Blogtour Buku GIVEAWAY REVIEW

Biar Gampang Nulis? Ini Dia Jurus Mabuknya! [Blogtour+Giveaway]


Kalau ditanya apa hobi dan jiwaku, jawabnya ya membaca dan menulis. Kalau ditanya kenapa suka menulis, ya karena aku suka berimajinasi. Kalau ditanya lagi kenapa aku suka berimajinasi karena aku dulunya suka banget baca buku. Hihi muter aja ya? Dimulai dari baca dongeng hadiah susu rasa cokelat waktu masih kecil, hingga majalah TK yang isinya “Ini Budi; Ini Ibu Budi.”
Mau nulis tapi nggak ngerti dari mana? Biasanya temen-temen yang masih meraba arah angin alias nggak tahu harus ke mana dan bagaimana, pasti pelampiasannya ke Google. Ngetik keyword:
Tips Menulis dengan Mudah“,
Cara Memulai Menulis“,
Tips Menggali Ide“,
Tips Diterima Penerbit Tanpa Ditolak,” hingga
Tips Jitu, Sekali Tembak Tembus 3 Nomer“. Eh?
Ciyee, yang baru aja search google begitu! Ketahuan nih ye! Masuk di postingan ini karena pengen tahu ya rahasia gampang nulis apaan? Tenang, sesuai dengan judul blog di sini, aku mau berbagi buku bacaan yang bisa dijadikan pegangan supaya mudah menulis.

19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres

PENULIS: 19 Penulis yang sudah punya banyak karya.
(Andhika Wandana, Ari Kerling, Arista Devi, Arniyati Shaleh, Astuti Parengkuh, Ayu Marpaung, Ceko Spy, Cem Acem, Eva Sri Rahayu, Hadi Kurniawan, Loyenk Rap, Monica Anggen, Ocuz Wina, Pilo Poly, Richa Miskiyya, Sorayya Usman, Vivie Hardika, Zya Verani)
ISBN: 978-602-9458-21-3
PENERBIT: Universal Nikko
TERBIT: Agustus 2015
TEBAL: 285 Halaman
HARGA: Rp 55.000-,
(disc 10% via penerbit @universalnikko )
Namanya juga buku jurus mabuk, di dalamnya tentu ada jurus-jurus stres (baca: keren) buat kita yang lagi pengen belajar menulis. Jurusnya bikin mabuk? Iya bikin mabuk. Haha! Aku beneran mabuk kalau bisa menguasai 19 jurus itu semua.
Buku ini bisa kusebut buku hebat karena ilmunya banyak banget! Aku sampai kenyang dan mabuk! Eits, mabuk di sini maksudnya membuat otak makin kecanduan pengen segera menulis. Iya bener deh, suer!

19 Penulis, 19 Ilmu

Buku ini memang ditulis keroyokan. Tapi mereka-mereka yang menulis punya passion lebih di bidangnya. Semuanya dari genre yang berbeda-beda. Seperti penulis komedi, horor, fan-fiction, memoar, script iklan, puisi, non fiksi, dan masih banyak lainnya. Ke-19 penulis ini dengan gamblang membeberkan jurus rahasia mereka.
Hal menarik dan berbobotnya adalah isinya yang aduhai luar biasa gurih. Mereka nggak cuma menjelaskan secara teori yang itu bisa kita baca di mana aja. Tapi mereka juga jelasin teknisnya juga loh! Kadang pakai perbedaan mana penulisan yang salah dan pemberian solusi penulisan yang baik bagaimana.
Okey, memang kita bisa juga dapatin teori-contoh di mana-mana. Tapi ini cukup komplit karena banyak genre. Kali ini kita nggak perlu cari lagi. Buku ini udah dikumpulin, dirangkumin, dan disajiin khusus buat teman-teman yang ingin mendalami dunia menulis. Mau mendalami beberapa genre sekaligus? Bisaaaa….
Nih, ada book trailernya. Bisa langsung disimak di sini:

 

Selalu Ada Ilmu Baru

Buku ini nggak ngajak kita untuk menangis karena memang bukan novel. Hihi. Tapi buku ini ngajak kita untuk semakin semangat untuk terus berkarya. Kalau nggak pengen bangkitin semangat, nggak usah baca buku ini. Takurnya nanti kalian malah jadi semangat. Kalau udah semangat, entar kalian nyalahin buku ini gimana? Nih, abis baca ini nih… aku jadi pengen cepet-cepet ngelarin draft novel yang sempat nge-pause. 

Pus-pus ikutan belajar menulis. Menulis jejak kaki yang indah. XD
Puspus ikut belajar menulis.
Menulis jejak kaki yang indah.

