disitu-com-kredit-tanpa-agunan-jaminan
REVIEW Teknologi

Kredit Nggak Perlu Jaminan


Jujur saja, saya pribadi belum pernah berani untuk ambil kredit. Dengar kata kredit saja membuat saya takut. Takut nggak bisa bayar angsurannya, takut ntar ada yang bengkak di belakang, takut nanti salah pilih mitra untuk pinjam dana. Takut ribet juga dengan segala syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ketakutan-ketakutan itu sebenernya ya karena minim informasi. Saya nggak tahu mana mitra pinjaman uang yang cocok dan sesuai dengan budet dan kondisi saya.

Bank di mana saya menabung tentu menawarkan CC atau Credit Card untuk segala kemudahan pembayaran nantinya jika saya butuh. Tapi ya atas dasar takut itu tadi, saya selalu maju mundur. Selama ini saya merasa debit card sudah cukup membantu saya dalam hal pembayaran.

Tapi semenjak saya menikah, saya mulai cari informasi tentang Kartu Kredit. Dalam hal-hal tertentu, saya pikir debit card tidak bisa membantu permasalahan finansial saya.

Saya dan suami sudah mulai memikirkan:

Mau usaha apa kita nanti?

 

🔷 Impian
Kami sama-sama karyawan swasta. Digaji per bulan dengan tunjangan di hari-hari tertentu. Kami berangan hari tua tidak mau bekerja ke orang. Kami ingin memperkerjakan dan mensejahterakan orang. Impian mulia ini kalau ada duitnya sih… jalan ya…

Tapi apalah kami yang hanya bisa menabung dari gaji? Buka usaha butuh modal. Kami belum ada modal sekarang. Tapi ada fasilitas Pinjaman Uang yang belum kami coba.

Di antara saya dan suami, yang sudah mencoba memanfaatkan pinjaman uang kredit adalah suami. Beberapa tahun lalu suami ambil kredit untuk beli rumah.

 

💳 Apa Itu Kartu Kredit
Kartu kredit adalah alat pembayaran yang dikeluarkan oleh bank sebagai ganti uang tunai. Beda dengan kartu debit atau ATM. Karena ini bukan tabungan. Barang yang kita kreditkan nilainya harus secara berkala dicicil dan ada limitnya. Kalau nggak dibayarkan, kena denda. Dan kartu kredit bisa dipakai untuk beli-beli barang di pasar konvensional atau online.

 

💳 Beberapa Kendala Saya Susah Memilih Mitra Pinjaman Uang
Yang pasti saya sebagai calon kreditur, saya tidak banyak tahu informasi tentang kredit. Saya juga tidak tahu bank apa saja yang memberikan fasilitas pinjaman uang. Saya pun kesusahan untuk membandingkan beberapa syarat dan ketentuan dari masing-masing calon debitur. Belum lagi saya bingung apa yang harus saya lengkapi untuk berkasnya.

Semenjak saya mulai diskusi perihal kredit bersama suami, akhirnya mau nggak mau jadi belajar seluk beluk kredit. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah:

 

💳 Kredit Tanpa Agunan
Kredit Tanpa Agunan adalah sebuah metode peminjaman uang yang mudah karena nggak butuh asset sebagai syarat pinjaman. Hanya butuh data diri calon kreditur.

Emang sih, ada beberapa syarat wajib sebagai kompensasi tanpa jaminan itu. Seperti halnya:

  • Karyawan, wiraswasta, atau tenaga profesional dengan minimum bekerja/usaha 1-3 tahun.
  • Penghasilan tetap.
  • Plafon pinjaman sekitar 10-250 juta.
  • Harus punya Kartu kredit sebagai kontrol angsuran per bulannya.

Dari cari-cari referensi, saya ketemu website yang ngejelasin lengkap kap kap kap tentang kredit khususnya Kredit Tanpa Agunan. Nama website nya disitu.com. Itu adalah sebuah wadah yang berperan sebagai Pasar Kredit secara online. Saya yang sangat awam ini jadi punya banyak referensi dan mudah mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan.

 

💳 Kredit Tanpa Agunan tanpa Survey
Di disitu.com selain sebagai wadah perbandingan calon debitur satu dengan lainnya yang sesuai dengan kemampuan kita, di sini juga bisa sekaligus ngajuin KTA langsung. Prosesnya cepat bisa kurang hari 3 hari selama persyaratan lengkap.

Tanpa survey ini sebenernya ya di-survey sih. Karena disitu.com ini berbasis online, jadi namanya proses verifikasi. Pastikan nomor telepon yang digunakan aktif.

Disitu.com diawasi oleh OJK dan websitenya dilindungi oleh McAfee Secure. Langkah pengajuan via disitu.com:

 


Ini penting. Terdiri dari:
Nama lengkap, Gelar, Tanggungan keluarga, Informasi kontak yang terdiri dari no HP 1, 2, Email, No. telp, Informasi KTP seperti alamat dan ditempati sejak kapan, Alamat domisili, Informasi kantor, Informasi pekerjaan hingga Penghasilan dan Kelengkapan dokumen sebagai jaminan.


Dari data diri, kita akan diberi banyak pilihan yang sesuai dengan kemampuan kita. Ya berdasarkan pekerjaan, data penghasilan dll. Jadi kita nggak bakal bingung ketika pilah pilih. Sistem akan mencocokkan secara otimatis.

 

Nah, saatnya menunggu pihak instansi finansial atau calon debitur kita memverifikasi data digital kita. Kalau ada yang kurang, langsung ditelepon. Kalau sudah OKE ya otomatis dicairkan. Kita bisa pake uangnya untuk tujuan kita pinjam uang.

 

💳 Contoh Pinjam Uang dengan KTA
Saya pikir, KTA hanya boleh untuk tujuan usaha saja. Karena perputaran uang adalah kunci kredit tanpa jaminan bisa mudah dicairkan. Ternyata ada beberapa contoh tujuan pinjaman uang dengan KTA:

  • Biaya Merenovasi Rumah
  • Biaya Pernikahan
  • Biaya Pendidikan Anda atau anak
  • Biaya Pengobatan
  • Pelunasan atau Penutupan Credit Card
  • Modal Usaha atau Bisnis
  • Biaya. pemmbayaran pajak kendaraan
  • Biaya pembayaran cicilan rumah
  • Biaya pembayaran asuransi

Jadi, saya rasa KTA bisa saya pertimbangkan ketika nanti saya dan suami mulai merealisasikan impian punya usaha sendiri. Semoga ya…

By the way, ada tips untuk kita ketika berencana meminjam uang dan harus mengangsur. Tips ini berlaku untuk pinjam kredit ke bank atau ke temen hehe… minimal kita jadi punya kontrol diri dan bisa membayar angsuran dengan lancar. Tips ini juga saya dapatnya dari website disitu.com. Serius deh, ini website bisa jadi tempat belajar juga untukku.

Disitu.com juga memberikan tips menghitung simulsi cicilan. Bunga per mitra berbeda-beda. Caranya adalah:

 

💳 Rasio Hutang
Jadi total angsuran yang kita bayarkan per bulan jangan sampai lebih dari 30% penghasilan. Misal nih angka gampangnya. Penghasilan kita 10.000.000 per bulan, maka angsuran yang aman adalah maksimal 3 juta. Dan akumulasikan tagihan-tagihan lain, pokoknya kewajiban bayar cicilan ga boleh lebih 30%,
(Angka 30% bisa disesuaikan dengan gaya hidup)

Contoh penghitungan simulasi lewat website Disitu.com

 

💭 Apa kata mereka?
Saya survey kecil-kecilan perihal peminjaman uang kredit. Ini nanyanya sih random ke temen yang lagi online. Dan rupanya saya cukup terkejut, mereka hampir semua sudah pernah ajuin kredit, begini kisah mereka.

So… semoga bermanfaat ya…
Bagi yang berencana pinjam uang kredit, cus cari referensi dan rekomendasi yang sesuai.

Didukung oleh C2live

 

Sumber Gambar:

Disitu Official Website, C2live, Freepik, Akun Social Media pihak terkait.

164 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

5 Comments

  1. Hastira says:

    makasih sharingnya

  2. wahh lumayan ya sekarang lebih cepat minjem daring dari pada ke bank ..cukup apps aja udah bisa dapet pinjaman macem kta .

  3. Sangat informatif. By the way, ini tulisan detil banget jelasinnya. Gak pusing-pusing lagi nyari referensi pas mo pinjem uang di sana nantinya.

  4. Wah sudah banyak yang menggunakan kredit ini ya mbak… Mantap deh #jejakbiru

  5. Kalo ada tempat kredit yg nyaman, utk kredit jadi lebih mudah ya. Apalagi kalo tanpa survey 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.