Buku Film REVIEW

DILAN 1990 Review – Kumpulan Quotes Romantis ala Dilan-Milea


CATATAN: Tidak ada spoiler (alur cerita) di review ini. Ketika review ini ditulis, film masih diputar di Bioskop.
 
Duh, ini yang aku tunggu-tunggu sejak tahu kalau novel Dilan 1990 bakal di-film-in dan pemerannya adalah dedek gemesh Iqbaal. Awalnya sempet banyak yang PRO dan KONTRA pemeran Dilan diperanin sama Iqbaal.

Aku sih masa bodoh.
Soalnya Iqbaal cakep di situ. Cool. Aku suka-suka aja. Aku bukan fans Iqbaal, btw. Netral yes.
Aku nonton di Bioskop NSC Jember di jam pertama dan hari pertama, 25 Januari 2018. Mendekati jam dimulai, antrinya panjang banget kaya ular. Ngalah-ngalahin film AADC tahun lalu. Biasanya kalau di jam pertama masih sepi. ini parkir aja sampe tumpeh-tumpeh. Gilak euforia-nya tinggi!
Dan ternyata aku nggak menyesal ikut antri lama-lama.
💙 Melting di Mana-mana

Aku udah baca bukunya nomer 1 dan 2. Dan aku sama seperti kebanyakan orang di Indonesia. Jatuh cinta sama karakter Dilan di nomer 1. Tapi nggak di nomer 2. Entah ya… aku kurang suka perubahan karakter Dilan di nomer 2. Menurutku nomer 2 berubah karakternya dan jadi nggak asik. Aku belum baca yang Milea. Dan film ini berdasarkan Buku 1.

Iya, aku memang jatuh cinta sama Dilan 1990 (Buku 1).

Klepek-klepek sama tingkah Dilan yang misterius, usil, tapi setiap ucapannya itu ajaib. Sebenernya yang keren itu Pidi Baiq selaku penulis buku Dilan. Kok ya kepikiiiraaannn bikin dialog yang hampir semuanya bikin meleleh. Alias banyak gombalnya, tapi nggak pasaran. Duh apalagi kalau nadanya melunak ketika Milea meminta sesuatu. Memanjakan banget buat wanita. Huhu… baper banget.

*Ketahuan tipe-tipe cewek suka digombalin. Wkwkw

Semua penonton yang ada satu studio sama aku, selalu bersorak setiap adegan romantis atau kalimat ajaib Dilan terlontar. Aku ikut senyam senyum aja gitu. Bahkan di ending film, ketika lampu dinyalain, spontan semua tepuk tangan coba. Sepertinya ini sukses membuat semua penonton PUAS melihat Dilan dan Milea yang romantisnya bikin ngiri tau nggak!

Kapan digombalin dengan penuh kasih sayang dan kesungguhan. Ini gombal sih emang, tapi Dilan action juga. Jadi gombalnya itu beneran dilakuin.  Gombalnya tuh bukan dibuat-buat. Merayu tapi serius. Eh gimana sih? Nonton dewek aja lah… hahahaha!

💙 Akting Oke
Bagi aku yang oke-oke aja Iqbaal meranin Dilan, maka akting dia di sini itu KEREN dan aduh… nggak tahu deh. Senyam-senyum mulu lihat Iqbaal.
Tatapannya…
Senyumnya…
Gayanya yang di-cool-cool-in…
Suaranya yang berat ala anak baru pubertas…
Oke, Vindy.. sadar… kalian beda umur jauh…
Yang jadi Milea (Vanesha Pricilia) wajahnya mirip Sissy Pricilia banget ya. Iyalah adeknya. Selamat ya Vanesha, keberhasilan kamu mungkin melebihi kakak kamu di film AADC 2. Kalian keren.
💙 Lulus Sensor

Amanlah untuk ditonton oleh anak sekolah SMA. Nggak ada unsur porno. Malah ada moral view di dalamnya untuk bernasionalisme, patuh guru, bersahabat, menghormati orang tua dan lainnya. Meski memang ada beberapa adegan yang membingungkan seperti, tiba-tiba datang karakter baru, bagiku itu jadi nggak berarti. Soalnya semua penonton pada fokus sama adegan romantis mereka berdua.

