gojek-super-app-pasti-ada-jalan3
Teknologi

Kenapa Ojek Online Penting?


Saya termasuk yang nggak bisa kendaraan bermotor sendirian. Hm… sebenernya bisa sih. Sempet setahun bawa motor sendiri dari rumah ke kantor. Pakai motor listrik yang saya pribadi lebih berani ketimbang naik motor biasa. Itu lebih ke mental saya sih hehe… saya penakut sih orangnya. Setelah setahun bawa motor listrik, kecelakan. Trus motornya lagi eror dan belum dibenerin sampai akhirnya saya menikah dan suka dianter-anter sama suami.

Tapi kalau suami lagi sibuk yaaa…. bergantung banget sama ojek online. Rasanya ada ojol tuh jadi solusi terbaik buat orang seperti saya. Rumah saya di kota tapi saya tinggal di perumahan. Jadi kalau suami lagi jadi Bang Toyib yang kerja pagi pulang malem, yaaa… diapelin sama ojek online mulu haha! Saya juga seorang karyawan swasta yang masuk kerjanya sore. Bukan shift. Karena saya di divisi design di sebuah media massa harian pagi, ya emang sore-malam deh kerjanya. Butuh transportasi buat sampe ke kantor sore-sore menjelang magrib.

Gimana ya… my life was changed gitu deh!

Kalau dihitung mundur, saya sudah rajin pakai ojek online ini sudah sekitar 3 tahun lalu di kota saya, Jember. Gojek hadir di Jember sekitar tahun 2016 kalo nggak salah sih. Wuih, saya Happy banget! Begitu ada issue ada ojek online baru masuk Jember dan udah lihat seliweran jaket Gojek lewat sana-sini di jalan raya, saya auto-install di smartphone! Haha! Eh rupa-rupanya bener. Saat saya install tuh, udah ada beberapa armada berkeliaran. Saat itu juga pulang kantor malam, saya jajal Gojek pakai aplikasi.

gojek-super-app-pasti-ada-jalan

 

Pasti Ada Jalan

Sejak itu, setiap saya butuh cepet stand by di kantor atau sekedar nonton film tapi nggak ada kendaraan atau yang anterin, udah jelas touch aplikasi Gojek buat anterin saya. Sering banget saya tuh ngejar jadwal nonton di bioskop di jam pertama dan hari pertama. Yang kenal saya pasti udah paham kalau saya memang penyerbu film buat di-review di blog.

Kadang, eh… bukan kadang… seringnya tuh jam 10 bioskop baru buka dan itu jam-jam ramenya jalanan kota. Saya pribadi sih nggak jadi khawatir telat jam tayang. Soalnya saya bisa prediksikan 10-15 menit nyampe. Sekalipun lagi macet, gojek driver-nya paham jalan juga. Diajak cari jalan alternatif pokoknya bisa sampe ke tujuan tepat waktu tanpa harus panasan di jalan terlalu lama atau ngebut-ngebutan.

 

Nemenin Pas Hamil

Pas saya lagi hamil juga kebantu banget sama Gojek yang GoCar-nya. Saya jadi merasa lebih nyaman dan aman. Nggak gitu khawatir masalah biaya soalnya harganya masih masuk akal buat kantong saya. Apalagi pakai GoPay. Ya jadi lebih hemat juga. Suami nggak khawatir saya jalan-jalan sendiri ke mall atau jadwalnya berangkat kerja sore. Nggak percaya? Tanya aja sama Baby D yang sudah lahir nih, hehee…

 

Super App

Udah tahu kan ya, kalau Gojek ganti logo jadi lebih simple dan kece? Kemarin banget nih, aku naik Gojek yang udah lengkap atributnya pakai yang desain baru. Spontan saya nyeletuk, “Wah, pakai logo baru, ya Mas?” Mas driver jawab, “Iya, Mbak. Semua ganti baru. Maaf nanti kalau helm-nya masih keseretan. Soalnya masih baru.”

Haha…

Dari logo baru itu, ternyata Gojek kini sudah bertransformasi menjadi Super App terbesar dengan tiga platform: 1) Aplikasi Konsumen, 2) Pengemudi, dan 3) Pedagang, dengan berbagai cara untuk memudahkan keribetan. Menurut penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia tahun 2018, Gojek ternyata menyumbang 44,2 Triliun untuk perekonomian Indonesia! Keren banget ya!

