Inspiratif OPINIKU

Jadi Blogger Kok Bangga, Sih?!


Sebenarnya, apa sih bagusnya jadi blogger? 

Ijinkan saya cerita kenapa saya ngeblog. Tahun 2007 akhir – awal 2008, saya lagi asyik-asyiknya ngeblog. Dulu definisi ngeblog buat saya adalah wadah pelampiasan saya menulis di media. Kirim-kirim cerpen nggak kemuat, ikut lomba karya tulis juga nggak ada yang menang bahkan punya buku pun, royalti kecil, 3 bulan di Gramedia udah nggak di-display lagi. Sampai akhirnya ada suatu lomba yang menang dan kalah tetap ditampilkan di semacam portal atau forum. Kalau kita login bisa submit tulisan dan dibaca lalu dikomentari oleh orang yang entah itu siapa.

Seneng banget, astaga! Seolah-olah tulisan saya itu diterbitin di media seperti koran atau majalah. Rasanya pesan yang ingin saya sampaikan itu tepat sasaran. Ada respon. Dan itu nyata! Nggak halu yang kemudian jadi harapan palsu.

Saat itu masih SMA, entah gimana ceritanya saya tahu ada blogspot dan saya register. Dari situlah saya menulis kemudian nggak lama saya tinggalkan begitu saja. Soalnya nggak ada yang baca dong. Haha! Ya… minimal hasrat menulis saya tertuang. Saya punya kawan blogger yang itu-ituuu saja yang rajin berkunjung ke blog saya. Kami lanjut ke sosial media Facebook juga, lalu berkawan. Sampai akhirnya sibuk ujian nasional dan ujian masuk kuliah, saya tinggalkan meski saya nggak lupa kalau saya punya akun blog.

Iseng Sharing

Tahun 2011-2012, sudah kuliah. Mulai buka blog karena ada lomba di kampus. Ikut meski kalah. Tapi kemudian jadi pengen iseng menulis lagi. Zaman itu giveaway masih lazim diadakan di blog. Beberapa kali menang dan bikin semangat isi blog. Dari situ juga jadi main-main ke blog orang. Ternyata dapat inspirasi. Salah satu yang saya contoh adalah:

Me-review Sesuatu

Apa saja deh. Film, buku, makanan, minuman, kosmetik, skincare, catatan perjalanan, bahkan obat sekalipun. Eh rupa-rupanya tulisan review itu banyak pengunjungnya! Saya kaget, review begitu doang bisa banyak yang cari tahu di Internet. Hal sepele. Tapi bikin puas blogger yang satu ini. Ketagihan, lalu bongkar meja rias, saya review satu-satu.

2015

Entah dari mana asal muasalnya. Dunia blogger menjadi sorotan. Banyak perusahaan mendekati para blogger. Dari yang nggak punya reputasi apa-apa hingga yang ternyata pas dicek reputasi dan rankingnya sudah bagus. Mungkin karena para brand sadar, ketika warganet ingin membeli sesuatu pasti nanya Google dulu. Yaitu baca review jujur penggunaan mereka.

Dulu, saya dapat 150 ribu untuk review sebuah website saja udah seneng banget! Siapa saya, kok nulis di blog doang bisa dibayar? Eh, nggak lama, saya dapat serangkaian skincare gratis pula! Lipstick dan blush on mahal gratis, plus uang 800 ribu pula! Di tahun ini saya baru berani beli domain vindyputri[dot]com.

Selama tahun 2015 hingga 2018 blog ini sudah bekerja sama dengan sederet brand di bawah ini. Rupanya ngeblog ini bisa membanggakan juga, ya! Blog ini bisa bermanfaat untuk warganet yang butuh info juga agency & brand yang butuh media promosi. Saya tahun kemarin berhasil membeli camera mirorless hasil jerih payah untuk semakin menunjang visual blog. Membeli dengan sangat bangga dan puasss! 

Hei, blog kok jadi menggiurkan gini, sih? 

Menang Start

Beruntung, saya adalah blogger lawas yang kebetulan beberapa artikel sudah nyantol di Page One Google. Jadi reputasi saya secara tidak langsung terbentuk bagus dengan sendirinya. Tulisan saya masih nggak begitu berbobot dulunya, sih. Tapi… sejak profesi blogger mulai digandrungi… .

Maka persaingan dimulai….

