Inspiratif OPINIKU Tips Cantik TUTORIAL

Anggunnya Perempuan Berkebaya


Apa yang menjadi identitas sebuah gender untuk pembeda antara laki-laki dan perempuan? Paling mencolok adalah pakaian. Indonesia dari jaman duluuuu sekali. Jamannya Majapahit. Dipakai oleh permaisuri atau selir raja. Modelnya sederhana. Intinya membungkus tubuh perempuan yang sederhana.
Kalau sekarang sih, kebaya sudah banyak variasi. Bisa juga corak dan ragamnya disesuaikan dengan khas masing-masing daerah. Dan sekarang pun modelnya sudah lebih kontemporer. Alias campur dengan desain modern.
Jaman dahulu kayanya kebaya hampir semuanya lengan panjang ya. Tapi jaman sekarang ada yang lengan 3/4 dan ada juga yang pendek.
Kebaya Lengan Pendek
Kebaya selalu dipadukan dengan sewek. Kain lebar yang motifnya batik, membungkus tubuh perempuan dari pinggang ke bawah. Kalau jaman dulu, masih harus pakai stagen juga loh untuk mengunci kebaya dan menjaga perut tetap singset.
Tahu torso? Ituloh, kemben. Itu satu set dengan kebaya. Jadi kebaya itu umumnya bahannya tipis, kadang juga terawang. Fungsi torso/kemben inilah untuk menutupi bagian tubuh perempuan.

Perempuan Anggun

Ketika seorang perempuan memakai kebaya, seolah muncul aura anggun, santun, baik, lembut seksi, dan indah dipandang. Jaman sekarang nih, menikah yang nggak pakai adat, biasa menggunakan kebaya untuk acara resepsi.Baca Juga Tanggal Cantik Menikah Tahun 2017, Catat Yuk!

Anggunnya Kebaya
Alasannya, supaya terlihat lebih modern tetapi tetap anggun dan resmi di acara sakral. Belum lagi kalau pakai sewek yang rapet. Rasanya perempuan ini akan terlihat anteng, manut, nggak banyak polah. Wk.

Rambut yang Cocok untuk Kebaya

Tatanan rambut yang cocok untuk kebaya adalah sanggul, sih. Tapi semakin ke sini, gaya rambut sudah nggak melulu sanggul. Tapi tetap, jatuhnya akan selalu anggun dan santun.
Kebaya Modern
Aku pernah bikin video dance cover Bukan PPAP-nya Sule Prikitiew. Pakai kebaya jadul mama warna hijau. Lengkap dengan seweknya. Ini semua pasang sendiri, btw. Karena badan aku kecil, aku terpaksa mengecilkan lengan sendiri.Iya, aku jahit sendiri.

Kebaya Jaman Dulu
Lalu, hair do-nya?
Yes, aku nggak bisa nyanggul, maka aku kepang aja ke samping. Lihat aku joget pakai kebaya di youtube channel-ku.

Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia

Menjelang tujuh belas agustusan, biasanya ada semacam menggunakan pakaian nasional seperti kebaya. Mungkin ini ada beberapa referensi kebaya modern yang bisa jadi inspirasi.
Inspirasi Kebaya
Di antara itu semua, mana yang 
paling temen-temen suka?

Sumber Gambar: Zalora | Pinterest | Dokumen Pribadi

 

540 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

5 Comments

  1. Ihhh aku suka bngt liat km ple kebaya trus rambutnya di kepang gituuu heheKalo aku krn pake jilbab palinng jilbabnya yg dibikin rada simple

  2. Ahmad Santoso says:

    memang kalau wanita pakai kebaya kelihatan anggun dan sopan, lebih nyaman kalau dipandang hehe.adem di hati wkwkwkwk.

  3. kebaya sekarang lebih nyaman dipakai ya dibanding model lama

  4. setuju sih.yang pake kebaya entah kenapa jadi terlihat jauh lebih anggun dan manis.tapi gue kayaknya jarang ketemu sih sama perempuan yang pake kebaya lengan pendek. tapi sama'' cakepnya sih, mau lengan panjang atau lengan pendek

  5. Imron Fhatoni says:

    Dan memang benar. Yang berkebaya itu luar biasa anggun. Apalagi berhijab hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.