Blog Bisa Menghasilkan Tulisan Jadi Uang?

Blog Bisa Menghasilkan Tulisan Jadi Uang?

Blog Bisa Menghasilkan Tulisan Jadi Uang?

Asik! #Ngobrolasik bareng Mei Wulandari ngebahas tentang rejeki dari blog! Terhitung sejak tahun 2007 aku kenal blog. Artinya hampir 10 tahun ya, aku kenal blog pakai platform blogspot. Dulu blognya bukan ini. Lupa email. Hehe

Baca Punya Mei Wulandari

Banyak hal yang aku laluin. Mulai dari nulis semacam diary tapi nggak penting gitu, nggak ada manfaatnya buat orang yang baca; tutorial; review suka rela alias tanpa ikatan kerja sama; tips & tutorial dan apa saja yang sekiranya bisa ditulis.

Dulu nggak pernah berpikir sama sekali, ngeblog itu bisa menjadi sumber penghasilan. Yang aku tahu, ngeblog cuma posting tulisan. Dan nggak pernah terpikir juga kalau ngeblog menambah jaringan pertemanan dan kesempatan untuk bisa dikenal oleh banyak orang di dunia ini melalui layar doang.




Nggak Percaya Diri dengan Tulisan

Sekitar 4-5 tahun lalu, aku juga aktif nulis buku novel atau gencar ikut lomba cerpen. Kalau buku mah, sudah jelas ya... dapat royalti. Tapi ya nggak semulus penulis gede juga sih nasibku. Wk. Karena di tahun-tahun itu, penulis muda macam aku ini juga menjamur. 

Di penerbit sini keterima, belum tentu di sana juga. Ditolak sana sini mah sudah biasa. Belum lagi yang nggak ada kabar. Hiks. Nggak perlu dijelasin lagi lah ya, rasanya di-PHP-in itu gimana.

Lama kelamaan, nama Vindy Putri si Penulis Anyaran pun itu makin ketelan dengan banyak penulis baru yang lebih beruntung dan memang bagus banget karya-karyanya ketimbang aku. Haha.... Aku mah bertahan sebentar doang, sisanya mendem, putus asa karena merasa kurang kreatif dan kurang percaya diri. Huhu. 




Dapat Hadiah Giveaway

Sejak nyentuh skripsi, nggak penah nulis buku lagi. Mau mulai nulis lagi tuh, kaku. Nulis apaan?! Akhirnya keranjingan ikut kuis/giveaway pakai blog. Demi apa aku malah asyik ngekuis ketimbang nulis. Haha. Meski kadang kuisnya juga pake nulis dan mengarang indah. Itu juga sifatnya untung-untungan, kan?

Tapi sensasi ikut kuis lalu menang itu.... 
merasa jadi orang paling beruntung di dunia.

Quiz Time


Sering Menang?
Iya sih... tapi lebih sering kalahnya. LOL. Hadiahnya mulai dari parfum mahal, baju, voucher, boneka, makanan/minuman, mainan, hiasan, kosmetik murah maupun mahal harga jut-jut, buku, hingga uang.

Seneng?
Banget. Bahagiaku saat itu adalah blogku bisa dapatin barang-barang gratis. Asal beruntung aja sih. Dan ternyata... aku bisa dapat lebih dari itu.





Blog Pakai Domain

Teman-teman yang baru banget di dunia blog saat ini, memutuskan untuk beli domain itu rasanya nggak pakai pikir panjang. Baru juga mau mulai, udah pusing mikirin domain dot com. Supaya dari awal sudah punya karakter dan harapannya konsisten nulis. Tentu juga supaya dilirik client buat nge-job.

Domain Blog
Lah aku?
Di tahun kedelapan baru berani beli domain. Selain takut nggak bisa perpanjang karena nggak punya duit penghasilan sendiri, aku juga takut aja kalau entar beli domain, nggak ada gunanya.

Takut masih mood-mood-an nulis. Takut sering absen dan malas isi blog. Takut kalau blognya ini nggak bermanfaat buat orang. Jadi rasanya percuma beli domain.

Selain itu karena nggak tau caranya beli domain sih. Wk.

Aku apresiasi banget buat para blogger yang sejak memulai daftar blog sudah memutuskan beli domain syantik. Semoga kita sama-sama konsisten menulis ya...





Blog Mulai Dikenal

Dulu, meski masih blogspot.com, blogku perlahan punya view yang konsisten. Rupanya, ada beberapa judul post yang banyak dicari orang. Seneng? Iya seneng banget. Rasanya blog ini bermanfaat buat orang banyak. 

Isinya curhat kok. Tapi curhat yang sifatnya share pengalaman. Bukan sekedar curhat 'Aku baru pulang sekolah, nih! Naik angkot.'  

Terus udah.

Yang kutulis semacam, pulang sekolah, naik angkot, dan apa yang harus dilakukan ketika angkotnya begini begitu, dan sebagainya. Agak berbobot dikit lah....




Nulis Review Gratisan

Selain share pengalaman, ada post lain yang banyak sekali dikunjungi orang. Yaitu review film dan produk. Setiap hari makin banyak yang klik. Dan yang komentar juga lumayan lah.

