ERHA Skin Jember – Pengalamanku Treatment Rambut Rontok

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Halo semua! Aku mau sharing nih tentang pengalaman aku saat treatment di Erha Skin Jember khususnya masalah rambut. Duh, ini masalah jutaan ibu-ibu yang baru melahirkan deh kayanya. Karena mungkin imbalance hormon, nutrisi yang kurang seimbang ditambah pola hidup yang berantakan, kerontokan rambut adalah salah satu bukti kita butuh perawatan atau tambahan nutrisi. 

Bagi temen-temen yang mungkin mengalami permasalahan yang sama dan kebetulan juga jenis kulit dan rambut yang sama denganku, yuk simak pengalamanku.

Aku memutuskan ke Erha yang ada di kotaku yaitu di Erha Skin Jember, Jl. Trunojoyo No 123B Jember. Ini adalah kali pertama aku datang ke sini. Jadi tentu aku melakukan pendaftaran menggunakan KTP di resepsionis. Biaya pendaftaran 15k dan biaya konsultasi 50k. Dengan biaya itu, kita bisa memanfaatkan untuk semua jenis konsultasi seperti keluhan rambut, wajah atau badan. Ohya, karena ini masih new normal, tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan. Akunya pakai masker, cuci tangan, ukur suhu dan bisa cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care 

 

Inisiasi Keluhan

Okey, setelah dataku masuk, aku ditanya dahulu oleh Client Care-nya. Keluhannya apa diberi sebuah map berisi dataku, nomor rekam medik dan ke dokter mana aku akan konsultasi. Kubawalah itu ke ruang tunggu dokter yang ada di lantai 2 klinik.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

 

Konsultasi Dokter 

Inilah saatnya aku ‘curhat’ ke dokter tentang apa saja yang kurasakan dan keluhkan. Dalam hal ini rambut rontok. Jujur aja sih aku merasa terganggu dengan rambut rontok yang buanyak buanget, numbuh rambutnya juga gengges karena tipe rambutku ini kan ikal gajelas gitu kaan, jadi kalo numbuh bakal kriwil-kriwil kaya mahkota. 

Di sini, aku ditunjukkin di monitor menggunakan alat seperti senter yang diarahkan ke kulit kepala. Waahhh gila sih, aku baru mendapati fakta kalau ternyata kulit kepalaku memang sedang TIDAK BAIK-BAIK SAJA, huhu.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Dalam monitor, sebelah kiri adalah kondisi kulitku yang mana kulitnya itu merah-merah ya gaaiiis… Istilah dokternya sih ini kulitnya MERADANG. Pembuluh darahnya terlihat jelas ngga sihhhh… kulitku juga pink. Selain itu, kondisi rambutku yang kurang gendut alias juga kurang kuat. 

Menurut dokter, jenis kulit kepalaku adalah oily. Nah, oily ini mudah menangkap kotoran dan jika terjebak bisa jadi jamur, ketombe atau jerawat. Aku memang duluuuu problemnya adalah ketombe sih. Sekarang yaaa gatal/ketombe dan rontok. 

Tapiiii berita baiknya adalah, setiap folikel aku masih bisa menumbuhkan 1-3 helai rambut. Itu bagus. Jadi seandainya pun rontokku banyak, maka nanti folikel akan menumbuhkan rambut dengan jumlah helaian yang cukup untuk menyeimbangkannya. 

 

Hasil Konsultasi Dokter

Kata dokter, aku harus menggendutkan batang rambut, memperbaiki kulit kepala yang radang dan mengurangi ketombe. Dan disarankan KERAMAS SETIAP HARI. Naahh tapi ada cara berkeramas yang diajarin sama dokter. Yuk lanjut simak ceritaku. Ohya, selain itu aku diresepkan treatment untuk mengurangi rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut. 

FYI, kulit kepala dan jenis rambut kaya aku ini kalo ga rajin dicuci akan merembet ke jerawat di wajah seperti dahi dan pipi. Jerawat di pipi ini juga bisa terjadi karena kena rambutnya, dan pada rambutnya ada ada sisa conditioner yang tidak bersih, atau membawa jamur, dan kotoran dari rambut. 

Kata dokter, aku masih termasuk ketombe ringan dengan kulit yang meradang. Karena ada pula yang lebih berat, ketombenya tebal hingga tidak kelihatan kulit rambutnya. 

 

Cara Keramas Setiap Hari 

Kalau keramas setiap hari ini pasti akan beresiko juga dengan batang rambut kering. Itu sebabnya disarankan juga conditioner. Agar batang rambut tetap lembut. Nah, kalau tidak dikasih conditioner, maka dampaknya bisa patah dan rontok karena akarnya pun juga tidak sehat. 

Problemku banget ini, gatal ketombe ringan, kering, rontok dan patah. Quarter combo

Yang harus diselesaikan untuk kasusku adalah, kondisi kulit kepala yang harus diperbaiki dengan anti dandruff. Untuk batang dan ujung rambut pakai conditioner. Untuk kerontokkanku ini ini bisa jadi karena penipisan rambut genetik dan hormonal. 

 

Fakta, Yang Sering Treatment Rambut Adalah PRIA! 

Aku sih awam, jadi kaget juga. Ternyata banyak pria loh yang lebih concern untuk perawatan rambut rontok. Untuk perempuan tuh kebotakannya ada di atas kepala. Tapi separah kebotakan perempuan itu nggak akan sampai habis. Paling mentok di sekitar batas telinga. Itu pun jika benar-benar parah atau konsumsi obat atau kemoterapi. Disebut parah banget itu ketika rambut rontoknya banyak tapi rambut tumbuhnya sedikit. 

Ohya, untuk hormon yang bekerja saat rambut rontok adalah hormon androgen. Hormon yang sebenarnya banyak dimiliki oleh pria. Tapi jumlah pada wanita ini sedikit dan masih jauh lebih banyak hormon progesteron dan estrogen. 

Itukah laki-laki memang sangat rentan dengan kerontokan karena adanya hormon androgen yang banyak bahkan sering yah kita lihat laki-laki mengalami kebotakan. 

 

Mulai Menjalankan Program ERHA Ultimate Hair Care

Nah untuk tingkat lanjut programnya aku diberikan 3 hal. Yaitu: 

  1. Suplemen untuk perbaiki dari dalam 
  2. Shampoo untuk kontrol dandruff-nya dan Conditioner untuk rambut keringnya, Tonic minoxidil 5% untuk menumbuhkan rambut lebih cepat
  3. Treatment, microneedling (mulai anestesi dan injeksi serum dengan alat needle dengan kedalaman 0,5 mm).

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care Produk

Kali ini kan aku treatment-nya khusus ke rambut. Nama programnya: ERHA Ultimate Hair Care Hair Growth and Scalp Program. Pada awal treatment aku melakukan Program Hair Grow Activation Therapy yang dalam treatment-nya ada 2 yaitu Electroporation Needle System dan Red Light Therapy. Naaah aku bakal ceritain 2 treatment itu diapain aja. Yuk simak lebih lanjut! 

 

Electroporation Needle System 

Ini menggunakan microneedle dengan ukuran 0.5 mm yang dilakukan di kulit kepala yang bermasalah. Dalam kasusku yang ringan, diarahkan di ubun-ubunku karena rontokku banyak di sana. Sebelum tindakan, kita harus tanda tangan persetujuan dahulu serta ditunjukkan bahwa jarumnya baru alias terjamin sterilnya.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Electroporation Needle System - Program ERHA Ultimate Hair Care

Aku juga harus menggunakan apron disposable baru. Aku disuruh tiduran dan langkah awalnya kulit kepalaku dianastesi yaitu diberikan cream di permukaan kulit kepala, setelah merata baru didiamkan selama kurang lebih 30 menit. 

