Gerakan Menabung - The Power of 20 Ribu

Thursday, 28 January 2016

Gerakan Menabung - The Power of 20 Ribu

Gerakan Menabung The Power of 20000 - Vindy Putri

Hai para blogiest yang susah nabung! Bener nggak? Kalau temen-temen rajin nabung nggak bakal buka judul postingan ini untuk sekedar cari tahu tips menabung. Ya kan? Beberapa bulan lalu seorang teman blogger Vindy Hafrida share cara dia nabung di instagramnya. Dia sih memang sudah terkenal dengan profesi dia sebagai Makue up Artist (MUA) dan face paintingnya. Nggak heran kalau ide unik yang dia share bisa nembus viral dunia maya. Blog dia Ini Vindy yang Ajaib.

Iya, namanya sama kaya aku. Vindy. Asik kan, aku jadi ikut terkenal. 
Good point!

Dia share cara menabung dengan uang 20.000. Konsep menabungnya adalah setiap menemukan uang 20.000 maka itulah jatah tabungan kita. Di dompet ada uang 20.000 satu lembar, kalau berani jadikan itu adalah uang tabungan. Masukkan ke toples, celengan, botol, atau wadah apapun. Mau dipakai segel/penutup rapat atau bisa dibuka tutup, BEBAS. Semua tergantung ketebalan iman masing-masing. Haha.

Kali ini aku ingin share juga pengalamanku mencoba menabung uang 20.000-an ini. Seru banget!

Tabungan uang koin receh


Jadi ceritanya aku memang sejak kuliah suka nabung uang koin seperti 100, 200, 500, 1000. Ini aku contoh dari kebiasaan Masku yang rajin ngumpulin uang koin di baskom besar dan selalu full bahkan bisa lebih dari 2 baskom. Aku juga ingat waktu aku masih SD, lihat mamaku punya celengan panjang seperti bambu tapi ada gambarnya lucu warna merah. Diisi dengan uang koin 500. Sampai full dan isinya berat banget! Tangan mungilku nggak kuat. Dulu rasanya aku pengen nyolongin gitu buat beli Mie Anak Mas. Sampai-sampai bagian bawahnya di-plakban takut jebol. Sekarang entah udah nggak pernah lihat lagi celengan itu.

Kebiasaan menabung koin receh yang dianggap remeh ini membuat aku punya stok satu toples Sosis So Nice uang receh. Itu celengan nggak niat kok. Berhubung aku pengen gaul dan kekinian, aku penasaran juga pengen nabung 20.000-an dan bukan hanya koin lagi.

Kupustuskan untuk menukar semua uang koin menjadi uang pecahan 20.000 ke Indomaret dekat rumah. Mereka seneng banget dapat koin banyak. Haha... Sekalian aku minta mereka untuk ditukar ke uang 20.000-an. Mereka mau. Tapi sebelumnya aku hitung dan kemas per bendel menggunakan plaster bening. Kukumpulkan seperti ini nih.

@10 koin 100 = 1000/bendel
@5 koin 200 = 1000/bender
@10 koin 500 = 5000/bendel
@10 koin 1000 = 10.000/bendel
Tabungan uang koin receh


Rupanya yang paling banyak adalah koin 200 dan 100. Hoamz banget deh! Satu toples Sosis So Nice cuma bisa dapat 120.000-an. Tapi itu lumayan juga ya kalau dipikir-pikir. Hihii. Bisa buat nraktir es krim lebih dari 20 orang. Andai itu isinya koin 500-an aja mungkin nominalnya lebih besar ya? Jadi awal gerakan menabung 20.000-ku diawali dengan 6 lembar uang 20.000 di toples Sosis So Nice.

Tabungan uang 20.000

Tabungan uang 20.000 dalam toples


Pasti tanya deh, kenapa kok pusnya ikutan foto. Puspus suka kepo sama apa yang aku kerjakan. Pas dia kukasih duit buat beli ikan sendiri dia cuma melongo doang. Ah, dasar si Puspus.

Menurutku gerakan menabung ini seru! Bikin semangat nabung!Soalnya terasa sekali KAYA-nya. Padahal aku merasa jarang banget masukin uang ke toples. Tapi isi toples nilainya udah ratusan ribu aja. Aku punya TIPS supaya ringan dalam menabung nominal besar adalah tatap mata puspus di bawah ini dan mulai ubah mindset sejak sekarang. Katakan:
Setiap melihat 20.000 itu adalah tabungan!
20.000 adalah tabungan!
20.000 adalah tabungan!
20.000 = tabungan!
20.000!
Tabungan!
Menabung!