Suka & Duka Ngeblog

Hal yang membuat saya lagi-lagi bangga menjadi blogger adalah beberapa perusahaan dan agen menghubungi saya untuk bekerja sama. Ini hobi. Tapi kenapa bisa semenggiurkan ini? Hasrat menulis terbayar karena memang saya sangat cinta menulis. Dan ternyata saya masih dibayar lebih untuk itu. Ini diluar dugaan saya pas jaman sekolah dulu! Karena ini hobi saya, saya pun tidak ngoyo untuk mendapatkan ini-itu dari blog. Saya enjoy. Selama tulisan saya dibaca, tugas saya selesai. Tapi jangan dikira ngeblog itu gampang dan seneng-seneng bae. Semua ini terbentuk atas kerja keras yang sering kali munculin duka.

– SUKA –

  • Dikenal karyanya.
  • Disukai karyanya/prestasi bukan sensasi.
  • Ternyata bermanfaat untuk orang banyak.
  • Berhasil masuk Page One Google, sehingga trafik stabil.
  • Sering dapat penawaran kerja sama.
  • Bisa jadi diri sendiri.
  • Penghilang stres, pelampiasan jenuh kantor.
  • Berkat ngeblog, bisa nonton gratis berkali-kali (dikasih voucher nonton cuma-cuma gara-gara rajin nulis review film dan selalu mention bioskopnya).
  • Bisa ngerasain kosmetik/skincare/ jasa/voucher dengan mudah bahkan gratis.
  • Kenal banyak teman dari berbagai kota lewat komunitas.
  • Merasa selalu hidup dengan beragam inspirasi ketika blogwalking.
  • Meski ikut lomba, menang/kalah, tetap merasa puas.
  • Bisa realistis dalam bersaing yang sehat (selalu perbaiki kualitas).
  • Ketika temen seperjuangan menang lomba, ikut seneng dan bangga!
  • Jadi ngerasa makin canggih karena mau nggak mau harus belajar hal baru.
  • Ketika review bakulan temen, ikut bahagia dan ngerasa bermanfaat.
  • Bisa berbagi ilmu blogging via pelatihan, on air, tatap muka, chat, dll.
  • Banyak yang kepo, gimana biar bisa menjadi seorang Vindy Putri.

– DUKA –

  • Bayar hosting & domain per tahun.
  • Mulai banyak persaingan karena blogger baru yang lebih segar dan nggak kalah berkualitas.
  • Lelah mengelola blog supaya performa dan kualitas tetap stabil atau lebih baik.
  • Kalau malas ngeblog, ketinggalan banyak moment hot issue.
  • Ganti hosting sempat ke-deindex oleh Google.
  • Ganti template/domain/hosting dll itu lelah, Jendral... Belum lagi kalau tampilannya jadi berantakan.
  • Pasang Google Adsense, tapi belum pernah payout.
  • Lingkar pertemanan kebanyakan parenting semua, jarang ter-support karena beda niche.
  • Kesempatan lebih banyak ke niche parenting atau di kota besar saja.
  • Gaya hidup jadi nggak bisa lepas dari gadget/PC.
  • Masih susah atur waktu antara kerja dan hobi ngeblog.
  • Kalau lagi banyak yang nulis tema sama, suka minder nggak kebaca (merasa kualitas blog saya kurang bagus)
  • Kalau nge-review produk/jasa nggak jelas, ikut merasa bersalah dan gagal meski dibayar.
  • Sering kalah lomba. Sedih, deh...
  • Kadang masih diremehin, ngeblog itu buang-buang waktu.
  • Udah publish, eh nggak ada yang baca.

Resolusi Blogging 2019

Resolusi Blog 2019

Tahun 2018 lalu bikin resolusi blogging dan hampir 80% terwujud semua. Tahun ini saya juga nggak mau melewatkan bikin resolusi yang TERUKUR. Maksudnya, saya bikin target yang jelas berupa angka. Sehingga akhir tahun nanti saya mudah evaluasinya. Terlaksana atau tidak?

1,3M Pageviews (via Google Analytics)

Tahun lalu, saya masih pakai blogspot. Angka statistik di dashboard mencengangkan. Jadi tahun 2018 kemarin resolusi saya tembus 4 juta pageviews (tahun 2017 sudah tembus 3 juta). Kalau via Google Analytics, 4 juta itu sama dengan 1,2 juta pageviews. Yaaa gimana, baru pasang Google Analytics juga baru tahun-tahun 2015 sepertinya sih. 