Dibayar? 
Nggak.

Online Review


Aku nulis sih dulu mikirnya cuma buat bahan nulis blog doang. Suka-suka. Dan memang ketika kutulis lagi marak-maraknya dibahas di ranah dunia maya. Hot Issue. Hasilnya, banyak diklik orang dan masuk halaman pertama google.

Baik dari Tab Web, maupun Tab Gambar.

Siapa sangka, review film gratisan itu membawaku dihubungin oleh manager bioskop di kotaku. Aku dapat voucher nonton film gratis tanpa bayar berkali-kali. Voucher-nya masih ada sampai sekarang saking banyaknya. Mama papa aku kasih. Mereka kencan nonton bioskop. Lihat, ada yang ikut bahagia.

Rejeki dari blog?




Mulai Dapat Tawaran Kerja Sama

Banyak nulis review tanpa dibayar ini ngelatih aku pribadi untuk nulis konten yang nggak secara kasar mempromosiin sebuah produk. Aku jadi belajar softselling. Bagaimana mengemas tulisan yang sebenernya aku rekomendasikan produk itu tapi nggak terkesan jualan. Ya biasa aja sebenernya, ceritain pengalaman sendiri aja. Seperti ngobrol. Kalimatnya nggak kaku seperti artikel jualan. Ada kelebihan juga ada poin kekurangan. 

Kalo kaya artikel jualan,
Apa dong bedanya sama tulisan selebaran 
yang dibagiin di pinggir jalan? 


Kerja Sama

Caranya?
Baca contoh milik teman. Lalu tulis versi sendiri. Baca lagi tulisan kita, kalau masih dirasa kaku, ubah lebih luwes.

Latihan... terus latihan.

Awalnya, justru aku yang cari client yang butuh reviewer. Bukan pihak client yang cari aku. Pas ada kesempatan daftar, ya aku coba. Dibayar murah, itu bukan masalah. Murah segi nominal, tapi mahal pengalaman dan history blogku.




Apa-apa Gratis! Dapat Uang Lagi...!

Siapa yang nggak kepengen sih? 
Rejeki blog itu tidak selalu uang. Kadang kita harus menulis sebuah produk, cuma dapat produknya doang; bahkan sekedar jasa yang tidak berbentuk benda. Kadang kita cuma dapat produknya, kadang dapat backlink doang.

Oh, sama pageviews juga. Waks. Nggak jarang abis nulis review, diikutin lomba. Kalah. Eeehh... tulisan itu malah banyak dikunjungi orang dari Google. Makin eksis lah, blog ini. Blog sehat adalah sumber rujukan paling banyak dari Google.

Itu namanya juga...
rejeki dari blog, kan?
Semua Gratis

Menurutku, ini lebih nyata. Lebih banyak hasilnya ketimbang hasil royalti buku beberapa tahun lalu. Bukan berarti nulis buku kemarin nggak bagus. Hei, siapa yang nggak pengen sih nulis buku lancar, ngeblog lancar juga? Aku juga pengen lah...

Kalau dibandingin penghasilan penulis buku lain mungkin masih banyakan dia. Tapi, rupanya saat ini, rejekiku lancar di blogging. Ya sudah, kujalani aja.

Semoga kelak bukuku laris, blog juga laris ya...

Aku juga memasuki dunia Youtuber, by the way. Aku sedang mencurahkan hasrat bikin cerita fiksi lewat video game The SIMS. Saat ini yang sedang berjalan adalah Episode #MUKIDI. ^^





Cara Dapatkan Hasil dari Blog

Buat yang baru terjun, yang pasti jangan jual mahal, yes. Satu-dua tahun belakangan ini blogger dapat tempat istimewa di kalangan penulis dan pembaca. Ini peluang besar untuk dapat rejeki dari blog.

Sekarang apa-apa kan tanya ke Google tuh, galau aja cari tips move on di Google, kan? Rujukannya pasti ke blog orang. Mudah banget dapatin pembaca di dunia blogger. Karena tulisan begitu dipublish, langsung akan direspon oleh pembaca secara nyata. Nggak perlu nunggu berbulan-bulan hanya untuk naik publish.

Penerbit dan penulis buku aja cari-cari blogger buat promosiin bukunya, kok... Lihat, betapa istimewanya menulis blog? Betapa kerennya predikat Blogger?

Apalagi ketika dapat job review. 
Setor link postingan, 
Langsung di transfer. 
Paling lambat sebulan. 
Cair...
Blogging


Nah, jadi banyak sekali blogger pemula yang serta merta pengen langsung merasakan kenikmatan ini. Bukan mustahil, siapapun yang beruntung bisa kok langsung menanjak dan terkenal dengan domain yang baru dibelinya itu.


Dapat buku gratis? Tas branded gratis? 
Kosmetik? Baju? Makanan? Minuman? 
Gadget gratis???
Siapa sih yang nggak mauuuuu?





