Kuliner REVIEW

MaRiCi – Makanan Ringan Cianjur


Siapa yang nggak suka ngemil? Siapapun pasti suka ngemil deh. Aku? Suka banget! Apalagi aku yang badannya kecil begini, kudu sering ngemil supaya nggak makin kecil. Tergantung mood sih sukanya yang manis, asin, atau yang gurih. Bisa juga yang basah atau kriuk kering.

Tapi biasanya emang lebih suka yang kriuk-kriuk sih. Entah itu biskuit atau sejenis kerupuk. Seperti Makanan Ringan Cianjur yang bakal aku bahas kali ini.
Namanya MarRiCi yang merupakan singkatan dari Makanan Ringan Cianjur. Ada 3 jenis yang diberikan oleh MaRiCi yang terdiri dari Putumayang, Rengginang, dan Renggining. Kalau dari nama-namanya sih aku nggak begitu asing. Di daerahku ada juga Rengginang dan itu adalah camilan favorit Papaku juga. Rupanya ada juga oleh-oleh khas Cianjur yang rasanya nggak kalah gurih dari daerah sendiri.
Mari kita kenalan satu persatu dengan makanan ringan khas Cianjur ini. Siapa tahu kalian kesempatan datang ke Cianjur, dan bisa punya referensi untuk oleh-oleh 🙂

Kemasan:

Kardusnya menyerupai tas jinjing yang menarik dan memang cocok untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke Cianjur. Di dalamnya terdapat 3 gulungan yang masing-masing berisi 8 pcs kerupuk mentah.

 

Kemasa MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur

Cara Menyajikan

Jemur dulu kerupuk mentahnya -/+ 1 jam di sinar matahari yang terik.
Goreng dengan minyak yang panas dengan api sedang.

Putumayang MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur

Putumayang

Pertama kali dengar namanya mirip makanan tradisional Putu. Ituloh jajanan yang terbuat dari singkong dicampur gula merah yang dimakan dengan serutan kelapa dan gula. Tapi rupanya bukan itu. Putumayang ini sejenis kerupuk yang rasanya bukan seperti kerupuk. Nahlo gimana tuh…

 

Putumayang Mentah MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur
Kalau dari bentuknya mirip banget dengan kerupuk yang biasa kita makan kan? Warnanya pink tua ketika masih mentah. Tapi menjadi pink muda ketika digoreng. Rasanya ini seperti krupuk beras yang gurih. Kriuk-krikuk!
Rengginang MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur

Rengginang

Ini sudah sangat familiar di telingaku. Bagiku bentuknya sama seperti daerahku. berbentuk bulir beras ketan yang berwarna pink muda ketika mentah dan menjadi putih kekuningan ketika sudah digoreng.

 

Rengginang Mentah MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur
Rengginang yang kucoba ini rasa terasi. Dan ini yang membuat aku suka! Terasinya terasa banget! Papaku coba nih, jajanan favoritnya. Sudah bisa ditebak, nggak berhenti ngunyah saking enaknya. Satu tangannya pegang rengginang, satunya lagi juga pegang rengginang. Favorit!
Renggining MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur

Renggining

Naaaah, ini dia yang aku penasaran banget sejak awal. Mungkin karena aku terbiasa dengar istilah Rengginang, jadi dengan istilah Renggining ini jadi geli sendiri. Aku jadi ingat istilah Gus & Ning (semacam Abang & None di Jember).

Apa mungkin Rengginang ini ibarat lakinya, dan Renggining ini perempuannya ya? Ini aku drama banget, haha!

Renggining Mentah MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur

 

Jadi bentuknya sama sekali berbeda meski sama-sama berbentuk bulat. Bedanya, Renggining ini bentuknya tidak seperti beras ketan yang utuh, melainkan gilingan adonan tepung yang halus. Warnanya juga ada 3, yaitu pink, hijau, dan putih kekuningan menjadi satu.
Rasanya, aduhai ini enak banget! Gurih dan langsung jadi favorit. Kalau biasanya aku mengidolakan rengginang, sekarang tergantikan oleh Renggining. Persis seperti klaimnya:
 Ada ciri khas tersendiri rasa dari Ranggining ini yang sulit dijabarkan 
dan hanya bisa diketahui setelah dinikmati sendiri. 
Proses pembuatannya pun lebih rumit dari Putumayang dan Rengginang 
sehingga berpengaruh ke rasanya yang exclusive.
Memang harus mencobanya sendiri sih, supaya tahu rasa exclusive itu gimana. Tampilan ketiganya juga cantik ketika selesai digoreng. Ohya, untuk harga, nggak sampai 50 ribu kita bisa bawa salah satunya! Memang cocok untuk oleh-oleh.

Jadi…, mana yang membuatmu ingin mencoba?

MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur
Kontak MaRiCi - Makanan Ringan Cianjur

1,765 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

16 Comments

  1. wedeeeeh cianjur bnget niih.bentuknya itu lhoo yang cantik

  2. Danang Sunarto says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan serupa yang anda bisa lihat di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

  3. Di Cianjur Renggining kalau di daerah jawa Timuran namanya Rengginang. 😀

  4. AAAAA AKU CINTA BANGET SAMA RENGGINAAAAAAAANG Tertanda, penggemar berat rengginang

  5. latif anshori says:

    wah favorit itu rengginang mau sini bagi vin 😀 bagus ya kemasannya walaupun semacam makanan tradisional kalau dikemas kayak gitu jadi berkelas…. coba nanti beli marici 😀

  6. rengginangnya dari beras ketan atau apa ? soalnya ada juga yang dari beras nasi

  7. Adi Febrian says:

    Ada Putu Mayang euyyy. Tapi yang bikin gue penasaran sama kayak vindy nih yaitu Renggining itu. Gue baru dengar namanya nih vin. Katanya rasanya enak banget. Jadi pengen coba euy

  8. Noviyana Shiali says:

    Aku pernah makan putumayang tapi gak tau kalau namanya itu ternyata putumayang, taunya itu kerupuk :DTernyata selain rengginang ada renggining juga :O

  9. Enak ini aku juga sudah coba 😀

  10. Rizki Ramdhani says:

    Rengginang dan RengginingMereka berdua ini berjodoh makanya bernama sama, hehe..Sama sih yang dua disebutkan dari awal sudah pernah dengar dan coba tapi yang terakhir ini bikin penasaran. Tapi bentuknya cantik juga ya warna-warni gitu.

  11. Aggane Aryama Putra says:

    Woooouuwww baru denger nama makanan ringan putumayang dan renggining. Awalnya kira, putumayang 11:12 kaya jajan putu. Eh ternyata jauh banget. Hahahhahaha. Jadi, pengen pesan dan suruh bapak aku coba, siapatau kaya papanya vindy. Dijadiin makanan favorit.

  12. wah, ini jajanan yang sama direview si Pipit juga ya, camilan khas oleh-oleh dari Cianjur.KAlau Rengginang sih memang sudah nggak asing lagi, soalnya sering banget dijadikan jajan buat nyemil dan suguhan tamu. Rasanya rengginang ini juga gurih dan tentunya kriuk banget.Ternyata rengginang juga punya temen ya haha. aku penasaran loh sama putu mayang dan ranggining itu. kayaknya sih kalau dilihat dari gambarnya enak banget. apalagi yang ranggining itu proses membuatnya lebih rumit, pasti rasanya lebih enak.

  13. Achmad Muttohar says:

    Wuah penasaran sama semuanya. Biasanya sih kalau rengginang banyak di daerahku, tapi kalau yang rasa terasi gitu belom ada. Makanan tradisional kalau dikemas kayak gitu emang jadi punya nilai lebih ya? Cakep.

  14. Winda Carmelita says:

    Rengginang cowok, kalo renggining cewek Mbak hahahaha Aku suka rengginang, yg ada lorjuknya

  15. Rach Alida Bahaweres says:

    Wah, aku tahunya Rengginang asalnya dari Madura saja. Tapi kalau dari Cianjur malah baru tahu, mba. Makaish idenya mba 🙂

  16. Rizal Fahrosi says:

    Iya kayak krupuk. Tapu bukan krupuk(?). Jadi gimana tuhSesama makhluk kurus, kita bersyukur bisa ngemil sepuasnya tanpa takut gendut. Anugerah banget tuh 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.