Merancang Merek yang Menarik

BRAND

Perlu diketahui, merancang merek atau brand yang menarik tidak hanya dalam waktu singkat. Perlu waktu yang lama untuk bisa merancang dan menentukan merek yang  menarik dan mudah diingat oleh masyarakat. Merancang merek merupakan langkah penting dalam brand development agar merek bisnis memiliki reputasi dan visibilitas dalam pasar. Untuk dapat merancang merek yang menarik, yuk simak hal hal yang perlu diperhatikan disini.

 

Mencerminkan Produk yang Ditawarkan

Mencerminkan disini memiliki arti bahwa brand yang dirancang haruslah benar benar selaras dengan produk yang ditawarkan. Biasanya merek yang tidak mencerminkan produk yang ditawarkan, kemungkinan akan membuat masyarakat menjadi bingung. Untuk itu, jangan sekali kali membuat nama merek yang tidak sesuai dengan produk. Banyak alternatif variasi untuk merancang merek, seperti mengunakan nama deskriptif, nama akronim, atau nama yang kreatif.

 

Merancang Merek yang Mudah Diingat

Dalam merancang merek, maka harus memikirkan apakah nama tersebut akan mudah diingat oleh masyarakat atau tidak. Sebab merek yang mudah diingat akan membuat produk selalu menjadi pilihan utama. Ketika akan merancang merek yang mudah diingat, ada baiknya untuk menggunakan kata kata yang simple dan friendly di telinga atau menggunakan perkataan yang lazim diucapkan. Anda bisa merancang merek dengan perkataan yang belum pernah ada, namun tetap mudah untuk diingat.

 

Nama Merek Singkat Dengan Maksimal 3 Suku Kata

Dalam merancang brand yang menarik, ada baiknya tersusun tidak lebih dari tiga suku kata. Hal ini dikarenakan memakai suku kata yang singkat akan memberikan kesan yang simple dan jelas, serta lebih mudah diingat oleh masyarakat luas. Hindarilah merancang nama merek yang panjang, pasalnya merek yang panjang akan sangat sulit diingat dan memerlukan promosi yang masif.

the-ordinary-product-line

 

Merek Harus Memiliki Hubungan Dengan Desain Logo

Ketika logo brand bisnis Anda memiliki unsur pesan yang kuat terhadap nama brand, maka brand bisnis akan menjadi lebih cepat diingat oleh masyarakat. Oleh karena itu, ada baiknya mencari nama merek yang disisipkan pada logo yang ingin digunakan. Tidak hanya itu, logo yang dibuat haruslah mengandung kekuatan brand bisnis. Brand development merupakan proses membentuk, menciptakan, dan memperkuat brand. Dan logo menjadi salah satu medianya.

 

Cek Nama Merek Di Search Engine

Agar terhindar dari penggunaan nama brand yang sama, maka ada baiknya cek nama yang sudah dirancang di search engine. Masukkan kata kunci pencarian dengan mengetikkan nama brand. Ada baiknya jika Anda memilih merek yang bersih dan terhindar dari copy right. Untuk itu, sebaiknya gunakan list atau daftar brand yang sudah dirancang sebelumnya untuk dilakukan pengecekan dan riset di search engine terlebih dahulu.

 

Memiliki Keunikan Tersendiri

Nama merek yang menarik adalah merek yang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan nama brand lain. hal tersebut baik untuk membuat bisnis memiliki image tersendiri. nama brand yang unik dan berbeda akan membuat masyarakat merasa penasaran dengan produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan, hingga kemudian ada saatnya mereka akan menjadi pelanggan setia bisnis.

apple-computer-desk-device

Demikian beberapa langkah yang tepat dalam merancang brand menarik agar produk atau jasa yang ditawarkan dilirik oleh masyarakat. Untuk bisa merancang sebuah merek yang menarik, maka harus dilakukan banyak riset terlebih dahulu dari berbagai referensi dan pilihlah yang terbaik dari kumpulan referensi tersebut. Dengan membaca ulasan ini, semoga Anda bisa merancang nama merek yang menarik agar produk atau jasa laku di pasaran.

 

Sumber Gambar: Pexels

136 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.