Asyiknya Keliling Jawa dengan Menaiki Kereta Matarmaja yang Ekonomis Dan Praktis

Perjalanan keliling Jawa merupakan petualangan yang pastinya menyenangkan untuk dilakukan. Nah, dari berbagai alternatif kendaraan, maka tidak ada salahnya untuk pakai kereta api Matarmaja yang merupakan salah satu kereta api yang penuh dengan kepraktisan dan petualangan.

 

Sekilas tentang kereta api Matarmaja

Matarmaja adalah kereta ekspres kelas ekonomi dan telah melayani penumpang dari 28 September 1983. Matarmaja sendiri merupakan singkatan kota-kota utama yang telah menjadi tempat perhentian kereta ini seperti Malang, Blitar, Madiun, hingga Jakarta.

Waktu tempuh dan rute dari kereta Matarmaja yang ekonomis dan praktis ini termasuk terpanjang yang ada di Indonesia, yang dimulai dari stasiun Malang ke stasiun Pasar Senen, atau sebaliknya. Untuk kita yang akan menyusuri semua jalurnya, maka bersiaplah untuk menempuh perjalanan 881 km (sekitar 16 jam serta 43 menit untuk masing-masing dari rute utama).
Matarmaja sendiri terdiri dari 8 gerbong penumpang, gerbong bagasi, dan sebuah gerbong restoran.

Memiliki 106 kursi penumpang, yang dilengkapi tirai hingga dinding dengan peredam suara. Didalamnya juga terdapat penyejuk udara dan fasilitas pendukung standar, salah satunya alat pemadam kebakaran ringan. Nah, di sepanjang perjalanan kereta Matarmaja akan melewati 24 stasiun, dari mulai barat ke timur maupun sebaliknya.

Stasiun-stasiun tersebut yaitu stasiun Pasar Senen, Pagaden Baru, Jatinegara, Cirebon Prujakan, Babakan, Jatibarang, Tegal, Semarang Tawang, Pekalongan, Solo Jebres, Madiun, Paron, Nganjuk, Kediri, Kertosono, Wlingi, Blitar, Ngunut, Tulungagung, Kesamben, Kepanjen, Sumberpucung, Malang, dan Malang Kotalama. Melihat rutenya yang panjang dan jumlah terminal yang disinggahi, sehingga tidaklah mengherankan jika kereta api ini banyak dipilih oleh orang-orang untuk menjelajahi Jawa dengan biaya yang ekonomis. Meskipun hanya mengandalkan kereta ini, namun anda masih bisa mengakses berbagai tempat menarik yang ada di setiap stasiun persinggahan.

 

Hal-hal yang bisa anda nikmati saat di dalam kereta Matarmaja

Memang kereta api Matarmaja ini merupakan kereta ekspres murah, namun untuk kita yang merupakan pecinta petualangan, maka ada beberapa hal yang dapat anda nikmati ketika bepergian menggunakan kereta api ini. Salah satunya adalah melihat pemandangan Semeru. Nah, rute Matarmaja yang melewati gunung Semeru ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk melihat pemandangan gunung ini dengan jelas, terlebih lagi ketika cuacanya sedang cerah. Pemandangan yang ada di sekitar gunung begitu indah ketika dipandang dari dalam kereta. Yang terpenting adalah jangan lupa agar menyiapkan kamera ya untuk memotret pemandangan gunung tersebut!

Untuk kita yang melakukan perjalanan di malam hari yang melewati Semarang, maka jangan lewatkan untuk melihat pemandangan khas dari sungai yang disebut juga dengan Venice van Java. Tentunya sebutan Venice van Java ini diberikan oleh seorang yang berasal dari Belanda dikarenakan kondisi geografis Semarang yang dilalui banyak sungai. Sungai ini pun mempunyai lampu-lampu yang indah dan jembatan untuk menciptakan panorama yang romantis.

Selain itu, rute perjalanan kereta api Matarmaja ini melewati dua buah terowongan, dan terowongan ini dibangun pada zaman Belanda. terowongan-terowongan tersebut adalah Eka Bakti Karya yang memiliki panjang 400 m dan Duri Bakti Karya yang memiliki panjang 850 m. Menaiki kereta yang dilewati oleh terowongan tua jelas sebagai sensasi yang luar biasa dan tak terlupakan, terlebih lagi untuk anda yang merupakan jiwa petualang.

Setelah tiba di stasiun, tentunya setiap stasiun yang akan menjadi persinggahan dari kereta api ini menawarkan keunikan budaya dari daerah setempat, begitu juga dengan makanannya. Untuk kita yang merupakan penggemar wisata kuliner, maka anda dapat menemukan berbagai penjual makanan hingga jajanan yang ada di sekitar stasiun. Bagaimana dengan harganya? Tenang, kita tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau, dengan begitu hal ini dapat menjadi alternatif terbaik untuk penahan lapar ketika hendak turun dari kereta api.

Memang berkeliling ke pulau Jawa menggunakan kereta api merupakan petualangan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Kereta api Matarmaja merupakan pilihan transportasi darat yang dapat dipilih untuk anda yang melakukan perjalanan antara Malang dan Jakarta.

One thought on “Asyiknya Keliling Jawa dengan Menaiki Kereta Matarmaja yang Ekonomis Dan Praktis”

  1. Dari kecil saya selalu suka naik Kereta Api, sampai sekarang masih suka. biar lama tapi enjoy aja…artikelnya bikin saya merasakan atmosfernya heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.