Ingin Langsung Dapat Job Review

Blogger pemula, belum bisa dapat job review? 
Santai... perbaiki saja kualitas blognya. Belajar bagaimana menulis yang baik. Aku juga masih buanyak belajar menulis konten blog yang menarik. Cari ide supaya blog ini terus bermanfaat untuk orang banyak.

Jangan langsung memasang target harus langsung terkenal; harus dapat job dengan rate tinggi: Misal, "Nggak mau ah, kalo gak dibayar." Jangan begitu, ah... haha...

Percayalah, 
jika langsung begitu...
kau akan segera tumbang...
tak aka bertahan lama...
kau akan lelah....

Terus Berusaha

Perkuat diri. Benahi diri, dan banyak belajar dari tulisan blog lain. Tidak ada anak bayi langsung bisa naik sepeda roda tiga. Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh teman-teman yang pengen dapat rejeki di blog, tapi masih belum atau sudah pernah dapat dan ingin mempertahankannya. Simak yuk!




1) Niatkan Secara Ikhlas Menulis dengan Sepenuh Hati

Harusnya sih, ditanya dulu. Kita nulis blog untuk apa? Yang pasti harus mencintai dunia menulis dan mau membaca. Kalau malas keduanya... yaaa... mustahil bisa bertahan. Karena ini akan sangat terasa membosankan.


2) Ciptakan Karakter, Apa yang Berbeda dari Blogger Lain

Ini penting. Apa yang membuat orang ingin menanti tulisan kita. Tampilan blog jangan sering diganti. Buatlah mereka hapal dengan 'rumah' kita, buatlah mereka nyaman. Manjakan dengan keringanan blog kita. Foto yang menarik. Dan sebagainya.

Ribet, tau! Capek bikin 1 post aja kudu ini itu.
Ya iyalah, capek. Namanya juga blog. Nulis sendiri, edit sendiri, lengkapin gambar sendiri, riset sendiri, publish sendiri, promosi sendiri. Semuanya sendiri.

Siap?


3) Rapikan Blogmu. Hapus Widget-Widget yang Tidak Perlu

Lepas aja lah, lagu yang autoplay itu. Nggak semua pembaca suka dengan playlist selera kita. Pengunjung juga sering kaget, tiba-tiba ada bunyi. Horor. Apalagi kalau sebelumnya lagi muter mp3 sendiri. Eh jadi kacau lagunya kecampur mp3 blog kita.


Lepas juga yang kaya salju-saljuan; burung terbang-terbang; mouse ada ekornya; atau pas mouse ke gambar, gambarnya pake muter 360° dulu lalu nge-zoom.

Belajar juga menulis tanpa disingkat; kurangin 4L@y; dan pelan-pelan belajar EyD.

Hm..., Prioritaskan widget dari atas ke bawah. Template yang baik menurut Google adalah dengan tidak banyak kolom. 2 kolom cukup lah. Supaya pengunjung tidak kebingungan. Buat navigasi yang baik.


Pasang saja yang penting seperti:
Profil, arsip, popular post, kategori, dan beberapa menu andalan.


4) Bersihkan dari Tulisan-Tulisan Tidak Penting dan Sisakan yang Bermanfaat

Menurutku ini penting. Coba cek post kita. Kalau ada yang alay, simpan saja ke draft. Atau perbaiki tulisan yang sudah ada. Jadi yang muncul di blog adalah tulisan yang berbobot. Ini penting supaya blog yang menampilkan Related Post, tidak memunculkan judul-judul yang sekiranya nggak penting. Tonjolkan judul yang relevan.


5) Carilah Template yang Enak Dipandang, dan Tidak Menyulitkan Pembaca untuk Berkomentar

Carilah template yang bersih dan pemilihan font yang nyaman. Tidak terlalu rapat juga. Soalnya kita menyajikan tulisan dalam layar loh. Kalau terlalu rapat dan tidak rapi, bisa-bisa pembaca malas baca. Kolom komentar juga gitu. Kalau bisa jangan memperumit calon komentator kita untuk sekedar mengapresiasi.

Jujur aja, dikomentarin sama pembaca seneng banget kan?

Baca Juga Penting! Sebelum Mengganti Template Blogger


6) Rajinlah Share Tulisan tapi Jangan Jadi Spammer

Rajin share itu bukan kita tiap jam share di Facebook terus. Berilah waktu berkala untuk share. Dan kalau bisa bervariasi kalimat share-nya. Kalau kita satu link di-share di Facebook, kita bakal di-banned dan alih-alih nggak bisa nge-share apa-apa lagi.

Jangan juga mention puluhan akun Facebook untuk sekedar kasih tahu, ini loh tulisan baruku. Kecuali kalau memang ada kepentingan, mention beberapa orang yang bersangkutan, itu masih boleh. Ini termasuk etika, dampaknya nanti kepada keseganan calon pembaca.


7) Bergabunglah di Komunitas Blogger

Banyak sekali informasi di sana. Bisa info tentang client lagi cari reviewer, lomba blog, atau tawaran kerja sama lainnya.


