REVIEW Teknologi

3 Tahun Bersama Qwords – Tempat Aku Beli Domain Blog


Ini adalah tahun ketiga aku menggunakan jasa penyedia layanan penyewaan space untuk blogku (Web Hosting). Tahun 2015 aku kenal Qwords Cloud Web Hosting dari kawan yang lebih dulu pakai. Dari punya blog sejak tahun 2007 akhir, aku baru tergerak membeli domain 8 tahun kemudian. Qwords adalah penyedia pertama yang aku coba.

Alasanku membeli domain .com di tahun 2015 adalah supaya blogku terlihat lebih profesional. Aku pakai platform Blogspot, by the way. Aku hanya beli domain saja. Selain itu domain buatku bisa menarik perhatian dan kepercayaan mitra bisnis. Tahun 2015 dunia perbloggeran sedang jadi pilihan banyak orang untuk berkarya. Berkat domain .com inilah blog aku jadi mudah sekali untuk ku-monetize.
Dan tentunya…
ingin membangun branding. 

Kesan bersama Qwords Selama 3 Tahun

Jika banyak kawan yang minta saranku:

Enaknya pakai jasa beli domain di mana ya?

Tentu aku rekomendasikan Qwords karena aku sendiri juga pakai. Jelas aku nggak akan rekomendasi sesuatu tanpa aku rasakan sendiri manfatnya. Aku pernah coba cari di search engine dengan keyword, Kelemahan dan Kekurangan Qwrods. Hasilnya nggak ada yang menulis kecewa dengan penyedia layanan ini. Luar biasa. Toh kalau aku kecewa, sudah kuputus sejak tahun pertama pakai Qwords, bukan?
Jika kunilai sampai 100, nilai Qwords adalah 90!
Ketika aku kenal lebih dekat, rupanya Qwords pernah meraih Pernghargaan Top 10 Hosting Company in Indonesia. Salut! Dan tahun 2017 ini sudah umur 12 tahun. Nggak heran jika pelayanannya semakin profesional dan sejauh ini aku belum ada kendala yang berarti.
Selamat ulang tahun Qwords!
#QwordsSALEbration

Banyak Promo

Kesanku untuk Qwords adalah senang karena banyak promo. Aku nggak bakal ketinggalan informasi perihal promo karena Qwords dengan rajin mengirim promo via email setiap jam 08.00 pagi. Di komunitas blog sering banget meneruskan promo-promo untuk teman-teman yang belum berdomain. Aku sendiri tahun pertama pakai harga promo juga, tahun pertama Rp 90.000 + PPn 10%. Sedangkan untuk perpanjangan Rp 135.000 + PPn 10%.

Harga Bersaing

Ini penting menurutku. Soalnya banyak sekali penyedia layanan web hosting seperti ini yang harganya lebih mahal dan juga yang murah sekalipun. Harga di Qwords menurutku relatif terjangkau dengan kualitas yang sangat baik. Biaya sangat murah belum tentu baik pelayanannya meski yang paling mahal juga belum tentu terbaik. Sedangkan Qwords bagiku sudah cukup ideal sebagai web hosting terbaik.
Dengan beragamnya promo dan paket, harga di Qwords jadi beragam. Pilihannya banyak… Kita bisa menentukan mana yang paling cocok untuk kebutuhan. Ohya, ada lagi yang nggak kalah penting, Qwords patuh pajak. Daftar biaya perpanjangan di atas sudah termasuk pajak. Relatif murah kan?

Siap dan Sigap

Bukan hanya seller yang harus fast respon ketika calon buyer hendak beli barang online. Ketika kita membeli jasa, tentu fast respon adalah kunci dari kenyamanan dan kepecayaan. Menurutku, Qwords sudah sangat sigap dalam menanggapi kebingunganku ketika mendaftar hingga proses perpanjangan.
Kolom Customer Service ini sangat membantuku. Aku masih ingat di tahun pertama perpanjangan aku bingung harus gimana. Dan problem solved ketika dijelaskan tahap-tahap yang harus kulalui mulai dari transfer, konfimasi by email hingga pemberitahuan bahwa perpanjangan berhasil.
Aku pribadi sangat suka fitur live chat di pojok kanan bawah. Bahkan ada halaman khusus di website qwords yang berisi banyak sekali tanya jawab yang sangat membantu.

