Ikut CPNS? Kekeuh Ngejar PNS?

Friday, 11 September 2015

Ikut CPNS? Kekeuh Ngejar PNS?

Kemarin habis ketawa di postinganku sebelumnya (Baca: Komik Kucing - Puspus Mulai Pacaran), kali ini pengen bahas serius ah. ^^ Ini terbersit ketika banyak teman sepantaranku pada galau tentang mencari lowongan pekerjaan. Temen kampus, kerabat, bahkan pengunjung blog ini sebulan terakhir banyak buka postinganku mengenai Pengalamanku mencari pekerjaan, sampai masuk 10 besar POST POPULAR. Padahal aku sendiri juga masih mencari-cari yang pas. Hehe.


Mindset orang tentang enaknya jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang sudah mendarah daging di otak orang-orang Indonesia. Bekerja di instansi pemerintahan memang sangat menjamin masa depan dan hari tua. Tidak akan pernah ada PHK kecuali orang tersebut yang bermasalah. Gaji semakin naik, tunjangan wow banget, ada uang pensiun yang menjanjikan, jaminan kesehatan yang ulala juga.

Ya, aku setuju kalau PNS itu enak dan menjamin. Tapi aku nggak setuju kalau orang bisa-bisanya sampai stuck dan nggak mau mencoba perusahaan lain misal swasta.

"Ayo Kerja" -- Moto Indonesia Merdeka 70 Tahun
"Ayo Kerja"
-- Moto Indonesia Merdeka 70 Tahun

Apa Perusahaan Swasta Itu Buruk?


Aku akan menjawab dengan tegas, TIDAK! Aku bahkan lebih memilih Perusahaan Swasta ketimbang menggilai Instansi Negara. Asal perusahaan itu sehat dan jelas ya. Bahkan pula, menurutku perusahaan swasta banyak memberikan kesejahteraan kepada karyawannya. Menilai penuh dari kinerja karyawan. Jika dia bagus, maka dia akan dapat reward, bisa juga segera naik golongn/posisi/jabatan. 

Perbedaan mencolok sih biasanya jam kerja ya? PNS bisa leyeh-leyeh santai, gaji besar. Sedangkan swasta pagi-sore bekerja, tapi gaji juga besar. 

Nggak pake ribet!
Bagus, kompeten, cerdas, teliti, suka berinovasi? Dua minggu kerja kelihatan aja udah langsung bisa geser posisi yang lima tahun bekerja malas-malasan. Dua tahun kerja, langsung jadi supervisor atau bahkan manager? Naik-naik terus bisa jadi Dirut alias Direktur Utama. Wow, why not?

Pegawai Negeri belum bisa yang seperti itu, i think. Ada yang namanya pengabdian bertahun-tahun bahkan bisa lebih dari 10 tahun dst baru bisa naik golongan. Bekerja di Instansi Negara juga honorer dulu, nggak bisa segera lamar anak orang. Hihi. Diangkat jadi PNS ya kudu ikut CPNS dulu. Kecuali ikut PNS langsung diterima, gak pake honorer.

PNS jaman sekarang jangan samakan dengan PNS 20 tahun lalu atau bahkan 50 tahun lalu. BEDA sama sekali beda. Ada yang hapal berapa history jumlah penduduk indonesia? Semakin tahun semakin bertambah, angka kelahiran lebih banyak daripada kematian. Bayi diluar nikah semakin banyak. Putus sekolah semakin banyak. Pengangguran semakin banyak. 

Dan semua mimpinya satu sama. Menjadi PNS.
Persaingan pun semakin bludak.

Waw banget kan?
Aku nggak menyuruh kawan semua akhirnya berbelok dan negatif thinking dengan PNS. Cuma ngajak realistis aja sih. Boleh dan sangat SAH kita punya tujuan menjadi PNS. Aku juga demikian kok Haha. Itu kalau lolos CPNS sih.

Tapi tolong, jangan terus kita tidak mau sama sekali mencoba yang lain. Sampai akhirnya tidak bekerja. Menganggur. Alih-alih meremehkan karyawan swasta. Arogan. Jangan begitu. 