Sedangkan saya ngeblog jauh sebelum itu dan ada postingan lawas saya kembalikan ke draft karena isinya review obat dan obat itu nggak jelas ternyata. Haha! Daripada merugikan orang lain, ya saya simpan ke draft. Yang awalnya bisa 150k  lebih pengunjung per tahun, setelahnya hanya bisa 60-70k per tahun. Mudah-mudahan tahun ini 100k bisa terwujud!

Anyway, dari kasus saya, kenapa obat terlarang malah banyak yang cari, ya?

Bikin Giveaway

Tahun lalu bikin beberapa giveaway yang juga kerja sama dengan brand. Tapi sayangnya hadiah smartphone belum terlaksana. Padahal janjinya selepas Juli 2018 harus ada. Semoga tahun ini bisa keluar hadiah yang lebih keren. Kemarin sekitar 3-4 giveaway di blog ini. Next 5 giveaway harus terwujud.

Omzet Minimal 10 Juta

Mungkin sebagian orang ini nominal yang kecil atau bahkan kebesaran. Faktanya tahun 2018 saya hitung hasil kerja sama dengan brand/klien nyampe kok 10 juta. Tahun ini saya nggak mau nargetin lebih tinggi mengingat saya sedang hamil dan sebentar lagi lahiran. Pasti kegiatan blogging akan sedikit terganggu karena fisik bisa jadi nggak mendukung. Kalau 80 juta ketinggian kayanya sih, haha! Jadi tetap di 10 juta saja, ya… .

Nambah Kategori 

Sejak menikah tahun lalu, saya belum banyak share pengalaman pernikahan dan kehamilan saya. Padahal saya ingin banget mengabadikan moment itu dan nggak mau dilupain begitu saja. Sekaligus jadi pengingat diri saja sih, bahwa saya pernah sebahagia itu. Syukur jika kawan yang hendak menikah dan sedang promil, jadi dapat manfaatnya. Jadi tahun ini nambah kategori Mariage.

DA-32 PA-38

Tahun kemarin saya targetnya 25/35 loh. Nggak nyangka akhir tahun ini ditutup dengan angka yang diluar target. Tinggi sekali malah, 30/37. Itu terwujud pertengah tahun 2018. Nah selepas itu mau naikin lagi kok susah amat, ya, haha! Sebenernya saya bukan penggila angka reputasi DA/PA. Jujur saja, capeeekk sekali ngurusin angka beginian. Tapi yaaa gimana ya, klien lebih suka yang blognya termonetisasi dengan baik. Jadi… daripada setengah jalan, ya dijalani saja deh sekalian. Target DA 32 dan PA 38.

Minimal 4 Post per Month

Ya, semacam memaksa diri ini untuk tetap produktif. Paling nggak satu minggu ada lah 1 post. Atau dirapel minggu kedua jadi 2 post jeda beberapa hari, bebas gimana caranya deh! Pokoknya 1 bulan wajib 4 post.

Kerja Sama Konten Relevan

Blog ini masih terbuka untuk jalinan kerja sama. Dan target tahun ini terima yang sesuai niche lalu tolak yang sekiranya abal-abal. Soalnya tahun kemarin sempat hampir saja kelolosan, masa saya harus review skincare yang nggak jelas? Kaya barang palsu gitu deh. Ngeriii… .

Testimoni Pembaca Vindy Pindy Mindy

Saya bangga menjadi blogger masa kini. Eranya digital yang mau nggak mau harus bisa ikuti era yang kekinian. Jangankan harus menguasai teknologi, apa yang sedang trend saat ini pun saya harus bisa ikuti. Saya BANGGA dengan apa yang saya geluti ini. Karena saya punya segudang perasaan SUKA ketika ngeblog. Meski memang DUKA membuat saya tetaplah menjadi seorang blogger yang nggak akan pernah sempurna. Di luar sana masih banyak sekali blogger yang potensinya sangat luar biasa sering menginspirasi saya. Dari mereka pula saya belajar.

Saya akan terus melanjutkan aktivitas ini. Sampai saya benar-benar merasa saya tidak mampu lagi. Tak dibayar pun saya tetap akan menulis. Karena saya cinta menulis dan blog adalah dunia saya yang bebas. Paling tidak, tulisan saya bermanfaat bagi yang membutuhkan karena bisa jadi amal jariyah untuk saya. Terima kasih kawan-kawan di bawah ini yang berkenan membangkitkan semangat saya. Saya akan berusaha lebih baik lagi.

