Film REVIEW

REVIEW Avengers ENDGAME – Baper Gagal Move On


CATATAN: Tidak ada spoiler (alur cerita) di review ini. Ketika review ini ditulis, film masih diputar di Bioskop.

Terbukti, durasi film ini 3 jam. Tapi pas nonton, saking serunya, ya kaya nonton biasa. Nggak kerasa. Pas udah dinyalain lampu dan cek HP, baru deh ngeh, What? Nyaris 3 jam! Yaaa sekitar 2 jam 45 menitan gitu. Tapi bagiku 3 jam ini isinya padat. Gak bertele-tele. Seru. Akutu bukan maniak MCU sebenernya. Baru suka film superhero keluaran marvel sejak nonton Black panther. Lanjut terus sampai sekarang. Avengers juga aku nontonnya mulai dari Infinity War.

Baca Juga:

Review BLACK PANTHER – Kucing Mainan Pedang

REVIEW Avengers (Infinity War) – Seandainya Avengers Ada di Indonesia?

 

Yang Nggak Ngikutin Film Marvel, Bisa Ikutin?

Bisa! Karena di sini kelihatan kok siapa yang Superhero, siapa manusia biasa. Lagian, sekalipun kita nggak nonton, minimal tahu nama-nama karakter yang punya keunikan sendiri-sendiri. Contoh, aku belum nonton Hulk, tapi aku bisa tahu ketika ada orang berbadan besar warna ijo itu pasti Hulk. Ya iya kan sebenernya ini tokoh dari komik. Dan kisah Hulk sebenernya ya sudah jaman lawas udah dikenal. Begitu juga dengan karakter-karakter lainnya.

Aku yang nonton baru dari Black Panther, Ant-man, dan Avengers Infinity War, bisa ngikutin sampe ending. Memang ada beberapa hal yang aku masih merasa tanda tanya kenapa begini kenapa begitu. Wajar lah ya, aku kan nggak nonton sejak awal. Beruntung suamiku paham betul, jadi kadang nanya dia siapa, dll. Pas kelar film kami diskusi dan segala plot hole versiku terjawab.

Itulah kenapa ketika film ini mau rilis, salah satu televisi menyajikan beberapa film pilihan untuk ditonton. Aku sempet nonton Captain America di TV beberapa hari lalu, jadi bisa tau sedikit-sedikit. Bahkan bioskop-bioskop juga beberapa hari sebelum Endgame keluar, menayangkan ulang Infnity war.

 

Avengers Endgame Review

Jadi begini, agak susah sebenernya mau ngereview tanpa spoiler. Haha… Pas cek di Google, kata kunci Avengers Endgame Spoiler malah udah muncul, padahal baru juga sehari tayang di Indonesia. Aku nggak bakal nyebutin, siapa yang menang, kalah, dan apa yang terjadi. Tapi kita sama-sama tahu lah ya, siapa musuh besarnya, Iya… Pak Thanos dengan batu akiknya. Tapi aku sebagai penonton yang sukanya nebak-nebak ini kecele alias ketipu. Plotnya nggak diduga. Sekitar 15 menit pertama aku sempet mikir, “Udah, gini doang? Trus? Pulang nih? Trus piye?” 

Buatku, endingnya ADIL.

Aku nggak kecewa-kecewa amat dengan jalan ceritanya. Kecuali dua hal yang bikin aku kecewa. Yang kunanti-nanti kan lanjutan peran Goose, kucing yang ada di film Captain Marvel. Tapi kutunggu sampe ending, nggak ada. Sedih akutu. Trus lagi, kenapa Captain Marvel di sini potong rambut jadi cepak? Kenapaaa… aku suka sama ketangguhannya tapi sekaligus keanggunannya masih dengan karakter ‘perempuan’ di rambutnya yang ikal.