... demi menunggu jadi PNS. Nggak jadi PNS nggak mau kerja. Ada loh yang begini. Ada. :D
Ada pula yang dia bekerja perusahaan swasta, hampir 5 tahun mencoba CPNS gagal terus. Dia nggak putus asa. Tahun berikutnya coba terus.Gigih ya. Tapi ya ada pula yang sekali nyoba PNS langsung tembus. Makmur hidupnya. (Berdasar kisah kerabat dan kawan)

Aku pun ya suka envy kalau temen bisa pakai baju dinas pemerintah. Aduhai begitu, ya, gengsinya. XD

Aku nggak mau bekerja PNS/Kantor Swasta! Aku maunya jadi pengusaha!

BAGUS! Itu baru bagus! Nggak perlu lah mikir KAPAN CPNS TAHUN 20XX DIBUKA, Nggak perlulah mikirin Psikotest dan interview. Nggak perlu lah mikirin bonafit/tidak sebuah perusahaan sehingga kekhawatiran PHK, dll. Enak kan?

Cita-cita yang paling enak adalah: bekerja di rumah, heppy karena sesuai passion apalagi sesuai hobi, sukses dari situ lalu duit mengalir begitu saja. Ah, bahagianya hidup begitu. 

Tapi... itu semua juga nggak bakal ada artinya 
kalau cuma mimpi 
tapi nggak bangun-bangun.

Masih kekeuh ngarep PNS?

Coba dululah bekerja di lainnya. Sambil bekerja di swasta/buka usaha, sambil mencoba CPNS. Kena alhamdulillah, nggak kena toh kita masih bisa hidup kan tanpa menjadi PNS? Selagi umur muda, banyak kesempatan, banyak peluang, energy masih full. ^^

Bu-ibu, Pak-bapak yang ngarep anaknya jadi PNS, doakan saja. Supaya di manapun anaknya berada menjadi nyaman dan tenang tanpa masalah, rejeki lancar, perusahaan sehat, dan bisa hidup berkecukupan. ^^

Pemerintah aja nggak nyuruh orang-orang jadi PNS. Yang nyuruh biasanya orang tuanya. XD Yakan yakan yakaaaan? Pemerintah aja masih kewalahan dan SELALU MENUNDA pembukaan CPNS. (Baca Rekrutmen CPNS 2015 Resmi Ditunda Tahun Depan


Sayang Dong, Kuliah Tinggi Kalau Nggak Bisa Jadi PNS?

Aku mau ketawa miris dulu ya. Yang rugi justru mereka yang sekolah tinggi tapi pikirannya terkukung dengan mindset 'PNS bakal hidup enak'.

Jahat banget, Vind?
Hihi, yang jahat orang-orang. Aku sendiri juga sudah lelah dengan ucapan orang, "Coba PNS lah, Enak. Cari perusahaan lain lah, Sayang loh, ijazahnya. Sekolah lagi, gih. Entar jadi dosen, PNS. Enak."

Aku bekerja bukan instansi negara, tapi aku senang kok. Sesuai dengan skill. Meski memang ada satu kendala sehingga aku masih berusaha mencari lain. Tapi bukan berarti aku mengharap banget jadi PNS sampai nggak mau ngelirik bahkan meremehkan perusahaan lain. Tidak, pikiranku nggak sesempit itu.

Kalau Dapat PNS Ya Kamu Mau kan?

Ya, Mau lah! Tapi jadi PNS juga nggak gampang kaya tiup kapas. Daripada nunggu yang nggak pasti, mending cari yang pasti-pasti dulu. Rejeki seseorang nggak bakal ditukar. :D Asal terus berusaha saja. ^^

So? Apa pilihanmu?
Jangan galau, bergerak! Yoosh!

Tapi Orang Tua Maunya.... Sedangkan Aku Sekarang Bekerja di...

