Tips Membersihkan Keyboard dari Lemak/Kotoran

Tips Membersihkan Keyboard dari Lemak/Kotoran

Tips Membersihkan Keyboard dari Lemak/Kotoran

Punya komputer, notebook, netbook, atau laptop pasti perangkat yang sering dipakai adalah keyboard, betul? Kalau usianya udah bertahun-tahun biasanya mulai muncul penebalan suatu lapisan yang iyuh banget.

Padahal mungkin pas kita ngetik, kita udah cuci tangan 4x, pakai antiseptik hand sanitasier, atau bahkan udah pakai detol juga sebelum ngetik. Tapi kotoran kok ya ada aja sih? Apa iya kita sejorok itu? Padahal udah pakai penutup/kain. Nggak luput dari jadwal bersih-bersih.


Asal Kotoran

Ini sering dialami oleh keyboard komputer PC. Karena keyboardnya terpisah dari layar dan diletakkan terbuka. Kotoran itu hasil perkawinan antara keringat dan debu, daki, atau apalah itu. Beda dengan laptop misalnya. Kalau selesai pakai laptop, layar ditutup dan otomatis keyboard juga tertutup dari debu.

Bentuk Kotoran

Kotorannya itu seperti daki. Iyuh banget. Bertumpuk-tumpuk tergantung seberapa lama keyboard itu dipakai dan tidak pernah dibersihkan. Kalau disentuh seperti pegang gumpalan kotoran yang... ah sudahlah. Lihat aja seperti ini bentuknya.

Lemak/Kotoran pada Keyboard

Biasanya lagi, keyboard begini sering ditemui di warnet. Selain tempatnya yang sangat terbuka, tangan yang pakai keyboard itu nggak cuma satu. Bisa puluhan dan mereka nggak cuci tangan pula. Mereka adalah kontributor kuman sejuta umat.

Membersihkan Lemak/Kotoran

Mungkin ada yang sudah pernah mencoba membersihkan tetapi nggak berhasil. Seperti aku, hahaha! Aku sudah mencoba membersihkan pakai benda tajam, dikerik. Nihil. Malah yang ada merusak permukaan keyboard. Sakit rasanya. 

Keyboard-nya kegores, yang ngerasain sakit aku.

Aku juga udah pakai milk cleanser atau pembersih wajah. Nihil juga. Malah bikin lengket dan membuat kotoran makin gampang nempel. Sedih. Pernah juga pakai air doang. Makin nggak ada perubahan. Sampai akhirnya aku googling. Entah nemunya di mana, solusinya adalah menggunakan...

Alkohol.
Okey, langsung aja ke cara membersihkannya.

ALAT DAN BAHAN
1. Alkohol (aku pakai 95%, beli di apotek harga < Rp 15.000 untuk Alkohol botol beling hijau cap gajah)
2. Cuttonbud
3. Kapas
Berapa jumlahnya itu tergantung banyak sedikitnya kotoran ya. 

Alat dan Bahan untuk membersihkan Lemak/Kotoran pada Keyboard


CARA MEMBERSIHKAN
1. Cabut kabel keyboard dari CPU supaya ketika digosok tidak menekan sembarangan. Kalau laptop, bersihkan dalam keadaan mati.

2. Tuang alkohol pada kapas. Segera tutup kembali botol supaya tidak menguap. Atau kalau kesulitan buka-tutup botol alkohol, bisa dituang ke wadah kecil supaya mudah ditutul-tutul kalau mulai mengering. *apalah bahasaku ini. Meski ditaruh di wadah kecil, cari sesuatu untuk ditutup agar tidak menguap juga.

Alkohol pada kapas

3. Gosokkan pada keyboard yang ada lemak/kotorannya. Gosoknya dengan tekanan tetapi tetap hati-hati ya, supaya tidak membuat lecet.

Menggosok kapas beralkohol pada keyboard

4. Lakukan ke semua permukaan tuts yang kotor. Di bawah ini adalah sebagian tuts yang sudah dibersihkan. Tapi lihat, masih kotor ya. Karena kotoran di sela-sela keyboard masih ada. Maka lanjut ke step berikutnya.

Huruf pada tuts 'delete' menghilang. Udah pasti tahu itu sering dipencet. Iya, sering dipakai untuk delete masa lalu yang kelam.

Lemak/kotoran pada keyboard

5. Ambil sesuatu yang runcing. Seperti peniti atau lidi yang tipis tetapi kuat. Walaaa... kotoran banyak sekali. Dan juga untuk permukaan yang ada di sela-sela juga bisa menggunakan cuttonbud.