8) Jangan Segan untuk Saling Berkunjung ke Blog Lain

Jalinlah silaturahmi. Main ke blog teman. Jejakkan komentar. Sekedar apresiasi ulasannya. Ini dampaknya positif. Selain kita akan dikenal secara perlahan, si empunya blog bakal tergerak untuk mampir ke tempat kita. Syukur kalau dia tertarik dengan blog kita. Jadi makin eksis deh blog kita. Ini sepele ya?


10) Tulis Portofolio

Kalau kita punya pengalaman menulis yang menarik, apalagi seputar blogging, ini ngebantu banget para calon client percaya dengan eksistensi blog kita. Nggak perlu jadi orang hebat dulu untuk punya portofolio. :) Karena masing-masing dari kita punya kelebihan masing-masing.

Baca Juga Portofolio Vindy Pindy Mindy


11) Sediakan Halaman Khusus Kontak yang Bisa Dihubungi

Client lagi jalan-jalan ke blog kita. Tertarik nih, terus mau hubungin bingung. Mana nih, kontaknya? Wah, jangan sampai deh mereka ngelewatin kita hanya karena kita lupa menyediakan halaman khusus informasi lengkap tentang kita.

Baca Juga Contact Vindy Pindy Mindy


12) Jangan Terlalu Lama Menggantungkan Kepastian Kerja Sama

Jika jiwa kita sudah tebal dengan dunia blog, maka semesta akan mendukung. Tulisan kita akan mudah menarik calon client. Mereka tanpa pikir panjang, akan segera email-in kita.

Sudah dihubungi pihak client? Senang? Bangga? Terus udah boleh jual mahal? Udah boleh sombong? Please, hindari itu. Sombong berkarya itu boleh, tapi jalinlah silaturahmi yang baik. Maka kita akan dikenal sebagai blogger yang menyenangkan.

Pengunjung akan senang main-main ke blog kita dan cient juga nagih-nagih kerja sama dengan kita.





Pilih-Pilih Tawaran Kerja Sama

Gimana, sih? Jangan sombong tapi kok pilih-pilih? 
Karena terkadang tidak semua tawaran bisa kita terima. Ini demi kebaikan blog kita juga sih. Semakin sempit karakter (niche) blog kita, makin mudah menentukan, apakah tawaran yang masuk itu diterima atau nggak. Berapapun nominalnya.

Pilih-Pilih Job Review

Misal, aku pribadi nggak bisa nulis tentang parenting, lah aku belum punya baby. Kemudian aku harus menulis tips trik parenting balita dengan dibayar 1 juta misalnya. Ya gimana? Mau dibayar mahal tapi kalau tulisannya nggak berkualitas juga buat apa? Client juga akan kecewa, pembaca juga bisa merasa sedikit asing dengan gaya kita menulis.

Tapi bukan berarti gak boleh. Tentu boleh ambil job di luar kemampuan kita, selama kita bisa berkomitment untuk memberikan yang terbaik. :)






Menolak Tawaran Kerja Sama

Aku pernah. Beberapa kali. Berat, cyyyn... itu duit. Dan aku menolak.
Ya gimana? Aku nggak menguasai apa yang akan aku tulis nanti. Apa terus kita di-blacklist? Iya, kalau kita terlalu sombong dengan tidak mengubris/membalas emailnya dengan tanpa kejelasan. Berikan saja alasan dengan kalimat yang ramah.

Aku pernah jadi agen pencari blogger untuk nulis job review. Yang nggak gubris dan tanpa kejelasan ya pasti ada. Ya, otomatis besok-besok nggak akan aku hubungin lagi lah...

Menolak Kerja Sama

Kalau butuh mikir-mikir?
Ya nggak apa-apa. Yang penting balas emailnya, bilang kalau butuh waktu untuk berpikir. Kemudian follow up kembali keputusannya. Jika kita sampai lalai dan lupa terlalu lama, jangan berat untuk meminta maaf. Ini penting, supaya jalinan kerja sama bisa langgeng. Dan sama-sama enak.





Sudah Deal Kerja Sama, Sudah posting, Lalu?

Follow up kembali. Ucapkan terima kasih atas kerja samanya. Berikan sedikit ringkasan antusias pembaca jika ada. Buatlah client kita senang. Bukan mustahil di projek selanjutnya, blog kita masuk dalam daftar penerima rejeki lagi. Begitu aja terus... dan blog akan senantiasa menghasilkan.

Nggak percaya? 
Silakan dicoba ^^

Follow Up Email


Ikut Lomba Blog

Selain dari kuis/giveaway dan job review, ikut lomba blog juga bisa jadi salah satu pemasukan. Mulai hadiah bingkisan, dapat produk, uang, hingga gadget udah bukan iming-iming lagi. Tapi kita juga harus pandai memiliki lomba blog.

Bedanya, kita harus berkompetisi untuk dapat reward gede itu.

Selain pilih lomba yang sekiranya dikuasain, pilih yang penyelenggaranya nggak abal-abal. Jangankan yang abal-abal, yang pakai brand gede aja masih suka kecolongan, yang dimenangin karya blognya nggak menarik. Terkesan acak ambil pemenang.

