Inspiratif OPINIKU

JFC 14th “OUTFRAME” di Jember 26-30 Agustus 2015


Jember Fashion Carnaval 2015 - OUTFRAME
Jember Fashion Carnaval 2015 – OUTFRAME
Bulan Agustus adalah bulan besar untuk Kota Jember. Kotaku, kota kelahiranku. Selain menyambut bulan kemerdekaan Indonesia, Jember menyebut juga bulan Agustus adalah ‘Bulan Berkunjung Jember’ atau biasa disingkat BBJ. Untuk tahun 2015 ini istilahnya ‘Jember untuk Dunia’.

Jember setiap tahun di bulan Juli-Agustus akan menggemparkan Indonesia bahkan dunia dengan keunikannya. Sudah pernah denger dong yang namanya Jember Fashion Carnaval atau biasa sebut JFC.
Tahun ini adalah tahun ke-14. Wow udah remaja aja nih. Aku tahu ada JFC di kotaku sendiri ini waktu JFC masih umur 3 tahun. Ke alun-alun desak-desakan, lihat karnaval busana yang berbeda dari karnaval yang sudah biasa dikeluarkan Indonesia.
Biasanya kan diikuti oleh pelajar dan instansi. Pakai baju tradisional, baju profesi, tari-tarian, sampai pawai kendaraan hias. Di Jember juga masih kok mengeluarkan karnaval sejenis itu. Ada pula JCC alias Jember City Carnaval. Yang diselenggarakan bukan siang hari melainkan malam hari. JCC tahun ini nggak ada sih.

Aku pernah ikut JCC, nari tradisional bawa gendang dari post START sampai Alun-alun Jember sekitar 3,6Km. Seru banget! Meski kaki langsung bengkak. Ya gimana nggak bengkak, jalan sambil nari, berhenti di post-post tertentu, nari, jalan lagi. Tapi asik banget!
By the way, aku pernah ikut JFC juga sih. Tapi cuma sampai latihan doang pas tahun 2005. Ikut di tema Archipelago. Diajarin jalan catwalk, pakai koreografi, tapi nggak ikut tampil. Hehe.

Jember Fashion Carnaval

Adalah sebuah komunitas atau lembaga yang bergerak di bidang fashion internasional. Khas fashionnya unik yaitu dibuat dari benda-benda bekas yang didesain ulang secara profesional sehingga fashionnya jadi WAW.

Tema 2015 – OUTFRAME

Ada 10 tema yang diusung oleh JFC tahun 2015 ini. Tema OUTFRAME masih memiliki 10 defile lagi. Alias masih ada 10 kategori OUTFRAME yang bisa disaksikan. Kesepuluh defile tersebut adalah:

MAJAPAHIT
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Majapahit
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Majapahit

 

IKEBANA
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Ikebana
FOSSIL
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Fossil
PARROT
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Parrot
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Parrot
CIRCLE
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Circle
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Circle
PEGASUS
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Pegasus
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Pegasus
LIONFISH
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Lionfish
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Lionfish
EGYPT
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Egypt
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Egypt
MELANESIA
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Melanesia
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Melanesia
REOG
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Reog
Jember Fashion Carnaval 2015 Defile Reog
 
Itu dia beberapa fashion theme yang bakal memanjakan mata dunia. Percaya nggak kalau semua yang dipakai dari benda-benda yang ada. JFC sudah berhasil mencuri hati para penikmat fashion di seluruh dunia. Ini sudah go internasional, loh!

Jember Fashion Carnaval 2014 – TRIANGLE (Dyinamic in Harmony) Theme

Bagi yang belum pernah lihat langung dan penasaran seperti apa sih Jember Fashion Carnaval itu, saksikan JFC 2014 TRIANGLE Theme berikut ini. Tema Triangle (Dynamic in Harmony) ini terdiri 10 kategori. Diantaranya:
(1) Phonix, (2) Pine Forest,
(3) Apache, (4) Borobudur,
(5) Flying Kite, (6) Wild  Deer,
(7) Stalagmite, (8) Chemistry,
(9) Mahabrata, dan (10) Tambora

 

 

Inilah
Jember Fashion Carnaval 
yang memukau dunia!

19,352 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

27 Comments

  1. Meykke Santoso says:

    Jember fashion week emang keren…suka diliput ditipi jugaaa..walopun kaki sampe bengkak bengkak tapi worth it ya mbak..kapan bisa iiutan liat juga..bangga pasti jdiorng jember..apalagi jadi mbak mbak dan mas mas yg ada di foto2 itu noooh..bagus2 emang rancangannya, no wonder klo udah menembus internasional.:)

  2. Keren banget kostumnya. Tapi aku kurang suka kalo lihat fashion show gitu. Tapi suka kalo lihat yang tari-tari dan seni-seni daerah. Keren banget lah Jember, ada event besar kayak gini. Di kotaku sih nggak ada. Maklum kota kecil. Semoga aja ada event besar kayak gini ntar.Nanti deh aku lihat juga, di koran tapi.