 

Sumber Gambar: Akun Sosial Media (Sudah dapat izin dari yang bersangkutan) | Pexels | Freepik

BACA JUGA

59 Comments

  1. Sama aku mulai ngeblog sekitar 2007 🙂
    Bangga sih bisa mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Sedih saat Analytic entah kenapa (duh gaptek), 2 th lalu berubah tidak terdeteksi jadinya 0. Setelah kembali memasukkan ulang kode GA ke blog baru bisa kedetect, tapi PV yang sdh banyak sebelum2nya tetep hilang, jadi mulai dari 0 kembali huhu. Belum lagi kalo blog ada error2 yg bikin pusing dan menghambat untuk update post haha. Ya udalah, target sekrg cuma pengin bisa update aja minimal 2 post per bulan 😀

    1. Kalau tahun ini banyak interupsi, jadi sekarang fokusnya perbaiki kualitas, meski belum bisa maksimal, hehe…

  2. Keren targetnya bikin ikutan semangat lihat visi misi blognya!

  3. I created my blog 2 years ago because I felt frustrated and desperate about my family issue and I do still have all these feelings until now. It’s not easy to live with people who scream and yell at each other, accuse one another this and that, throw stuff at others when they’re mad. What a fucked up familyTheir behaviour somehow affects me to do the same. I call it Silent Anger, I throw stuff when I’m mad but I think I’m better than them in controlling my emotion. At least I don’t throw stuff at people like they do. I just go lock myself in my room and start throwing stuff when I’m upset. I will not show my anger in public or in front of other people. I will not hurt anybody just because I’m mad.

    I’m pretty shy and awkward, definitely not that type of person who is easily open up to anyone to talk about whatever problem I have. My family issue isn’t something I would tell anyone face to face because it’s so embarrassing. It’s easier to talk about this on a paper but there’s a chance someone in the house will find it. BOOM! Bad idea. So I started writing a blog, it’s the only place I know where I can totally be myself without showing how I really look like to anyone. Pretty cool, right? I don’t need to feel ashamed of anything. I can write whatever I want. Plus, I got so many positive responds, suggestions, and support from people I barely know. People I BARELY know… like… oh my God… that’s one of the thousand things I love about blogging. I write something and then I get comments, and they give me some good ideas and suggestions… and then suddenly I feel like I’m not alone anymore. It almost feels like I have a lot of friends. I have never even met any of them in real life!!

    My blog is the only thing that keeps me sane. Reading all those comments makes me feel so good, knowing that there are nice people out there and they even offer me friendship. How wonderful is that?

    So I have a fucked up family but that’s okay because God gave me these pretty souls so I won’t feel lonely anymore. Fair enough for me.

  4. Bang Day says:

    Wuih keren mba. Blogger sejati nih. Ijin berguru yah

  5. Aku dari dulu suka blog kak vindy karena bahasa nya enak banget nyantai, plus.. infografisnya bagus bener..

    Sampe berdecak kagum wkkwkw

    1. Makasih yaaa.. aku jadi tersanjung hihi

  6. Aku jadi menerawang jauh ke jaman dulu begitu baca post ini, keinget gimana waktu masih pake blogspot, lalu pindah ke wordpress, pake hosting sendiri, lalu pernah di deface tampilan muka blognya. Dan sampai sekarang masih enjoy buat ngeblog

  7. Ka, keren banget sih pencapaiannya, jadi minder banget doooong wkwkwkwk Semoga harapan buat 2019-nya tercapai semua. Aamiin!

  8. Wah kita mulai ngeblognya barengan tapi kok kamu jauuuuh lebih sukses sampai bsa beli kamera mirror less dan tembus 100 Juga. Lah aku masih butiran debuuuu. Ya sudah mulai sekarang harus lbh semangat dan semoga sehat sehat sampai lahir an yaa Vin…

  9. Andi Nugraha says:

    Keren, Teh. Cukup lama juga ya kenal dunia kepenulisan dan blog. Aku selama sekolah gak kenal dengan blog. Waktu sekolah menengah pertama pun sekedar tahu blog tapi gak tau cara nulisnya gimana..he

    Tapi mau gimanapun, aku tetap bersyukur udah kenal blog. Meskipun belum lama. Dan bener juga banyak dukanya selama ngeblog, tapi sukanya lebih banyak terlebih manfaatnya.

