Kalau Internetan, Kamu Seperti Ini Nggak?

Kalau Internetan, Kamu Seperti Ini Nggak?

Internet Sehat

Menggunakan internet sudah jadi gaya hidup milyaran orang di bumi ini. Iya kan? Mulai yang hanya sebatas cari informasi, komunikasi, belanja hingga bekerja juga pakai internet. Kekuatan internet ini besar banget.

Bayangkan kalau saat ini...
semua server mati seketika?

Sangat Mudah!

Sedikit-sedikit tanya mesin pencarian. Galau dikit, cari artikel Tips Mengatasi Galau Akut. Dikasih tugas dosen ketika kuliah, cari jurnal digital di internet. Ngidam jajanan yang nggak ada di kota sendiri, cari online shop yang nganterin kurir. Apalagi masalah uang. Anak butuh uang di kota perantauan, tinggal klik klik klik, transfer internet banking. Beres. Semua pekerjaan selesai semudah menekan mouse.

Yang Jauh Jadi Dekat

Komunikasi juga lancar kan dengan teman alumni Kuliah, SMA, SMP, SD, bahkan dari sosial media bisa janjian sama temen-temen alumni TK. Semudah itu menyatukan sesuatu yang kelihatannya rumit dan mustahil.

Apalagi ketika internet sudah bisa dipakai di gadget. Serasa bawa internet ke mana-mana. Kuota berlimpah, jaringan diperluas, memungkinkan internet sampai ke pelosok. Ini keren! Dulu, pasang internet satu RT paling Cuma 2-3 orang. Itu pun orang-orang yang rumahnya gedongan.

Gadget diisi apalagi kalau bukan aplikasi sosial media. Buat satu email untuk semua sosmed yang diapakai. Rasanya jalinan komunikasi terasa nyata ya kalau sudah saling balas membalas di sosmed.

Padahal, 
itu dunia maya.

Banyak banget dampaknya. Cara pakai internet yang salah, bisa bikin nggak sehat kan. Ini ada 5 hal yang justru mengancam keselamatan diri sendiri. Simak yuk!


Internet Sehat

1. Galau Bikin Malu

Masih suka galau? Rasanya pengen banget gitu ya numpahin semua kekesalan. Apalagi status-status yang dibuat menyindir seseorang. Entah sasarannya baca atau enggak. Ngumpulin like atau komentar rasanya seneng banget kan? Menghibur sedikit, paling nggak sih.

Tapi percaya atau nggak, galau di sosmed itu malu-maluin. Coba deh posisikan diri ini jadi pembaca status galau orang lain. Ih, masalah pribadi diumbar-umbar. Diumumin ke dunia, kalau dia baru aja diputusin pacar karena diselingkuhin. Orang kasihan sih. Entar ketika ketemu langsung, orang sebersit ingat, “Kasihan ya, baru diselingkuhin.”

2. Sombong!

Memfilter apa yang boleh kita share itu penting. Seringnya sih share ketika baru dapat sesuatu  Dapat uang di-share, dapat paket di-share. Lama-lama kita seperti suka mamerin sesuatu yang mungkin bagi sebagian orang itu nggak penting karena nggak ada manfaat yang bisa diambil dari share-itu.

Sombong lainnya adalah komunikasi yang di dunia nyata jadi maya. Pas lagi ngumpul, sibuk sama gadget-nya masing-masing. Ngeselin. Lebih baik pulang aja. Internetan di rumah.

Internet Sehat

3. Risih Banget Sih Punya Temen Sosmed Kaya Kamu

Belum lagi bagi orang yang suka banget selfie dan foto-foto. Sosmed bagi dia adalah pameran pribadinya. Mau pamer ya kalau dirinya cantik/ganteng? Hihi, narsis. Foto selfie yang hanya berbeda ekspresi bibir bisa 10 upload sekaligus.

Atau ada contoh lain share poto anaknya yang masih bayi. Wajarnya memang Ibu pasti ingin nunjukin anaknya yang imut. Siapapun. Tapi ngerasa kesel nggak sih kalau ibunya upload foto anaknya 1 kali post, berulang-ulang. Jadi beranda mendadak spamming.

