TRAVELING

Gebyar 17 Even Seru di Taman Botani Sukorambi Jember!


 Baru kali ini tempat wisata yang mengadakan pesta rakyat di hari ulang tahunnya! Hari Minggu, 11 Februari 2018 aku diundang hadir di meriahnya Gebyar Events Taman Botani Sukorambi Jember – Jawa Timur. Seneng banget soalnya bisa keliling di luasnya taman wisata ini lengkap dengan buanyak acara.

Nih ya ada sekitar 17 acara inti yang tersebar di 18 spot tertentu. Kami sebagai pengunjung langsung bisa datangi mana yang kita minati.

Diantaranya:
🍀 Acara Hidroponik Day bersama Tin’s Hydroponic
🍀 Tourism Information Day bersama DWJ
🍀 Reptile Day bersama Komunitas Reptile Jember
🍀 Rabbit Day bersama Komppak
🍀 Fresh Water Lobster Day
🍀 UMKM Day bersama Kecamatan Sukorambi
🍀 Lovebird Day bersama Komunitas Love Bird Indonesia Chapter Jember
🍀 Culture Day bersama Rumah Budaya Pandalungan
🍀 Social Day bersama Group Papi 27
🍀 Outbond bersma HPOI
🍀 Photo Hunt Day bersama KFI EV4, JPG dan JMP
🍀 Makeup & Nailart Class bersama Purbasari
🍀 Anti Drugs Day bersama Polres Jember
🍀 Yoga Day bersama Klasik Cafe & Yoga
🍀 Batik Day bersama Lazarus Batik
🍀 Music Day bersama Band J-RON, KMJ, Vita Alvia
🍀 Pembagian Doorprize!
Dari semua acara yang ada, aku hanya hadir di benerapa event. Seperti di Hidroponik Day. Soalnya ini paling dekat dengan lahan parkir motor. Di sini aku bisa masuk ke kebun hidroponik yang ada di Taman Botani Sukorambi. Ya ampun warnanya hijau-hijau. Jadi pengen makan sayur rasanya. Kita bisa tanya apa aja tentang budidaya hidroponik. Mulai dari cara pembibitannya sampe petik hasilnya.

 

 

 

Ajang Promosi

Ketika aku jalan lebih masuk, rupanya sedang ada semacam pengesahan atau penandatanganan kerja sama antara pihak Taman Botani Sukorambi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember. Menurut ketua dinpar, sebuah tempat wisata harus dilengkapi dengan daya tarik, fasilitas dan prasarana, akses, dan jaringan penghubung.
Naaahh yang dilakukan pemilik Taman Botani saat ini adalah menarik ribuan masyarakat Jember dan saling menunjukkan atau mempromosikan apa yang dipunya untuk masyarakat lebih luas dengan dukungan penuh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember. Cucok deh!

Karya Produk Hingga Skill

Dari 17 even besar yang diusung, semuanya terjaring langsung ke komunitas hingga UMKM yang aktif. Ini keren menurutku. Taman wisata yang luas ini serta merta jadi pesta rakyat beneran! Apa aja ada. Mulai dari yang alami seperti hidroponik dan hewani, hasil buatan dari UMKM juga ada.

Unjuk gigi dari segi skill juga ada dari adik-adik Gus & Ning. Meraka adalah semacam putra dan putri pilihan yang berbakat. Lebih banyak bertugas di Dinas Pariwisata sih setahuku. Mereka itu sekaligus turut mengenalkan budaya Jember lebih luas. Yaaaaa macam Miss Universe gitu seleksinya.

Hewan yang dipamerin di sini beragam. Mulai dari yang imut seperti kelinci sampai ular yang warnanya kuning-putih ituloh. Ular apa sih namanya? Sanca ya? Aku gamau dekat-dekat. Hehe… Kalau kelincinya sih mau, sambil pegang dan gendong-gendong.

 

Jadi di Taman Botani Sukorambi ini juga punya kandang Kelinci yang cukup besar dan memang diternakkan. Pernah cerita di serunya Camping semalam di sini, ada sate kelinci di salah satu menu kami. Tapi samoe detik ini aku belum pernah coba karena bayangin kasihannya hehe. Mereka lucu banget sih!
Abis dari kelinci, aku turun ke bawah lewat jalur kendaraan beroda. Dan tara… ketemu tulisanku lagi di sini yang ditulis di papan segede gaban. Jadi kalau temen-temen main ke sini, pokoknya kudu foto sama ini ya!

Sebenernya ada jalur lain pakai tangga. Kalau aku disuruh milih, aku lebih milih lewat jalan kendaraan. Nggak capek hehe. Anak tangganya buanyak buanget loh. Aduh pernah hitung tapi lupa berapa jumlahnya. Dulu banget pas baru-barunya taman ini dibangun, aku lewat sini turun maupun naik. Trus ngitung bareng-bareng sama temen, nggak pernah sama hitungannya.

Tapi sekarang sih udah enak yaa… fasilitasnya lengkap dan nyaman. Mulai dari mobil Tosa, Golfcar dan Elf juga ada. Aku naiknya pakai Elf, btw. Kebetulan gratis. Hihi… Aku tapi juga sempet narsis nyoba naik Golfcar-nya.

 

 

Sampai di bawah, rupanya ruame buanget. Ada kali yaa ribuan orang. Mulai dari aktivitas renang seperti biasa, ada yang lagi ikut di even-even yang di buka. Seperti Pondok Seni. Ada yang nari, ada yang outbond, aksi sosial donor darah, berbagi informasi tentang narkoba, acara sehat yoga, ngebikin batik untuk anak, beauty class sampai acara happy-happy dengan band, musisi juga ada. Bintang tamu spesialnya ada Vita Alvia. Wow!

 

Rasanya menguasai semua spot di sini dan semua even itu cukup melelahkan ya. Tapi paling nggak di sini jadi banyak pilihan. Bagi yang suka di even satu nggak harus sih datang ke semuanya. Misal kaya aku takut sama ular, ya udah nggak mampir hehe.

 

Lagian sepanjang jalan itu pasti ada yang dilihat. Misal satwa-satwa langka dan tumbuhan/pohon yang juga dilabeli nama latinnya. Jadi hiburan di sini tuh banyak banget!

Tapi aku lagi suka lihat hidroponik gara-gara sering lihat postingan kawan yang lagi getol banget nanam hidroponik sendiri dan hasilnya bagus seger besar gitu. Ngelihat di Taman Botani belum setengah tahun sejak ditulis ini bikin kebun hidroponik. Ya udah, lama-lamaan deh di sana. Hihi.

Sama mampir ke toko buahnya jangan lupa, gengs.
Jadi, temen-temen bisa beli buah yang dipetik dari taman ini. Udah terjamin bagusnya jelas.

 

Harapanku semoga acara gebyar even alias pesta rakyat ala taman wisata ini bisa terus ada
supaya masyarakat Jember selalu aktif minimal untuk berkembangnya
komunitas/umkm/usahanya. Ini wadah yang bagus dan menarik.
Sumber Gambar: Dokumen Pribadi | Fotografer Wawan Dwi Siswanto
 

673 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

7 Comments

  1. menarik mbak buat di datengin. dulu waktu ke jember 2tahun lalu, taman ini sepertinya masih belum di buka yaa ?

  2. aku belm sempet (lagi) foto di depan tulisanmu Vin, soalnya kl misal aku jalan kaki, pasti lewat yang tangga. Kalo lewat yg jalan kendaraan, pasti naek golf cart atau tossa 😀

  3. Aku datang ke Sukorambi ini ketika liburan Lebaran. Cuma beberapa kilometer aja dari rumah nenekku di Kreyongan. Rame sekali tempatnya 🙂

  4. Banyak bngt sudut instagramable ya mbak

  5. Anggar Nur Herman Syah says:

    wah pasti seru ini acaranya. sayang sekali gak sempat mampir masuk padahal udah lewat depannya botani

  6. Ikrom Zayn says:

    wah seru taman botaninyabuat penilaian adiwiyata tingkat propinsi pasti menang tuheven semacam ini harusnya sering diadain

  7. iKurniawan says:

    Wah seruuu…disini ada event tahunan juga, tapi karena tempatnya lagi diperbaiki, rasanya bakal diundur. atau malah dipindah ya 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.