Mengambil kotoran pada sela keyboard

6. Selesai! Keyboard jadi seperti baru yaaa.... Jangan lupa untuk pasang kembali kabel keyboard pada CPU.

Hasil membersihkan lemak/kotoran pada keyboard

Sekarang sudah tahu kan cara membersihkan keyboard. Jadi nggak perlu nunggu kotoran menumpuk lagi. Dan nggak iyuh lagi deh ^^

Keyboard telah bersih

Jadi, coba lihat keyboard-mu. 
Sudah waktunya dibersihkan atau belum?

Previous
Next Post »

44 komentar

Write komentar
Saturday, 5 March 2016 at 10:28:00 GMT+7 delete

Punyaku keyboardnya pake lapis, jadi amaan. Hihi

Reply
avatar
Awfa
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 11:10:00 GMT+7 delete

Wah makasih mba tipsnya.
Keyboard aku mah jarang dibersihin, paling kalau udah ngerasa kotor banget baru dibersihin :)

Reply
avatar
Fitrotul Aini
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 11:36:00 GMT+7 delete

Waaahhhhhh kak Pin.... tipsnya oke banget niihhh....
kucoba lah ntar pas bersih2 keyboard laptop.
makasih banyak yaa kaakkkk.... :)

Reply
avatar
Doni Jaelani
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 12:54:00 GMT+7 delete

aku biasanya main di laptop, jadi bersihin keyboardnya cukup pake tisu aja

Tapi pas main di PC, kalo keyboardnya kotor, langsung beli keyboard yang baru. HORANG KAYAAH

Reply
avatar
Tomi Azami
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 13:34:00 GMT+7 delete

Tips menarik nih. Biasanya ngebetsihinya cuma disebul, eh maksudnya ditiup.

Reply
avatar
Saturday, 5 March 2016 at 14:39:00 GMT+7 delete

Biasanya bersihin pakai kuas aja, belum coba cara ini

Reply
avatar
Saturday, 5 March 2016 at 18:54:00 GMT+7 delete

Kak vindy niat banget bikin tutorial ini sampe difoto tiap adegannya. keren salut!

nah, ini berguna banget buat gue. keyboard gue kotor banget, udah setahun lebih dipake tapi enggak pernah dibersihkan. banyak debu nempel, sampe muncratan cair juga pernah mengotori keyboard gue.

nah, tips ngebersihin sela sela keyboard ini paling gue nantikan. gue bingung kalo ngebersihin sela sela keyboard begimana.

tks kak!

Reply
avatar
Saturday, 5 March 2016 at 20:27:00 GMT+7 delete

beruntung banget sih aku nggak punya keyboard untuk komputer, jadi nggak ada yang perlu dibersihin keyboardnya hehe. kalo laptop yang aku pake juga jarang banget keyboarnya kotor, soalnya juga setelah make kan ditutup, paling-paling luarnya doang yang bakalan kotor.

tapi tips dari kamu bermanfaat banget nih. apalagi keyboard kan sensitif kuman banget, kalo bersentuhan dengan jari, bisa jadi kuman yang ada di keyboard langsung pindah ke tubuh kita. hiii, jijik juga ya

sebenernya simpel banget ya ternyata, cukup pake alkohol aja. benda-benda lain pun juga nggak susah didapetin. jadi sudah nggak ada alasan lagi nih buat keyboard kotor hehe

Reply
avatar
Mei Wulandari
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 21:42:00 GMT+7 delete

Aaakakkkkkkkk kekepin keyboard laptop, aduh jadi malu karena punyaku kotor banget di sela-sela banyak debunya hahhaa
Thanks Vin info dan tipsnya sangat bermanfaat, pengin coba supaya lekas bersih dan bebas daki eh...kotoran debu

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:07:00 GMT+7 delete

Haha, besok masuk jadwal bersihin keyboard yaaa.. ;)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:09:00 GMT+7 delete

Thats right! Cuma pakai alkohol. Hahaa. Aku udah berusaha bersihin pake segala macem, ujung-ujungnya cuma pakai alkohol :D

Iya kalau laptop selalu ditutup aja, supaya debu gak masuk sela-sela. Meski gitu tetep debu bisa masuk pas kita lagi pake.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:12:00 GMT+7 delete

Yup, biasanya juga pakai kuas. Kalau sudah ada yang menempel, bisa dicoba babat abis dengan alkohol ;)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:13:00 GMT+7 delete

Hahahaa iyalah... untuk tutorial pembaca, apasiiih yang enggak diniatin ^_^
Sama-sama... besok langsung bersihin ya! ;)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:15:00 GMT+7 delete

HUWOH! KAMU KEREN BANGET! Nitip beliin earphone dong, mas orang kayaahh wkwk..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:16:00 GMT+7 delete

Sama-sama cantik! Aku seneng kalau bermanfaat ;)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday, 5 March 2016 at 22:18:00 GMT+7 delete

Yes! Itu salah satu pencehagan supaya gak kotor kaya contoh di atas :D good!