Hanya satu sih tips dariku: 
Tunjukkan bahwa kita senang bekerja di sana. Baik-baik saja. Tidak ada masalah. Sesekali ajaklah orang tua jalan-jalan atau makan malam. Alasan syukuran kecil-kecilan, baru dapat rejeki dari kantor. Tunjukin, bahwa tempat kamu bekerja nyaman untukmu. Ceritakan kesenangan, kelucuan, dan hal baik. 

Perlahan mereka akan luluh. Percaya deh ^^

Tunggu apa lagi?
CPNS gagal buka tahun ini...
Cari lowongan gih...
Hehehee...

14 comments :

  1. Intinya, gak boleh keukeuh dengan apa yang dicita-citakan, harus oportunis. Begitu?

    ReplyDelete
  2. Haha yo bukan gak boleh kekeuh dg yg dicita-citakan. Maksudnya, Cita-cita tetap dikejar. Sambil mengerjakan yang bisa dikerjakan. Begitu, kakak...
    Jangan salah paham. Soalnya ada loh yang mengharap PNS sampai2 dia gak mau sama sekali mencoba hal lain.
    PNS kan susah2 gampang tuh...ya kan? Kabarnya juga gagal tahun ini kan? :D

    ReplyDelete
  3. di indonesia pns emang kerjaan yang paling diminati sih soalnya hidupnya bakal terjamin dan di hari tua nya juga juga menjamin.

    tapi gue stuju juga dengan mbak vindy jgn ngarep jadi pns doang

    ReplyDelete
  4. Kita gak bisa ngusik keyakinan orang sih. Kalau menurut kita salah, cukup kita yang jangan seperti itu. Kita gak bisa maksa orang lain untuk ikut pemahaman kita. Sebab tujuan hidup orang kan berbeda. :D

    ReplyDelete
  5. iya, jawabannya Kak Haris betul sekali. Jadi tulisan ini hanya salah satu pemikiran aja ya... sisanya kembali ke keputusan masing2.... :D

    ReplyDelete
  6. Kalo aku pengin jadi makhluk Tuhan yang paling seksi

    ReplyDelete
  7. hmm.. mau PNS atau enggak, yang penting itu pilihan kita sendiri dan dukungan dari keluarga.
    yang nyambi proyekan selagi jadi PNS juga banyak, tuh dosen gue rata-rata proyekan. Jangan dikira dengan PNS kita gak bisa jadi pengusaha. dan bahkan pendapatan warung tenda pinggir jalan aja bisa melebihi gaji PNS! So, pilihan tetap sebuah pilihan~

    ReplyDelete
  8. berbanding terbalik ya dengan jaman beberapa puluh tahun kebelakang,dimana orang lebih memilih kerjaan swasta dibanding PNS. menurut orang tua saya sih gitu mbak vindy. jadi kalau sekarang ngotot pengen jadi PNS,jangan gtu juga sih.. karena kita tidak tahu rizki kita di PNS atau bukan.. jadi let it flow aja. hehe

    ReplyDelete
  9. Gue jadi inget pas gue umur 14 tahun bagi nasi uduk ke tetangga, yang nenek-nenek doain supaya gue jadi PNS :v
    Iya emang enak jadi PNS hidupnya stabil gitu. Tapi lebih enak lagi kalo kita bisa buka lapangan pekerjaan, buat diri sendiri, buat orang lain juga. Kan asyik tuh. Gue sih masih SMA, dan gue liat banyak temen-temen gue mikirnya kalo udah kuliah nanti mau ngelamar di perusahaan mana. Semua orang mikir buat cari kerja tapi jarang yang nyedian pekerjaan. Pinter-pinter cari peluang aja, jangan stuck di satu tempat, taunya rejeki kita ada di tempat lain.

    ReplyDelete
  10. Kalau saya setuju, tidak mesti harus PNS, kan masih banyak pekerjaan yang lain yang mungkin kita lebih ahli dan cocok di bidang itu.
    Dan mungkin saya lebih memilih pekerjaan lain selain PNS, tidak terlalu cocok sebagai pekerja kantoran, he..he..., tapi yah tergantung dari apa yang bisa kita dapat nantinya.........

    ReplyDelete
  11. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor Bpk DR.SULARDI,MM No Hp
    085-756-190-217.

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com