Tips-Memilih-Agen-Properti-dari-Situs-Jual-Rumah
Finance

13 Tips Memilih Agen Properti dari Situs Jual Rumah


Dewasa ini, tren penggunaan situs jual rumah dalam bisnis properti tengah digandrungi oleh masyarakat. Kemudahan yang ditawarkan oleh situs jual beli rumah, membuat banyak orang beralih dari cara-cara konvensional ke cara yang lebih praktis dalam menjual rumahnya. Situs jual beli rumah pun hadir menawarkan berbagai fitur dan fasilitas untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan jual beli rumah, salah satunya dengan menyediakan jasa agen properti.

Menggunakan jasa agen properti profesional dalam berbisnis properti di situs jual rumah nampaknya akan sangat memudahkan, apalagi jika kita tergolong orang yang cukup sibuk. Agen properti sendiri nantinya akan membantu kita dalam memasarkan, menjual, mengurus dokumentasi, hingga betindak sebagai penasehat properti ketika proses jual beli rumah berlangsung.

Ada manfaatnya ya menyewa agen properti dalam menjual/membeli rumah? Tapi, kita kudu lebih selektif dalam memilih agen properti dari situs jual rumah. Kalau kita kedapetan agen properti abal-abal, justru akan mempersulit dalam melaksanakan bisnis jual beli rumah. Trus gimana dong cara memilih agen properti yang kredibel dan profesional? Yuk, kita simak…

 

1) Cari Lewat Situs Jual Beli Rumah Terpercaya

Kalau mau dapat agen properti yang kredibel, cari di portal properti yang juga kredibel. Coba cek situs 99.co/id atau search google 99.co Indonesia. Itu situs jual rumah terbesar dan terpercaya di tanah air. Lewat fasilitas ‘Cari Agen’ kita bisa cari buanyaaakk referensi agen properti profesional dari seluruh wilayah di Indonesia. Ya kali kan kita pengen cari rumah untuk tinggal di luar kota. Ini bisa banget bisa jadi referensi. Jangan lupa catat beberapa nama dan lakukan wawancara kecil-kecilan untuk menyeleksi agen terbaik yang bisa diajak bekerja sama.

 

2) Cari Lisensi Agen

cari-lisensi-agen

Setiap agen properti profesional biasanya (harus) punya lisensi dan terdaftar secara resmi di perusahaan konsultan properti. Kita bisa cari dan cek lisensi agen tersebut lewat situs resmi tempat si agen terdaftar. Kalau nggak, cari tahu informasi tersebut lewat situs jual rumah yang pernah bekerjasama dengannya. Biasanya, di sana tersedia profile lengkap mengenai agen properti tersebut.

 

3) Rekam Jejak Agen

Penting untuk tau rekam jejak dari agen properti yang akan kita ajak kerja sama. Seberapa banyak listing yang telah dia jual di situs jual rumah. Ini juga bisa kita ketahui dari profile agen yang ada di situs tersebut. Lihat, apakah agen ini memiliki rekam jejak yang baik dalam memasarkan sebuah rumah lewat internet.

 

4) Periksa Listing Terbaru Agen

Berhubungan juga dengan rekam jejak dari agen tersebut, periksa listing terbaru dari agen tersebut. Informasi ini biasanya juga dapat kita akses melalui profile agen di situs jual rumah.

Mengapa ini penting?

Soalnya dengan mengetahui listing terbaru dari agen, kita bisa lihat apakah agen ini sering atau pernah menangani properti yang ingin kita pasarkan. Selain itu, kita juga bisa lihat apakah kisaran harga properti yang ditanganinya sesuai dengan harga yang kita inginkan. Biasanya, semakin tinggi jam terbang agen, maka semakin ahli dia dalam memasarkan sebuah properti.

 

5) Dapat Berkomunikasi Secara Efektif

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika menyeleksi seorang agen properti:

  1. Agen properti tersebut harus bisa berkomunikasi secara baik. Meski kita akan melakukan jual beli properti lewat situs jual rumah, namun menemui agen properti secara langsung terbilang cukup penting, terutama untuk mengetahui pola komunikasi yang dia bangun.
  2. Tanyakan padanya soal perkembangan dunia properti saat ini. Jika dia menguasai topik tersebut, ditambah cara penyampaian baik, maka bisa jadi dia orang yang tepat untuk dijadikan sebagai partner.