 

Baca Juga Eifell Im in Love 2 REVIEW – 12 Tahun Digantung dan 5 Keganjilan Logika

 

Ohya ada adegan berantem sih. Tp entah kenapa aku enjoy dan suka malah Iqbaal berakting berantem gitu. Aku emang suka yang laqik-laqik ya…

Setting 1990 yang menurutku cukup untuk ukuran jadul. Seperti pakaian, motor, cara komunikasi dengan telepon umum, tatanan rambut juga. Ohya, mobil dan rumah juga oke nih pemilihannya. Jadi cukup berkarakter juga settingnya. Nggak ada makeup tebal. Semua natural kaya anak sekolah jaman dulu. Nggak ada yang aneh menurutku.

Baru kali ini deh film yang berdasarkan buku, dan ini diluar ekspetasiku. Daripada film Danur. Kecewa banget. Ya kan? Setuju pasti.

 

💙 Dilanku 2018

Melihat kisah Dilan 1990 di film ini, dengan sangat romantis itu, aku jadi ingat Mas Kekasih yang juga usil, suka ngegombal, perhatian, pengertian, lembut tapi laki-laki macho, perkasa, kuat, selalu melindungiku, rela berkorban, dan kadang kata-katanya juga ajaib.

“Aku nggak akan diam kalau kamu sedih karena orang lain. Dan kalau kamu cari calon suami, aku akan ada buatmu.”

Yaaa ini kata-kata agak sedikit dewasa sih. Ketimbang di Dilan hee… btw, kalau Dilan pakai motor butut itu. Mas Kekasih pakai motor ini yang juga uda butut banget. Sering masuk bengkel tapi aku cinta.

“Jangan naik dulu ya…, aku nyalakan motor dulu, baru kamu naik,” kata Mas Kekasih ketika pertama kali aku hendak digoncengnya.

Lalu ketika aku sakit, “Cepet sembuh ya, aku nggak mau kehilangan kamu…”

Dan paling terakhir, ketika mau naik motor, aku rempong dengan bawaanku sendiri. Dianya ambil alih gitu kan bawaanku. Ditaruh di depan dia, dan ada yang dicantolin di stirnya. Sambil bilang…

“Sudah, siniin bawaannya. Tugas kamu cuma peluk aku, sayang…”


😚

💙 Film-in Dilan 1991?

Menurut temen-temen perlu dibuat Dilan 1991-nya nggak sih? Aku sih ngikut aja. Soalnya aku kurang sreg sama bukunya yang Dilan 1991. Kalau dibuat film-nya aku tetep nonton kok. Kalau nggak dibikin ya nggak masalah buatku. Udah puas dengan Dilan 1990.

 

Baca Juga Review Film THE NUN – Asal Usul Munculnya Valak

💙 Quotes Romantis Dilan 1990

Bonus untuk teman-teman yang mampir ke sini, ada buanyak sekali kalimat-kalimat ajaib antara Dilan-Milea. Mungkin bagi yang belum nonton agak bingung, tapi bagi yang sudah nonton, pas baca ini bakal flashback deh, lucu-gemes-senyam senyum, keinget adegannya.

Btw, di bawah ada grafis Dilan dan Milea itu aku gambar sendiri. Berdasarkan contoh di posternya hehee… lucu yaaa….






















Jadi, kalian sudah nonton?
Atau jadi penasaran nonton?
Dan kalau ada sosok Dilan di kehidupanmu,
Apa yang akan kamu rasakan?

Pesanku untuk yang belum nonton:
Siapkan mental kalian…
Hati-hati.. nanti hati kalian… kebawa perasaan
Ups!

Sumber Gambar: Book My Show | Femous ID | Layar ID | Pojok Jogja | Tribun Solo | Youtube | Dokumen Pribadi

81,132 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

29 Comments

  1. Riza Firli says:

    lebay sih , pas nonton dilan tp kocak ..seru abis!

  2. Pada akhirnya aku nggak nonton filmnya 😀

  3. Ya ampunnn Vindy, rajinnn banget quote2nya didesainin semua, ga nyangka aku, hehe.. Untung aku udah lihat. Tujuannya bikin hormon seneng naik sih pas itu, nunggu gelombang rahim dateng, wkwkwk. Ringan dan melting emang. Tp perlu pencerahan dikit sih ya buat adek2 emesh, ganti seragam dulu kek kl mau pergi dsb 😀

  4. Faisol abrori says:

    Huauuuuu di notes fb ku juga rame bahasin dilan nih, haduhhhh efek dilan-ers

  5. Afrizal Ramadhan says:

    ga mau nonton, karena ga seindah realitas gua, wkwk

  6. Anonymous says:

    Jadi pengen nonton setelah baca artikel ini…

  7. antara penasaran dan nggak… Awalnya agak kecewa pas lihat trailernya, eh baca ini malah makin bingung nonton atau nggak

  8. waahh, komplit banget Mbak… 🙂

  9. Az-Zakia Maharani says:

    Waaaahhh udah nonton aja nih kak. Iyaaa, saya juga gak peduli pro kontranya. Setahu saya Iqbal juga cukup pantas kok jadi Dilan. Yakin juga bakal baper sih. Ya Allahhhh makin penasaraaaannn.

