Tips Cantik TUTORIAL

PENTING! Sebelum Mengganti Template Blogger


Bagaimana template blogku yang baru?
Cantik belum?
Iya, sengaja banget aku ganti template karena merasa bosan dan pengen banget tampilan blognya cantik suasana baru aja sih. Meski sebenernya yaa… agak galau juga pindah template ini. Tapi yang pasti, template ini juga masih masa peninjauan. Kalau aku rasa nggak ada masalah, lanjut pakai ini. Kalau bermasalah, yaaa… balik lagi ke desain sebelumnya.

Ganti Template Bikin Pageviews Turun Lagi

Kalau yang aku rasain sih iya banget ya. Jadi ini penting untuk diketahuin oleh teman-teman yang pengen ganti template. Setelah ganti, besar kemungkinan akan turun sedikit atau drastis. Ini ada beberapa kemungkinan. Diantaranya adalah:
1) Lupa memindahkan meta tag dari template sebelumnya.
Meta tag ini maksudnya adalah kode-kode identitas yang pernah dimasukkan sebelumnya seperti ID Verifikasi, ID Alexa, dan lainnya.
2) Template yang baru lebih buruk dari template yang lama. 
Misalnya template yang sekarang lebih berat di-load, nggak responsive, atau nggak SEO Friendly.
3) Google mencoba untuk mengenali blog kita lagi.
Ada analogi dari teman seperti ini:

Mbak Pindy punya rumah bercat Pink. Orang yang sering lewat tahu itu rumah Mbak Pindy. Kalau ada orang tanya, orang akan kasih tahu, “Ituloh rumahnya yang warna Pink”.
Kemudian, Mbak Pindy ganti cat warna Putih. Orang yang sering lewat mungkin tahu itu rumah Mbak Pindy. Tapi, suatu ketika ada orang bertanya, dan dijawab, “Itu rumahnya yang warna Pink”. Tapi nggak ketemu tuh yang warna Pink. Yang ada warna Putih. Apa ini ya yang kucari? Oh ternyata benar. Begitu seterusnya hingga semua orang kenal rumah baru Mbak Pindy sekarang Putih. Bukan Pink.

Gimana? Paham?
So, hal yang perlu disiapkan sebelum ganti template adalah kesiapan mental jika harus melihat angka statistik anjlok! Well… kalian harus siap… gimana perasaan kalian kalau lihat statistik yang seperti ini? Ini adalah statistikku 3 hari pakai template baru.
Statistik Vindy Pindy Mindy

Okey, aku akan buka rahasia untuk kalian. Berapa sih, pageviews-ku per hari selama ini? Per tanggal 18 November 2016, penayangan blog antara 5.5k – 6.5k views /day. Banyak? Iya. Tapi teman blogger lain juga banyak yang bahkan tembus 10k. Warbyasah!Punyaku semakin banyak tiap bulannya. Dan iya. Pernah sempat turun karena nggak update sama sekali. Itu pun paling turunnya 2-3 ratus aja. Di bawah ini dia template lamaku

Tampilan lama blog Vindy Pindy Mindy
Setelah ganti template berapa pageviews-ku? Duh. Pokoknya angkanya anjlok. Aku sedih tapi ya gimana…. Tapi ini mending loh! Karena aku memperhatikan beberapa hal yang akan aku share ke kalian semua. ^^ Supaya anjloknya nggak manuver banget.
Aku pernah ganti tahun lalu. Lihat grafik 2 hari terakhir itu, nah… dulu pas ganti pernah lebih kecil perbandingannya. Lebih rata! Nangis!!! Makanya, jangan suka ganti-ganti template. Ketika mau pakai template itu yakinkan ini adalah yang terakhir kalau bisa. Jadikan karakter.

Tampilan Pasti Berantakan

Ketika ganti template, pasti ada widget yang hilang atau berantakan. Kita harus siap capek. Ganti template itu nggak sekali langkah lalu ‘cling!’ template langsung kece dengan ajaibnya. Nggak! Kita tetap harus ubah sana sini, bahkan ubah HTML-nya secara manual.
Kalian Siap?
Kalau siap, ayo langsung saja kita catat apa saja yang harus dilakukan sebelum ganti template.