Memang ada beberapa yang pernah kita baca dan kita sudah paham dengan teorinya. Tapi inilah jurus mabuk, adaaaa saja yang akhirnya jadi wawasan baru. Contoh:

Aku tahu peluang karya cerpen dimuat di majalah ketika memasuki momen tertentu. Misal, momen lebaran, hari ibu, hari pendidikan nasional, dll. Tapi aku baru tahu, idealnya mengirim karya sesuai momen adalah sekitar 2 bulan sebelum hari-H dan bukan mepet-mepet. Contoh lain adalah aku jadi tahu cara menulis proposal pengajuan naskah ke penerbit itu gimana. Ini dibeberin oleh penulis yang udah buanyak buanget bukunya. Boleh lah yaaa dicontek jurusnya. Hihi. Dan masih banyak hal kecil yang aku baru tahu. Bahkan justru hal baru tersebut bagiku sangat penting.
Aku juga jadi tahu istilah-istilah baru dalam menulis script dan storyboard iklan televisi. Ini benar-benar baru untuk aku pribadi. Yeay! Nambah ilmu baru deh!

Kekurangan Buku

Mustahil sebuah karya itu sempurna. Disamping kelebihan selalu ada kekurangan. Dari konten aku acungi jempol. Kali ini aku akan berbicara sesuai dengan latar belakangku sebagai layouter & designer di media pers daerah. Untuk cover ciamik banget. Pilihan warnanya berani dan mencerminkan isinya. Kulihat-lihat ekspresi mamas yang lagi berlaga di cover ini imyut juga. Haha, nice!
Namun sayang sekali untuk layout aku kurang nyaman. Konsepnya satu judul-satu desain layout. Itu ide cemerlang! Tapi kurasa hasilnya kurang maksimal. Kadang penempatan ornamennya tumpang tindih dengan tulisannya. Ini mengganggu menurutku. Bikin mengernyitkan dahi, huhu.
Juga dengan gelap terangnya ornamen layout kurang dipertimbangkan. Ada yang konsepnya full ornamen, namun kurang tipis warnanya. Sehingga font tulisan yang juga hitam, justru membuat kelelahan mata. Susyah bacanya. :’)

Dari 19 judul dan layout, aku suka  2 di antaranya. Yang pertama sangat bersih, ornamen juga tidak mengganggu tulisan. Ini cantik banget! Dan yang kedua full gambar, tapi cukup tipis gelapnya. Sehingga masih bisa dibaca. Nice! I like it!

Layout 19 Jurus Mabuk Penulis Suktres yang kusuka pertama.
Layout 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres yang kusuka pertama.

 

Layout 19 Jurus Mabuk Penulis Suktres yang kusuka kedua.
Layout 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres yang kusuka kedua.

 

Satu lagi, entah ini memang konsepnya begini atau ini kesalahan teknis. Nomor halaman semua berada di bagian dalam buku. Kalau memang kesalahan teknis, maybe di halaman pertama kelebihan satu halaman. Seharunya halaman genap ada di sisi kiri, tetapi ini malah sebaliknya. Jadi bingung pas cari-cari halaman. “Loh, mana angka halamannya? Eh, ternyata ada di dalam buku. Hihi….” Biasanya sih antara posisi tengah atau ujung buku, sehingga memudahkan pembaca mencari nomor halaman. Tetapi jika memang konsepnya memang demikian, ini sah-sah saja.

Halaman yang ada di dalam halaman buku.
Halaman yang ada di dalam halaman buku.

 

Sudah Siap Mabuk?

Aduh, aduh, kayanya udah menggebu-gebu nih pengen segera punya buku ini! Ya, buat temen-temen yang memang pengen banget dapat ‘ilmu mahal’ ini, siap-siaplah mabuk, karena buku ini memang memabukkan. Jiahahaha. Silakan dijemput di toko buku kesayangan teman-teman. 🙂
Buku ini selesai kubabat 2 hari saja. Asik banget bacanya. Menjadi layouter di koran harian membuatku punya waktu kosong yang tidak tentu karena kudu nunggu berita selesai di-edit. So, sambil nunggu, aku buka nih buku ajaib. Nunggunya jadi bermanfaat banget! Faktanya, udah ada satu kawan kantorku, wartawati cantik, yang inden mau ikutan baca buku ini setelah aku kelar baca. Hihi… *Siapa tuh, ikutan narsis*
Baca 19 Jurus Mabuk Penulis Suktres di Kantor
Baca 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres di kantor sambil menunggu berita selesai diedit.

If you want to be a writer, you must do two things above all others:
Read a lot and write a lot.
— Stephen King

——————————————————-

GIVEAWAY!

Hadiah Giveaway.

Pengen bukunya kan? Kali ini aku ngadain GIVEAWAY berhadiah:
1 buah buku 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres, dan
1 buah note 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres
UNTUK 1 PEMENANG

Untuk dapatin hadiah kece ini ada syaratnya.
Cukup isikan data diri kamu di form ini.

Mungkin teman-teman baru sekali ini mampir ke blog Vindy Pindy Mindy,
jika ingin follow kontak/media sosialku lain, silakan follow melalui sidebar ya.
Bebas, boleh follow, kepo, atau stalking doang juga nggak apa.
Senang berkenalan denganmu!

—————–
Deadline 20 Oktober 2015
Pengumuman Pemenang 21 Oktober 2015 berdasarkan jawaban.
So, buatlah jawaban semenarik mungkin, ya!
^^

NB: Segala perubahan akan dikomunikasikan kemudian.

Selamat Mabuk!
Ikuti Blogtour dan raih kesempatan besar untuk dapat hadiahnya di beberapa blogtour di bawah ini:
21 – 27 Okt 2015      : ridhodanbukunya.wordpress.com
28 Okt – 3 Nov 2015: nayacorath.com
4 – 10 Nov 2015       : harisfirmansyah.com
Puncak Blogtour:
11 – 17 Nov 2015     : luckty.wordpress.com

2,035 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

44 Comments

  1. Bagus Kayaknya bukunya

  2. Baru tau ada buku ini, kayaknya menarik untuk diajarin ke murid-muridku nih..

  3. Iya, kurang nyaman untuk dibaca. Meskipun tulisannya bagus, tapi kalo tampilannya kurang nyaman tetap aja jenuh bacanya.

  4. Keren juga kayannya ni buku terutama ada trik bikin judul yg menariknya :). Bikin judul yg bikin penasaran & menarik lumayan susah soalnya. Kalau ke gramed coba liat2 ah

  5. iya ya itu kelihatannya tumpang tindih tulisannya di gambar layout 19 kedua itu. tp emang semua karya manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Al-Quran saja yang semurna.

    1. Iya, Semoga bisa jadi masukan untuk penerbit. Sehingga selanjutnya jadi pertimbangan… 😀

  6. Kalau mau beli bukunya di mana ya belinya? Apakah sudah tersedia di Gramedia? Tertarik nie untuk ningkatin skil menulis saya he

    1. Bisa kamu dapatkan di Toko buku seperti Gramedia ya 🙂

  7. penasaran dengan isi bukunya mbak 😀

    1. Udah ikut giveawaynya? Semoga beruntung dapat gratis yaaa ^^

    2. Udah mbak :DBismillah semoga aja mbak. Hehehe

  8. Keren kaos'a jadi pengen 1 hehehe :DSemoga menang yah mba 🙂

    1. Ikuti saja blogtournya yaa 🙂

  9. ngikiut ah semogha menang haha

    1. Iya… silakan diisi formnya yaa 🙂

  10. Makasih review-nya Vindy. Salam buat Puspus. Gemes banget liat Puspus ikutan baca buku 19 JMPS.

    1. Hihihi iya, Cha.. emang si kucing centil itu sukanya ngikut mulu >.<

  11. Salam kenal Ka! Sukses buat GA #19JMPS

    1. Salam kenal, Diddy 🙂 Thanks yaa

  12. coba deh aku kegramed nyari… ^^kayaknya bukune asyek…itu puspusnya aja sampe melok moco

    1. Kali ini Mbak bisa coba ikut giveawaynya 😀 Siapa tahu beruntung ^^

  13. sukses buat GA nyasemoga saya yang menang. ckckc

    1. Amin, Thanks Ara.. 🙂 Ikut juga ya…

  14. Sehabis baca postingan ini yang saya perhatikan baru 1:Itu kenapa ada fotonya salah satu penghuni kantor XD

    1. Hahahaha… ayoo siapa diaaaa wkwkwk.. Pas aku poto-poto, minta ngikut, Mbak. Ya udah aku ajakin ikut poto. 😀

  15. irwan istawan says:

    uhhhhh pengen banget uy… itu baca buku itu rasanya pasti kaya ditransfer ilmu sama 19 penulis sukstres yak.. beuhh… ikutan giveaway nya ahhh 😀

    1. Ayuk ikutan 😀

  16. ikutan dulu nih, lumayan dapat buku baru 😀

    1. Asyik…, semoga beruntung ^^

  17. Aziz Rubangi says:

    Saya udah ikutan, menangin ya Kaka wkwkw

    1. Hihihi… lihat jawabannya duyuuuuu 😀

  18. mantap, sudah isi data. done. keren.

    1. Asyik…, semoga beruntung yaaa

  19. Ya, mantap. Semoga banyak yang ikut, yak.. Amiiin.

    1. Thanks, hihihi… amin!

  20. Terima kasih, Vindy.

    1. Syama-syamaaa… 😀

  21. Semoga banyak yang ikut ya 😀

    1. Iya, thanks. 🙂

  22. Makasih review-nya ^_^

    1. Sama-sama, yaaa…! ^^

  23. Febrian Rahman says:

    asik banget nih bku. dari judul postingannya ak bingung duluan masa nulis sambil mabuk? kan ruet jadinya hhe. ternyata lain ya, terus ada GA nya lgi nih hhmm

    1. Hihhi…, judulnya kan kudu ketcheehhh… >.<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.