  10. mutie aryanti mutimimut says:

    Baru liat trailer filmnya, sepertinya menarik 🙂

  11. Hihi aku baca novelnya juga senyum2 sendiri.. 😀 Dikadoin TTS yang udah diisi itu romantis bangeeet, romantis level dewalah.. haha.. Quote-nya juga gemesin.. Keren Ayah PidiBaiq.. Jadi pingin nonton filmnya juga.. 🙂

  12. Khonsa aka Ocha says:

    Ngeselin ya emang dilan nih, bikin baper. Kan ketauan kita suka digombalin #eh

  13. herva yulyanti says:

    temenku mpe baper n pgn punya pacar kek dilan abis nonton film ini eeeaaaaa sakses banget berarti rayuan maut dilan terngiang2 dikepala penonton y mb aku baca quotesnya aja bikin getek hahahaa

  14. Dian Puspita Sari says:

    Gaungnya nih film melebihi AADC2. Tapi ragu mau nonton apa engga hehehe. Kira-kira cocok ga yah ditonton mamah beranak satu yang udah menikah selama 5 th?!

  15. Andi Nugraha says:

    Oh, pantesan Vanesha Pricilia itu adek akak ya, sama Sissy. Pantesan mirip, lah iya adek kakak..heBaca ini makin lebih penasaran aja nih, belum baca bukunya aku, baru lihat trailer filmnya aja. Itupun berhasil bikin penasaran akan kelanjutannya.Terlebih saat ini sudah banyak banget di youtube parodi dilan ya, Teh..heOlantis anget ya, quotes2nya..

  16. Duh, gombalannya dilan itu emang bikin klepek2 ya… Udah baca tiga2nya dan masih baper, apalagi kalau nonton filmnya huhu…

  17. Saya langsung penasaran film Dilan gara-gara lihat review ini deh

  18. Reviewnya bagus nih, apalagi quote-quotenya, duhh

  19. Liat trailernya kemaren dan sepertinya filmnya emang menarik deh. Apalagi ada gombalan yg gak pasaran itu. HeheJadi pengen belajar gombal. Wkwkw

  20. Baru baca review-nya aja, aku udah baper. Kudu merengek sama si partner nih. Tapi duuuuhhh baru lahiran, takut nggak dibolehin ke bioskop. Tapi pengen nonton banget. Haduuuu gimana dong. Itu lho quotes-nya kenapa sih bikin klepek klepek?

    1. Hehe… kalau boleh 2 jaaam aja hihi.. jangan dipaksa Cha… Selamat yaaa atas kelahirannyaa…Quotes-nya bikin baper soalnya… gataauu hahahahaa aku juga ga abis pikir..

  21. Best review so far, detail banget sampe quote2-nya didesain.

    1. Iya hehee… abisnya emang bagus sih.. sayang kalau nggak diabadikan.. Hehe

  22. romantis bgt quotesnya 🙂

    1. Banget! Huhu

  23. Kak,baca review kakak nih makin pengen nonton loh. Tapi takut berat kalo nontonnya sendirian 😀

  24. Dwi Siswanto says:

    Ada motor megatron

  25. Khoirur Rohmah says:

    Suweerr, ntar aku post sebagian quotesnya di WA story ya mbk, xixixixiSuka, no spoiler, sukses bikin penasaran tingkat lanjut ini buat nonton filmnya, heheheeIya sih, yg kupikirkan ketika launch film ini, org2 bakal fokus dg kegombalan dr si imut emshin Iqbale, mbak hheeeDan yg kubayangkan sprti film2 setting jadul, ku khawatir ada iklan atau bagian space yg nggak ada di masa jadul gitu,tpi trnyata buat settingan jadulnya udah dpet ya mbak, hheebtw aku bum baca novel Pidi Baiq mbak,,, sepertinya perlu baca bukunya dulu lah ya, buat lebih tau sbrapa bedanya antara film dan narasi di novelnya, hhee/Suwun-suwun buat spoiler Mbak Pindyy….

  26. Darul Azis says:

    Paling geli sama quote "Jangan pernah bilang ke aku ada orang yang menyakitimu. Kenapa? Nanti orang itu akan menghilang.Ini kayak sindiran ke institusi militer waktu itu, yang gampang banget bikin orang hilang. Haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.