1) Backup SEMUA Kode Widget

Ini penting karena untuk jaga-jaga kalau ada widget yang hilang. Cara backup-nya mudah, tapi melelahkan. Yaitu:
– Pergi ke Tata Letak
– Catat apa saja Widget yang kita punya (Kalau bisa tulis di kertas posisi-posisi widget yang ada)
– Buka salah satu widget yang jenisnya isian HTML
– Copy-paste isinya ke txt dan simpan di direktori sesuai dengan namanya biar nggak bingung
– Lakukan di semua widget bersifat HTML yang kita punya
Backup Widget

2) Backup Template Blog

Ini wajib untuk di-download. Karena ini adalah senjata ampuh ketika kita merasa template yang baru dirasa bermasalah. Tinggal kembalikan ke template backup. Caranya:
– Pergi ke Template
– Klik Cadangkan/Pulihkan
– Pilih Unduh
Backup-Upload Template Blog
Nanti, ketika blog yang baru dirasa tidak cocok dan ingin kembali ke template semula, maka tinggal upload file backup tadi.
Catatan: Sekalipun kita upload backup-an, tetap ya, widget akan berantakan.

3) Backup Meta Tag Identitas Blog

Ini berisi identitas blog kita. Maka penting untuk disimpan. Supaya Google lebih mudah mengenali identitasmu dengan template baru. Ingat perumpamaan Rumah Mbak Pindy Pink Putih di atas kan? Jadi biar Google tetap bisa menunjukkan rumah baru kita. Caranya:
Kode Meta Tag

 

– Pergi ke Template
– Pilih Edit HTML
– Cari meta tag blognya. Biasanya kodenya <meta> dan letaknya sih biasanya di awal-awal baris. Bagi yang belum tahu dan tidak pernah mengganti ini, mungkin ini bisa dilewatin. Tapi nanti, ketika sudah pakai template baru, aku sarankan untuk memasang ini.

4) Backup Kode HTML Lain yang Pernah Ditambahkan

Selama pakai template ini, mungkin ada yang menambah plugin/fitur secara manual. Contohnya di blog ini:
– Kode Kolom Komentar Facebook
– Kode Button Share
– Kode Related post
– Kode Youtube Responsive, dll
Nah, kode-kode tambahan itu di-backup dulu. Kalau kesusahan mencari ya cari tutorial ulang untuk memasang itu kembali. Toh ini tutorialnya juga banyak.
Tips ketika menambah plugin/fitur baru, berilah komentar atau tanda mana yang awal dan akhir.
<!– Isi komentar –> untuk kode HTML
/* Isi komentar */ untuk Php

Contohnya seperti punyaku ini. Jadi ketika mau lepas atau modifikasi, kita tahu batasannya. Mudah dipahami.

Contoh kode plugin tambahan

 

Kalau kodenya ada beberapa kali memasukkan kode dan itu berkesinambungan, beri keterangan 1.2, 2.2 yang artinya 1 dari 2 tahap, dst. Ini hanya memudahkan kita membaca kode yang dimasukkan.
Contoh kode plugin tambahan dengan keterangan

 

Dan ingat, kode-kode tersebut letaknya di mana? Di dalam <body>, </head>, atau <title> kah?
Penting: Kalau kalian ragu dan tidak terbiasa dengan kode HTML dan PHP, saranku lewati saja bagian ini (nomer 4). Cari ulang tutorial memasang masing-masing itu tadi. ^^
Syaratnya itu tadi, 
siap capek.

5) Saatnya Upload Template Barumu

Setelah semua di-backup dengan rapi, maka kita sudah boleh upload nih template barunya.

6) Rapikan Blog

Tara… blog kita berantakan sekali yes… haha.. Jangan panik. Maka ikuti langkah ini
– Cek Tata Letak. Cek satu per satu widget-nya. Biasanya judulnya apa, isi kodenya apa. Maka Aturlah kembali. Jika kita kehilangan satu widget, maka kita masih punya kodenya dooong…
– Masukkan kode Meta Tag tadi.
– Masukkan kode plugin/fitur tambahan tadi
Selesai sampai situ?
Tidak…
– Cek Tampilan
– Cek Responsoive (Mobile & Desktop)
– Cek Kecepatan blog kamu di Google Speed Insight
https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id
– atau cek kecepatan di Gtmetrix. ( https://gtmetrix.com/ )
– Cek SEO di Check Me ( http://chkme.com/ )
– Perbaiki yang mungkin eror/score-nya jelek.
– Ping lagi blog kita supaya cepat terindex dengan Mesin Pencarian.

