Sudah Siap Menyambut HARBOLNAS 2017?

Sudah Siap Menyambut HARBOLNAS 2017?


Halo, Desember!
Empat tahun terakhir ini selalu kututup dengan perasaan menggebu-gebu, deh. Happy soalnya ada tanggal khusus untuk aku borong barang-barang yang belum kesempetan beli sepanjang tahun ini. Aku doyan belanja sebenernya. Apalagi kalau pakai potongan harga segala. Bisa gelap mata.


Di kantorku nih, selain bakal tutup buku, anggaran, proyeksi omzet dan evaluasi, juga ada namanya Bonus Akhir Tahun. Seneng, tahun baru jadi punya tabungan dari sisa belanja kebutuhan yang mungkin belum kebeli. Kantor aku baik yah? Bonusan itu jadi cocok kalau dipaduin dengan Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional. 

Cocok kan sama aku yang doyan belanja online? 




Tujuannya Mulia

Makin ke sini, orang makin kreatif. Pengen punya barang A, dicari di toko konvensional nggak ketemu. Cari di e-commerce, supaya jangkauan pencarian barang A lebih luas. Siapa tahu barangnya ada di Toko yang ada di kota tetangga. Cus deh, transaksi. Deal. Bayar. Barang datang!

Makin pinter orang cari kemudahan, ya makin pinter juga orang jahat cari celah. Mulai banyak yang manfaatin jualan online untuk nipu. Terus solusinya? Salah satunya toko bisa gabung di e-commerce terpercaya. Dan sejak tahun 2012, ada semacam pemulihan kepercayaan untuk mereka penjual dan pembeli di dunia ‘tak kasat mata’ ini. Supaya kembali percaya, lancar, dan sama-sama sejahtera.

Yaitu, adanya Harbolnas 12 Desember 2012 (12.12.12)
Tujuan sebenernya sih mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online yang aman, nyaman dan bisa dilakukan di mana saja juga dengan sistem pembayaran apa saja. Harbolnas awalnya sih bisa dilakuin di beberapa E-commerce di Indonesia, salah satunya Lazada, my favorite. Tahun-tahun berikutnya terus berjalan hingga yang paling terakhir tahun kemarin 2016 memecahkan rekor.








Beli Handphone s/d Kosmetik

Harbolnas memang sudah ada sejak tahun 2012, tapi aku baru berburu wishlist di kesempatan Harbolnas baru tahun 2014 lalu. Ijinkan aku mengenang serunya Harbolnas silam.

📅 Desember 2014
Itu artinya tepat setahun aku berpenghasilan tetap di kantor yang hingga detik ini masih kududuki. Udah bisa belajar menabung dan belanja juga sih. Belajar mana yang termasuk belanja kebutuhan dan mana yang belanja kepengenan aja. 

Merasa punya tabungan cukup, iseng lihat handphone keluaran terbaru, kan. Saat itu naksir banget sama Handphone Asus Zenfone 5. Ya kok kebetulan carinya pas di tanggal 11 Desember 2014. Aku bisa hemat 500 ribu untuk meminang hape itu. 

📅  Desember 2015
Aku nyaris lupa dengan Harbolnas ini. Ingatnya setelah Harbolnas lewat. Beranda Facebook ramai postingan teman yang bisa dapat barang lebih murah seperti kosmetik, alat rumah tangga, elektronik, dan banyak lainnya. Baik yang pakai E-commerce maupun yang nggak pakai.

📅 Desember 2016
Aku nggak mau kelewat seperti tahun sebelumnya. Gaungnya lebih terlihat karena sepanjang tahun 2016 aku sudah mulai suka berselancar di aplikasi online shopping seperti Lazada. Apalagi di tahun itu pula aku menseriusi Youtube Channel, yang artinya aku sedang getol-getolnya upgrade perangkat komputer dan kamera.

Berkat Harbolnas tahun 2016 kemarin aku bisa memboyong buanyak buanget barang seperti di bawah ini. Aku bisa hemat nyaris 900 ribu untuk mendapatkan sekitar 12 barang. Eh kok kebetulan gitu ya angkanya, sama-sama 12.

Karena aku belanjanya di Lazada, aku bisa langsung manfaatin saat di zona Online Revelution.  Alias Harbolnas bisa dirasain sejak 11 November. Kalau tahun lalu, malah masih bisa dinikmati meski udah tanggal 18 pun.






