JFC 14th "OUTFRAME" di Jember 26-30 Agustus 2015

Tuesday, 25 August 2015

JFC 14th "OUTFRAME" di Jember 26-30 Agustus 2015

Jember Fashion Carnaval 2015 - OUTFRAME
Jember Fashion Carnaval 2015 - OUTFRAME
Bulan Agustus adalah bulan besar untuk Kota Jember. Kotaku, kota kelahiranku. Selain menyambut bulan kemerdekaan Indonesia, Jember menyebut juga bulan Agustus adalah 'Bulan Berkunjung Jember' atau biasa disingkat BBJ. Untuk tahun 2015 ini istilahnya 'Jember untuk Dunia'.

Jember setiap tahun di bulan Juli-Agustus akan menggemparkan Indonesia bahkan dunia dengan keunikannya. Sudah pernah denger dong yang namanya Jember Fashion Carnaval atau biasa sebut JFC.

Tahun ini adalah tahun ke-14. Wow udah remaja aja nih. Aku tahu ada JFC di kotaku sendiri ini waktu JFC masih umur 3 tahun. Ke alun-alun desak-desakan, lihat karnaval busana yang berbeda dari karnaval yang sudah biasa dikeluarkan Indonesia.

Biasanya kan diikuti oleh pelajar dan instansi. Pakai baju tradisional, baju profesi, tari-tarian, sampai pawai kendaraan hias. Di Jember juga masih kok mengeluarkan karnaval sejenis itu. Ada pula JCC alias Jember City Carnaval. Yang diselenggarakan bukan siang hari melainkan malam hari. JCC tahun ini nggak ada sih.

Aku pernah ikut JCC, nari tradisional bawa gendang dari post START sampai Alun-alun Jember sekitar 3,6Km. Seru banget! Meski kaki langsung bengkak. Ya gimana nggak bengkak, jalan sambil nari, berhenti di post-post tertentu, nari, jalan lagi. Tapi asik banget!

By the way, aku pernah ikut JFC juga sih. Tapi cuma sampai latihan doang pas tahun 2005. Ikut di tema Archipelago. Diajarin jalan catwalk, pakai koreografi, tapi nggak ikut tampil. Hehe.

Jember Fashion Carnaval

Adalah sebuah komunitas atau lembaga yang bergerak di bidang fashion internasional. Khas fashionnya unik yaitu dibuat dari benda-benda bekas yang didesain ulang secara profesional sehingga fashionnya jadi WAW. 

Tema 2015 - OUTFRAME

 Ada 10 tema yang diusung oleh JFC tahun 2015 ini. Tema OUTFRAME masih memiliki 10 defile lagi. Alias masih ada 10 kategori OUTFRAME yang bisa disaksikan. Kesepuluh defile tersebut adalah:

MAJAPAHIT
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Majapahit
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Majapahit

IKEBANA
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Ikebana

FOSSIL
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Fossil

PARROT
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Parrot
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Parrot

CIRCLE
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Circle
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Circle

PEGASUS
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Pegasus
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Pegasus

LIONFISH
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Lionfish
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Lionfish

EGYPT
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Egypt
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Egypt

MELANESIA
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Melanesia
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Melanesia

REOG
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Reog
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Reog

Itu dia beberapa fashion theme yang bakal memanjakan mata dunia. Percaya nggak kalau semua yang dipakai dari benda-benda yang ada. JFC sudah berhasil mencuri hati para penikmat fashion di seluruh dunia. Ini sudah go internasional, loh!

Jember Fashion Carnaval 2014 - TRIANGLE (Dyinamic in Harmony) Theme

Bagi yang belum pernah lihat langung dan penasaran seperti apa sih Jember Fashion Carnaval itu, saksikan JFC 2014 TRIANGLE Theme berikut ini. Tema Triangle (Dynamic in Harmony) ini terdiri 10 kategori. Diantaranya:

(1) Phonix, (2) Pine Forest, 
(3) Apache, (4) Borobudur, 
(5) Flying Kite, (6) Wild  Deer, 
(7) Stalagmite, (8) Chemistry,
(9) Mahabrata, dan (10) Tambora



Inilah 
Jember Fashion Carnaval 
yang memukau dunia!

28 comments :

  1. Ya ampuuun, aku blm pernah ke Jember dan baru tahu ada acara semenarik ini. Keren. Vin, kamu ikutan event nulis #30HariKotakuBercerita gak? Itu bisa bahas soal Jember di bulan September

    ReplyDelete
    Replies
    1. EH, baru tahu ya? Kece loh, tinggal tunggu beritanya ajaa....

      Delete
  2. wow JFC udah go internasional , keren banget
    bisa membanggakan indonesia di mata dunia ! sukses terus deh buat acara ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. udah go internasional ini. Keren kan... ini jadi pencetus fashion carnaval di beberapa tempat lainnya.

      Delete
  3. Keren2 banget pictnya.. Ada yg kayak Ksatria lagi.. Saya suka yg Pegasus sama yg Egypt.
    Jadi pengen liat kesana langsung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..., keren banget! Bikin gini ini katanya hasil rombakan beberapa konsep loh! Udah jadi, dirombak lagi sampai akhirnya fix. Kalau mau lihat langsung bisa ke Jember. Masih sampai tanggal 30 Agustus 2015 kok :D

      Delete
  4. Hai kak Vin, apa kabarnya nih duh lama gak nongol blognya..

    Jaid kak Vindy orang Jember, tetangaan sama Anang dong. Eh aku pernah liat JFC dari TV sih, kostumnya keren-keren sih. Ada yang daur ulang dari sampah juga waktu itu. Keren-keren ya, kalo bisa kesana deh buat nonton langsung sayangnya jauh dari sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... iya tetanggaan. Tau aja. Sama Dewi Persik juga tetanggaan. Oh sama Opick juga. Kalau Anang sering ke kantor.

      Iya, betul. Dari barang daur ulang. Seneng banget kamu tahu produk Indonesia dari Jember ini. Yeay! Bangga yaa... udah go internasional sih.

      Delete
  5. ini acaranya keren ya

    gambar-gambarnya juga gitu. keren. kreatif, unik. yang desain itu orang prefosional kah?
    salut deh sama acara kayak gini

    tspi di jember ya. jawa
    saya palembang loh... jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ra... jauh ya dari Palembang ke Jember. :(
      Gak apa..., tunggu aja beritanya di televisi/koran. Iya yang desain orangnya profesional. Udah hampir setara dengan carnavalnya Brazil. Ya kaan... ^^

      Delete
  6. ini acara yg ditunggu-tunggu setiap tahun..hahaha
    sayangnya aku belum pernah lihat, cuma bisa baca di koran... buahahahahha
    kapan-kapan kalo diberi kesempatan pengel lihat acara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ditunggu-tunggu setiap tahun. Kamu ngikutin juga ya.. :D Tunggu aja beritanya di tivi dan koran. Pasti tahun ini nggak kalah keren dari tahun sebelumnya.

      Delete
  7. Vin.... Kenapa acara keren gini, jarang di sumatera ya? Coba Riau sesekali jadi tuan rumah acara kek gini. Kan lumayan, gue bisa... Ahsudahlh

    Banyak gambar yg jelas pengen banget gue tonton dan pic, tapi apalah daya lokasinya jauh banget vin..

    Bilang ke panitia sesekali mampir ke Riau ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.., undang aja dari Riau, Ya... asal dibayar aja sih hihi

      Delete
  8. Wah Seandainya TAJEM dikombinasi dengan JFC, lebih mantab ya mbak. tapi pesertanya yang teler. hahahahaha

    ReplyDelete
  9. Wah pernah lihat nih di TV, yang ada Anang sama Ashanty diarak gitu ya? *ehdekdeng haha.. Soalnya wktu mereka bikin pesta di jember kalo gak salah ada karnaval-karnavalnya gitu.

    Pernah baca-baca soal JFC, katanya kemeriahannya sama kaya. Karnaval kek gini di Brazil, ada tari-tariannya. Makanya jadi daya tarik wisatawan mancanegara. Kerenn.... Pengen sekali-kali merasakan kemeriahannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thats right! Setara dengan karnaval di Brazil... Seneng banget kamu juga tahu karya Indonesia yang satu ini!
      Hahaha... yaa.. pas Anang dan Ashanty itu ya.. ada memang. Dikeluarin tapi nggak semua.

      Delete
  10. duh kereeen .. mau liat desain bajubajunya etnik dan hitzz banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang unik banget! Keren... ini semua dari benda yang ada di sekitar kok.. :)

      Delete
  11. Jember Fashion Carnaval?? Aku malah baru taunya skrg._. Yg acara anang ashanty aku gan nntn soalnya.
    Kalo ada karnaval gini jd inget yg di film Rio deh, seru banget tuh emg :D Arak2an pake mobil yg di hias2, pake kostum, trs nari2 gtuu.. Kalo di Rio jg malem ya. Bagusan malem sih klo aku blg.. Gak panas jg jdnya.
    Ah, enak banget di kotanya ada acara karnaval besar2an gini. Di kotaku gak ada:( Kirain aku malah di Indonesia gak ada karnaval gini, trnyata ada toh..

    Asik jg tuh kak Vindy bsa ikut ngeramein. Capek banget pasti ya udh jalan jauh, sambil nari2 pula.. Tapi seruu banget laahh itu pastiiii!!! :D

    Itu yg JFC 2005 udh latian tp knapa gak jd ikut kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..., aku juga inget film RIO. Sehati banget kita, Lu! Hihihi...
      Ya nggak ikut karena kayanya aku nggak sanggup boyong properti di badan hahaa... males juga sih. Ribet kayanya. >.<

      Delete
  12. Keren banget kostumnya. Tapi aku kurang suka kalo lihat fashion show gitu. Tapi suka kalo lihat yang tari-tari dan seni-seni daerah. Keren banget lah Jember, ada event besar kayak gini. Di kotaku sih nggak ada. Maklum kota kecil. Semoga aja ada event besar kayak gini ntar.

    Nanti deh aku lihat juga, di koran tapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalau udah ada yutubnya, aku post di blog deh.. biar nggak pada penasaran ^^

      Delete
  13. Jember fashion week emang keren...suka diliput ditipi jugaaa..walopun kaki sampe bengkak bengkak tapi worth it ya mbak..kapan bisa iiutan liat juga..bangga pasti jdiorng jember..apalagi jadi mbak mbak dan mas mas yg ada di foto2 itu noooh..bagus2 emang rancangannya, no wonder klo udah menembus internasional.:)

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com