    Sukses untuk kategori barunya ya, Teh.

  10. Gilak! Kak Vindy keren banget. Jadi minder. Rencana mau posting sebulan 4 post juga sedang saya jalani, sulit. Intinya, yang terbaik untuk kita semua warga blogger~

  11. Wah, keren banget kak Vindy blognya. Aku baru bisa kerjasama yang recehan. DA PA juga masih belasan. Efek itu juga sih kayaknya, rada males ngurus blog. Terkendala jaringan juga, di kampung kadang susah jaringan. Semoga bisa sehebat kak Vindy deh ke depannya

  12. Bahasa di blog ini renyah, sederhana dan mudah dimengerti. Tetap terus berkarya mba Vindy.

  13. Yah, ngeblog memang penuh dengan suka duka ya mbak. Baca prestasi mbak Vindi sebagai bloger luar biasa, bisa dapet penghasilan sampe 10jut per tahun itu fantastis banget. Apalagi baca resolusi blogging duh bikin mupeng.

    Blog saya masih jauh di bawah tapi nggak terlalu fokus juga ke sana sih. Krn bisa jadi blogger saja sudah menjadi kebanggaan tersendiri buat saya.

    Sehat2 ya mbak dan dede bayinya dalem perut

    1. Akupun terkejut. Mudah-mudahan tahun ini bisa tercapai juga. Kadang kan begini juga ada pasang surutnya hehee

  14. ERPA says:

    hmm kayaknya kita mulai ngeblognya diwaktu yang sama, beli domain pun di tahun yang sama, tapi aku tetap berada di golongan blogger kelas bawah penerima raskin dan bpjs ditanggung pemerintah. Tapi ya emang saya nya juga gak konsisten, apalagi pas udah kerja, blog malah dianggurin. hahah

    kenal blog ini udah lama, 3 tahun yang lalu kayaknya. Dan ku kaget, mbak Vindy sekarang udah nikah dan punya anak… hmm.. udah jadi mom blogger nih. Kayaknya niche ini lagi hits-hits banget, sepertinya saya juga harus jadi mom blogger biar blognya naik terus. doakan.

    1. Calon emak-emak akutu haha… belum lahir baby-nya.
      Nah, itu dia, maunya sedikit ke arah sana tapi tetap lifestyle kok…

  15. dulu nemu blog vindy pindy mindy juga lupa dari mana, jelasnya watu browsing2, blogwaking, nyasarlah dimari. ehh ternyata satu kota kita hehehe. CUman belum meet up aja :D.
    Aku rasa hampir semua kategori macam travel,lifestyle ada disini.

    1. Wah, makasih ya masih berkanan selalu mampir 🙂

  16. Joe Candra says:

    keren kak infografisnya, smg tetap menginspirasi yah kak 🙂

    1. Amin… thank you! 🙂

  17. Wahhh logo blognya sudah ganti yaa, dulu penuh dengan nuansa pink pink gitu wuehehe, udah lama banget ga mampir kesini lagi yaa, inspirasi banget nih ;D

  18. anakku kalo tau aku pegang hape trus diambil hapeku ditaruh di meja, dia kek tau kalo aku bisa2 lama ngeliatin hape. Huhuhu kadang itu pas nyuri2 waktu untuk edit tulisan dikit, tapi yaaa gimana lagi itu salah satu dukanya setelah si baby lahir. Tapi semua harus ada yang jadi prioritas dulu, jadi ngeblog belakangan kuselipkan di jam2 anak pas tidur aja walaupun jadinya aku begadang huhuhu *curcol deh*

    1. Naaahh nanti aku juga bakal beradaptasi lagi. Ini aja juga masih tahap adaptasi dengan kehidupan sbgai istri. Yang mana memenuhi kebutuhan rumah dan suami dulu baru bisa ngeblog. Kalau ada suami gabiaa ngetik wwkwk… soalnya pasti diajak masak-masak mulu.

  19. Jadi Blogger Kok Bangga, Sih? says:

    […] Baca Selengkapnya […]

  20. Asik banget ya mbak kalau hobby bisa dibayar gini. Alhamdulillah aku juga sudah merasakannya walau gak sekeren mbak banget. Musti kudu banyak belajar nih. Makasih sharingnya ya mbak. Tulisannya selalu lengkap. Terus menginspirasi. Ditunggu tulisan seputar marriage nya hehe. Salam, muthihauradotcom

  21. Omzetnya tambahin angka 0, satu aja udah Vind. Hehehe… 100 juta!!

    1. Wadaw.. lebih banyak ketimbang 80 juta semoga deh bisa…

  22. Annafi says:

    “Lingkar pertemanan kebanyakan parenting semua, jarang tersupport karena beda niche.”

    Ini aku banget, tapi enak juga ngomongin tentang kesehatan ibu, anak juga istri buat bekal kedepannya

    nanti kan Vindy juga jadi mahmud, uwuwuwuw

    1. Iya sekarang sedang menjajaki itu hihi…
      Sering baca kok kadang-kadang yang aku tertarik topiknya. Tapi aku jadi agak tersisih, karena ketika share jadi kaya nggak masuk ke niche mereka. Jadi pesimis mereka akan tertarik hahaha…

  23. Sangat inspiratif, semoga resolusinya tercapai kak

    1. Terima kasih Dianisa 🙂

  24. Buat saya, manfaat non materi lebih banyak, salah satunya bisa lebih duluan tahu akan suatu issue daripada teman-teman lainnya. Dan kita bisa berbagi informasi dengan mereka. Ketika ada orang ngajak ngobrol kita jadi gampang nyambung karena tahu banyak hal.

    1. Iya, non materi seperti berbagi ilmu juga saya rasakan dan itu indah sekali rasanya…

  25. Hahaha, ngakaks pas liat 80juta yang dicoret itu Keren lho blogmu memberi manfaat dan menghasilkan. Semoga terus semangat. Ditunggu post tentang babynya Aku sih jujur dari dulu sampai sekarang blog hanya sekedar sharing dan memuaskan hasrat menulis. Jadi memang gak dapat penghasilan apa-apa dari sana. Tapi kalau ada yang baca ya aku senang juga

    1. Hahaa… iya 80 juta ketinggian yaa…
      Betuull.. dulu kayanya kita temanan pas tahun-tahun lama gitu kan. Dan itu isinya ya memang curhat ajaaa…

  26. Ghina says:

    Baru mampir terus kok suka sih bacanya, serasa baca curhat di diary. Hehe. Saya sejak 2012 blogging tp disembunyiin, akhir thn kmrn baru brni di share dan ternyata bnyk bgt itu keuntungannyaaa. Nyesel kenapa ga dr dulu yaaa. Huhu.salam kenal mba vindy, semoga kehamilan ibu dan bayinya sehat semua. Ghina

    1. Hehe emang isinya curhat wkwk…
      Iya di satu sisi aku merasa beruntung sudah start duluan. Meski sekarang jadi ikut bersaing juga akhirnya.

  27. wowowowo, lengkapppp. Suka dukanya itu kayak list yang panjanggg banget ya Vin, hehehe. Dan memang tren ngeblog itu dari tahun ke tahun kayak beda aja ya, jadi kitanya juga semangat untuk ningkatin kapasitas diri meski aku juga masih baru sih seriusnya 🙂 Semangat bumilll, hayuk ditunggu kategori barunya^^

    1. Tapi masih banyak sukanya mbak haha…
      Meski sudah lama pun, tetep kudu bisa bersaing dengan yg baru. Itu tantangannya.

  28. wuaa, kenal blog sudah dari 2007.. aku mah apa atuh tahun segitu? whahahaha…
    aku kenal blog baru tahun 2010… ngeh apa itu ngeblog ya baru akhir 2015

    nyesel hlo, kenapa enggak kenal blog dari dulu sih? hehehe

    1. Iya, akhir tahun 2007 itu aku masih kelas 1 SMA kayanya sih haha… Udah tertarik dunia kepenulisan sejak SMP.

  29. Yesi Marici Wirausaha Baru says:

    Wah seneng, logo Marici ikut mejeng disini. Yg bikin seneng ngeblog itu, kita jd (harus) update terus info terbaru, akhirnya wawasan nambah terus. Sejak setahun terakhir sy urus website olshop sendiri, eh lumayan bnyak yg nyangkut. Mrka order produkku krn nemu dr Google. Jd sadar sy gak segaptek yg dipikirkan. Haha. Hal itu salah satu yg memotivasi utk kembali ngeblog. Sayang juga sempat vakum ngeblog lama. Huhu.. skrg mau mulai di fokuskan lagi. Sering berkunjung kesini yg bikin tambah semangat. Sbb dulu awal2 ngeblog, mba vindy nih masih awal2 ngeblog juga. Masih SMA mba vindy nya. Hmm lama jg ya, kita kenal kurang lebih 7thnan sampai 2019 ini. Beda nya, sy masih gini2 aja di dunia blogging, mba vindy udah melesat jauh. Wussss

    1. Tapi bisnis Teteh sudah melejiiiitt.. aku juga bangga sama kegigihan Teteh. Kita sama-sama menghadapi era digital bersama, Teh!

  30. Nggak ngerti harus komen cemmana Dek. Ini semacam pengingat zaman pertama ngeblog yang isinya cuma curhatan alay dan nggak jelas, inget banget pertama kali dapat job review Priceza juga lewat kamu, sampe yang sekarang Alhamdulillaaaahhh ada kemajuan karena link pertemanan yang semakin luas.

    Semoga pelatihan besok bener-bener jari langkah awal (meski bukan awal juga hehehehe). Bisa mengambil banyak hal positif dari postingan ini.

    Thanks Pindy suka deh bacanya.

    1. Iya mbak, ini juga sebagai reminder dan evaluasi diri. Ternyata aku bisa. Dan artinya bisa lebih dari ini.

  31. “Apa alasanmu bertahan di Blog?” Jujur saat ini Blog hanya untuk uang mbak vind, tepatnya sejak akhir 2012 sampai sekarang. Beda sama 10 tahun yang lalu (sekitar 2008), Blog untuk sharing tanpa pernah mikirin dapet uang dari sini hehe (aku kayak udah pernah cerita gini)

    Setahun belakangan ini sejak lulus kuliah aku jadi full-time Blogger rasanya seneng & bangga tapi ada beberapa hal yang gak enak. Bangganya punya banyak waktu dirumah, pas orang-orang bangun pagi langsung berangkat kerja pulang sore, aku masih bisa leyeh-leyeh dirumah. Pas orang lain harus ngatur jadwal kalo pengen ketemu, aku bisa ditemui kapan aja. Gak enaknya, kebiasaanku berubah total. Jadi sering begadang + bangun siang, seringan di kamar ngadep laptop, jarang sosialisasi sama tetangga, dan Ya sebagian orang tua (tetangga, saudara (bukan dari keluargaku), orang gak kenal) mandang sebelah mata. “Kerja kok dirumah terus”; “Kerja kok di depan laptop terus”; “Kerja apa? Ngeblog? Freelance ya?” (freelance yang dimaksud serabutan = kerja nya gak jelas / masih nyari-nyari). Kadang aku minder trus minggir kalo ada orang yang ngomongin soal kerjaan karena dari pengalaman-pengalaman tadi rata-rata mereka gak ngerti kerjaan Blogger / content creator. Padahal duit AdSense kalo dibandingin sama UMK kota besar sekalipun ya bisa lebih hehe

    Bisa dibilang sampai Januari 2019 ini aku masih ngurusin Blog tapi jujur saat ini aku lagi setengah mager atau nyaris vakum. Terakhir bikin artikel itu 1 November 2018. Bulan Oktober aku ikut pendaftaran CPNS dan akhir Oktober – Januari itu lagi padet-padetnya jadwal (mulai dari test SKD, SKB, pemberkasan, dll). Alhamdulillah sejauh ini aku masih lolos ngikutin semua test sampai tahap akhir. Dalam kurun waktu tersebut aku sama sekali gak bikin konten. Bukan kok males, tapi entah rasanya ga bisa konsen. Waktu itu aktivitasku cuma belajar dan nyiapin diri buat ngikutin semua test sambil mantau trafik Blog + AdSense dan lucunya sampai bulan ini masih segitu-segitu aja hampir ga ada perubahan.