Ada?
Banyak...
Menang Lomba Blog

Kalau bisa protes ya silakan saja. Kekuatan media blogger saat ini kuat sekali. Cukup keras pula karena sifatnya yang bebas. Selain itu kita juga tetap terus perbaikin kualitas konten di blog sendiri. Tetaplah ingat, UU ITE sudah berlaku, ya... Tetap tebarkan tulisan positif. ^^


Coba, ingat-ingat...
Setahun terakhir...

Berapa nominal (jika barang diuangkan)
 yang berhasil kita raih melalui blog?
Jawab saja salam hati ^^

Sumber gambar: 
Atmanco | Become a Writer Today | Enginering Tails | Epool in | Id Tipster | Leannemoore ie | Media Linkin | Mute | Quickbase | Sjhem Ley Marketing | WSC Edu | You Can be Found | Zorg Strategie Twyn Stragudde


Previous
Next Post »

68 komentar

Write komentar
artha amalia
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:05:00 GMT+7 delete

sukaaaa bacanyaaa
saya belajar dr nol lg nih...lama gk ngeblog yg bener2 blog

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 09:18:00 GMT+7 delete

wah senior ini ,mbaknya, kalo pengalaman ngeblog baru 2010 sih cuma tekun nulis 2011 ganti tld 2012.

tapi nulisnya ogah2 an, kalo masalah pengahasilan dari blog alhmdllh pernah walau 200$ berbulan2 wkwkwkkw, tapi lebih fokus ke ecomers (salah gak ni nulisnya?)

salam kenal mbak Vindy

Reply
avatar
Keluarga Biru
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:29:00 GMT+7 delete

Itulah alasan kenapa aku betah sama blog

Reply
avatar
Anisa Ae
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:34:00 GMT+7 delete

Setuju sama postingan ini. Kalau blogger bisa menghasilkan uang, kenapa pula harus berhenti

Reply
avatar
Prima Hapsari
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:36:00 GMT+7 delete

Banyak manfaat dari blogger. Paling seru karena bisa jalan2 gratis dan punya teman-teman baru.

Reply
avatar
Mel Allira
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:46:00 GMT+7 delete

Makanya, aku konsisten ngeblog, Banyak manfaatnya. Kita juga bisa dapat ilmu baru.

Reply
avatar
Ira Guslina
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:47:00 GMT+7 delete

Tulisan yang keren. Bikin betah bacanya. Aku setuju sama kmu, Mbak

Reply
avatar
Liza Fathia
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:50:00 GMT+7 delete

Paling seru tuh ikutan lomba blog. :D

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 09:53:00 GMT+7 delete

Halo vindy putri

Saya sharing juga

Banyak blogger gagal menghasilkan uang karna fokus awal sudah salah.

Akhirnya pada tiga bulan awal dia rajin ngepost nulis tapi hasilnya tak sesuai impiannya dan akhirnya hiatus

Karna tujuan yang benar akan memberikan karakter yang benar..

Seperti niat dan tujuan mba vindy hehe..

Dan sharing mba sendiri pun juga bagus dan selalu konsisten di pageview yang sudah lebih dari 1 juta.

Intinya lewati proses pemelajaran menjadi lebih baik.

Salam

Mukhofas

Reply
avatar
Ajar Masak
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 09:56:00 GMT+7 delete

Yang paling penting adalah kita bisa memberi tulisan yang bermanfaat buat pembaca. :D

Reply
avatar
Rahul Syarif
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 10:00:00 GMT+7 delete

Iya, saya nulis di blog bener2 ngga mikirin uang. Kontennya aja cuman keseharian. Kalo emang niatnha mau ngasilin duit sih mending belajar dan uang itu jangan dijadiin motivasi~

Reply
avatar
agha ma'ruf
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 10:18:00 GMT+7 delete

Kak Vindy....
Keren nih postingannya, ga nyangka ternyata dikau udah 10 tahun ngeblog. Woh woh woh... amat matang sekali pengalamannya, pantaslah kalau saya panggil master.

Eh iya, ilmu yg mak jleb tentang kerja sama dg client adalah hal yg tak pernah saya lakukan. Yaitu, follow up. Terimakasih atas infonya, bikin ngeblog tambah semangat lagi nih... :-)

Reply
avatar
Santo Ahmad
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 10:21:00 GMT+7 delete

Gak percuma aku baca dari kiri atas sampe kanan bawah, tulisanmu sangat memotivasi untuk blogger pemula kayak aku ini mbk, aku ngeblog baru 3 bulan, sedangkan mbk vindy udah 10 tahunan ya?

Emang sukses itu gak instan mbk, aku juga baru tahu kalo ternyata penghasilan dari blog itu dari berbagai sumber, aku kira cuma ikutan lomba aja yang bisa dapet penghasilan.

Aku harus konsisten nih, dan memperbaiki gambar, gambar mbk vindy udah bagus, itu ngeditnya pakai apa mbk?

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:25:00 GMT+7 delete

Naaah, quiz hunter ikut bersuara. :D hehe.. Iya, kita sama-sama belajar yaaa...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:27:00 GMT+7 delete

E-commerce? Iya itu sudah agak luas lagi, lebih kepada bisnis menggunakan internet.