Selesai

Daaan… selamat menikmati pageviews yang turun. Jika kamu beruntung, pageviews kamu normal atau malah template baru kamu bikin naik. Bersyukurlah… ^^ Tapi paling tidak cara di atas itu ngebantu banget buat blog mudah dikenali Google lagi.

Yang turun pageviews-nya, bersabarlah. jika dalam 1-2 bulan masih tetap turun, maka saranku, kembali saja ke template yang lama. Haha, artinya template barunya tidak bagus.Aduh! Ribeeet… 
Ya memang begitu adanya. Hehe. Kalau asal upload aja, bisa-bisa, views kamu bener-bener anjlok. Nggak sedih? Belajar saja sedikit-sedikit. 🙂Bisa nggak, kalau ganti template tanpa edit HTML?
Hm…, kalau platform Blogger, jawabannya, tidak bisa 🙂 Minimal, kamu harus menata ulang widget yang beberapa di dalamnya ada yang pakai kode HTML.

Jadi takut ganti template nih…
Solusinya, perbaiki saja template yang sekarang. Cari tutorial-turial bagaimana mengoptimasi blog supaya lebih bagus. Sekedar ganti warna udah cukup ganti suasana kan 🙂

Atau… minta tolong teman yang bersedia untuk edit blog kita 😀 Minta tolongnya jangan minta gratisan yes, karena merombak kode begini payahnya lumayan loh… 🙂 Jangan nunggu dia nanya ‘wani piro‘, langsung tawarkan jasanya.

 

Semoga bermafaat ya. Mohon maaf kalau ada bahasa yang susah dimenegeri. Tapi mudah-mudahan aku bisa bantu selama aku bisa hehe…
Selamat mencoba!
Sudah siap?

11,589 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

52 Comments

  1. Achmad Nurochim says:

    pingin ganti tapi rumit bnget yaa , adakah cara simpel untuk mengganti tema agar gak berantakan?

  2. Noted! Makasih sharingnya mbk, sangat bermanfaat. Aku bbrapa bulan yg lalu baru ganti template, tp gtw yg ginian hehe

  3. Zulfatul Afifah says:

    waahh bermanfaat sekali kak. makasih jadi tau sekarang :3 btw nambahin meta itu gimana? mksud bisa dpt id 'alexa' itu dr mana kak? aku blm paham cm meta yg du maksud d htmlnya udh ketemu kak 😀

  4. Sangat bermanfaat nih. Cuma sekarang saya udah pindah pake wordpress

  5. Mei Wulandari says:

    Huh aku benci aku bemci aku benci harus otak-atik html huaaaa

  6. pvku selalu rendah -_-nyampe 500 aja syukuurr, aku bingung mau utak atik kode html :((mau jadi guru privatku ngga mbak vindy? T^T

  7. Lia Lathifa says:

    makasih ya vindy atas sharingnya, saya nih juga mengalami penurunan grafik drastis, turun akibat ganti template, awalnya puas, eh gara-gera ngecek pagespeednya jelek, ganti template, wew malah jd tambah gak puas, haha..

  8. Raya Mipi says:

    Aku sih sering banget ganti template, kadang butuh waktu seharian buat rapihin, eh besoknya ganti lagi.Tapi sekarang udah mantap dengan template yg baru, malas ganti lagi, mending perbanyak postingan..#SalamKunjunganBalik

  9. arga eryzal says:

    benar sekali, sering mengganti template tidak bagus untuk blog. terimakasih infonya hehe…

  10. Sepertinya ini pengalaman pribadi ya? saya pun pernah hendak melakukan pergantian template, tapi tak pikir-pikir mending mengedit yang ada…

  11. Mei Wulandari says:

    Aku baru tau ternyata ganti template bisa turunin PV, mana template ku yg skg blm responsiv hihihi sedih pdhal baru beli itu kemarin

  12. mantep nih nona vindy page viewnya udah ampe 5k..makasih tipsnya nona

  13. Moti Peacemaker says:

    kayaknya ini penyakit blog ku deh..dari dulu suka banget ganti templatedan ujung ujungnya jadi rusak :Pkalau soal jadi kurang pembacakayaknya enggak begitu perdulikenyaman pembaca kayaknya yang pentingsoal banyak dan tidak, ah, bagi blogger kek aku mah tak gak begitu pentingasal ditulis semua selesai..ahahahaitu widget rusak yang sering banget terjadialhamdulillah sekarang ketemu solusinya

  14. luar biasa iki page viewnya dalam kurun satu hari sampai 5k, punya ane boro2 celibu aj gak sampai heeee,kalo mau ganti template bayar sih jadi ane gak pernah ganti 😀

  15. Wiiih ini nih yabg harus diperhatiin. Emang buwaaaaaaanyak banget PR yang harus dikerjain kalo ganti template. Alhamdulillah kayanya bakal nyaman sama template yang sekarang aja.

  16. Aku kemaren puyeng utak atik sendiri (emang dasar gaptek) akhirnya minta tolong teman hehehe

    1. Nah, itu bisa jadi solusi 🙂 Selama temannya bisa paham bahasa pemrograman..

  17. Pengalaman ganti template blog bikin pengunjung blog ilang semua T_T parah

    1. Nyesek kan yaa

  18. saya dapet tips nie kk dapet dari blog tetanggan cara ganti tamplate blog yang aman dan gak buat visitor blog turun sama sekali alamatnya ada di https://goo_gl/el3vHc (ganti tanda "_" dengan "." tanpa tanda kutip)semoga bisa membantu

    1. Terima kasih yaaa 🙂 Ini bisa jadi referensi baru dan ilmu baru buatku.. 🙂

    2. By the way, sebenernya sama aja sih tipsnya. Bedanya, yang di situ ada bantuan blog lain. Sdangkan punyaku, backup nya manual ke txt 🙂

  19. khairul Leon says:

    Dulu aku juga suka gonta-ganti template.Kejadianya sama kayak teh vindy gitu deh, Bosenan orangnya.Tapi sekarang aku sudah sangat puas dengan template blog aku, walau ga bagus-bagus amat tapi aku sudah senang 🙂 semoga bisa istiqomah

  20. hani says:

    Wah…wah…hrs belajar dulu nih istilah dasarnya. Saya asalnya dr WP, sama ga ya? Paling2 saya utak-utik header aja deh. Wong trafficnya blm bagus…takut ah kalo jeblog. Trimsnya ilmunya. Saya save linknya. Salam kenal… ��

  21. Mesra Berkelana says:

    Ternyata gini ya. Aku sering ganti-ganti template ngerasa ga cocok aja dan aneh.

    1. Iya, betul. Menentukan karakter memang gampang-gampang susah 😀

  22. Samuel Debritto says:

    Wah ternyata ganti template juga ngaruh toh. Untungnya saya gak suka gonta-ganti templatenya sih, males aturnya haha. Oh iya, kalo perbaiki error yg disebutin di Google Speed Insight panduannya gimana ya? Score saya lumayan jelek, mau perbaiki tapi bingung gimana caranya 🙁

    1. Nah, kemarin score ku jelek. Aku juga nggak paham bagaimana caranya. Yang kulakukan adalah, memperhatikan apa yang harus diperbaiki, lalu search google untuk cari tutorialnya. Karena banyak yang bernasib sama kaya kita dan memberikan solusi di blog mereka.Akhirnya aku coba cari dan ternyata ada yang mengulas. Aku perbaikin, dan taraa… score nya naiikk… ^^ Thanks yang udah nulis tutorial…

    2. Kalau WordPress berbeda. Kayanya nggak seribet ini sih… cuma aku nggak terbiasa operasiin wp, Sempat dapat tugas kantor operasiin blog wp. Dan itu mau ganti tema nggak ada pilihannya. WP kan banyak macamnya tuh, nah kayanya yang punya kantor itu yang gantinya agak rumit. Aduh gatau deh wp susaahh

  23. Erick Paramata says:

    Ini sih alasan kenapa 4 tahun yang lalu saya meninggalkan blogger dan berpacaran dengan wordpress. Blogger banyak maunya, udah dikasih pakaian (template) terbagus bukannya cantik malah berantakan, belum lagi soal htmlnya. Paling ribet ngurusin itu.Wahhh 5-6K views banyak banget…. Malu ey baru sedikit. 🙁

    1. Iya betul, salah satu kekurangan Blogger adalah itu. Tapi, aku malah susah pakai wordpress hehee… komen wordpress juga kadang mintanya kudu login wordpress. Kalau blogger masuk Gmail aja uda bisa komentar

    2. Aku udah lama pengen pindah ke WordPress, Rick, tapi template blogku yang sekarang nggak ada versi wordpressnya jadi sampe sekarang bertahan di Blogger. :')

  24. Anjlok-nya pageview ini nih yang bikin aku guling guling kalo mikirin buat ganti template Vind. Apalagi aku masuk.ke kategori yang malas ngutak ngatik kode dll. Tapi makasih infonya ya Vind.

    1. Huhuu… nyesek banget, Cha… bener-bener nyesek. :'(

  25. Pusing pala emak nih kalau ngoding maning hahaha, harus baca berulang – ulang biar paham

    1. Iyaaa Haha… memang agak susah dikit njelasinnya. Tapi mudah-mudahan paham.. 😀

  26. Lintang Irnawati says:

    Kalau aku pribadi belum pernah dan belum berminat buat ganti template. Hehehe paling ganti background doank,, jadi info dari mbak vindy ini bener-bener baru buatku,, baru tahu ternyata ganti template sebegitu ruwetnya . hehehee makasih infonya mbak ^^

    1. Iya lebih baik begitu, supaya tidak merasakan betapa nyeseknya hiks…

  27. Nyi Penengah Dewanti says:

    aduh pinnn ga paham kode HTML 😀 kau pinter banget sih hehheheaku ga pernah ganti template, hahahha pengen sih mempercantik tapi males belajarnya jadi manfaatin yang ada aja 😀 kapan2 ajari aku ya.

    1. Iya kebetulan dulu kuliahnya beginian -_- Ya udah, benerin aja yang udah ada ya…

  28. Mau ganti tapi lum nemu yang tepat di hati nih…

    1. Iya, aku juga pas mau cari, susah banget cari yang pas di hati… 🙁

  29. Nice info. Harus lebih dipikir dan teliti lagi. Nggak seru kan kalau gara2 template semua harus kembali ke awal.

    1. Betul, ganti template itu rupanya banyak ya yang harus dipikirkan 😀

  30. Aku nggak pernah ganti. Udah nyaman sama warna biru ini. 😀

    1. Iya, kalau bisa nggak usah ganti-ganti 😀

  31. wah iya ya.. aku juga kmarin pageviews turun cuma gara gara nambahin deskripsi blog. hihihi.Eh banyak ya udah di atas 5rb.Aku masih 1500 aja udah seneng hahahhaabener banget.. ganti template itu paling lama di bagian rapih rapih dan backup sana sini. Kalau mau ganti template harus pastiin pas liburan karena taku salah fokus, kan gaenak ya pas ada orang mampir ke blog kita tapi blognya masih berantakan.Ibarat rumah, kan gaenak kalau nerima tamu pas keadaan rumah lagi berantakan.malu hihi.

    1. Iya kan.. berasa banget yaaa… nah kalau capeknya setelah upload template… iya banet.. huft

  32. Wah sehari bisa dapet 5-6 ribu pageview uda banyak banget tuh, Vin. Aku nyampe 3 ribu aja uda engep. Huahahah :v Malah sekarang uda turun seribu, jadi sedih :(Aku belom minat ganti template karena ribet banget. Hihihi. Emang anaknya males sik :p

    1. Iya, beb.. memang ada beberapa judul yang laris dicari orang, jadi agak ngangkat. 😀

  33. Mariyam Riya says:

    wah baru tahu ini :3 blogku aja masih sepi bget, jdi kyaknya gak usah ganti template aja deh..

    1. Mumpung masih belum ramai, ganti saja… daripada sudah ramah terus pas ganti anjlok 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.