Soalnya yang kulihat dari kacamata pengguna yang awam nih, Gojek memang memberikan dampak positif kok untuk beberapa pihak di antaranya:

Driver dan Customer. Driver dapat pekerjaan dan customer bisa menggunakan transportasi untuk pindah kesana-kemari (GoRide & GoCar). Bahkan untuk nganterin bumil ini (sekarang busui), ke mana pun yang dimau dan dibutuhkan. Contohnya pas itu, bumil pengen nge-mall, hahaha! #PastiAdaJalan

Pedagang. Wah… ini tombo laper-nya banyak perut di Indonesia yang mungkin sibuk buanget sama kerjaan atau lagi sakit misalnya. Saya dulu pas jadi bumil ngidam gado-gado tapi nggak ada suami. Ya pesen ke abang gojek (GoFood)! Hahaa… makasih ya…

Penyedia Jasa. Sekarang udah pada tahu kan Gojek ngeluarin Golife buat ngilangin pegel (GoMassage), bikin tetep cantik (GoGlam), rumah bersih selalu (GoClean), nggak bingung kalau lagi nyuciin mobil/motor (GoAuto), bantuin cuci baju juga oke (GoLaundry), Ada yang rusak elektronik di rumah (GoFix), belanjain ada yang lupa di dapur (GoShop & GoMart), anterin barang ke rumah temen atau pakai belanja online (GoSend), beli pulsa doang juga bisa ya ampun… (GoPulsa), bayar tagihan listrik (GoBills), nah ini sering saya pakai buat nonton bioskop tanpa harus antri di bioskopnya (GoTix), pernah bantuin kakakku beli games gitu juga bisa (GoGames) dan masih ada lainnya yang belum pernah kucoba sih seperti GoNearby, GoBox, GoDaily, GoMed, dan GoPlay.

gojek-super-app-pasti-ada-jalan2

 

Tips Aman & Nyaman Pakai Gojek App untuk GoRide yang jadi populer sering dipakai:

Pastiin Ada Battery di Smartphone. Minimal untuk bisa buka aplikasi, dapet driver-ya dan sudah dikonfirmasi via telpon/chat di mana bisa ditemui. Perkara nanti pas udah dijemput/pakai jasa smartphone mati, nggak jadi masalah. Kita dan driverjadi tenang dan nggak dikira tipu-tipu.

Tampil Biasa Aja. Ini sebenernya berlaku buat kita semua dengan fitur Gojek apa aja. Daripada memunculkan sebuah kesempatan untuk berbuat jahat, mending kita sendiri yang batasi diri. Pakai baju sopan dan tidak terlalu mencolok barang mewah. Simpan di tempat tertutup.

Kalau bisa sih, kita selalu capture identitas driver yang muncul ketika sudah ketangkap. Kirim ke kerabat seperti suami, sahabat, teman atau orang tua. Supaya jika terjadi apa-apa di perjalanan, mereka bisa lacak dengan dengan siapa kita di jalan.

Nggak pegang smartphone dulu ya. Ini juga berlaku untuk pengendara lainnya. Kejahatan bisa terjadi di mana-mana. Bisa juga dari pengendara lain yang melintas di sekitar kita. Tau-tau disaut aja! Kita lagi deh yang rugi.

Pakai Helm Jangan Sepelekan. Meskipun dekat, kita tetap harus savety riding! Musibah bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja termasuk ketika kita sedang berkendara dengan babang Gojek. Kan sama-sama manusia.

Pakai Masker Hidung & Mulut. Ini hal kecil tapi penting loh! Biasanya sih babang gojek nawarin masker. Tapi juga kadang enggak sih. Ini biar kitanya juga aman hidung dan pernapasannya selama di perjalanan.

Isi Virtual Money. Kalau pakai Gojek, paling untung memang isiin GoPay. Supaya kita anti ribet-ribet buat bayar cash dan biasanya banyak diskon/promo ketika kita bayar menggunakan GoPay.

Pakai Voucher. Kalau ada voucher, nggak usah segan-segan dipakai. Ini bermanfaat buat pengguna seperti saya yang bergantung banget sama ojek online Gojek ini. Jadi pengeluaran per bulan bisa semakin terkontrol.

 

Kalau kalian gimana, guys? Sering pakai Gojek, kan? Ngerasa kebantu banget nggak sih selama ini buat kebutuhan sehari-hari? 

Share, dong… 🙂

Sumber Gambar Dokumen Pribadi

45 total views, 1 views today

BACA JUGA

2 Comments

  1. anggi says:

    Saya pribadi lbh suka pakai ojol daripada taksi atau ojek pengkolan. Selain pesenya mudah tarif juga jelas + sering ada promo. Hheheheheh

    1. Betuul. Saya jug setuju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.