Sebenernya aku juga masih terus belajar gimana nyari ide nulis nih. :( malasnya masih penyakit banget.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:29:00 GMT+7 delete

Apalagi passionnya nulis. Rasanya blog adalah kita banget ya. Blog adalah karakter kita. :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:29:00 GMT+7 delete

Iya betul. Asal kita konsisten. Dan nggak malas. Duh, ini penyakit. :(

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:32:00 GMT+7 delete

Naah, jalan-jalan nya aku masih jarang. Karena di kotaku termasuk jarang event.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:33:00 GMT+7 delete

Betul... Mau tidak mau, kita baca blog lain. Dan pasti nambah wawasan baru :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:35:00 GMT+7 delete

Terima kasih, Mbak Ira Guslina :) Senang sekali dengarnya...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:37:00 GMT+7 delete

Betul, maka sudah tertulis di poin pertama, niat ngeblog kita apa? Kalau langsung ingin dapat lebih tanpa mencintai segala printilannya, maka dia akan cepat tumbang. Lelah duluan. :)

Terima kasih sharing-nya ya...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:39:00 GMT+7 delete

Nah, itu poin-nya. Supaya, blog tetap disukai dan banyak pengunjungnya. :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:41:00 GMT+7 delete

Konsusten itu berat. Sekalipun hitungan tahun, penyakit malas itu selalu datang. Haha.. Itu godaan. Dan yaaa sekalipun aku pernah gak buka blog, ujung-ujungnya kembali ngeblog. Sebab passionnya menulis.

Gambar di post sini? Itu dari berbagai sumber. Sudah kucantumin di paling akhir sumbernya hehe..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:44:00 GMT+7 delete

Jangan master, haha karena masih banyak blogger yang jauh lebih berpengalaman dariku. Ini hanya sekelumit saja >_<

Nah, sepele tetapi itu dampaknya lumayan hihii..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:48:00 GMT+7 delete

Itu bijak sekali... Betul.. Rejeki akan datang dengan sendirinya kalau blog kita memang layak :)

Reply
avatar
Mei Wulandari
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 11:57:00 GMT+7 delete

iYA ADA SENSASI TERSENDIRI KALAU MENANG KUIS YA VIN HAHAHA
alhamdulillah berkat blog bisa dapt penghasilan. tapi emang sih hal-hal di atas perlu dilakukan.
kalau emang gak sesaui mending tawaran ditolak deh.

oh yaaa untuk dapat duit gak instan, bener katamu harus ada proses panjang dl

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 12:56:00 GMT+7 delete

daku dulu pengennya juga jadi penulis dan punya buku mbak. terus kok ya malah keasyikan ngeblog :D

udah lama banget ya mbak ngeblognya, daku baru dari 2014 :) masih anak bawang hehhehee

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 15:45:00 GMT+7 delete

Hai mba Vindy, aku tuh senang banget kalau dapat email kerjasama. Hihiii

Reply
avatar
Aimizumizu
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 16:16:00 GMT+7 delete

setuju banget mbak vindy. jadi senang ngeblog sejak sering dapat gratisan. tapi aku masih perlu belajar banyak. salam kenal.

Reply
avatar
berita oto
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 16:27:00 GMT+7 delete

Mantap tulisannya mbak, ini bakal menginspirasi para blogger pemula seperti saya juga.

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 16:36:00 GMT+7 delete

Lama juga ngeblognya. Dan masih aktif pula. Hebat, umumnya sudah pada tumbang. Sampai saat ini aku belum masuk ke `komunitas, belum pede. Kalau ketemu sesama blogger masih minder. Ya itu kulitas tulisanku benar-benar jauh dari sempurna. Seharusnya aku masukkan ke draf lagi tapi nanti blogku kosong dong tidak ada artikelnya.
Dan alhamdulillah aku sudah menikmati hasil dari ngeblog. Uang mengalir kerekeningku.
Sebenarnya aku malu menerima, karena meras tidak bisa memberikan kepuasan pada partner.

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 16:38:00 GMT+7 delete

Aku juga belajar dari nol. Merapikan tampilan template dan mencoba mengurangi widget-widget yang dirasa berat loadingnya.
Pengunjung biar nyaman.

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 16:39:00 GMT+7 delete

Bolehlah aku mendaftar menjadi muridnya nih.
Biar blogku menghasilkan banyak duit lagi.

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 17:00:00 GMT+7 delete

asik nih, kayaknya lagi kebanjiran job, hehe
yang penting happy aja ngeblognya mba, pasti ngasilin nanti juga ya..