 

6) Inisiatif dan Proaktif

inisiatif-dan-proaktif
Dua hal ini adalah sifat wajib yang harus dimiliki oleh seorang agen properti di situs jual rumah. Pasalnya, agen properti yang baik adalah agen yang secara proaktif menghubungi pembeli potensial. Selain itu, biasanya juga mereka masih menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama, serta terus menambah leads baru. Jika klien merasa info yang dia dapatkan sudah cukup jelas, tanpa perlu bertanya terus-menerus dengan agen, maka dapat dikatakan agen properti tersebut cukup proaktif dalam memberikan informasi.

 

7) Menjadi Pendengar yang Baik

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, selain membantu memasarkan, seorang agen properti di situs jual rumah biasanya dibutuhkan untuk menjadi seorang penasehat properti bagi kliennya. Nilai apakah agen tersebut dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita ajukan. Soalnya, dalam posisi ini seharusnya klien lah yang banyak meminta dan berbicara, bukan sebaliknya.

 

8. Menguasai banyak lokasi

Karena pangsa pasar properti yang dipasarkan lewat situs jual rumah sangat luas dan nggak terbatas, setiap orang dapat membeli/memasarkan rumah yang dia jual di mana pun lokasi rumah tersebut berada. Agen properti yang baik adalah agen properti yang mampu menguasai banyak lokasi, bukan cuma lokasi tempat tinggalnya saja. Tanyakan juga apakah dia mengetahui informasi tentang lingkungan sekitar rumah, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, jalur transportasi, dan fasilitas pendukung lainnya.

 

9. Mengerti Perkembangan Harga

Sudah semestinya seorang agen properti profesional mengetahui perkembangan harga pasaran terkini. Hal ini juga penting, agar kita dapat berdiskusi terkait harga yang cocok untuk dicantumkan pada iklan rumah kita di situs jual rumah tersebut. Jika kita ingin beli rumah, pastikan bahwa agen properti yang kita pilih punya kemampuan untuk menaksir/mempredisksi nilai rumah kita tersebut.

 

10. Paham Prosedur Pengurusan Berkas

paham-prosedur-pengurusan-berkas
Ini juga merupakan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang agen properti, soalnya prosedur pengurusan berkas, seperti mengurus pajak, SHM, dan balik nama adalah tanggung jawab agen properti. Jadi pilih seorang agen properti di situs jual rumah yang ngerti prosedur pengurusan legalitas dari rumah, agar nggak terjadi kesalahan di masa depan.

 

11. Ahli Menggunakan Segala Fitur di Situs Jual Beli Rumah

Agen properti wajib mengetahui cara pakai dan fungsi dari tiap fitur yang ada pada situs jual beli rumah. Mereka harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang akan mereka pakai, dalam kata lain nggak gaptek. Soalnya kalau agen properti tersebut gaptek, gimana dia bisa bantu secara optimal.

 

12. Memahami Kebutuhan Klien

Memenuhi kebutuhan klien bagi para agen properti merupakan sebuah keharusan. Biasanya, agen properti akan bertanya kepada klien apa motivasinya menjual rumah. Nantinya, alasan klien ini bisa jadi tolak ukur bagi agen properti untuk mengatur prioritas waktunya. Agen properti di situs jual rumah yang baik adalah agen yang memiliki jam terbang tinggi. Tapi kalau terlalu banyak klien, dia berpotensi mengalami kesulitan dalam memasarkan tiap rumah.

 

13. Bertanya pada Klien Sebelumnya

Tips mudah dalam mencari tahu kemampuan dari seorang agen properti salah satunya dengan bertanya kepada klien terdahulunya terkait, kinerja dari agen properti tersebut. Agen properti yang baik biasanya nggak ragu memberikan kontak klien terdahulunya sebagai referensi, maka dari itu, jangan ragu untuk memintanya kepada agen tersebut.

 

Itu tadi beberapa tips memilih agen properti dari situs jual rumah yang bisa kita coba. Semoga artikel ini bermanfaat.
Selamat berbisnis properti!

 

Sumber Gambar Freepik | Pixabay

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.