Modern dan Mudah Dipahami

Jaman sekarang jenis grafis yang sedang diminati adalah flat desain. Dan Qwords sangat tepat megusung halaman yang nggak ribet, bersih, rapi dan ada nuansa flat desainnya. Kekinian.

Praktis dan Cepat

Tingkat profesinal Qwords ini teruji dari contoh kecil perpanjangan domain blogku. Sejak dikirim email jatuh tempo kurang 1 (satu) bulan hingga tuntas perpanjangan, aku nggak mengalami kesusahan.
Aku harus keluarkan invoice yang berlaku hingga jatuh tempo. Kemudian aku hanya perlu membayar dengan beberapa cara transaksi. Aku paling suka transaksi menggunakan ATM. Sebenarnya masih banyak sih cara transfernya. Seperti di bawah ini.
Setelah transfer, yang kulakukan adalah konfirmasi via email sebab aku nggak pakai angka unik yang biasa digunakan untuk transfer secara virtual. Terjamin amannya, sebab nama pemilik rekeningnya atas nama perusahaan. PT. Qwords Company Internasional.

Lancar Selalu

Pernah sih, ketahuan server down. Jadi blog aku nggak bisa dibuka sama sekali. Sedangkan aku buka website lainnya bisa. Positif server Qwords sedang bermasalah. Tapi itu nggak sampai lama. Mungkin hanya setengah hari. Dan yang penting itu jarang sekali terjadi. Mungkin satu tahun sekali. Bagiku itu adalah normal dan sangat wajar. Bisa sangat kumaklumi.

Pesan untuk Qwords yang Lebih Baik

Apapun itu tidaklah ada yang sempurna 100%. Memang Qwords bagiku nyaris tanpa cacat dan aku sangat puas. Maka inilah pesanku untuk Qwords:
Terus pertahankan kualitas dengan biaya yang terjangkau kalau bisa tingkatkan pelayananya. Selalu upgrade server sehingga tidak lagi ada server down. Mengingat sepertinya peminat Qwrods semakin banyak.Untuk New Design Portal Qwords, menurutku agak menurun keindahannya ketimbang tampilan tahun 2015-2016. Tapi bukan masalah itu hanya masalah selera masing-masing orang. Semoga di desain portal selanjutnya menjadi lebih enak dipandang lagi.

Selain itu pilihan harga dan promo memang sangat banyak sekali, tapi terkadang mirip-mirip. Ini jatuhnya membuat customer bingung harus memilih yang mana. Namun, perbanyak lagi ragam domain yang menarik.
Contoh yang sudah ada di Qwords selain .com:

.fashion,  .link            .ltd
.news      .one             .org
.promo    .pw             .shop
.today      .website     .coSeh, dll

Perbanyak lagi hingga bagi mereka yang nama brandingnya dari kata yang umum, bisa menggunakan pilihan domain-domain lain. Solusi terpecahkan untuk mereka yang merasa calon nama domainnya sudah dimiliki orang lain terlebih dahulu.
Satu lagi terakhir dariku, ajak gathering blogger di kotaku, Jember, ya… Jangan hanya di kota-kota besar saja seperti Bandung, Surabaya, dan Jogja saja. Aku tunggu…
Mungkin itu saja kesan dan pesanku untuk Qwords. Semoga di tahun ke-12 ini Qwords tetap menjadi idola banyak pengguna. Selain aku, ada Cimory, Forisa, Gogirl!, Si Juki dll juga yang setia pakai Qwords. Ini meyakinkanku untuk terus bertahan.
Sekali lagi, selamat ulang tahun Qwords yang ke-12…!

Sumber Gambar: Qwords Official Website | Freepik | Dokumen Pribadi

1,493 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

26 Comments

  1. Bonadi Mangunkusumo says:

    skrg ane lebih prepare pakai layanan Google dan bawahannya yang bekerja sama, belajar nyari Bule 😀 , kalo hosting lokal Qword belum pernah pakai sih. tapi mantap ini riviewnya

  2. Prita Hw says:

    aku qwords banget nih, udah bbrp blog pake qwords. Setuju dong kl murah, tapi kualitas prima, hehe. Selamat ya Vindyy udah menang 🙂

  3. selamat buat mbak vindy yang udah menang di qwords.