Eh ternyata ada 3 kekecewaanku, kenapa Captain Marvel yang kukira bakal jadi KAPTEN dari film Marvel ini, ternyata hanyalah perempuan PHP. Macam kuntilanak, datang tak dijemput, pulang tak diantar. Tapi memang dia datang di saat yang tepat.

Sejujurnya aku bisa menebak alur ceritanya. Pasti abis ini gini, pasti abis ini gitu, dst. Nggak cuma di film MCU aja sih, film apapun entah gimana, aku selalu bisa membaca alurnya. Meski kadang tiap film punya plot twist sendiri-sendiri. Nah, sepanjang film Avengers Endgame ini aku pun bisa menebak beberapa adegan-adegan.

“Pasti abis ini keluar si ini.”

“Pasti si Anu bakal beraksi.”

“Pasti yang berhasil ngebunuh si Ono.”

Nah, cuma cara karakter keluar, aksinya gimana, cara ngebunuhnya gimana itu disajikan tak terduga di film ini. Aku masih berkali-kali kagum dengan penyajiannya yang WOW. Efek filmnya nggak bikin pusing. Ini penting!!! Karena ada dan masih banyak film perang main efek komputer itu geraknya terlalu cepat dan nyaris bikin mata pusing. Di film ini aku enjoy banget.

 

Baper karena Gagal Move On

Ini film yang jalan ceritanya bagus banget!!! Astaga, penutup Avengers yang bikin baper abis dah. Meski nggak sampai sesenggukan, tapi bener-bener dalem dan nusuk.

Kalau di Avengers Infinity War para Avengers-nya menghilang bak debu-debu intan, para avengers yang tersisa ini berusaha berkorban demi semua kembali dengan cara masing-masing dan kembali ke masa lalu. Yang pasti seandainya kita disuruh kembali ke tahun-tahun lalu, ingin perbaiki keadaan, apa yang bisa kita lakukan?

Ingin mengubah sesuatu tanpa mengubah jalan hidup. Susah. Kadang, eh sering malah, bikin pengen nangis. Ketemu orang-orang yang sudah meninggalkan kita. Rindu. Pengen peluk. Pengen di masa ini selama mungkin. Tapi…. banyak tugas yang belum selesai di masa depan. Harus kembali. Berpisah lagi. Mewek lagi. Baper. Huhu… Pulang dari nonton film ini, muncul pertanyaan:

Jika aku diberi kesempatan kembali ke masa lalu, apa yang ingin aku perbaiki?

 

Pelajaran yang paling bisa dipetik dari film ini adalah untuk kebaikan banyak insan manusia di dunia, butuh pengorbanan yang tulus, Sekecil apapun. keikhlasan atas sesuatu yang tidak ada untuk sesuatu yang lebih baik. Duh, ini film perang tapi menyentuh sekali.

Udah sih, itu aja kesanku nonton film ini.

Saran untuk yang mau nonton film Avengers Endgame

  • Sediakan waktu kurang lebih 3 jam. Bawa Jaket kalau nggak kuat AC.
  • Nggak usah bawa anak kecil kalau bisa. Durasi 3 jam ini bikin bosen loh bagi mereka.
  • Jangan banyak mimik sebelum nonton. Jangan minum soda, karena itu bisa memicu pipisan mulu. Tapi tetep bawa air ya. Dan cemilan ringan bair nggak laper-laper amat.
  • Ajaklah teman yang lebih ngerti tentang film-film MCU kalau ngerasa masih rendah banget pengetahuannya (seperti aku hehe). Minimal bisa ditanya, “Itu siapa?” Tapi jangan kebanyakan tanya, ntar temennya keganggu.
  • Pas keluar bioskop, langsung pipis.
  • Kalau waktu nonton kalian masih jauh dan punya waktu kosong, sedikit-sedikit nonton film MCU yang dulu-dulu. Atau minimal lihat karakter apa aja yang ada di film Avengers ini.
  • Nggak usah nungguin Post-Credit. Zonk. Nggak ada. Pulang aja. Cepetan pipis.