    Planning Bloggingku tahun 2019 ini,
    1. Berhenti jadi full-time Blogger, njadiin Blogging sebagai pekerjaan part-time
    2. Fokus bikin konten karena 2018 kemarin aku ngrasa gak maksimal banget / banyak mbuang waktu
    3. Nurunin ranking Alexa ke 200 ribuan. Padahal pas sering update dulu sempet tembus dibawah 500 ribu

    Resolusi lain,
    NIkah (aamiin)

    Semoga target tahun ini terwujud semua mbak vind. Good luck

    Maaf curhatnya panjang

    1. Itulah, Yusron… aku nggak jadiin Blog sebagai full time. Karena dukamu ya pernah kurasakan. Iya banget, gaji dari Adsense itu bisa gede kalau diseriusin. Dan kita kudu siap dibilang main teroooosss di depan layar haha!
      Tapi bagi mereka yang memutuskan untuk full-time itu juga ga salah. Selama mereka bisa menguasai dirinya sendiri. Kalau aku nggak bisa. Tapi aku bangga bisa memegang 2 dunia sekaligus. Dunia kerja kantor dan dunia digital.

      Aku suka resolusimu. Bagus! Itu pilihanmu dan semangat! Menikah yaaa amin!

      Kamu adalah salah satu kawan blogku yang dulunya rajin mampir di sini dan akhirnya masih berkawan. hahaha… Tahun lawaaasss

  32. hey hey itu kenapa 80 jutanya dicoret. masio ndak dicoret loh ndak popo. yang doain banyak kok, hahaha

    iya sih, dukanya ya itu… nggak bisa lepas dari gadget. harus terhubung terus. jadinya kayak candu

    1. Haha.. gimick, Ros… kalau kejadian ya Alhamdulillah….. Nah kan… kadang jenuh loh mantengin sosial media. Bisa bikin racun kalau nggak dikontrol.

  33. wahhh 1,3 M views, ini target yang luar biasa, berarti sebulan nyampe 100k views dong mbak,,, hehehe… masih jauh banget sama blog saya yang sekitaran 40k views perbulan via statistik blog, kalau lewat google analytic pasti lebih rendah deh…

    Karena udah duluan start jadi merasa lebih untungnya, lebih dikenal saya digital agency dan banyak yang mau ngajak kerjasama… saya juga pengen dapat kerja sama, ini tahun ke 2 saya di BlogSabda, tapi kalau sejarah ngeblog udah sejak 2010… pengen juga dapat sponsor post, karena saya masang target penghasilan blog untuk tahun ini yang cuma ngandalin GA doang

    1. Iya, saya termasuk yang beruntung dapat curi start duluan. Saya akuin itu. Dan saya tidak mau menyia-nyiakan itu. 🙂
      Semangat! 40k per bulan via blogpost itu keren loh!!! Siapa bilang jelek… coba deh cek statistik Google Analitycs-nya…

  34. terakhir ane komen pakai BP ia sekarang sudah pakai WP baguss , kemajuan berarti bayar kabeh baik domain dan hosting .. revolusinya keren mbak satu ini ane salah satu penggemar sepertinya ..enak dibaca dan visualnya bagus ini .. walau ane newbi dari blog mbak vindy makin ter inpirasi bahwa satu hari harus buat artikel 10 biji 😀 yang 7 dikerjaian orang tapi 😀

    Sebauh DA PA memang banyak pengaruhnya ia untuk sebuah riview dan konten placement , untuk keyword bagus skrng di blog ini yaitu tentang ertos dan aku blogger , untuk yang kedua sepertinya menarik untuk di buntutti 😀 , bercanda ia mbak heee

    Salam kenal dari anak pedalaman Magetan

    1. Tau aja keyword yang lagi unggul di post ini apa. Haha…
      Aku juga sebenernya jadi begini karena terinspirasi juga dengan blog orang-orang. Ya itu tadi.. persaingan semakin ketat dan mau nggak mau kita harus berubah. Pelan tapi pasti… 🙂

  35. Tambah lahh kategory marrige.kann
    udah ada suami nih .berarti aku ngikutin dr zaman kamu masih lajang ya ndi ..

    1. Iya, kan baru menikah 2018 kemarin hihi….
      Iya mbak, ini nambah kategori Mariage sebentar lagi…

  36. Hi Vindy, salam kenal saya tirta. Klo suatu pekerjaan yang berlandaskan hobi, akhirannya selalu panjang, meskipun prosesnya juga gak kalah panjangnya. Btw, semoga resolusinya dapat terwujud dengan baik..

    1. Betul, itu sebabnya hobi ini tidak kubuat kegiatan utama. Karena ketika seluruh hati saya di sini semua, ke mana aku harus melampiaskan kejenuhan ini?
      Blog akan menjadi ‘pelampiasan spesial’ buatku 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.