Belum lagi orang yang selalu share sesuatu yang mengusik SARA yang negatif. Beranda jadi isinya negatif. Maunya dapat hiburan, malah jadi kaya pencuci otak secara nggak langsung.

4. Otot Kaku, Kurang Olahraga

Kebanyakan online, posisi duduk akan diam dalam waktu yang lama. Apalagi dibawa dengan tidur. Bisa-bisa ketiduran dengan posisi yang salah. Sering ngalamin nggak bangun-bangun badan malah pegel-pegel? Diingat-ingat rupanya semalem online sampai ketiduran. Parahnya lagi, waktu kosong yang dipunya nggak diambil untuk olahraga kecil seperti perenggangan otot. Lebih asyik online, kan?

5. Dompet Melompong

Online, online, online. Internet nggak ada matinya. Tadi sudah bisa bayangin belum kalau semua server tiba-tiba mati? Okey, nggak bisa bayangin ya? Gimana kalau pas asyik online, chatting, kerja, dll, tiba-tiba kuota abis?

Ya, sudah pasti langsung beli kuota internet (lagi). Keasyikan online bikin lupa waktu dan nggak sadar kuotanya habis. Budget internet per bulan makin nggak terkontrol. Dompet kosong, hilal gajian masih belum nampak ya?


Internet Sehat


     Internet Sehat Yuk!     


Memang internet itu ada yang bilang seperti pisau. Kalau pakainya baik, pasti akan berguna. Begitu pula sebaliknya. Internet sehat itu seperti apa sih? Apa internetan sambil makan makanan 4 sehat 5 sempurna? Hehe. Boleh juga sih, badan jadi bugar juga kan. Ini dia 5 tips internetan sehat sekaligus menjadi solusi dari 5 hal negatif di atas. Simak yuk!

1. Menebar Sugesti dan Motivasi Baik

Menulis status galau itu nggak ada yang larang sih. Keseringan menebar aura negatif dan kalau dibaca ulang kok jadi baper lagi ya? Tapi lebih asyik kalau nulisnya yang semangat dan positif. Ketika dibaca ulang jadi moodbooster. Apalagi kalau dibaca sama orang banyak. Dapat pahala nih mengajak teman makin semangat.

2. Berbagi Rejeki dan Informasi

Kalau kita punya rejeki dan itu baik, share cara dapatinnya. Selain share foto bersama rejekinya, ceritakan juga, bagaimana sih kok bisa dapat? Manfaatnya setelah itu apa? Ini justru bisa membangunkan semangat seseorang yang sedang tidur. Ketika dia merasa putus asa, membaca kita berhasil dan itu dilalui dengan kisah perjuangan, bukan mustahil dia bangkit dan merasa, “aku bisa!”

Pas kumpul sesama teman juga terapkan no-gadget. Silent, masukin tas atau kumpulin gadget-gadget dan dilarang sentuh sebelum saatnya pulang. Quality time, ini dunia nyata. Dunia yang sebenarnya.

3. Pilah, Pikir, Positif

Spamming sangat dibenci. Share secara bertubi-tubi itu menggangu sekali. Apalagi yang dilihat foto itu-ituuuuu aja. Bosan kan? Apalagi berita yang meresahkan. Sebelum upload atau share berita, alangkah baiknya dipilah mana yang terbaik, kemudian dipikir apakah ini berdampak positif atau justru memicu peperangan. Kalau foto selfie bertubi-tubi, apakah memicu kebosanan atau tidak? Alih-alih banyak yang unfriend karena bosan lihatnya. Minimal unfollow sih, supaya segala update tidak akan muncul lagi di beranda. Wah, jangan sampai ya.

4. Jadwalkan Waktu Internet

Lupa waktu bisa diatasi dengan jadwal. Misal nih untuk anak sekolah, bangun pagi sebelum berangkat bolelah sempatkan membuka sosial media sebentar. Jangan lama-lama karena kita harus ke siap-siap kan? Buka lagi ketika jam istirahat atau pulang sekolah. Di rumah juga begitu. Pasang alarm “OFF Internet” saat belajar dan kita harus patuh. Ini penting. Orang tua juga bisa memantau ini.