Sudah tersugesti? Ulangi deh kalimat itu. Ucapkan di depan dompet. ^^ Selamat mencoba ya! By the way, satu tahun dapat berapa ya? Hihihi... bisa beli hape baru nggak ya dari nabung 20.000 selama setahun meski jarang-jarang?  Kita tunggu tahun Januari 2017 mendatang!

Berani mencoba?
Selamat Menabung!

Selamat Menabung!

36 comments :

  1. itu g cape ngitungin duit receh pas tuker di alfa?
    oh iya kalo ngitung duit mah g bakal cape hahaha
    bagi dund duitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinteeeer.... ngitung duit sendiri nggak capek. Tapi kalau ngitung duit orang lain capek. Hahaha

      Delete
  2. Replies
    1. Iya, Cyynn... kucingnya manis ada tahi lalatnya di atas bibir >.<

      Delete
  3. Udah pernah denger tapi belum niat ikutan. Begitu liat postingan ini jadi pengen ikutan.

    *sambil baca mantra 20.000=tabungan :D

    ReplyDelete
  4. 20000 lumayan kalo 1 tahun hehehe, tapi masih blm cukup buat modal nikah hahaha

    ReplyDelete
  5. wahhh.. semangat bgt kamu nabung ny put..
    kaoan aku bisa punya semangat nabung kek gitu ya..hahaa.

    terus klo d dompet yg tersisa emg cm 20rb gimana dong? masak harus doring moto?
    atau 20rb ny di tuker jd 5ribuan 4 lembar. hahah..
    bole..bole...bole.. idenya.. ntar aq coba.
    klo berhasil ngumpulin 500rb aja.aq bakal share d blog dan blg ini ide ny putri.

    wish me luck, please! :D

    ReplyDelete
  6. Boleh juga nih, tapi, masih dilema dengan belanja buku tiap bulannya. Tapi, mungkin akan di kurangi, biar bisa nabung~

    ReplyDelete
  7. Eeee buset, kalau 20 ribu pasti uang tabungan kita berarti gue tiap bulan harus masukin hampir setengah duit bulan gue ngekos dong. Soalnya bokap gue sering ngasihnya duit pecahan 20 ribu mulu.... Wkwkwk...

    Gue biasanya nabung di bambu panjang tapi isinya receh semua... Nggak tau berapa, yang penting kalau ada receh langsung tak masukin situ. Hehe

    ReplyDelete
  8. Walah udah nyoba ini kak, tapi gapake duit 20rb, tapi 10rb. Tapi yaa yang namanya anak sekolah apalagi SMA, punya banyak kebutuhan, jajan lah, uang bensin lah, dll. Alhasil sempat juga sih ngehasilin, tapi udah ludes begitu aja

    Huu... *syedih*

    ReplyDelete
  9. Aku juga sedang beristiqomah menabung 20ribu. Sudah jalan 3 bulan lebih hihihi. Cobaannya pas tanggal tua. Selalu ada saja hasrat untuk berkhianat. -___-

    ReplyDelete
  10. iya..udah terkenal banget menabung dgn cara sperti ini. di fesbuk aja sering ngeliat org2 pada ngeshare tipsnya. tp btw, itu adalah ide yg briliant....
    mudah sekali melaksanakan tipsnya dan sangat membantu org2 yg hidupnya tergantung gaji seperti saya...

    ReplyDelete
  11. Wuihiiii asik ya nabung duit ijo. Kalau tabunganku receh 1000 semua. Selain 1000 dilarang masuk celengan. Jadinya aku selalu hunting 1000 receh deh, sekalian minta doa biar ketemu jodoh. *eh

    ReplyDelete
  12. wih.. gue suka gerakannya, unik. th epower of 20.000...
    semoga bisa beli hape beneran tuh yak.. berani menabung? kenapa tidak...

