Android REVIEW TUTORIAL

Aplikasi yang Ngasih Tahu Hape Kamu Udah Full Charge | Full Charge Alarm


Salah satu momok buat pengguna smartphone adalah batrai hamil alias menggelembung alias soak alias batrai nge-drop. Mau beli batrainya susah. Kudu ori. Kalau nggak ori, sama aja… pasti nanti nge-drop lagi.

Apalagi hampir semua smartphone sekarang pakai sistem tanam batrai. Alias nggak bisa dicopot. Bisa sih, tapi kudu ke center-nya atau paling nggak kita bongkar tuh mesin smartphone kita.
Aku pernah pakai:
❤ Samsung ACE Duos
❤ Lenovo A706
❤ ASUS Zenfone 5
❤ ASUS Zenfone Max
❤ Xiaomi Redmi Note 4X
Dari beberapa brand smartphone yang aku pernah pakai, yang mengusung Smart Charging adalah ASUS. Dia kalau sudah 100% bakal mati sendiri charging-nya. Sebenernya nggak bener-bener matiin arus listrik sih. Tapi alirannya nyaris kecil sekali. Sehingga, batrai nggak bakal nge-drop deh. Dijamin.
Sekarang yang kupakai adalah Xiaomi Redmi Note 4X RAM 4Gb/64Gb ROM, warna Rose Gold. Aku suka banget smartphone ini. Nggak nge-lag sama sekali. Nggak panas, mentok anget doang kalau pake buat main game dan nonton drakor berjam-jam.

Tapi sayangnya… di smartphone ini nggak ada Smart Charging-nya. Alias kalau batrainya udah 100%, dia bakal ngisi terus. Aku paham sih, ini smartphone udah canggih. Mentok cuma ada lampu indikator aja sebagai penanda. Tapi kalau bisa dicegah, kenapa enggak? Nggak salah kok kita pakai aplikasi untuk ngontrol batrai yang lagi di-charge supaya nggak over-charging.Aku pernah coba beberapa aplikasi, mereka hanya cuma bisa hitung mundur berapa lama charging-nya. Tapi nggak ngasih fasilitas alarm pas udah 100%. Nah… akhirnya aku nemuin nih aplikasi yang fungsinya pas!

Aplikasi Full Charge Alarm

Aplikasi yang memberi peringatan alarm ketika batrai sudah full di-charge. Apalagi kalau kita lagi sibuk/ketiduran. Kita juga nggak perlu bolak-balik ngelihat, sudah full belum sih? Cara pakai-nya gampang banget.
Cuma:
Install di Playstore. Udah gitu doang.
Aplikasi ini Free.
Size: 3.85 Mb
 
 
Aplikasi ini seketika aktif saat kita pasang kabel charger. Tanda aplikasi ini bekerja adalah ketika ditancepin, ada semacam notifikasi di notif bar bahwa aplikasi ini sudah aktif. Dia juga akan menghitung mundur kapan kira-kira nge-charge-nya selesai.Udah.
Tinggal aja beraktivitas atau tidur.
Ketika sudah full > Alarm bunyi > Lepas charger > Alarm otomatis mati.
Selesai.

Ketika Aplikasi Tidak Muncul Ketika Charge

Sebenernya dia akan secara otomatis bekerja ketika kabel terhubung. Tapi mungkin di beberapa smartphone harus di-setting manual permissionnya. Kita harus aktifkan autostart-nya. Ini step-step untuk setting Permission manual di hape XIAOMI Redmi Note 4X. Dan mungkin mirip caranya di smartphone lain.
Atau, pas mancepin kabel Charger tapi belum muncul di notif bar, klik aja icon aplikasinya. Aplikasi otomatis akan aktif. Biasanya sih, dia nggak muncul karena kena boost atau clear activity.
Nah, mudah banget kan?
Smartphone akan aman, lebih awet dan nggak ada ceritanya
was-was batrai mbelenduk hanya karena kita
lupa lepas charge ketika batrai sudah full.

Semoga bermanfaat ya…

Sumber gambar: To2c | Dokumen Pribadi

 

911 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

6 Comments

  1. Aku juga pake Redmi Note 4x nih, lah baru tau ngga smart charging. Kudu banget install deh apps nya. Sering ganti hape karena batere yang soak huhuhu

  2. Aplikasi ini keren banget, dengan ini kita jadi tau saat baterai kita udah terisi penuh.makasih infonya 🙂

  3. (sulis) bunda raka-alya says:

    Berguna bgt mb. Apagi kayak aku…sering kbabasan tidur klo ngecharge

  4. Iya, Vadil… aku ya sudah coba beberapa aplikasi full charged. Cuma bisa hitung mundudr aja. Nah akhirnya aku nemuin aplikasi ini. 😀

  5. Ahmad Santoso says:

    Alhamdulillah selama pakai hape dari awal hingga sekarang belum pernah hamil batrenya mbk, kalau hamil kan enak gak usah beli batre dan bisa dijual anak batrenya wkwkwk.pernah juga pakai aplikasi semacam ini, ada timernya pas lagi ngisi, aman-aman aja hehe.

    1. Bagus dong! Aku juga belum pernah batrenya hamil hihi… tapi duluuu banget pernah. Pas hape Nokia 6600.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.