Selepas itu, baru deh tindakan dokter yang menggunakan alat berjarum. Ditunjukkan juga setingan yang untuk microneedling kulit kepala yaitu 0,5 mm. Nah, sembari serum diaplikasikan juga di kulit kepala. Memang kan tujuan jarum itu melukai kulit untuk serum bisa langsung meresap masuk ke lapisan epidermis. Ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit. 

Menurutku nggak sakit sama sekali ya. Yaaaa dikit seperti ditekan sesuatu tapi ngga sakit. Lebih sakit ekstraksi komedo di wajah. Malah aku keenakan, hehe. Karena seperti dipijat kulit kepalanya. Selepas itu, yaudah selesai. Lanjut ke program selanjutnya.

 

Red Light Therapy 

Ini jelas udah dari namanya yaitu tindakan pemberian inframerah pada kulit kepala. Ini dilakukan selama kurang lebih 25 menit. Tapi sebelum dinyalakan lampu merahnya, kita diproteksi oleh penutup mata berlapis-lapis. Mulai dari kain, penutup mata seperti kacamata renang, lalu kain lagi. 

Pokoknya, tidak akan dimulai selama mata masih ada terasa ada sinar masuk. Ini demi keamanan mata kita. Rasanya waktu disinar ini hangat. Terutama di bagian kulit kepala yang bermasalah itu tadi. Aku pribadi sih sampe ngantuk ya, karena jadi relax juga badanku.

Erha Skin Jember Red Light Therapy Program ERHA Ultimate Hair Care

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

 

Tujuan Hair Grow Activation Therapy 

Jadi rangkatan 2 treatment ini tuh tujuannya untuk penyerapan serum yang berguna untuk kulit kepala yang meradang dan melancarkan peredaran darah di sana. Harapannya, aliran

darah ini bisa membawa oksigen dan nutrisi, jadi lebih sehat dan kuat. Sehingga meminimalisir kerontokan rambut dan memicu pertumbuhan rambut baru. 

Setelah terapi tadi sudah selesai, aku harus konfirmasi ke bagian resepsionis. Baru kemudian melakukan penebusan obat dan produk yang diresepkan oleh dokter. Aku akan bahas satu persatu ya… 

 

Suplemen 

Ada dua jenis yang diresepkan kepadaku yaitu yang warna hijau untuk mengurangi kerontokan rambut. Sedangkan yang biru ini bernama Zincore berisi 30 kapsul dimana bahan utamanya zinc yang mana memang diperuntukkan untuk penyembuhan luka pada kulit. Apalagi kan pasca treatment kulit kita ‘agak’ luka. Mengurangi iritasi dan mempercepat penyembuhan luka. Ini juga sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun/daya tahan tubuh.

Zincore - Program ERHA Ultimate Hair Care

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

 

Hair Grow Tonic 5% 

Isinya 30 ml. Awalnya aku pakai dengan cara semprot. Tapi kemudian kuganti pakai oles (disediakan dari Erha-nya). Ini lebih nggak terbuang sia-sia dan merata langsung ke kulit. Ini yang bagus banget! Karena tonic ini tujuannya adalah mempercepat pertumbuhan rambut. Jadi bikin anak-anak rambut lahir dengan cepat! Kalau ini dipakai 2x sehari. Biasanya kupakai pas siap-siap mau ke kantor sama sebelum tidur. Kan biasanya skincare-an tuh, aku selipin step ini di rutinitas. By the way, ini kalo habis dan aku sepertinya bakal repurchase lagi. Sengaruh itu :’) Ini bisa untuk brewok dan alis. Tapiiii harus cuci tangan setelah pakai ya dan jangan sampai terkena dahi karena dapat menimbulkan jerawat untuk kulit wajah. Khawatirnya kalau pegang anggota tubuh lain dan berkali-kali bisa numbuhin rambut halus juga hehe…

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care Tonic HGT

 

Scalp Gel 

Ini bentuknya tube racikan dokter. Nah, kalau ini dipakai 30 menit sebelum aku keramas. Tujuannya untuk exfoliasi kotoran di kulit yang bisa membuat ketombe atau jerawat pada kulit kepala. Jadi konsepnya memang melunakkan kotoran yang ada di kulit kepala. Ini menenangkan sih karena jadi mengembalikan kondisi kulit jadi lebih normal, ingat kan kulit kepalaku merah-merah, teksturnya yang gel membuat kulit jadi nyaman. Baru setelah 30 menit, lanjut keramas.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care Scalp Gel

 

Erazol Ketoconazole 

Ini shampoo yang minim banget busanya. Memang diformulasikan untuk jamur, dermatitis seboroik, ketombe dan Pityriasis versicolor. Selepas ini lanjut dengan conditioner yang juga diresepin sama dokter agar tidak kering. Rata-rata shampoo begini tuh bikin kering memang. Tapi yang kurasakan, engga bikin kering banget kok. Pernah soalnya aku lupa pakai conditioner. Cuma memang ngga lembut aja rambutnya. Pas pakai didiemin dulu 1-2 menit baru bilas.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care Erazol Ketoconazole

 

Restore Hair Moisturizer 

Ini namanya moisturizer ya, tapi fungsinya sebagai conditioner. Wanginya enak banget. Aku suka. Floral yang menenangkan. Efektif menurutku untuk menyeimbangkan rambut yang kurang lembut akibat dari Erazol Ketoconazole-nya.

 


Review setelah sebulan pakai

Aku foto nih before-after-nya. Menurutku memang terlihat yaaaa bedanya. Ada rambut tipis mulai tumbuh dan cepat panjangnya. Aku meski tanpa lihat foto juga notice kok kalau nambah rambutnya. Terutama di daerah yang awalnya agak botak.

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Kalau ditanya apa yang paling ngaruh, aku nggak bisa jawab. Sebab semua rangkaian ini saling mendukung dan melengkapi. Seperti halnya shampoo untuk mengurangi ketombe, suplemen untuk dari dalam, treatment untuk melancarkan peredaran darah untuk merangsang pertumbuhan rambut dan lainnya.

Aku sangat merekomendasikan ERHA Ultimate sebagai klinik medis untuk bantu atasi rambut bermasalah. Dan tentunya jika temen-temen konsul, bisa sangat berbeda jenis treatment dan produk/suplemen yang diberikan. Karena memang ERHA Ultimate  ini bersifat PERSONAL. Namun semoga tulisan ini bisa membantu kebayang, treatmennya seperti ini loh. 

Produk bisa ditebus berkali-kali karena kita bakal dapat copy resep dan bebas mau diambil semua atau hanya salah satu yang kita butuhkan. Ohya, Sesuai dengan PLAN-nya, Dokter memberikan informasi untukku jika aku rajin dan berniat bener-bener sembuh, perjalanan ini membutuhkan waktu minimal 4 bulan. 

Jadi semakin jelas ya durasi dan cost yang akan kita keluarkan. Sesuai dengan #5CLEARConcept yaitu: 

Clear PROGRAM apa saja yang harus kulakukan 

Clear PLAN atau rencana treatment yang akan kulakukan 

Clear SKINGOALS yang kuharapkan setelah melalui rangkaian treatment

Clear DURASI perkiraan yang akan kulakukan 

Clear COST yang akan aku keluarkan hingga durasi yang kulakukan nanti

 

DISKON Treatment di Erha…!!!

Kalian yang berencana ingin mencoba ERHA Ultimate, bisa dapat diskon 10% dengan referral code #ERHAXVINDYPUTRI (berlaku hingga 6 bulan sejak blog ini terbit ya)

 

Appointment bisa dari rumah kok, langsung saja menuju:

Link bit.ly/ERHAdariRumahAja 

atau by WA ke 08112121212

Erha Skin Jember Program ERHA Ultimate Hair Care

Baca review skincare-ku yang lain yuk di sini!

 1,664 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.