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. nabung ya kalau pas ada duit sisa. Kalau gak ada duit sisa, apa yang ditabung coba? Hoam banget

    ReplyDelete
  15. 20ribu itu berharga!!
    buat ongkos PP, pulsa, nyetok mi instan..

    suika-lovers.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  16. Duh... ternyata progress yang bagus ya vin. Soalnya bisa menabung dari receh menjadi duit 20ribuan. Mainset menabung emang sebenarnya bagus banget vin. Gue sendiri emang belum terlalu menabung, sih. Hanya beberapa kesempatan. Emang, kalo dipikir, memulai itu lebih sulit. Tapi, kalo udah dimulai pasti gampang banget. Semoga bisa mencapai tujuannya dgn tabungannya ya vin. :)

    ReplyDelete
  17. Adikku melakukan ini nih. Dan setelah terkumpul 2,5 juta perak dia tuker dengan batang emas 5 gram. Jafi emang niat banget gak mau dikutak katik celengan 20.000 annya

    ReplyDelete
  18. nabung ah, cek dompet dan nemunya 50rb, tuker dulu biar ada 20rban ah hehehe :D

    ReplyDelete
  19. Kalo gue semenjak tinggal sendiri, jadi menghargai duit receh. Kadang jadi penyelamat di tanggal tua. Bisa veli indomie. Lumayan lah. ngikutin yang dua puluh ribu, boleh di coba nih. Seru kayaknya

    ReplyDelete
  20. Sama kaaak. Semenjak jadi mahasiswa baru dan menjadi anak kosan sejak agustus lalu aku ngumpul uang recehan juga masa hehehe. Bedanya, recehan itu kutaruh di botol aqua yang udah dipotong menjadi dua bagian gitu deh. Duh jadi mau ikut gerakan nabung 20ribu nih. Unik pisan!

    ReplyDelete
  21. Leh ugha nih artikelnya,mau ikut nabung ah hihi...

    ReplyDelete
  22. Wah, aku semenjak masuk kuliah juga suka banget nabung kak. Apalagi receh tuh, banyak banget. Dan nolong banget pas akhir bulan. Pas dikumpulin ternyata lumayan, bisa buat makan 1 hari.

    Dari SMA juga aku suka nabung, tapi langsung hangus per minggunya, soalnya langsung tak beliin komik. Nah pas kuliah ini jatah nabungku juga kayaknya bertambah. Bener juga kak, nabung itu berasa banget kayanya. Wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
  23. Boleh juga nih buat dipraktekin. Aku susah banget kalo mau nabung. :( Keburu buat kebutuhan lainnya

    ReplyDelete
  24. kalo aku tiap Subuh masukin 5.000, dikumpulkan sebulan atau lebih, ntar disedekahin. duitnya "ilang", malah duit yang lebih gede datang sendiri gak usah dipanggil dan dicari :)

    ReplyDelete
  25. gue juga baru'' ini sih liat yg si vindy nabung 20rb,a n. setengah botol aja, katanya dapet 2,5jt. lah banyak amat yak? pdahal baru setangah botol. botol aqua galon loh. nggak deh, botol aqua yg 1,5 liter gtu. tapi canggih yak.

    gue pgen nabung gtu juga sih, tapi ga ada duit 20rb annya. hahah
    smoga bisa nabung pake nominal yg lain. ntar klo udah nabung setahun, beliin hape, vin. jgan beliin mie anak emas. lgsg sakit dah tuh perut, kalo dibuat beli mie. hahah

    ReplyDelete
  26. sama nih, saya juga sebelumnya menabung recehan gitu di toples obat punya ibu. Alhamdulillah sudah terkumpul 300rban lebih. karena penuh saya tukar uang 20rb an juga. konsep menabung 20rban ini sempet nge hits kan di akhir tahun 2015 kemarin hehe.

    semoga konsisten deh. semangat, demi masa depan yang lebih cerah

    ReplyDelete
  27. ikutan!
    bisa juga nih diterapin buat anak kost haha..

    gue juga suka nabung tapi kalau genting kadang gue pakek juga tabungannya. emang tergantung iman sih.. haha

    btw, kamu suka nyolongin duit ibu cuman buat beli mie anak mas?
    SAMA!

    ReplyDelete
  28. ikutan!
    bisa juga nih diterapin buat anak kost haha..

    gue juga suka nabung tapi kalau genting kadang gue pakek juga tabungannya. emang tergantung iman sih.. haha

    btw, kamu suka nyolongin duit ibu cuman buat beli mie anak mas?
    SAMA!

    ReplyDelete
  29. Masih berat untuk nabung 20.000, baru bisa ngumpulin recehan logam yang 1000 atau 500.
    yang penting bisa nabung.

    ReplyDelete
  30. kalo 20 rb an jarang ada, Vin. hihi. adanya 50 rb. :D

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com