Aku juga masih pake banget aksesoris kamera dan komputer itu hingga saat ini. Eh, sama printilan kecantikan sih. Masih ada loh barang-barang itu hingga sekarang. Masih awet karena barang yang dikirim memang berkualitas. 

Karena aku kirimnya pakai alamat kantor, teman sampai keheranan, Vindy bener-bener ngemanfaatin Harbolnas tahun 2016 kemarin. Hampir setiap hari Pak Kurir mampir ke kantor ngirim paket  Lazada terus. 

Senengnya tuh nggak cuma ketika nemu barang terbaik, termurah, dan terekomendasi. Ketika barang datang bertubi-tubi dengan cepat pun senengnya minta ampun. Banyak hal yang aku suka ketika belanja di Lazada terutama moment Harbolnas. Diantaranya:



🛒Gratis Ongkir di kota Jember
Dalam beberapa toko yang bergabung di e-commerce Lazada selain memberi layanan GRATIS ONGKIR dengan minimum pembelian, nggak jarang juga GRATIS-nya di beberapa kota (kalau nggak salah 30 kota di seluruh Indonesia). Tapi yang terjangkau juga nggak semua kota. Beruntung Jember seringnya masuk dalam daftar pengiriman gratis di banyak toko.

🛒 Toko yang Ikut Harbolnas Terjamin Reputasinya
Yang pasti toko yang bisa tergabung di Lazada sudah memenuhi kualifikasi dan wajib mematuhi syarat dan ketentuan di Lazada. Konon katanya sih ketatnya hingga penggunaan denda bagi toko yang nyeleweng. Bisa 100 ribu hingga 1 juta sekali melangar. Jadi mudah-mudahan memang amanah.

🛒 Ada Estimasi Kapan Barang Sampai
Salah satu yang kusuka di Lazada adalah, ada semacam fitur untuk memberikan kita informasi kapan barang ini akan diterima oleh kita jika melakukan transaksi hari itu. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.



🛒 Barang Terjamin Kualitasnya
Kalau dendanya saja lumayan gede jika melanggar ketentuan berjualan di Lazada, jelas toko jadi punya komitmen dong untuk mempertahankan reputasinya. Salah satunya jelas memberikan kualitas barang yang baik. Terbukti kok, barang-barang yang kuterima tahun lalu masih berfungsi dengan sangat baik.

🛒Yang dikirim dari Gudang Lazada (bukan toko) Lebih Cepat Sampainya
Lazada memang e-commerce besar. Ada di beberapa negara berkembang lainnya. Lazada punya semacam gudang yang saaaaangaaaat besar. Jadi selain menampung toko lain untuk berjualan dengan mudah, Lazada juga punya stok yang ready untuk dikirim. Dan dari pengalamanku, barang apapun yang dikirim dari gudang Lazada, hari in transfer, hari ini juga dikirim jika memungkinkan waktunya (transaksi pagi, kirim siang/sorenya). Dan biasanya akan dikirim dari gudang terdekat. Contohnya aku di Jember, dikirim dari Gudang Surabaya. Sekarang transaksi, besoknya sampai pernah!

Gudang Lazada ada di: Cakung, Clincing, Jakarta Timur, Medan, dan Surabaya.

🛒 Tracking Mudah, Semua Ter-tracking di App dan Notifikasi Email
Selain tracking bisa dilihat dari aplikasi, notifikasi tracking juga dilakukan di email. Mulai dari pembayaran dikonfirmasi, pesanan diterima oleh penjual, pesanan dikemas lalu dikirim, pesanan sudah sampai, hingga notifikasi kesediaan rating produk & Toko semua detail dikirim via email. Dan spesialnya, tracking detail itu semua dilakukan per aktivitas di setiap toko. Jika kita sedang berbelanja di 2 toko yang berbeda, maka Lazada akan memberi notifikasi perkembangan masing-masing tokonya. 

🛒 Ada Tambahan Voucher Setiap Hari yang Bisa Digunakan
Setiap hari Lazada punya buanyak buanget jenis discount dan dengan banyak cara. Mulai potongan dari toko, potongan menggunakan kartu khusus, hingga potongan tambahan menggunakan KODEVOUCHER. Sudah dapat potongan dari toko lalu pakai kodevoucher? Bisa banget! 

🛒 Pengiriman Bisa Beberapa Alamat (1 invoice 1 alamat)
Satu aplikasi bisa bertransaksi beberapa invoice sekaligus. Dan enaknya, kita bisa memberikan data alamat yang berbeda di invoice yang berbeda. Jadi bisa deh kalau saudara nitip beli barang lewat akun kita sekalipun invoice kita sebelumnya belum tuntas. Dikirimnya bisa ke alamat saudara langsung.

🛒 Pembayaran Aman dengan Multipayment
Pembayaran Lazada ada banyak cara. Tapi aku suka pakai ATM. Kita nggak perlu khawatir uang kita lenyap tapi barang nggak sampai/nggak sesuai. Sebab kita transfer menggunakan multipayment. Jadi Lazada sebagai pihak ketiga dari transaksi antara pembeli dan penjual toko. Ketika selesai transfer, nggak butuh lama untuk menunggu pembayaran terkonfirmasi. Karena dicek secara otomatis.




Sudah siap menyambut Harbolnas? Coba buka aplikasi Lazada di Hape deh. Atau lewat Website Lazada juga boleh. Siap-siap #DiskonMengguncangSemesta akan beneran mengguncang keinginan ikut belanja. Tapi tunggu dulu! Jika masih ada waktu, persiapkan segala sesuatunya supaya nggak menyesal dan bisa dapat harga terbaik.





Tips Mengikuti Harbolnas

Siapkan Budget Maksimum
Ingat, jangan sampai jebol belakang. Mending sejak awal, budget saja berapa yang boleh dikeluarkan untuk menuntaskan lapar mata ini. Contoh: Maksimal 500 ribu.

Riset dan Baca Spesifikasi
Ini sangat sangat sangat penting banget. Terkadang apa yang terlihat di gambar itu nggak seperti yang pada kenyataannya. Contohnya aku pernah beli tas. Tapi lalai banget nggak lihat spesifikasinya. Dalam ekspetasiku ukurannya sedang sehingga bisa muat banyak. Eh begitu datang, ukurannya kecil seperti pouch. Mau nyalahin toko nggak bisa, karena memang akunya yang lalai. Tahu gitu nggak kebeli deh. Dan lagi wajib juga untuk riset harga normalnya berapa. Biasanya adaaaa aja toko yang nakal menaikkan harga dulu baru didiskon. Jatuhnya yaaaa tetap harga asli atau bahkan lebih. 

Seleksi Prioritas dan Alternatif
List barang apa aja yang jadi wishlist menyambut Harbolnas ini. Boleh sebanyak-banyaknya dan selapar-laparnya mata. Lalu kelompokkan mana yang butuh, mana yang cuma kepengen. Sampai sini pasti sudah paham dong ya? Tulis paling atas adalah yang paling diprioritaskan. Dan kalau bisa sih cari alternatif jika yang dicari nggak ada atau nggak lagi didiskon.

Sortir
Di Lazada ada fitur yang lengkap untuk memudahkan kita memilih yang terbaik dari rentang harga, kemudian sortir dari yang lagi ada promo, yang paling murah, toko dengan penjualan yang banyak alias toko yang paling laris dan direkomendasikan. Ini akan membantu kita menentukan keputusan mana toko dan harga yang cocok. 


Cermat Lihat Rating Toko dan Review Toko
Jika tadi kita sudah nemuin daftar toko yang menjual barang impian, jangan malas untuk lihat reputasi toko. Di Lazada ada fitur yang memberitahu kita reputasi dan jumlah barang yang sudah dikirim selama ini. Baca juga review pembeli setelah menerima barangnya. Kalau bagus semua, layak untuk dipinang.... barangnya. Hehe.. 

Perhatikan Detail Invoice
Nunggu itu nggak enak kan, ya? Lazada kayanya sih berusaha meminimalisir kekhawatiran pembeli dalam zona PHP. Sejak kita baru lihat halaman barangnya, sudah dijelaskan kok, kapan barang bisa sampai ke tangan kita. Toko harus komitmen mengepak barang hingga waktu yang ditentukan. Jadi kalau dibilang estimasi datangnya (xx – xx ) ya selama belum tanggal itu, kita selow aja... jangan baper.

Tidak Perlu Terburu-buru. 
Lapar mata pas lihat diskon Harbolnas. Tapi ada trik khusus untuk semua calon pemborong Harbolnas. Jadi hunting aja barang yang kita pengen. Langsung masukkan shoping cart. Udah, nggak usah peduliin keranjang buanyak buanget barang. Bahkan misalnya kita nemu barang yang sama dengan harga yang lebih murah, masukin aja! Tapi nggak usah di-checkout dulu.



Nah ketika sudah yakin, buka keranjang itu tadi, sortir deh, mana yang jadi dibeli, mana yang nggak usah di beli. Ibarat nih, mau bayar ke kasir,  sambil dipilih dan dipikir lagi hingga pas sesuai budget. Itu tujuannya supaya nggak kehilangan barang itu karena terlalu dalam kita scroll.

Kata lainnya, masukkan keranjang = bookmarked barang.

Kan ada fitur Wishlist. Yup! 

Hanya bedanya, ketika langsung masuk keranjang otomatis ngejumlah total harga. Dan kita terbatas waktu kan di Harbolnas ini? Kalau masih nanti-nanti belinya, masukin ke Wishlist juga boleh...

Check Kodevoucher Setiap Hari di Halaman Utama
Ssst...! Aku kasih kisi-kisi ya...! Jangan lupa sebelum checkout, cek dulu halaman berandanya Lazada. Biasanyaaaaa... Harbolnas di Lazada tuh setiap harinya dikasih kodevoucher Cuma-Cuma hanya untuk hari itu saja. Dan setiap hari kodenya berubah. Lumayaaan looohhhh... kita bisa dapat potongan berkali-kali. Manfaatin ini sebaik-baiknya.



Harbolnas tahun 2017 ini aku sudah punya beberapa whislist yang siap untuk diburu. Dan tahun ini rupanya lebih didominasi dengan kecantikan (skincare & kosmetik). Soalnya ini gara-gara sering mantengin endorse-an instagramnya artis. Karena harganya lumayan yaaa... kesempatan banget Harbolnas ini dimanfaatin supaya dapat harga murah.





     Wishlist     


Aku penggemar skincare banget, nget, nget! Jadi Emang lebih suka merawat kulit wajah ketimbang banyakin warna eyeshadow dan lipstik misalnya. Satu di antaranya memang lipstik Pixy Lipcreanm No. 9 sih. Sebenernya aku sudah punya idola merk lipstik. Tapi pengen coba yang harganya lebih murah ketimbang yang kupunya LT Pro. Dan warnanya ya itu-itu aja. Nude. Ini cuma pengen coba aja, kalau enak, yaaa pindah hati. Kalau nggak cocok, tetep setia dengan merk andalan. Lumayan kan ajang Harbolnas bisa coba-coba produk dengan harga yang miring. Nggak nyesek kalau nggak cocok.

Kenapa banyak banget list skincare mulai dari pembersih wajah, masker, shooting gel hingga cuka apel juga aku sebutin. Soalnya beberapa bulan terakhir jerawat bruntusanku menggila parah! Parah banget! Browsing di blog dan vlog orang tentang ngatasin jerawat terutama bruntusan ya dengan macamnya di atas itu.

Tapi ya gitu... harganya nggak murah. Huhu...
Moga dengan adanya Harbolnas yang #DiskonMengguncangSemesta ini bisa ngeringanin aku bisa memiliki semua itu dan wajahku kembali normal.


So.... sudah siap menyambut Harbolnas 12.12
#DiskonMengguncangSemesta

Cuss... dah belanja.. 
cek barang inceranmu didiskon berapa?

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi


Previous
Next Post »

19 komentar

Write komentar
Amallia Sarah
AUTHOR
Thursday, 7 December 2017 at 09:49:00 GMT+7 delete

Sudah nge wish list nih mbak. Banyak bener dah ah.. sampe deg-degan takut tabungan jebol ...

Reply
avatar
Thursday, 7 December 2017 at 10:38:00 GMT+7 delete

Aku juga pengen nature republic, pixy lipcream, sama lushnyaa.. wishlistku banyak kalau dijembrengin bisa lebih dari 1000 kata, haha. Berharap invoice ada yang cair pas harbolnas.

Reply
avatar
Thursday, 7 December 2017 at 13:19:00 GMT+7 delete

dengan adanya harbolnas ini dapat membantu para kaum muda untuk lebih menghemat uangnya. karena banyak promo yang disediakan.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday, 7 December 2017 at 17:26:00 GMT+7 delete

Ya kaaan.. ini produk lagi ngehits dan kebetulan relevan dengan wajahku yang lagi bermasalah. :D

Reply
avatar
ahmad fauzi
AUTHOR
Friday, 8 December 2017 at 16:08:00 GMT+7 delete

Gile banyak banget yg d beli tahun kemarin ya. Rasanya kayak ga mau rugi, mumpun dpet potongan harga yak. Hahaha

Gue sendiri malah belom pernah nih belanja d lazada. Pengen nyoba juga, tapi agak gmna gtu. Soalnya lg ga d jakarta juga.
Gue juga bru tau pas 2015an mungkin. Banyak org yg ngomongin tntng harbolnas gni. Tapi bru tau, klo bneran bnyak yg beli barang d harbolnas kyak lu gtu. Buanyak banget lahi. Mantap.

Ditambah gratis ongkir, myaknya bakalan beli banyak lagi nih ya? Hahah

Reply
avatar
bedelhoki
AUTHOR
Saturday, 9 December 2017 at 09:33:00 GMT+7 delete

Gileee..... sista ini emang pejuang harbolnas sejati, jujura aja ane baru ngeh ada Harbolnas itu mulai tahun kemaren hehehe.
mantep deh, ane doain ya biar semua wishlistnya bisa kesampean. amin amin

salam hoki

Reply
avatar
Saturday, 9 December 2017 at 12:14:00 GMT+7 delete

Sering bgt denger kata harbolnas tp baru tau detailnya kayak gini. Walaupun aku bukan tipe2 orang yang suka belanja, it means aku beli barang kalo kepepet butuh, tp lumayan lah ya bisa dimanfaatkan.

Reply
avatar
Andi Nugraha
AUTHOR
Saturday, 9 December 2017 at 14:34:00 GMT+7 delete

Aku malah belum list, ada sih yang mau dibeli. Enaknya gitu ya, dilist dulu, biar mudah nyarinya..hehe

Kalau beli di online aku belum pernah sebanyak itu sih, tapi memang yang lagi membutuhkan barang yang kebetulan ada, baiknya meang harus memanfaatkan harbolnas ini ya..

Reply
avatar
Yudi Rahardjo
AUTHOR
Saturday, 9 December 2017 at 16:41:00 GMT+7 delete

Jadi harbolnas tuh adanya dari tahun 2012 ya, yaelah kok aku baru tau hehe, kudet banget ya, emang sih jarang belanja onlen juga hehe

Reply
avatar
Ahmad Santoso
AUTHOR
Sunday, 10 December 2017 at 07:14:00 GMT+7 delete

bertahun-tahun aku cuek aja sama yang kayak gini, tapi setelah beberapa kali lihat postingan tentang Harbolnas, aku mulai tergerak untuk mencobanya haha.

Jujur saja aku kurang suka belanja online sih, tapi akhir-akhir ini ya mulai melirik untuk belanja online.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 11 December 2017 at 17:53:00 GMT+7 delete

Haha, ya gimana.. harganya super murah gitu.. gimana gak kalap wkwk.. tapi tahun ini pengen yang terkonsep alias tercatat. Jadi menghindari kekalapan alias lagi beli sesuai kebutuhan. :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 11 December 2017 at 17:58:00 GMT+7 delete

Haha, memanfaatkan harbolnas untuk belanja murah sih hihii

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 11 December 2017 at 18:01:00 GMT+7 delete

Syukur deh yaaa.. close blog ini, jadi tahu sesuatu lebih detail hihi...
Cus... manfaatkan harbolnas sebaik dan sebijak-bijaknya yaaa

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 11 December 2017 at 18:05:00 GMT+7 delete

Iya, ngelist itu ngebantu kita nggak gagal fokus wkwk

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 11 December 2017 at 18:05:00 GMT+7 delete

Haha, syukur setelah baca ini jadi tahu sedikit sejarah Harbolnas yaaaa hehe..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday, 11 December 2017 at 18:06:00 GMT+7 delete

Haha, coba deh... dijamin ketagihan tahun depannya haha...

Reply
avatar
Tuesday, 12 December 2017 at 17:49:00 GMT+7 delete

Wah keren uey ulssanya lengkap tentang lazada gue gak pernah beli di situs online nih mungkin artikel ini akan jadi panduan gue suatu saat nanti

Btw gue batu tahu singkatan harbolnas itu apa. Gur kira dulu namanya hari kebobolan nasional. Kebobolan finansial maksudnya hehe

Reply
avatar
suria riza
AUTHOR
Wednesday, 13 December 2017 at 23:20:00 GMT+7 delete

Jadi rajin perawatan sebelum nikah ya sist :D
Good luck!. Terima kasih dah ikutan ya

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon