TRAVELING

Pemandian Tasnan Bodowoso dan Hutan Pinus – Kolam Renang Tanpa Kaporit


Akhir-akhir ini aku seneng banget renang. Di pertengahan Oktober 2017 aku diajak renang ke Pemandian Tasnan Bondowoso. Perjalanan kutempuh sekitar setengah jam lebih sedikit dari kota Jember. Dan sampai sini cuacanya kebetulan cerah banget!

Cocok untuk berenang!

Pemandian Tasnan Bondowoso

Terletak di Desa Taman Kecamatan Grujukan, Bondowoso – Jawa Timur. Kolamnya ada dua, untuk anak kecil yang ada perosotannya dan untuk orang dewasa yang lantainya terbagi 4 kedalaman yang berbeda dalam satu kolam.
Pemandian Tasnan Bodowoso
Aku hanya berani di dua kedalaman saja. Hehe… masih suka panik kalau kakinya nggak bisa menapak. Di kedalaman ketiga sih masih bisa jinjit tapi aku atut. Jadi yaaa aku cuma bisa PP renang di lebar kolam yang kedalamannya sedadaku.

Tanpa Kaporit

Awalnya aku urung naik karena cuacanya cerah cenderung panas. Sekitar pukul satu siang bok! Tapi kata Bapak pengelola yang punya sih ini tanpa kaporit. Dibuktikan dengan adanya ikan kecil-kecil kalau kita lihat pakai kacamata renang.Unyuk!

Pemandian Kolam Renang Tasnan Bodowoso - Tanpa Kaporit
Ohya, sedikit cerita, mungkin ada sekitar 10-11 tahun lalu aku ternyata pernah ke sini. Keadannya nggak sebagus sekarang. Nyaris nggak terawat, lumutan, tapi aku tetap renang aja di sana. Udah berasa mandi di kali sungguhan.
Seger, adem, dan jernih meski lumutan.
Dan kali ini rupanya semua berubah drastis! Bersih dan terawat. Lihat aja dari jauh, udah kelihatan beningnya kolam ya… di dalam situ ada little fish loh!
Pemandian Kolam Renang Tasnan Bodowoso
Karena klaimnya tanpa kaporit pasti ngaruh di rambut dong. Biasanya kelar renang rambut keset kering gitu, kan? Lepas renang dari sini enak-enak aja. Aku jadi suka renang tanpa kaporit. Nggak bikin sakit mata atau hidung.Baca Juga Camping & Outbond di Taman Botani Sukorambi Jember

Aku baru nemuin pemandian kolam renang tanpa kaporit ya di sini. Yaaa… kecuali kali atau sumber air terjun jelas tanpa kaporit.

Pemandian Kolam Renang Tasnan Bodowoso

Hutan Pinus

Spot lain selain kolam renang dan taman yang bisa dibuat duduk santai piknik sembari makan bekal, ada juga hutan pinus. Di sini sudah didesain seperti panggung outdoor dari kayu lengkap dengan tempat duduk penontonnya. Ini foto pukul 16.00 WIB.Eh, ada lampion-lampionnya menggantung di atas.

Hutan Pinus Tasnan Bodowoso
Ada tulisan I 💗 You juga loh!
Unik.
Banyak bunga pinus yang jatuh di tanah. Pernah lihat video klip lagu barat jaman lawas nggak?Nah, karena aku kebanyakan nonton video begituan, imajinasiku udah berasa ada di Amerika. Wk! Lah, mereka kan suka bikin video klip cewek/cowok jalan menyusuri pantai atau taman yang banyak pohon tinggi-tinggi. Dan biasanya mereka kalo nggak nendang-nendang air di bibir pantai, mereka pasti meraba daun atau ambilย bunga pinusย yang berjatuhan.

Ya kan?

Hutan Pinus Tasnan Bodowoso
Hutan Pinus Tasnan Bodowoso
Hutan Pinus Tasnan Bodowoso

Fasilitas

Selain kolam renang, taman, dan hutan pinus, beberapa fasilitas yang kita bisa dapat di sini adalah:
🏊 Lahan Parkir
🏊 Musollah
🏊 Kamar Mandi yang bersih bertegel
🏊 Air pancuran di kamar mandi untuk bilas
🏊 Setiap kamar mandi bilas ada semcam buk/tempat yang tinggi meletakkan pakaian kering
🏊 Tempat makan
🏊 Musik
🏊 Ruang tunggu yang nyaman
🏊 Wahana mainan anak-anak (ayunan, dll)
Tiket masuk: 10k per orang
Parkir: 2k per motor
Pemandian Tasnan Bodowoso dan Hutan Pinus - Kolam Renang Tanpa Kaporit
Jadi, berencana ke mana weekend ini?
Renang yuk!
Sumber Gambar: Times Indonesia | Dokumen Pribadi

2,869 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

26 Comments

  1. Lulu Shifa says:

    Iyaaa, dulu pemandian ini hampir gak keurus, bahkan nyeremin gitu. Tapi skrng udah cantik bangeett <3

  2. Ridho Zamroni says:

    bw ya kak

  3. Ridho Zamroni says:

    woowww suasanya kayaknya masih asri alami mbak, apalagi berada di hutan pinus. gw bosen d daerah gw blora jateng gak ada hutan pinus, adanya cuma jati doang hehehe besok klo ad waktu luang cocok nih bwt liburan kesana sambil ngevlog soalnya dari foto"mu instagrameble banget. hehehe

  4. Foto2nya puas banget Vinnnn, wkwkwk. Aku jadi pengen renang ih

  5. andrieoid says:

    airnya jernih banget dan pasti seger banget it yaa ๐Ÿ˜€

  6. WUih keren,tanpa kaporit! Enak sih kayaknya, natural, tapi kalo yang renangnya jorok2 itu bakterinya nempel ke kita. #katanyaDi daerah gue belum ada,mudah2an ntr ada biar bisa ngerasain. Serasa renang disungai kali ya? mantap….

  7. Ayun Qee says:

    Vind, udah pernah ke Patemon Tanggul? Dulu tanpa kaporit juga, gak tau jaman now. Wkwkwk….Btw, kalo mau ke Situbondo ngelewati tempat ini nggak sih? Pengen mampir ke hutan pinusnya.

  8. Anisa Ae says:

    Tempatnya segar dan adem tuh kayanya. ๐Ÿ˜€

    1. Airnya adem… tapi kalau cuacanya cerah cenderung panas memang. Tapi karena banyak pohon dan hutan pinus, jadi jatuhnya sejuk hehehe

  9. Paling seneng berenang di kolam renag yang tanpa kaporit. Gak bikin mata pedih. Selain itu aman buat anak2 ya mbak :DTFS infonya, sayang jauh hehe. Kalau ke sana bisa mampir ๐Ÿ˜€

  10. suga setiawan says:

    Wah, ada atlet.

  11. Wuih hutan pinusnya kece banget, bagus buat foto-foto hihi.Kolamnya jernih ya, segeeer.

  12. Isshhhh kalo ini deket mah, udah aku samperin bareng anakku mba ๐Ÿ™‚ . Yg suka berenang dia sbnrnya, tp kalo cm sekedar main2 air aja aku jg seneng, tapi ga pengen kalo siang bolong gitu wkwkwkwkw..

    1. Hihi, iya… nyenengin lihat kolam jernih yaaaa

  13. paling gak suka kalo berenang di kolam yang banyak kaporitnya, soalnya bakal ngabisin banyak shampo.tapi nona Vindy enak banget ya bisa berenang di kolam tanpa kaporit.di kota aku masih belum ada yang kayak gini.

    1. Iya, nggak bikin rambut kering kalau nggak pakai kaporit.

  14. wah asrinya bikin betah lama2 di sana ya

    1. Betul, Mbak… Bikin betah berendam. Airnya adem juga ahaha

  15. udah hampir tiga tahun, ga pernah berenang di kolam renang. paling terakhir kali, tiga bulan yang lalu. berenang, tapi di sendang. di tempat mata air gitu.klo engga ada kaporit emangnya bisa jernih dengan waktu yang lama ya? gue masih kepikiran, klo ada yang iseng kencing disitu, gmna tuh, kan ga ada kaporitnya.liat pemandang yang ada d foto itu, gue kok ngebayangin diri gue sendiri bikin pesta kawinan di tengah hutan gitu ya. kebanyakan nonton film kayaknya nih gue

    1. Enggak ada Kaporit tapi airnya diputar terus sepertinya. Ada alirannya gitu, trus ada iwak-iwak kecil lucu banget. Jadi semacam pintu air maybe ya?Hahaha… nggak kamu doang yang imajinasinya kemana-mana. Aku juga gitu hahaha…

  16. Ilham Nurhamzah says:

    itu tarif nya berapa?

    1. Itu sudah tertulis Mas Ilham…

  17. Arifinda D. Putri says:

    parah sih ini aku liat judulnya aja langsung klik. enak bangeeet kolam renang gak ada kaporitnya, gak usah mikirin rambut kaku kasar pas selesai. tapi jauh banget :((

    1. Iya, hihi… enak di rambut mbak… ๐Ÿ˜€

  18. khairul Leon says:

    Aku paling demen deh sama kolam renang.itu bersih banget si teh tempatnya. emang dulunya sekotor apa ya ? wkwkcoba aja ada foto dokumentasi before after pasti aku bakal tercengang banget.

    1. Yaahh aku nggak punyaa… :(Iya loh, ini jernih buanget! Aku suka deh… langsung jatuh cinta…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.