  4. Semangat mbak vin, Qwords emang juaranya ya, soal domainnya,promonya juga bersaing. TOP lah

  5. Arial Ratih says:

    Wah nice info kak, kebetulan lagi nyari rekomendasi webhosting buat blogku nih.

  6. Ikrom Zayn says:

    ah nunggu domain aneh ini habis10 ribu buat dotcom murah banget

    1. Eh, tapi tergantung promo yang sedang ada juga sih… semoga pas kamu mau pasang di qwords, pas lagi ada promo yang lebih menarik yaaa

  7. Adi Febrian says:

    Wahhh wah udah banyak temen pakai. tapi saya sendiri bukan yang menggunakan qwords. Kayak nanti bisa deh yaa haha 😉

  8. dikasih tahu reminder itu yang penting menurutku. karnea ada temanku mengaku kehilangan domainnya hanya karena pihak penyewa kurang rajin memberi tahu bahwa dia harus memperpanjang domain yang dia miliki. akibatnya dia lupa lalu hilang deh domainnya. pas mau beli lagi harganya dah mahal banget

    1. Iya, aku setuju mbak. Apalagi kita terlena dengan ini itu, sampai lupa harus perpanjang. Dan bencana banget kalau domain kesayangan harus lenyap :'(

  9. Meykke Santoso says:

    HAI VINDY!!Wah, aku baru tau kalau ada jasa beli domain ini. Aku dulu belinya di rumahweb dan setelah aku abca baca juga hampir sama kok..ada live chat, cepat dan mudah juga. Untuk harga rumahweb lebih murah sih Vin, tapi kembali lagi ke preference orang orang ya..dulu aku pake itu karena memang aku taunya cuma itu aja dikasih tau teman blog juga beberapa tahun yang lalu..alasan pake .com juga sama.biar keliatan lebih profesional aja gitu. hihi

  10. Azhie Anagakaci says:

    seketika tergiur mau pindah k qword…sayangnya kemarin kebeli di tempat lain…kalonya tau dari kemaren kemaren pasti bakal milih qword dehwow bgt soalnya 😀

  11. Mei Wulandari says:

    Vindy tau gak, sebenarnya aku udah ngedraft buat lomba ini. Tapi aku urungkan setelah baca tulisanmu. Ini postingan lomba km keren bgt ya ampun. Moga2 menang yaa. Aku cemen bgt gak berhasil melawan diri sendiri wkwkwkwGood luck dear

  12. iJeverson says:

    tempat domain emang paling asik kalau sering promo. Tempat say abeli pun promonya sering banget…

  13. Sayangnya udah pake yang lain vin.. heheheheTapi apapun pilihan penyedia jasanya, kalau pakai TDL dijamin, kekerenan blogger naik 1000%!

  14. Hmm, jadi malu sendiri. Diantara blogger2 yang ku kenal. Tinggal aku yang merasa beda sendiri dengan tidak berdomain .com. Oke deh, nabung dulu. Mau pasang juga. Biar keliatan profesional~

    1. Nggak perlu malu, yang paling penting, konsisten menulisnya saja dipegang 🙂 Kalau beli domain tapi nggak diisi juga mubadzir kaaan 😀

  15. Ivonie Zahra says:

    Jadi makin mantab pengen nyobain domain dr qword ini buat blog yg belum tld mbak.

  16. Jolanda Jessie says:

    Wah, bisa jadi referensi nihSoalnya sampe sekarang aku masih stay pake domain gratisan, wakakakkk

    1. Hehe, iya bisa jadi pilihan. 🙂

  17. Anisa Ae says:

    Rekomended banget nih. 😀 Cepat, murah, dan bikin betah. 😀 Hehehehe

    1. Betul, Mbak, suka dengan layanannya.. 🙂

  18. dudukpalingdepan says:

    Noted.. siapa tahu perlu untuk perpanjangan domain 😀

    1. Iya, aku rekomendasiin karena aku juga pakai dan puas.. hihi terima kasih sudah mampir yaa…

  19. andrieoid says:

    Wahhhh qwords emang joss banget, apalagi nyediain banyak promo.. Sampe promo domain, dotcom sampai harga 10rb setahun kan mantapp.. Rekomended banget lah

    1. Iya, aku kemarin tahun pertama juga pakai promo 90rb + 9rb ppn. Jadi 99rb. Hehee 100 ribu masih kembali 1rb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.