Reply
avatar
Dewi Nielsen
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 17:05:00 GMT+7 delete

Makasih mbak ulasannya. Sebagai blogger baru aku banyak belajar mbak..mulai dari menulis, BW dan bbrp trik yang mbak share kan :) thank ya..salam kenal :)

Reply
avatar
chiho yuki
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 17:34:00 GMT+7 delete

Vindy salam kenal
Aku juga udah lama nih nulis di blog sejak 2011 dulu pernah tergila2 sama giveaway sampai semua diikutin (asal mudah lho giveaway nya) sempet ngilangin di dunia blogging gegara kerja dan akhirnya aktif lagi sempet nyoba jadi reviewer blog dibayar. Lumayan laah...selanjutnya ya masih tetap posting2 tulisan eh siapa tau ada yang tertarik juga ya sama rencana kedepan malah mau pasang iklan di blog biar nambah penghasilan juga. Baca tulisan vindy jadi ikutan semangat buat terus post meski kadang gratisan tp siapa tahu dapat tiket nonton bioskop geratis hehe

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 17:38:00 GMT+7 delete

Okey, berarti tugasmu setelah ini adalah membuat dirimu lebih percaya diri :) Semangat yaaa

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 17:40:00 GMT+7 delete

Naaah... sebenernya tulisan gratis, bayarannya pageviews sih >.< Bisa dirasainnya emang nggak langsung. Hehee

Reply
avatar
ikas -12
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 18:03:00 GMT+7 delete

Mantap Mbak... Sangat membantu, thanks :)

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 18:33:00 GMT+7 delete

Wahh memang ini yang aku cari-cari ka :) sangat membantu sekali..

Reply
avatar
Raya Mipi
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 19:20:00 GMT+7 delete

Wahhh... ng kerasa udah selesai bacanya.. kalau boleh jujur, tulisan kakak bikin nagih, benar deh! Lengkap deh penjelasannya..

Dari dulu sering baca sih kalau dari blog itu bisa menghasilkan.. misalnya ikut lomba blog atau semacamnya.. aku pengen ikutan, sayang blogku masih sepi.. :)

Reply
avatar
Nisful Ardi
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 19:53:00 GMT+7 delete

Euhmm... bentar lagi blogku nyentuh usia setahun nih.. dan rasanya bukan cuma soal uang aja yang bisa didapetin di tahun pertama ini, tapi kawan-kawan blogger keren yang sudah mau berteman denganku walau hanya via sosial media aja.. tapi asli bangga banget bisa memulai debut sebagai seorang blogger saat masih SMK, menjadi pemburu lomba blog, dan berteman dengan blogger keren yang yang notabennya adalah penulis hebat, ya mirip kak Vindi ini..

Reply
avatar
Suciana
AUTHOR
Thursday, 1 December 2016 at 20:16:00 GMT+7 delete

Tulisannya bagus mbak enak dibaca. Aku juga pernah ikut lomba kalah tp dpt view tinggi

Reply
avatar
Thursday, 1 December 2016 at 21:28:00 GMT+7 delete

Sebenarnya alasan saya ngeblog juga untuk cari keuntungan sih hahaha. Tapi gak seutuhnya seperti itu. Sekarang banyak blogger punya penghasilan dari blognya, ketika sudah eksis akhirnya banyak job dari sana. Saya ambil contih dari beberapa fashion blogger yang saya sukai, karena hobi mereka + kegiatan blogging akhirnya mereka banyak dilirik perushaan mode, dari ditawarin jadi model hingga disuruh memilih produk (secara gratis) untuk mereka review. Jelas itu suatu keuntungan juga. Saya baru mulai ngeblog juga paham bahwa untuk terkenal memang tidak mudah, apalagi lewat dunia per-blogging-an, tapi setidaknya saya coba sekalian melatih kemampuan menulis saya.

Reply
avatar
Dian Radiata
AUTHOR
Friday, 2 December 2016 at 00:00:00 GMT+7 delete

Aku ngeblog dari tahun 2007, tahun 2012 beli domain, dan baru tahun 2015 kenal yang namanya job review :D Yang penting menikmati prosesnya ya :)

Reply
avatar
Friday, 2 December 2016 at 06:32:00 GMT+7 delete

Pengalaman ngeblognya udah berlimpah ruah ya, udah aktif ngeblog, aktif nulis novel juga. Uaaa, aku kadang engga percaya diri saat menulis di blog, karena liat blogger lain yang niche blog-nya udah jelas banget, sedangkan aku curhat-curhatan doang, heheh. Tapi gapapa ya, kan masih newbie :3

Reply
avatar
Friday, 2 December 2016 at 10:42:00 GMT+7 delete

ish,, 10 Tahun berkecimpung,,
semua tips in guna banget mbak,,
pernah sekali dapat job review,, seneng bangett,, dan lupa belum ucapkan terimakasih udah dibayar,, wah,, sip lah ,, langsung mau email ke client :* :*

Reply
avatar
Andi Nugraha
AUTHOR
Friday, 2 December 2016 at 11:00:00 GMT+7 delete

Keren nih, menginspirasi :)
banyak belajar dari blog ini mba ..

tadi pas lihat videonya kok aku malah keasiyak jalan-jalan di youtube lihat2 video lain ya.. hehe
Dan aku tertarik dg video yg bikin tutorial membuat onjek vektor :)

Reply
avatar
Friday, 2 December 2016 at 13:15:00 GMT+7 delete

Wah bernanfaat banget postingannya kak, ini aku banget nih macem gini yang aku rasain. Meski baru ngeblog kemarin, beda jauh sama kak vindy yg udah 10tahun, ajegile, blogku baru 2 tahun hehe. Aku juga gak kepikiran sih kalo ngeblog bisa dapet uang. Eh ternyata beneran ada yg ngeemailin minta kerja sama. Ya lumayanlah rejeki ngeblog, buat semangat2. Dan bikin ketagihan haha, tapi hrus terus benrin kualitas konten, biar semakin dilirik yak, semangat!