Reply
avatar
Saturday, 5 March 2016 at 22:37:00 GMT+7 delete

Kuman di keyboard denger2 lebih banyak daripada kuman di dudukan toilet. Nah apalagi yang di warnet yg pemakaiannya umum. Ngeliat foto diatas kotorannya udah parah bgt ya sampai tulisannya aja udah ketutup. Iyuh banget wkwk.
Tips yg bermanfaat banget nih. Terimakasih ya

Reply
avatar
Sya Kila
AUTHOR
Sunday, 6 March 2016 at 00:11:00 GMT+7 delete

wuiiihh beneran bisa bersih..kirain cukup pake lap serbet aja..xixixi
salam kenal viiinn

Reply
avatar
Adi Febrian
AUTHOR
Sunday, 6 March 2016 at 06:35:00 GMT+7 delete

mantap nih kak vindy tipsnya, apalagi yang sering ngetik di keyboard pokoknya wajib baca ini deh. coba ah..

Reply
avatar
Sunday, 6 March 2016 at 10:01:00 GMT+7 delete

Iya ya, datengnya dari mana kotoran keyboard. Mana berlemak lagi keyboardnya, mungkin kuah baksonya tumpah ke keyboardnya makanya jadi berlemak gitu.

Kalo aku sih pake kuas yang khusus keyboard, biasanya kalo beli sepaket sama cairan pembersihnya

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 6 March 2016 at 17:34:00 GMT+7 delete

Naahh.. iya bener tuh. Selamat mencoba ya ^^

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 6 March 2016 at 17:35:00 GMT+7 delete

Iyaa... wajib dicoba pas keyboardn-nya udah kotor :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 6 March 2016 at 17:36:00 GMT+7 delete

Haha.. iya dari kuah bakso. Bener banget. Wkwkwk.. Bisa aja kamu, Ki. Nah, kalau kotorannya nggak tebel kayanya masih bisa ya pakai cairannya. Itu buat layar juga kan ya?

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
Sunday, 6 March 2016 at 21:56:00 GMT+7 delete

asik.. tips n triknya oke nih. baru kepikiran buat pake korek kuping buat bersihin keyboard..

Reply
avatar
Sunday, 6 March 2016 at 22:44:00 GMT+7 delete

Buseeet, itu keyboard mu?
Kotor amat -_-

Terus kalau mouse perlu dibersihin jg sperti itu kah? Hehe secara kan malah lebih sering kepegang, tangan lagi.. Trus ntar makan lupa cuci tangan, pdhal kuman sudah berevolusi :(

Waduh, kapan ya bs sempetin waktu buat bersihin keyboard...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 7 March 2016 at 11:13:00 GMT+7 delete

Iya, udah pernah coba bersihin. Tapi ya gitu deh... Baru nemu solusi sekarang. Besok bersihin :D

Reply
avatar
Hammad
AUTHOR
Wednesday, 30 March 2016 at 10:45:00 GMT+7 delete

Keren.. Jadi bersih banget ^_^

Reply
avatar
Thursday, 31 March 2016 at 15:22:00 GMT+7 delete

Ini banget tips yang aku butuhin. Udah jutaan purnama keyboard laptop aku gak dibersihin :(

Reply
avatar
Tia Putri
AUTHOR
Wednesday, 6 April 2016 at 09:46:00 GMT+7 delete

wah boleh dicoba nih, biasanya cuma ditiup2 daong klo bersiin keyboard. thx windy

Reply
avatar
Saturday, 9 April 2016 at 12:56:00 GMT+7 delete

Wah, bermanfaat banget nih tipsnya buat ngebersihin keyboard. Eh tapi ini bukan Keyboard PC kan, kalau Keyboard Laptop gimana cara bersihinnnya kak?

Reply
avatar
Tuesday, 3 May 2016 at 20:39:00 GMT+7 delete

Kalau keyboard aku, udah dilapisin pakai plastik, biar debu atau makanan gak jatuh ke dalam XD anakku kalau makan di meja komputer dong LOL

http://farrelandmerry.blogspot.co.id

Reply
avatar
mawi wijna
AUTHOR
Monday, 13 June 2016 at 09:27:00 GMT+7 delete

Sebetulnya pakai sabun cuci piring bisa kok mbak. Kalau aku, tuts-tuts keyboardnya dicongkelin pakai ujung obeng minus. Sebelumnya, difoto dulu supaya tahu posisi tutsnya di mana saja, hehehe. Dasar keyboardnya itu yang paling kotor mbak. Debu, rambut, sisa makanan biasanya ngumpul jadi satu.

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon