Mainan Jaman Now, Udah Pernah Coba Main?

Masa anak-anak itu wajib banget bagi saya untuk diisi penuh dengan main main dan main. Bukan cuma dapetin kesenengan aja, main tuh bisa melatih beberapa kemampuan seperti kesabaran, kreatifitas, kekompakkan, strategi dan kerja sama. Permainan anak jaman dahulu lebih dominan dilakukan di lapangan, seperti bermain layang-layang, egrang, sepak bola, gobak sodor dan lain sebagainya. Tapi, seiring dengan perkembangan jaman, pola dan bentuk permainan anak-anak mengalami perubahan. Aktivitas fisik seperti berlari agak sedikit berkurang, ya kan?. Belakangan ini muncul fenomena berbagai jenis permainan modern yang sifatnya tetap menyenangkan dan beberapa diantaranya diklaim dapat meningkatkan kinerja otak.

 

Permainan Modern Paling Populer

Permainan anak nggak harus dimainkan oleh anak kecil. Orang dewasa pun banyak yang suka permainan anak-anak. Selain dimanfaatkan untuk mengisi waktu, beberapa permainan bisa membantu untuk meredakan stress. Di bawah ini beberapa contoh permainan modern anak yang sedang populer dan digemari.

 

 

Fidget Spinner

Mainan ini memiliki prinsip yang sama dengan gasing yaitu berputar, hanya saja tumpuan yang digunakan adalah ujung jari. Fidget Spinner bermanfaat bagi mereka yang suka bermain memutar-mutar bolpoint dan buku dengan tangannya, atau mereka yang punya kebiasaan menggigit ujung kuku. Tidak hanya sekedar memutarnya, bagi orang yang memiliki daya kreativitas tinggi, memainkan spinner seperti memainkan sebuah yoyo. Banyak teknik yang bisa dilakukan. Permainan modern untuk anak ini juga dipercaya bisa meredakan stress dan meningkatkan fokus kamu.

 

Pasir Kinetik

Jika dahulu kamu sering bermain-main dengan pasir bangunan sewaktu kecil, kini kamu bisa tetap memainkannya tanpa khawatir kotor dan berdebu. Pasir kinetik ini terbuat dari bahan makanan seperti tepung kanji atau tepung terigu. Jadi sangat aman untuk dimainkan oleh balita sekalipun. Pasir kinetik memiliki tekstur padat dan tidak lengket, dapat dibentuk-bentuk sesuai selera dan keinginan anak. Permainan modern Indonesia ini membantu melatih kreativitas dalam menciptakan sebuah benda.

 

Penny Board

Bentuknya hampir mirip dengan papan skateboard, Penny Board terbuat dari bahan plastik dan memiliki ukuran lebih kecil yaitu antara 22 sampai 27 inchi. Meskipun terbuat dari plastik, Penny Board terbilang cukup kuat. Dengan desain dan warna yang menarik, papan board mini ini diminati oleh banyak anak-anak hingga orang dewasa.

 

Magic Cube

Magic Cube atau biasa dikenal dengan kubus rubik sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Awal mula kemunculannya yaitu sekitar tahun 1974, dibuat oleh seorang profesor dan pemahat yang bernama Erno Rubik. Kubus rubik terbuat dari 27 kubus kecil yang terhubung dengan sebuah poros. Permainan ini sangat unik karena memiliki enam warna yang berbeda di setiap sisinya.

Memainkan kubus rubik membutuhkan ketelitian, daya ingat yang kuat, dan kreativitas mengatur kubik. Salah satu jenis permainan anak modern ini bahkan sering kali dilombakan dalam sebuah turnamen atau kejuaraan, siapa yang mampu mencocokkan warna lebih cepat, ia lah yang menjadi pemenangnya.

 

Sepatu Roda

Permainan yang satu ini sudah sempat populer di era awal tahun 2000 an, dan kini sepatu roda mulai diminati kembali. Selain bisa dipergunakan sebagai permainan, sepatu roda juga bisa kamu pakai sebagai alat olah raga karena cukup membakar kalori ketika memainkannya. Alat ini mengasah kemampuan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Sepatu roda memungkinkan anak dapat bermain di luar ruangan agar bisa lebih aktif.

 

Teepee Tent

Teepee tent adalah sebuah tenda portable yang mudah untuk dibongkar pasang. Biasanya dipergunakan untuk anak yang suka bermain kemah-kemahan dan memiliki jiwa petualangan. Tenda yang satu ini telah dimodifikasi sedemikian rupa agar selain bisa dipakai sebagai alat permainan, juga bisa digunakan sebagai dekorasi rumah. Bisa diletakkan di kamar anak atau di arena permainan agar anak menjadi lebih antusias dan senang.

 

Gadget

Bukan tentang pirantinya, permainan gadget lebih kepada game-game online yang banyak dan makin menjamur. Berbagai permainan dari game ketangkasan, kecerdasan, kreativitas tersedia dengan lengkap dalam berbagai aplikasi. Ada kalanya game online ini bisa memberi manfaat, namun jika permainan modern ini terlalu menyita waktu juga kurang baik. Jika kamu menggemari game online, sebaiknya beri batasan waktu untuk memainkannya agar tidak merugikan diri sendiri.

 

Permainan-permainan di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya permainan yang sekarang ini beredar. Pada dasarnya, sebuah permainan bertujuan untuk menghibur dan mengisi waktu luang. Jika kamu lebih suka permainan yang mengasyikkan tanpa harus membeli alat untuk memainkannya maka permainan tradisional ini adalah pilihan yang tepat.

Semenarik apapun sebuah permainan modern, hendaknya kamu memilih mainan yang bisa melatih dan menyeimbangkan kemampuan berfikir, fisik dan emosional. Selamat bermain.

 

Sumber Gambar Paxel | Faraday Science | Nb Teepee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.