TRAVELING

Ada Pura di Antara Tawaduknya Pulau Seribu Masjid


Lombok, seperti daerah lain di Indonesia, punya bukti sejarah bahwa pernah ada kerajaan yang berdiri di sana. Semua kerajaan yang pernah ada di Lombok merupakan kerajaan yang menganut agama Islam. Hal ini nggak lepas dari fakta bahwa agama Islamlah yang pertama kali diperkenalkan di Lombok oleh seorang ulama dari negeri Baghdad, Ghaus Abdurrazzaq. Nggak heran kalauu agama Islam begitu lestari di pulau kecil yang dikelilingi lautan ini.
Namun, di balik lestarinya Islam, ternyata ada jejak-jejak agama Hindu. Simak ulasannya berikut ini ya…

⛱ Asal-usul Pura di Lombok
Setelah Kerajaan Selaparang runtuh karena perang yang dipimpin oleh Arya Banjar Getas, masuklah sebuah kerajaan beragama Hindu. Masuknya kerajaan ini sebenarnya dibawa oleh Arya Banjar Getas karena permohonannya supaya dapat mengalahkan Kerajaan Selaparang. Kerajaan yang dibawa oleh Arya Banjar Getas ini pun menjadi kerajaan paling berkuasa di Lombok untuk terakhir kalinya, sebelum penjajah dari Belanda datang. Kerajaan ini bernama Kerajaan Karangasem yang semula berpusat di Bali.
Pemerintahan Kerajaan Karangasem di Lombok berlangsung sekitar 55 tahun, yaitu mulai tahun 1839 M sampai 1894 M. Selama rentang waktu setengah abad tersebut, Kerajaan Karangasem cukup mampu menyebarkan agama dan tradisi Hindu. Prestasi ini ditandai dengan berdirinya beberapa Pura, yang dapat disaksikan sampai saat ini.
Berikut adalah 3 dari banyak pura yang masih berdiri di antara tawaduknya pulau seribu masjid.
⛼ Pura Taman Narmada
Pura Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Jaraknya sekitar 10 km di timur pusat Kota Mataram. Pura ini berada di atas sebuah punden berundak di dalam Taman Narmada, yang dikelilingi Bale Terang, Telaga Ageng, dan Bale Petirtaan. Dengan meniru Gunung Rinjani dan menjadikannya replika, itulah tujuan dibangunnya Pura Taman Narmada oleh Raja Karangasem.
Pura sebagai Gunung Rinjaninya, sedangkan Telaga Ageng sebagai Segara Anakannya. Hal ini dikarenakan tidak kuatnya Sang Raja untuk mendaki Gunung Rinjani ketika diadakannya Upacara Pujawali. Dengan adanya pura ini, Raja hanya cukup berdoa di pura, dan para abdilah yang menuju Segara Anakan untuk melakukan larung saji.
⛼ Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong memiliki pemandangan laut lepas yang sangat menarik karena terletak di atas tebing yang menjulang dan menjorok ke pantai. Namanya diambil dari tebing tersebut, lantaran memiliki lubang yang akan semakin jelas dan terlihat besar ketika air laut sedang surut. Jaraknya hanya 5 menit dari Pantai Senggigi.
Pura Batu Bolong ini dibangun oleh Dang Hyang Dwijendra dan masih digunakan sebagai tempat peribadatan, salah satunya Titra Yatra atau pemujaan kepada Ida Bhatara Segara. Pura ini terdiri dari dua bagian, yaitu Pura Ratu Gede Mas Mecaling di dekat pintu masuk dan Pura Batu Bolong itu sendiri yang memiliki tinggi sekitar 4 meter.
⛼ Pura Meru
Pura Meru merupakan pura tertua di Lombok yang terletak di Cakranegara, Mataram. Dibangun sejak tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem dan dibantu oleh desa-desa di Lombok, pura ini berfungsi sebagai tempat peribadatan, tempat negosiasi, dan tempat penghakiman pada saat itu. Bentuknya sangat khas dengan atap bertingkat dilapisi ijuk hitam. Bangunannya terdiri dari tiga bagian, yaitu Utama Mandala sebagai tempat pemujaan dan paling suci yang dilengkapi dengan sakepat dan sake ulu, Madya Mandala untuk tempat bernegosiasi, serta Nista Mandala yang biasanya digunakan untuk menampilkan kesenian yang mengiringi ritual.
Selain ketiga pura tersebut, ada beberapa pura lain yang dapat dijadikan tempat berwisata, yaitu Pura Pengsong Lombok, Pura Suranadi, Pura Taman Mayura, dan Pura Lingsar Lombok. Peraturan di semua pura tersebut sama saja, yaitu diwajibkan mengenakan selendang kuning, dilarang berisik, dan dilarang masuk bagi wanita yang sedang datang bulan.
Untuk menuju ke pura-pura ini, kita bisa cari tiket pesawat ke Lombok pakai online travel agent tepercaya. Cek harga tiket pesawat domestik termurah di Airy untuk ngebantu kita merencanakan liburan dan menikmati keindahan pura di Lombok.
Selamat jalan-jalan!
 
Sumber Gambar Kompas | Wisata Baru | Lonely Planet
Diolah dari berbagai sumber

 

362 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

4 Comments

  1. pernah kesana mbak? kalau kesana siapkan hati.. soalnya bakalan gagal move on kalau kesana 😀

  2. Ainun says:

    dari sekian banyak pura di lombok, baru pura batu bolong aja yg disamperin, waktunya lebih banyak buat explore destinasi lainnya

    1. sama mba, kalo saya lebih ke pantai aja banyaknya, krna waktu libur terbatas dan cinta pantai hihihi

  3. Wow indah ya pemandangan nya mba keren 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.