Bagi yang sudah bekerja, paling ampuh adalah menyembunyikan gadget. Supaya tidak tergoda. Apalagi di kantor koneksi internet. Jangan buka browser. Mungkin tidak bisa bagi yang bisnis di internet ya. Kuncinya adalah jangan buka alamat sosial media.

Ini disesuaikan dengan kesibukan masing-masing. Kalau kerjanya memang online bagaimana? Paling nggak, tidak login di akun sosial pribadi. Supaya tidak tergoda. Atau mau menulis tetapi butuh riset? Bisa dengan cari riset dulu, kalau sudah lengkap matikan internet, kemudian menulis.

5. Pasang Aplikasi Provider

Ini berbicara pasang internet dengan kartu SIM provider ya. Setiap provider saat ini punya aplikasi untuk memantau kuota. Rajin-rajinlah mengecek, supaya kita bisa mawas diri. Misal, “Wah kuota tinggal 1Gb nih! Berarti aku harus kurangi nonton youtube.”

Eh, bisa juga loh yang kebablasan asyik online shop, lihat beragam diskon di iklan bertebaran di mana-mana bisa bikin kebablasan juga belanjanya. Iya, nggak merasa pegang bendanya sih. E-commerce memang memudahkan peselancar internet berbelanja.

Susah nggak sih? Menurutmu?

Internet Sehat

Seperti boomerang, ketika kita menebar segala sesuatu yang baik dan bermanfat untuk orang banyak, tentu akan banyak manfaat yang kita dapatkan. Itu sudah hukum alam loh. 

Coba deh bayangkan kita banyak berteman dengan sehobi baca dan menulis. Ketika dapat update mereka, tidak jauh-jauh dari hal itu. Kita yang juga suka bakal lebih mudah menerima informasi baru. Bahkan antar teman bisa saling rekomendasi bacaan bagus. Menguntungan kan? Lalu bayangkan teman kita suka share tentang kejahatan dan pembunuhan. Apa yang kita dapat?

Jadi...
Mulai saat ini...
Internetan secara sehat, yuk!


Sumber Gambar: 
Freepik | Creative Market

Previous
Next Post »

52 komentar

Write komentar
Rudi
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 14:59:00 GMT+7 delete

postingan ini menjadi teguran bagi semua orang yang gila akan sosmed. biar mereka tersadar dan mengikuti internet cerdasnya mbak vindy. tapi iya sih kalo gue ada paketan begitu jadi susah mencontrolnya, malah paket data 2GB yang seharusnya bisa buat 1 bulan malah abis dalam waktu kurang dari 1 minggu, dompet jadi terkuras.

saran dari mbak vindy ini emang yakut deh, dan harus dipraktekan agar bisa berinternetan dengan baik :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 15:04:00 GMT+7 delete

Nah, iya betul itu. Apalagi bagi kita yang lagi masa penghematan tapi masih pengen aktif internet. :)
Terima kasih, Rudhie...

Reply
avatar
Tuesday 9 February 2016 at 15:05:00 GMT+7 delete

Mbaa, kadang mau nulis tapi karna keasyikan berselanjar di blog akhirnya gagal deh ngetik. Hiihihiiii

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 15:06:00 GMT+7 delete

Gagal fokus ya >.< Hihii aku juga kadang begitu. Makanya matiin internet sih. Kalau butuh riset, cari riset dulu, matikan, baru deh ngetik ^^ Aku begitu.

Reply
avatar
Tuesday 9 February 2016 at 15:31:00 GMT+7 delete

Siap, Kapten!
Kalo kerjanya fulltime blogger gitu gimana ya? Ngurusin blognya yang jumlahnya puluhan tiap hari. Uh, hampir sepanjang hari depan monitor.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 15:37:00 GMT+7 delete

Nah, kalau itu beda lagi. Tantangannya berbeda. Itu sebabnya aku tadi bilang, ini berbeda bagi yang kerjanya memang di internet atau bisnis pakai online. :)

Reply
avatar
Tuesday 9 February 2016 at 16:37:00 GMT+7 delete

Oh begitu yah vin, kebetulan saya kerjanya pakai internet juga. Meskipun sekedar buat buka dan kirim email. Tapi tetep aja tab di browser buka nya banyak, facebook, kaskus, dll #upss cuma di saat free doank kok bos :D

huhu bener nih kalau masalah yang kurang olahraga, saya termasuk salah satunya. jarang olahraga, karena memang lebih asyik online ketimbang olahraga :3

eh btw di atas ditulis "6 hal" tp cuma ada 5 hal...

Reply
avatar
Adi Febrian
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 16:39:00 GMT+7 delete

Internet sangat memudahkan , yg kaya mbak vindy bilang tadi.sekarang apa2 tinggal klik mesin pencarian. cthnya aja aku hhe, dan di dunia pendidikan juga internet termasuk unsur penting

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 16:56:00 GMT+7 delete

Aih typo. OK, sudah diperbaiki.
Hehe olahraga. Aku mulai suka olahraga nih. Senam dari lagu dance korea/jepang xixi

Makasih yaaa

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 16:58:00 GMT+7 delete

Naaah iya pendidikan. Seperti mencari referensi, jurnal dan lain2. Sip!

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 16:59:00 GMT+7 delete

Iya, ngenet juga kudu sehat. Hehe

Reply
avatar
Muhammad Afif
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 18:04:00 GMT+7 delete

Internet.ohh sungguh vitalnya kegunaan mu dimasa saat ini.

Tetapi tetap ya gunakan inet buat hal yang bermanfaat, jangan saling hujat. Dan buat orang yang sering sering menghujat, emang untuk apaan sih? Gak ada gunanya sama sekali.

#InternetSehat

Reply
avatar
Hadi
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 18:05:00 GMT+7 delete

ayo sehat. Jangan lupa minum Dexteem plus, biar boboknya nyenyak :D

Kalau internetan emang suka lupa waktu sih. Tau2 kuota abis. Tapi bulan lalu saya sombong dong, kuota sisa. Eh, oot.
Bye

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 18:57:00 GMT+7 delete

Nah, iya gitu. Sebarkan nilai positif yaa.. setuju!

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 18:58:00 GMT+7 delete

Hahaha.. sombong! >.< Bulan ini gimana?

Reply
avatar
rizki
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 19:21:00 GMT+7 delete

Kalo server mati kayaknya orang-orang pada mati juga kali ya? Soalnya semua aspek kehidupan (ceileh) bergantung ke internet. Internet bisa mendekatkan yang jauh tapi bisa juga menjauhkan yang dekat :(

Seenggaknya kalau mau internetan itu harusnya dipikir baik-baik ya, maksudnya nulis status galau eh ada yang tersinggung akhirnya bertengkar deh.

Tipsnya berguna banget deh :D

Reply
avatar
rahul syarif
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 19:41:00 GMT+7 delete

Sarkas tingkat keras dari mba Vindy, nih.

Tapi, kebiasaan yang sudah terlanjur susah banget untuk di hilangkan, mungkin dengan mengurangi akan jadi jauh lebih baik. :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 20:57:00 GMT+7 delete

Nah..., iya gitu, Riz.. >.< nggak bisa bayangin ya..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 21:02:00 GMT+7 delete

Hehe iya sarkas ya? Nggak apa deh. >.< Iya bisa dengan mengurangi. Ah, dulunya aku juga alay kok. Tapi sekarang sudah enggak.

Reply
avatar
PIPIT
AUTHOR
Tuesday 9 February 2016 at 21:23:00 GMT+7 delete

Yg paling kerasa dari internet itu kuota cepet abis dan berakibat pemborosan. Padahal jaman kuliah dulu 2gb udah cukup buat sebulan. Sekarang, 4gb aja ludes dalam 2 minggu. *jadicurcol*

Kayaknya kudu nyoba off beberapa saat kayak usulan kamu. Siapa tahu kuota g gampang abis, dan pastinya menghemat duit :)

Reply
avatar
Awaldi Rahman
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 00:59:00 GMT+7 delete

Setuju banget sama komentarnya Mbak Pipit. Dulu 2gb saja bisa cukup sebulan, sekarang mah 4gb gak kerasa lenyapnya berapa lama. Dulu, 11 gb cuma 50ribu, sekarang 50ribu cuma dapet 4.5gb huhu. Mana sekarang ada godaan 4g lagi hehehe. Harus bisa sepandai mungkin memanage penggunaan internet nih. Kayak blogging misalnya ya haha.

Terima kasih tips tipsnya Mbak Vindy, saya selalu suka euy tips yang ditawarkan dalam tulisan mbak Vindy ini.

Reply
avatar
Wednesday 10 February 2016 at 04:55:00 GMT+7 delete

Hampir jam 5 subuh aku masih on line :p

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 09:26:00 GMT+7 delete

Terima kasih ya Awaldi. :) Iya aku juga. Biasanya 2Gb itu udah cukup. Aku skarang penggunaan per bulan bisa 6 Gb loh..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 09:26:00 GMT+7 delete

Hihii iya Indi. Aku sering lihat kamu justru online jam-jam malam yaa.. Olahraga jangan lupa ya...

Reply
avatar
Mas Darsono
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 09:49:00 GMT+7 delete

ahhhh.... kalau dihitung2, saya nggunain internet-nya sekitar 12-15 jam saban harinya...
Ditempat kerjaan dari jam 07.30 s.d 16.00
Di rumah biasanya mulai dari jam 19.30 s.d jam 24.00 kadang nyampe jam 01.00...
itu yg pakai komputer (pc/laptop)
belum yg pakai hape :)

jikalau server mati, asyiknya ya ngingetin mantan aja dech put :)

Reply
avatar
Tian Lustiana
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 10:07:00 GMT+7 delete

Thanks VIndy, sudah mengingatkan.yuk internet sehat :)

Reply
avatar
zaenudin
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 10:20:00 GMT+7 delete

nah bener tuh,entah punya ilmu apa atau kena hipnotis apa ko bisa sampai mudah tergoda dengan internet. apalagi dengan sosmed,masih mending buat kebutuhan belaka,ini cuma pengen stalking doang parah banget tuh.

caranya nona vindy ini bisa di coba buat semua yang sudah addict di sosmed,tahan - tahan godaan gitu lah. Makasih Nona vindy tipsnya. keren

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 13:25:00 GMT+7 delete

Hahhaa.. bisa aja Mas Darsono. Wah kalau memang menggunakan online setiap hari dan kerjanya, pokoknya jangan sampai salah fokus dan tetap menebar positif yaaaa ^^

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 13:26:00 GMT+7 delete

Hahaha iya hipnotis yaaa.... sama-sama ya Jejen. Thanks sudah mampir ^^

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 19:53:00 GMT+7 delete

Yukkkk ....

Etapi iya banget lho, godaan untuk buka account socmed pribadi itu ngeselin dan paling gampang bikin gagal fokus kalo lagi kerja atau niat ngerjain kegiatan yang lain.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 20:20:00 GMT+7 delete

Hihi... gagal fokus. Aku juga masih mengalaminya XD

Reply
avatar
Wednesday 10 February 2016 at 21:32:00 GMT+7 delete

Deisgnnya semua pake Flat Design, ya. "Aku suka ini VIn... suka banget... Sama designnya. :)

Ngikut sama komentar yang lain, ini emang bener banget jadi teguran sederhana buat semua pengguna Sosmed secara gitulah. (Berlebihan). Internet diciptakan bukan untuk memperbudak manusia. Tapi untuk memudahkan manusia terhubung satu sama lain meskipun dalam keadaan jauh. CUman, gak setiap hari juga... -__-

Reply
avatar
eparamata.com
AUTHOR
Wednesday 10 February 2016 at 22:34:00 GMT+7 delete

Udah ngerasain gimana rehat dari internet, enak loh ternyata.kepikiran sih soal apa-apa nih yg lagi rame,ketinggalan apa nih.tapi kegiatan tanpa internet juga menyenangkan.:D

Yang suka galau-galau di sosmed tuh yg gak enak dilihat,kayak semua orang harus tau masalahnya.pas kita coba care nanya kenapa,dijawab gak kenapa-kenapa.kan eeeeekkk..

Reply
avatar
RIfaun Naim
AUTHOR
Thursday 11 February 2016 at 22:23:00 GMT+7 delete

Luar biasa yah mengispirasi banget...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 11 February 2016 at 22:58:00 GMT+7 delete

Makasih yaaaa... iya aku juga suka flat design. Kekinian bangettzzz...
Nah, yuk internetan yang sehat yaa..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 11 February 2016 at 22:59:00 GMT+7 delete

Aku juga uda pernah. Rasanya enak kalau emang niat. Tapi kalau pas mendadak kuota abis, ngeselin jugaaaa. Hehee...

Eh iya tuh, gitu emang. Cari perhatian ajaaa

Reply
avatar
taufik
AUTHOR
Friday 12 February 2016 at 05:36:00 GMT+7 delete

Kalo saya sering nemuin yang nomer dua "Sombong" apalagi teman teman dulu semasa sekolah ya itu hak mereka sih, bukanya iri tapi bikin risih punya barang baru upload, punya istri baru upload ah mending saya hapus pertemanan saja

Reply
avatar
Anisa AE
AUTHOR
Friday 12 February 2016 at 07:26:00 GMT+7 delete

Et dah :D Perlu banyak dishare nih. :D Internetan juga suka bikin baper

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 12 February 2016 at 08:01:00 GMT+7 delete

Hehe baper kenapa? Share dong pengelamannya...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 12 February 2016 at 08:02:00 GMT+7 delete

Iya, share itu sih gak apa-apa selama masih wajar dan ada sesuatu manfaat untuk dishare ke banyak orang. :) Kalau nggak ada manfaatnya, cenderung pamer ya...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Friday 12 February 2016 at 18:13:00 GMT+7 delete

Otot kaku, bener banget tuh. Kebanyakan duduk terus membuat badan tiba-tiba kram apalagi di persendian ketika mau berdiri. Harus pelan-pelan.

Aelah

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
Saturday 13 February 2016 at 00:55:00 GMT+7 delete

Jauh jadi dekat, dekat jadi jauh..
(kurang waktu untuk yang dekat, sibuk kontak dengan yang jauh soalnya) :)

Reply
avatar
Saturday 13 February 2016 at 10:31:00 GMT+7 delete

ya saling merekomendasi itu menguntungkan
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Reply
avatar
Sunday 14 February 2016 at 14:11:00 GMT+7 delete

semua orang udah tahu internetan bikin komunikasi sosial memburuk dan bla bla bla. tapi mereka tetep aja maen gadget terus-terusan walau tahu dampak buruknya. moga tulisan mbak ini bisa menyadarkan mereka ya mbak. terutama mereka yang sombong pamer-pamer kemesraan barenmg pacarnya di sosial media. cuih!!!!

Reply
avatar
Lulu Anditha
AUTHOR
Sunday 14 February 2016 at 20:53:00 GMT+7 delete

Tips-nya emang mantep sekali kak Vind! Pmkaian intrnet skrg boros ya, 2GB gak nyampe sminggu. Tp aku prnah sih, jrg buka sosmed, dll, kuota jd irit, 500mb aja gak abis2. Haha.

Gadget bsrta internet emg godaan banget. Iya, kalo lg ngumpul2 gtu emg hrsnya gadget ditaro dulu di tas ya?

Reply
avatar
Hilda Ikka
AUTHOR
Sunday 14 February 2016 at 22:04:00 GMT+7 delete

Aku sudah nyoba mengamalkan beberapa poin. Walau masih kesusahan juga sih. :D

Reply
avatar
Mangcara
AUTHOR
Thursday 25 February 2016 at 17:44:00 GMT+7 delete

Yang paling kerasa si sangat mudah, nyari apa2 tinggal googling mau beli ini itu tinggal buka ol shop :)
Kalau sosmed saya ga terlalu aktif, paling cuma dipake buat share artikel doang.
Kalau kuota, saya pakai 2 ISP yang satu mobile yang satu pakai FO jadi masih ada cadangan :) malah ga terlalu mikirin kuota lagi si karena yang tv kabel + internet udah unlimited

Reply
avatar
Monday 11 July 2016 at 12:46:00 GMT+7 delete

Yang bagus tuh emang share yang bermanfaat dan hukum alam pun bekerja. Bersyukurnya kita hidup di era digital sekarang ini.

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon