kalau aku ingat pengalaman dan tips jitu, akan aku update lagi postingan ini. Ohya..., makan dulu sebelum mengerjakan test. Pakai pakaian yang rapi. Jika ada instruksi pakai putih hitam ya turuti saja. ^^

Selanjutnya akan aku share mengenai Interview yang pernah kualami dan Cara Membuat Surat Lamaran


No comments :

Post a Comment

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com