Reply
avatar
April Hamsa
AUTHOR
Friday, 2 December 2016 at 14:01:00 GMT+7 delete

Paling seneng emang kalau bisa menghasilkan materi dari blog, tapi yg bh seneg lagi kalau dapat email yg bunyinya ucapan terima kasih atau tanggapan kalau informasi yg kita posting di blog berguna hehe
TFS

Reply
avatar
Friday, 2 December 2016 at 20:04:00 GMT+7 delete

Makasih vindy untuk tulisannya, mengispirasi. :)

Reply
avatar
Widya Herma
AUTHOR
Tuesday, 6 December 2016 at 06:48:00 GMT+7 delete

Pengalamannya inspiratif banget. Seneng dengan konsistensinya untuk terus ngeblog dan berkarya. Semoga semakin produktif dan menghasilkan beragam karya yang semakin luar biasa lewat tulisan - tulisan terbaiknya ya mbak :) Salam hangat dari Bandung :D

Reply
avatar
seloka
AUTHOR
Wednesday, 7 December 2016 at 10:14:00 GMT+7 delete

wah... makasih atas informasinya ya mbak

Reply
avatar
Thursday, 8 December 2016 at 10:23:00 GMT+7 delete

Memang butuh proses dan jam terbang terbang agar bisa menghasilkan uang dari blog. Terus belajar, konsisten dan sabar.

Salam kenal sis, :D

Reply
avatar
Saturday, 10 December 2016 at 10:06:00 GMT+7 delete

iya semua memang butuh proses, makanya jangan pernah bosan untuk terus berusaha

Reply
avatar
Afina
AUTHOR
Monday, 9 January 2017 at 23:45:00 GMT+7 delete

Yah, aku belum pernah ikut kuis nih. Tapi kayanya seru.. hihihi

Reply
avatar
Sunday, 15 January 2017 at 20:40:00 GMT+7 delete

wah baru baca, tulisannya bagus dan bikin semangat :)

Reply
avatar
Saturday, 21 January 2017 at 00:02:00 GMT+7 delete

Waaaaah pencerahan banget nih mbak apalagi buat yang pengen belajar acari uang lewat blog. Makasih penjelasannya mbaaak, sangat membantu :D

Reply
avatar
inezdiva
AUTHOR
Tuesday, 14 February 2017 at 18:35:00 GMT+7 delete

Ini semua bner banget kalau mau ngehasilin duit dari blog. Aku suka blogging karena bisa mengekspresikan diriku sepuasnya tapi tetap menjaga kontenku tetap menarik hehe.

www.extraodiary.com

Reply
avatar
Lucky Radita
AUTHOR
Monday, 27 February 2017 at 21:33:00 GMT+7 delete

baru mau memulai lagi, dulu sempet buat blog tp tak bertahan lama...moga yg sekarang bisa konsisten lagi, masih mikir konsep konten nih

Reply
avatar
Suami Bijak
AUTHOR
Friday, 3 March 2017 at 02:06:00 GMT+7 delete

saya mulai mengenal tahun 2008, tapi yang namanya nubie ya gitu, bikin lalu nggak keurus. baru nyadar sekitar 2 tahun yang lalu. ternyata blog bukan sekedar berbagi tulisan aja, tapi lebih dari itu...

salam kenal dari Suami Bijak

Reply
avatar
Amanda Ratih
AUTHOR
Sunday, 5 March 2017 at 18:26:00 GMT+7 delete

Ya sama, mulai fokus ngeblog karena tak lain dan tak bukan krn emang pengen dpt duit cepet *jujur bngt yah gue wkwkwk..
Soalnya klo nulis buku kan lama bngt cairnya ihikk

Reply
avatar
angel mamesa
AUTHOR
Wednesday, 8 March 2017 at 20:42:00 GMT+7 delete

Wah bener banget nie.. saya juga masih kaku blog nya, padahal hobby banget nulis tapi suka ga PD buat ngshare nya hehe, sepertinya saya harus belajar lebih lagi nie. Masukan yang worth it banget, jadi bersemangat memulai lembaran baru =)

Reply
avatar
Qudsi Falkhi
AUTHOR
Thursday, 9 March 2017 at 12:03:00 GMT+7 delete

Punya blog udah hampir 20 tahun, tld hampir 5 tahun tapiii... karena gak konsisten, gak pernah dapat bayaran.
Karena niat juga mungkin, niatnya buat asyik-asyikkan aja hehe.

Reply
avatar
blog ripiu
AUTHOR
Sunday, 12 March 2017 at 01:20:00 GMT+7 delete

akhirnya..

semakin yakin blog bisa di menghasilkan uang..
jadi positif untuk membangun blog

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon