niagahoster-memilih-hosting-terbaik
REVIEW Teknologi

Memilih Hosting Terbaik


Kenapa Memilih Berhosting?

Keputusan membeli hosting beserta domain untuk blog adalah keputusan besar buat saya pribadi. Dari saya punya blog tahun 2008 saya baru berani beli domain blogspot saya itu di tahun 2005. Tujuh tahun saya merasa betah dan kekeuh banget nggak mau beli domain atau hosting karena saya merasa belum konsisten menulis. Jadi saya merasa belum butuh hosting dan lainnya. Bahkan apa itu hosting saja saya nggak ngerti sama sekali. Ohya, bagi yang belum tahu, hosting adalah semacam wadah yang berisi file dan data blog/website. File website yang disimpan bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database.

 

Nah, di tahun 2015 ini blogger mulai marak lagi nih, otomatis saya jadi semangat ngisinya. Dibantu kawan untuk prosesnya. Tapi saat itu masih beli domain saja. Karena saya masih pakai platform blogspot. Menurut saya itu pilihan yang cukup baik, karena dengan modal beli domain yang dibayar per tahun saja saya sudah bisa mengkomersilkan blog saya.

 

Jadi kece banget alamat blognya: www.vindyputri.com

 

Ya, percaya nggak percaya sih rupanya dengan nama domain yang udah .com ini membuat saya lebih percaya diri kalau ada yang tanya nama blognya apa. Ditambah pemilihan tema yang ciamik, orang ngira saya punya website. Padahal ya blog personal biasa.

 

Mulai Nengok Hosting

Tiga tahun saya punya gengsi dengan domain, saya ingin ningkatin performa. Baik dari SEO, keringanan, hingga kemudahan saya dalam mengelola blog. Kumpul dengan para blogger di seluruh nusantara, saya tertarik untuk migrasi ke wordpress dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Ya… tentu nggak sesimpel blogspot. Tapi saya siap dan wala! Saya berani beli hosting untuk optimasi blog.

Dampaknya luar biasa berbeda. Iya sih, migrasi itu butuh energi yang banyak. Siapin waktu lebih. Sabar. Rela error juga, ya kan? Tapi membuat saya lebih mudah dalam segala hal. Punya hosting membuatku lebih menyadarkanku bahwa optimasi blog itu menyenangkan! Jadi aku bisa kontrol mulai dari postingan yang berisi gambar atau pemasangan plugin secara bijak.

 

Aku Butuh Kapasitas Berapa, Nih?

Selain memiliki hosting itu nggak semurah cuma punya domain doang, kegalauanku juga tetang menentukan berapa kapasitas hostingnya. Bagaimana bandwidth-nya. Beli di mana penyedia layanan webhost-nya? Servernya gimana? Tergiur sudah lama, tapi rasanya nggak mau salah pilih. Yaaaa secara biayanya per tahun lebih tinggi, kan? Saya rasa yang mikirnya begini juga bukan saya saja hihi…

 

Memilih Hosting

Sebelum saya benar-benar beli hosting, saya biasanya kepoin beberapa penyedia layanan hosting. Mencari mana Hosting Terbaik untuk blog. Buat saya yang penting:

  • Servernya sudah canggih.
  • CS-nya Mau ditanya-tanyain 24/7. Karena saya benar-benar nggak paham kalau harus melakukan ini sendiri. Takut jadi salah dan ambyar semua trafic di blog saya.
  • Kalau beli paket Web Hosting sudah sekalian sama domain (hosting free domain) dan SSL. Eh, SSL ini penting loh.
  • Aman dari serangan Hacker, spam, dan malware.
  • Instalasi WordPress-nya mudah. Soalnya saya benar-benar nggak paham setting cpanel hosting itu gimana.
  • Bisa ada garansi lebih bagus.
  • Dan yang penting, Harga Hosting murah. Beli pas lagi ada diskon gede-gedean hehe.
  • Bisa dibayar per bulan atau per tahun.

Setelah beberapa kepo, saya tertariknya di Niagahoster. Ini adalah hosting Indonesia. Kontraknya bisa 1 tahun atau 6 bulan. Dan penawarannya juga menarik. Sering diskon juga. Dan di situ juga sudah mendukung LiteSpeed Web Server.

 

Lite Speed Web Server

Mudahnya, kecepatan blog atau website jadi lebih baik. Kita yang pakai WordPress juga bisa pakai server web ini. Untuk menghemat bandwidth, sudah support GZIP Compression. Saya ngerasain sendiri pas optimasi blog dengan GZIP Compression, blog jadi lebih ringan dibukanya. Tenang aja sih, .htaccess juga masih bisa dibaca. Meski memrosesnya pakai sistem chache htaccess.

 

Tips Hosting Selalu Optimal

Kita udah pasang hosting dan domain nih, di blog. Tapi nggak lantas sekedar pakai juga sih. Kita harus secara berkala kontrol cpanel untuk lihat kapasitas blog tinggal berapa. Kita juga harus selalu waspada jika memang ada sebuah kendala di server. Saya akan berikan tips sederhana yang paling mendasar bisa dilakukan oleh blogger yang awam soal beginian.

  • Lepas plugin yang tidak perlu. Ini bener sih. Karena ketika kita install macam-macam plugin, dia akan membuat sebuah folder di cpanel. Semakin banyak ya semakin ngabisin kapasitas hosting. Sebelum kita pasang plugin, browsing dulu dia termasuk plugin berat atau tidak.
  • Pasang plugin image compress. Ini bisa jadi solusi buat kita yang mungkin sudah berusaha kompres gambar supaya size-nya lebih kecil tapi kualitas gambar tetap bagus. Tapi memang sih, disarankan size gambar tidak lebih dari 100kb. Supaya nggak makan kapasitas blog. Nah, pasang aja plugin yang ketika kita proses upload gambar di media, dia otomatis kompress lagi hingga paling optimal.
  • Optimasi gambar manual. Kalau memang nggak pengen pakai plugin image compress, kita bisa kok sebenernya compress gambar sendiri. Bisa pakai Photoshop yaitu dengan mengubah resolusi/ukuran gambar (jangan sampai pecah), dan save-nya menggunakan menu Save for Web. Dia akan otomatis terkompress tapi nggak begitu mengurangi kualitas foto. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi yang lain. Bisa lewat HP loh. Cari aja di penyedia aplikasi kesayangan kamu, search dengan kata kunci “Image Compress”. Silakan pilih deh…
  • Pakai tema yang nggak berat. Tren saat ini kan website/blog pribadi itu temanya yang simpel. Clean. Bersih. Nggak banyak widget yang bikin penuh di halaman. Karena semakin banyak elemen di depan, semakin bikin kecepatan loding blog kita jadi agak lama.

tips-memilih-hosting-terbaik

Mungkin itu aja sih yang bisa saya bagi. Buat kalian yang lagi galau mau beli hosting terbaik aku saranin, banyakin informasi ya. Sesuaikan dengan budget. Mungkin bisa langsung ke Niagahoster yang kusematkan link di beberapa paragraf di atas. Selamat eksplorasi ya!

105 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.