Siapa yang Pernah Kremian?

REVIEW-KONVERMEX-OBAT-CACING-ANAK

Aku rasa hampir semua orang pernah merasakan sensasi ada yang keluar dari anus hihi. Mungkin ini agak sedikit jorok, tapi semoga dengan membaca pengalaman ini, kita semua jadi lebih aware dengan salah satu jenis cacingan di tubuh kita dari anak-anak hingga dewasa sekalipun. Bacalah tulisan ini sebagai edukasi ya…

Sebenarnya kita terutama anak kecil sering kena cacingan itu faktornya adalah habis main di tempat kotor atau kebetulan memakan makanan yang ada telur cacingnya. Anak kecil suka lupa habis main tanah atau pegang kotor-kotor trus makan atau emut jari dan belum cuci tangan. Kukunya hitam-hitam pula. Hm… bisa jadi telor cacing ada di celah situ dan masuklah ke pencernaan. Cacing di tubuh manusia juga beragam, diantaranya:

  1. Cacing kremi (Enterobius vermicularis)
  2. Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)
  3. Cacing tambang (Ancylostoma duodenale)
  4. Cacing tambang (Necator americanus)
  5. Cacing Trichostrongylus colubriformis dn Orientali

penyakit-siklus-hidup-cacing-kremi

 

Pengalaman Cacingan Saat Kecil

Menurut pengalamanku pribadi, yang pernah kualami adalah pernah cacingan kremi. Keluargaku nggak pernah rutin kasih aku obat cacing. Yang kutahu obat cacing itu merk Konvermex. Ada yang tablet dan ada yang suspensi atau bentuk sirup cair gitu. Harusnya yang benar adalah rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali. Mungkin ketika cacingan aja aku baru dikasih obat cacing. Dan dulu aku ingat, yang kuminum adalah Konvermex warna kuning dan cair 125mg. Aku dulunya sih nggak ingat setelah aku minum obat cacing untuk anak dulu gimana reaksinya.

 

Pengalaman Cacingan Saat Dewasa

Nah, ketika kuliah aku kok sering banget kremian. Hahahaha… malu sih ya aku ngakuinnya. Tapi memang iya sih, sepertinya kebiasaan makan di tempat umum yang nggak terjaga kebersihannya bisa jadi penyebab. Kan anak kuliahan sering tuh makan bareng di PKL pinggir jalan kampus.

Trus aku juga inget banget pas lagi KKN dan tinggal di balai desa, aku dan kawan-kawan kaget lihat sanitasi di kamar mandi balai desa itu memprihatinkan. Dibilang nggak layak yaaa masih berfungsi bak mandi dan WC-nya. Tapi cukup jorok dan membuat kami parno. Cuci piring juga dilakukan di kamar mandi. Aku dan kawan memutuskan, sebelum kami menjumpai cacing kremi keluar dari anus kami, ya belilah kami Konvermex tablet yang 250mg. Alhamdulillah sampai lepas KKN, kami nggak dihantui makhluk yang menggeliat di anus, Hihi

 

Konvermex juga Obat Cacing untuk Anak

Jadi, Konvermex yang kuning 125 ini rasa jeruk isi 10ml. Bisa dibeli bebas di apotek karena ada logo bulat birunya. Memang ini dikhususkan untuk anak. Setelah minum, bahan aktif Pyrantel Pamoate akan menghancurkan cacing lalu dikeluarkan melalui feses. Bisa dikonsumsi dari usia 2 tahun. Ada beberapa aturan menurut usia.

  • 2-6 th = 5-10ml
  • 6-12 th = 10-15ml
  • >12th = 15-20ml

Anak itu kan rasa ingin tahunya sangat tinggi. Apalagi masa oral yang sedikit-sedikit masukkin barang atau tangan ke mulut. Seketat-ketatnya mata kita sebagai orang tua mengawasi anak, pasti lengah juga.

Anakku yang usianya 1,5 tahun, baru-baru ini diare akut. Sudah diberikan pertolongan pertama penanganan diare juga masih belum sembuh. Berat badannya turun 3 ons. Hati mamak  terpotek-potek! Bahkan sampai harus ke dokter untuk penanganan lebih lanjut karena masih di bawah 2 tahun.

Kedepannya, aku nggak akan boleh telat kasih dia obat cacing setiap 6 bulan sekali pakai Konvermex. Menurutku Konvermex obat cacing yang tepat. Lebih baik memang mencegah daripada cacingan duluan.

Keluarga intiku sebelumnya tidak terbiasa kasih obat cacing, jadilah aku kremian beberapa kali. Next untuk anakku aku nggak mau begitu. Supaya anak tidak mengalami ciri cacingan:

  • Hilang nafsu makan.
  • Makan banyak, perut buncit tapi nggak bisa terserap nutrinya
  • Mual/muntah
  • Diare
  • Sakit Kepala/pusing
  • Sering mengantuk/lesu
  • Ruam
  • Sering sakit karena daya tahan tubuh menurun
  • Hingga anemia

Yuk mulai sekarang melek cegah cacingan sejak dini, rajin minum Konvermex obat cacing keluarga 6 bulan sekali. Agar pencernaan sehat, dan nutrisi diserap maksimal.

 

Cacing-cacing di perut~

Curi semua nutrisi~

Tapi tak perlu takuuut~

Ada Konvermex~

Kalau teman-teman punya pengalaman cacingan nggak? Hihi…

 381 total views,  2 views today

One thought on “Siapa yang Pernah Kremian?”

  1. Aku rutin sih minum obat cacing , juga utk anak2. Duuuh itu geli dan serem sih bayangin cacingnya kluar dr anus, akutu paling takut Ama semua hewan melata, jd kalo ngebayangin cacing, apalagi dlm tubuh sendiri, lgs takut. Makanya aku rutinin minum obat cacing. Semoga sih, dengan begitu mengurangi resiko terkena cacingan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.