Nah, karena ini penutupan dari Avengers, aku jadi penasaran dong dengan yang belum kutonton. Kebetulan aku lagi cuti melahirkan, asyik kayanya nontonin film-filmnya. Nulis review ini aja pake ditemenin kontraksi palsu. Aduhai kan…. Tapi, karena aku bingung, lalu aku post Facebook minta saran nonton dari mana.  Ternyata ada sekitar 21 film yang kudu kutonton. Hahaha… gapapa. Anggap aja ini drakor gitu yak. Trus aku dikasih MCU Chonologi dari share-share temenku. Dan ternyata pas aku search di Google, banyak juga yang udah bikin infografisnya. Dan ini salah satunya yang mudah dipahami. Ini berdasarkan Tahun kejadiannya. Bukan tahun rilis filmnya ya.

mcu kronologi
Sumber Gambar Art and Memes

 

Untuk urutan kudu nonton film apa dulu, ini dia listnya berdasarkan tahun rilisnya. Yuk! Kita maraton film ini bareng aku hahaha!

Iron Man (2008)
The Incredible Hulk (2008)
Iron Man 2 (2010)
Thor (2011)
Captain America: The First Avenger (2011)
The Avengers (2012)
Iron Man 3 (2013)
Thor: The Dark World (2013)
Captain America: The Winter Soldier (2014)
Guardians of the Galaxy (2014)
Avengers: Age of Ultron (2015)
Ant-Man (2015)
Captain America: Civil War (2016)
Doctor Strange (2016)
Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)
Spider-Man: Homecoming (2017)
Thor: Ragnarok (2017)
Black Panther (2018)
Avengers: Infinity War (2018)
Ant-Man and the Wasp (July 2018)
Captain Marvel (March 2019)
Avengers: Endgame (April 27, 2019)

 

Coming Soon:

Spider-Man: Far From Home (July 5, 2019)

 Yang bahas tentang batu warna-warni 

Captain America, Captain Marvel, and The Avengers– Tesseract (Space Stone)
Thor: The Dark World -Aether (Reality Stone)
Guardians of the Galaxy – The Orb (Power Stone)
Avengers: Age of Ultron – Loki’s Scepter / Vision (Mind Stone)
Doctor Strange -Eye of Agamotto (Time Stone)
Avengers: Infinity War– Soul Stone

 

 

Btw, aku kok ngefans sama Thor ya, haha! 

Di Film ini, Thor kocak banget. Lucu. Gemes. Tapi dia keren! Film baru mulai 10 menit aja dia udah keren. Keren yang kocak. Haha!

 

Ohya, film bersambung dengan ciri menerka-nerka ini kelanjutannya yang mana dsb ini ada juga yang aku ikutin. Dan aku tuntas ngikutinnya sampai film itu nggak rilis lagi. Pernah tahu Paranormal Activity. Ada semacam teka-teki yang kalau ditonton runtut per tahun rilis sebenernya kuncinya kudu ditonton mundur. Seru juga nonton yang cara penyajiannya unik. By the way, yang ini film horor. Aku pernah review di blog ini:

Baca juga Paranormal Activity Review

Lihat semua Review Film di blog ini

 

Sumber Gambar:

Inverse | Peradaban Dunia | The Jakarta Post | Esquire | IGN | Saostar | MCU Cosmic | Orlando Santinel | Heroic Hollywood | Time Magazine | CBS News | Flip Board

584 kali dilihat, 11 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

26 Comments

  1. kalau melihat list filmnya yang berkesinambungan itu, aku lupa film mana yang sudah ditonton sama yang belum, malah cerita yang dulu dulu nggak inget lagi
    kseleuruhan film avengers endgame ini kerenn pokok’e

  2. Belom nonton….

    Pertanyaan ku cuman ATU…

    itu nonton hampir TIGA jam, GAK KEBELET PIPIS bu? 🙂

  3. gimana ga kocak, seisi biskop bisa kompak ketawanya gara-gara si thor ini. wkwkwk

  4. Duh, aku pun baper banget lho T_T padahal sebelumnya biasa banget dengan filmnya Marvel, jagoanku di Marvel itu cuma Spiderman, sisanya cuma tau nama. Tapi setelah nonton Civil War sampe sekuel terakhirnya ini aku jatuh cinta banget sama latar belakang cerita tiap superheroes. Buatku, Endgame ini endingnya realistis, bener kata mbanya, cukup adil.

    Btw, ngakak ah captain marvel dibilang kayak kunti ((: *bener juga sih*

  5. Kalau menurut saya sih, nggak perlu nonton 21 film untuk tahu soal End Game. Yang penting nonton Captain America The First Avanger (tahun 2011 ya) supaya tahu kenapa si Captain America memilih untuk tidak balik di akhir cerita. Nonton Iron Man (yang pertama) biar tahu latar belakang perilaku Tony ke Potts dan kenapa dia memilih pilihannya di akhir cerita. Nonton Ant-Man and the Wasp biar tahu kok ada yang nongol dari mobil. Nonton Guardians of the Galaxy biar tahu Thanos itu siapa. Dan, tentunya nonton Avengers Invinity War, soalnya kan itu film sebelumnya. Kalau yang lainnya sih, nggak terlalu mempengaruhi pemahaman cerita. Menurut saya lho ya.

  6. SUmpah sih ini filmy bittersweet bgt mba
    Saya masih gak bias move on sama endingnya gak terima:’)
    Avengers will be missed

  7. Sepertinya menarik tapi kalau nonton selama 3 jam dan nitipin anak tuh, gak enak juga sama yang dititipin hahaha. Eh tapu skuelnya banyak bener mbak

  8. Terus terang ini bukan genre film favoritku jd kmrn pas ada yang nawarin nonton aku bilang blm minta hehe 😀
    Tapi buat penyuka Avengers pastinya film ini yang dinanti2 yaaa.
    Aku mau komenin quote yang dibold aja deh, pastinya kalau balik ke masa lalu, aku mau memperbaiki keputusan2 yang salah yg pernah aku ambil dulu hehe

  9. kenapa trus aku jadi pengen banget nonton Avengers ini mba. Ini barusan temanku datang trus cerita pilem ini. Bahkan bela-belain nonton bawa makanan yang banyak biar nggak bosan.

  10. Owh…owh…
    Aku pun gak pernah nonton film Marvel.
    Tapi ikutan seneng waktu tangan Thanos muncul di google.
    Hahahahaa…bolak-balik dimainin aja…

  11. Waah sampai ada urutan film MCU nya, pengen deh nonton dari awal-awal dulu. Masih ada ga ya hehehe…..aku 1,5 jam pertama nonton end game agak ngantuk, tapi sukses ketawa sama si Thor wkwkwkw

  12. ini lengkap banget si reviewnya 🙁 tapi sayang saya belum sempat nonton hehe

  13. Aku pecinta marvel dan ngikutin semua seri filmnya , emang harus nonton dari awal biar tau gimana jalan cerita end game ini, di tengah film pengen nangis sangking bagusnya film ini

  14. Seri Avenged Marvel aku ikutin dari pertama kali Iron Man tayang sampe End Game dan anakku jadi ikutan suka. Pak suami jangan ditanya. Tapi entah kenapa di End Game ini aku kok ya justru kepincut sama sosok Tony Stark yang ternyata family man pisan.

  15. Whuaaa pengen banget nonton endgame, udah ngikutin avengers dari awal, dan kalau kelewat yang ini sayang banget, sementara di kotaku sekarang nggak ada bioskop, huhuhu

  16. Film ini jadi trend di status WA saya pada update status pamer foto tiket Avengers hahaha jadi makin penasaran mau ikut nonton juga

  17. dari kemaren kurang gercep nih beli tiketnya, padahal aku selalu nonton gak pernah ketinggalan kalo hero2 beginii. Suka bangetttttt

  18. Ya ampuuuun kak aku deg-degan lho bacanyaaa, masalahnya dalam waktu beberapa hari ini aku tutup telinga dan juga mata dari hal-hal yg berbau end game wkwkwk. Ak baru nonton tgl 2 dong, sedangkan suami ak ud nonton duluan yg mana ak gbs tanyak2 saat film ini berjalan :'(

  19. Rachmanita says:

    Aku mau cobain nonton nanti say.. Penasaran juga aku sama filmnya.. Udah beli tiket jg nie

  20. untungnya aku nggak suka film western mba, cuma ini hits banget ya sampai pada rela nahan pipis 3 jam hehehee bikin aku penasaran pengen nonton juga jadinya

  21. hahahahah akuapun mau nonton film2 sebelumnya yg 21 itu ga sempet2 mbaaaa :p. kebanyakan sih udh tonton, tp lupa hihihi..

    aku br bisa nonton endgame tgl 4 may ntr, krn weekend ini sampe minggu depan ada acara trus. udh diksh tau sih spoilernya gmn, tp kan ttp pgn liat. baguslah kalo efek movienya ga bikin pusing. kdg memang banyak efek film yg dimainin terlalu cepet. yg ada malah pusing sndirii liat gerakannya

  22. Itu katanya batu batu yang warna – warni awalnya satu makhluk apa gitu kalo ga salah, trus terpecah, jadi beberapa batu. Lupa namanya kumpulan batu – batu ini, hahahahaha… But overall ini keren banget ya mbak… Thanks….

  23. Balecter says:

    Endgame sequel terakhir avenger digadang-gadang akan menjadi film paling laris sejagat, melewati Avatar & Black Panther. Banyak pengulas, pengamat film, fans, group, sampai komunitas mcu yang memprediksi juga Endgame adalah puncak dari serial Marvel terlepas dari Far From Home yang dirilis lebih lama dari Endgame.

    Untuk film dgn anggaran fantastis serta persiapan-persiapan yang dilakukan sejak Avenger pertama dibuat pada tahun 2012, saya cukup yakin 3 jam itu waktu yang wajar untuk mengambil momentnya. Seperti halnya Godfather, The Lord of The Ring hingga Interstellar.. mereka semua film dengan durasi kurang lebih 3 jam lamanya dan itu tidak mempengaruhi minat penonton untuk menontonnya. So, next Far From Home lah yang mungkin akan sedikit tertutup potensinya karena hebohnya Endgame.

    Kalau ingin menonton film marvel dengan asyik, saya rasa Mbak sudah tidak bisa-sudah sampai puncak lalu terjun kebawah, saya tidak yakin rasanya seperti apa. Kepuasan pemanjat digapai dari seperti apa rasanya dibawah dan betapa puasnya diatas (iykwim). Jadi, kalau Mbak udah nonton Endgame.. seterusnya saya rasa terserah Mbak Vindy mau nonton mulai dari mana 😉

  24. Aku nonton ini campur aduk, seneng liat pertempurannya yg epic sama unsur komedinya yg pas, sedih karena film ini jadi akhir dari phase 1, anyway terima kasih atas perjuangannya para superheroku ❤️❤️

  25. Oalaah.. ternyata buat artikel ini toh yaa tadi open status di fb ya ttg MCU? Hahaa…
    Selamat menonton series2nya.. film2 Marvel semuanya asik ditonton terus berulang2 kok, nanti sambil ditemenin debay 😀

    1. Bukan sih sebenernya, cuma trus tadi sekalian aja deh, biar temen-temen bisa nyatet juga kudu nonton dari mana… hihi
      Makasih mbak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.