    1. Ntar kalau udah ada yutubnya, aku post di blog deh.. biar nggak pada penasaran ^^

  3. duh kereeen .. mau liat desain bajubajunya etnik dan hitzz banget 😀

    1. Emang unik banget! Keren… ini semua dari benda yang ada di sekitar kok.. 🙂

  4. Wah Seandainya TAJEM dikombinasi dengan JFC, lebih mantab ya mbak. tapi pesertanya yang teler. hahahahaha

    1. Please… TAJEM itu 30km…, aakkk….

  5. Lulu Andhita says:

    Jember Fashion Carnaval?? Aku malah baru taunya skrg._. Yg acara anang ashanty aku gan nntn soalnya. Kalo ada karnaval gini jd inget yg di film Rio deh, seru banget tuh emg 😀 Arak2an pake mobil yg di hias2, pake kostum, trs nari2 gtuu.. Kalo di Rio jg malem ya. Bagusan malem sih klo aku blg.. Gak panas jg jdnya.Ah, enak banget di kotanya ada acara karnaval besar2an gini. Di kotaku gak ada:( Kirain aku malah di Indonesia gak ada karnaval gini, trnyata ada toh.. Asik jg tuh kak Vindy bsa ikut ngeramein. Capek banget pasti ya udh jalan jauh, sambil nari2 pula.. Tapi seruu banget laahh itu pastiiii!!! :DItu yg JFC 2005 udh latian tp knapa gak jd ikut kak??

    1. Yup…, aku juga inget film RIO. Sehati banget kita, Lu! Hihihi…Ya nggak ikut karena kayanya aku nggak sanggup boyong properti di badan hahaa… males juga sih. Ribet kayanya. >.<

  6. Erick Paramata says:

    Wah pernah lihat nih di TV, yang ada Anang sama Ashanty diarak gitu ya? *ehdekdeng haha.. Soalnya wktu mereka bikin pesta di jember kalo gak salah ada karnaval-karnavalnya gitu. Pernah baca-baca soal JFC, katanya kemeriahannya sama kaya. Karnaval kek gini di Brazil, ada tari-tariannya. Makanya jadi daya tarik wisatawan mancanegara. Kerenn…. Pengen sekali-kali merasakan kemeriahannya. 🙂

    1. Thats right! Setara dengan karnaval di Brazil… Seneng banget kamu juga tahu karya Indonesia yang satu ini! Hahaha… yaa.. pas Anang dan Ashanty itu ya.. ada memang. Dikeluarin tapi nggak semua.

  7. Vin…. Kenapa acara keren gini, jarang di sumatera ya? Coba Riau sesekali jadi tuan rumah acara kek gini. Kan lumayan, gue bisa… AhsudahlhBanyak gambar yg jelas pengen banget gue tonton dan pic, tapi apalah daya lokasinya jauh banget vin..Bilang ke panitia sesekali mampir ke Riau ya…

    1. Haha.., undang aja dari Riau, Ya… asal dibayar aja sih hihi

  8. ini acaranya keren yagambar-gambarnya juga gitu. keren. kreatif, unik. yang desain itu orang prefosional kah?salut deh sama acara kayak ginitspi di jember ya. jawasaya palembang loh… jauh

    1. Iya, Ra… jauh ya dari Palembang ke Jember. :(Gak apa…, tunggu aja beritanya di televisi/koran. Iya yang desain orangnya profesional. Udah hampir setara dengan carnavalnya Brazil. Ya kaan… ^^

  9. Anonymous says:

    Keren2 banget pictnya.. Ada yg kayak Ksatria lagi.. Saya suka yg Pegasus sama yg Egypt.Jadi pengen liat kesana langsung..

    1. Iya…, keren banget! Bikin gini ini katanya hasil rombakan beberapa konsep loh! Udah jadi, dirombak lagi sampai akhirnya fix. Kalau mau lihat langsung bisa ke Jember. Masih sampai tanggal 30 Agustus 2015 kok 😀

  10. Ya ampuuun, aku blm pernah ke Jember dan baru tahu ada acara semenarik ini. Keren. Vin, kamu ikutan event nulis #30HariKotakuBercerita gak? Itu bisa bahas soal Jember di bulan September

    1. EH, baru tahu ya? Kece loh, tinggal tunggu beritanya ajaa….

  11. Rhiski Aprilianto says:

    ini acara yg ditunggu-tunggu setiap tahun..hahahasayangnya aku belum pernah lihat, cuma bisa baca di koran… buahahahahhakapan-kapan kalo diberi kesempatan pengel lihat acara ini.

    1. Iya, ditunggu-tunggu setiap tahun. Kamu ngikutin juga ya.. 😀 Tunggu aja beritanya di tivi dan koran. Pasti tahun ini nggak kalah keren dari tahun sebelumnya.

  12. Rizki Ramdhani says:

    Hai kak Vin, apa kabarnya nih duh lama gak nongol blognya..Jaid kak Vindy orang Jember, tetangaan sama Anang dong. Eh aku pernah liat JFC dari TV sih, kostumnya keren-keren sih. Ada yang daur ulang dari sampah juga waktu itu. Keren-keren ya, kalo bisa kesana deh buat nonton langsung sayangnya jauh dari sini.

    1. Hehe… iya tetanggaan. Tau aja. Sama Dewi Persik juga tetanggaan. Oh sama Opick juga. Kalau Anang sering ke kantor.Iya, betul. Dari barang daur ulang. Seneng banget kamu tahu produk Indonesia dari Jember ini. Yeay! Bangga yaa… udah go internasional sih.

  13. Febrian Rahman says:

    wow JFC udah go internasional , keren banget bisa membanggakan indonesia di mata dunia ! sukses terus deh buat acara ini 🙂

    1. Yup.. udah go internasional ini. Keren kan… ini jadi pencetus fashion carnaval di beberapa tempat lainnya.

  14. Keren banget kak.

    1. Iya dong…, Jember nih! ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.