TRAVELING

10 Landasan Pesawat Paling Berbahaya di Dunia 2019


Bandara merupakan pintu utama yang memiliki citra penting bagi suatu negara atau kota guna menyambut para wisatawan yang datang. Oleh karena itu, kondisi bangunan Bandara harus selalu tetap terjaga, bahkan diperlukan inovasi agar selalu memperbaiki kekurangan yang ada.

Namun, tau nggak di berbagai belahan dunia sana ada bandara yang punya landasan pesawat berbahaya? Tenang aja, meskipun memiliki landasan pacu yang berbahaya, tingkat kecelakaan di bandara-bandara ini sangatlah minim dan akan selalu menjadi bandara dengan tingkat keamanan yang baik di dunia.

 

 Bandara Internasional Princess Juliana, St. Maarten

Berada di pulau St. Maarten di Kepulauan Karibia, Bandara Internasional Princess Juliana memiliki landasan pacu yang cukup berbahaya bukan untuk para penumpang, melainkan orang yang lalu lalang di pantai. Lokasi landasan bandara yang berada di sekitar pantai yang rendah, membuat pilot harus melakukan manuver pendaratan yang cukup rendah.

 

 Bandara Internasional Gibraltar, Gibraltar

Bandara Internasional Gibraltar yang letaknya berada di pulau kecil di selatan Spanyol, juga memiliki landasan pacu yang berbahaya bagi masyarakat sekitar. Posisi bandara yang berada di tengah kota, mengharuskan pengelola membuat landasan pacu di tengah jalanan umum. Sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia, jalanan tersebut ditutup agar pesawat dapat mendarat dengan selamat.

 

 Bandara Internasional Madeira Cristiano Ronaldo, Portugal

Bandara di kota Madeira yang baru memiliki status internasional pada tahun 2017 ini memiliki landasan yang cukup berbahaya di dunia. Landasan pacu yang tidak terlalu panjang di Bandara Internasional Madeira Cristiano Ronaldo berada di sebelah tebing yang curam serta lautan lepas yang dalam. Namun, hingga saat ini belum ada kejadian naas yang terjadi di sana.

 

 Bandara Toncontin, Honduras

Salah satu bandara dengan landasan yang berbahaya dapat ditemukan di Honduras. Lokasi landasan pacu bandara yang tertutup pegunungan, mengharuskan para pilot bermanuver secara lihai untuk dapat mendarat. Meskipun memiliki kesulitan yang tinggi, pesawat komersial berukuran jumbo masih sering ditemukan mendarat di bandara tersebut.

 

 Bandara Nasional Reagan, Amerika Serikat

Menjadi negara maju, tidak menutup kemungkinan bagi Amerika Serikat memiliki bandara dengan landasan berbahaya di dunia. Berada di pusat kota pemerintahan Washington DC, Bandara Nasional Reagan menganjurkan para pilot pesawat untuk melakukan manuver ekstrem memutar sebelum melakukan pendaratan. Hal tersebut diharuskan sebab lokasi bandara yang berada di tengah-tengah markas CIA dan Pentagon yang merupakan zona dilarang terbang.

 

 Bandara Internasional John F. Kennedy, Amerika Serikat

Amerika Serikat ternyata masih memiliki satu bandara lagi yang masuk daftar sebagai bandara dengan landasan pacu berbahaya di dunia. Lalu lintas landasan pacu Bandara Internasional John F. Kennedy di New York yang selalu sibuk setiap saat, menghadirkan kemungkinan kecelakaan yang tinggi. Untunglah komunikasi antara pilot dan control tower selalu terjaga dengan baik, sehingga keselamatannya terjaga.

 

 Bandara Juancho E. Yrausquin, Pulau Saba

Berada di atas tebing dan di bawah pegunungan, Bandara Juancho E. Yrausquin di Pulau Saba, Kepulauan Karibia ini, memiliki landasan pacu berhenti menuju lautan lepas yang ganas. Kehadiran angina gunung dan laut yang kencang, memberi kesulitan untuk para pilot mendarat di sini.

 

 Bandara Paro, Bhutan

Satu-satunya bandara internasional di negara Bhutan ini dibangun di atas dataran rendah. Untuk melakukan pendaratan dari arah laut akan terasa sangat mudah bagi para pilot maskapai penerbangan. Namun Jika datang dari arah yang berlawanan, kesigapan dan keahlian para pilot tersebut menjadi hal paling penting, sebab sebelum mendarat pesawat harus turun dari ketinggian yang hampir menyentuh puncak pegunungan Himalaya.

 

 Bandara Gustaf III, St. Barthelemy

St. Barthelemy merupakan pulau kecil milik Prancis yang berada di Kepulauan Karibia. Sebagai salah satu surge bahari dunia, pulau ini membutuhkan bandara agar memajukan potensi pariwisatanya. Namun sayang, Bandara Gustaf III harus dibangun di atas dataran rendah dan memiliki landasan pacu yang sangat dekat dengan pantai, sehingga masuk ke dalam daftar bandara dengan landasan berbahaya di dunia.

 

 Bandara Internasional Wellington, Selandia Baru

Sebagai Ibukota Selandia Baru, Wellington diharapkan untuk memiliki bandara yang bagus. Meskipun memiliki bangunan bandara yang menakjubkan, Bandara Internasional Wellington yang berada di dataran rendah ini memiliki landasan pacu yang berakhir di perairan laut lepas. Menambah ketegangan saat mendarat, banyak sekali perumahan yang berdiri dekat sekali dengan pagar bandara.

 

Apakah temen-temen penasaran ingin mencoba mengunjungi bandara dengan landasan terbang berbahaya di dunia? Tapi keselamatan merupakan prioritas utama dari para pengelola bandara tersebut. Kalau temen-temen penasaran dengan bentuk landasan tersebut, cari info maskapai yang siap mengantarkan kita merasakan sensasi landasan ini salah satunya dangan cara cari info tiket pesawat Scoot yang bisa mengantar kita ke sana.

 

Jangan lupa untuk terus jaga keselamatan dan berdoa ya!

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.