Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

olahraga

Ketika seseorang bertambah usia, pastinya kualitas kesehatan pun akan ikut menurun dan secara tidak sadar akan membuat aktivitas. Dalam berkegiatan apapun akan terganggu serta tidak semaksimal kinerja seperti dulu lagi. Ada beberapa faktor yang dapat membuat semua hal itu dapat terjadi. Seperti dari cara seseorang memperlakukan kebiasaan yang kurang baik bagi tubuh, jarang berolahraga, sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, bahkan sampai membatasi asupan yang sebenarnya sangat diperlukan agar metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar. Oleh sebab itulah kita harus selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar tidak terserang berbagai macam penyakit.

Sebuah pola hidup yang sehat dapat kita mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Dari mulai berolahraga, konsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang, meskipun usia kita sudah tidak muda lagi, tidak ada kata terlambat untuk melakukan pola hidup sehat. Pada ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pola hidup sehat kita yang seringkali tidak teratur.

 

Konsumsi Air Putih Secara Seimbang

Mungkin kita pernah mendengar, bahwasanya tubuh manusia sebagian besar terdiri dari 70 hingga 80 persen air. Itu sebabnya ada yang menganjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih perhari. Anjuran tersebut disampaikan agar tubuh memang benar-benar mendapatkan asupan air yang cukup agar sistem organ dapat berjalan sesuai alurnya. Akan tetapi, itu semua tergantung dalam diri masing-masing seseorang. Ukuran untuk konsumsi air putih dalam sehari harus disesuaikan bdengan kebutuhan tubuh kita. Sebab, bagi kita yang sering beraktivitas, apalagi pada siang hari memang sangat membutuhkan banyak air agar tidak mudah dehidrasi. Jika kita salah satu orang yang memang jarang beraktivitas atau tubuh jarang sekalu bergerak seperti kerja di kantor yang sebagian besar duduk, mengkonsumsi air kurang dari 8 gelas perhari juga tidak apa-apa. Mengapa air putih harus dikonsumsi?

Nah, mungkin ini adalah pertanyaan yang ada dalam benak kita. Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Kandungan pada air putih diyakini mampu membuat kinerja otak menjadi lebih meningkat, menjadikan kulit lembab, meningkatkan kinerja pada otak, menjaga tekanan darah, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengubah pola hidup kita dengan rajin mengkonsumsi air putih setiap hari.

water

 

Kurangnya Berolahraga Pada Pagi Atau Sore Hari

Mungkin kita adalah salah satu orang yang jarang sekali berolahraga, atau bahkan tidak pernah. Perilaku seperti itu sebenarnya tidak ada salahnya, asalkan diimbangi dengan konsumsi makanan yang tidak membuat tubuh menjadi malas beraktifitas. Contohnya seperti banyak makan dapat menyebabkan seseorang menjadi malas, serta dapat membuat tubuh menjadi kehilangan stamina. Olahraga bisa dibilang sangat penting agar membuat metabolisme tubuh kita menjadi stabil, sehingga dapat membuat sistem imunitas dalam tubuh menjadi lebih kuat.

Selain dapat membuat tubuh lebih terbentuk dan kuat, olahraga juga dapat membuat kualitas tidur menjadi membaik, memperbaiki mood, memperkuat tulang serta otot, serta banyak lagi. Jika kita memang ingin mengubah pola hidup, cobalah untuk melakukan olahraga seperti bersepeda maupun berenang terlebih dahulu. Sebab, kedua olahraga ini sangat efektif jika dilakukan untuk orang-orang yang malas untuk banyak bergerak seperti lari. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi semakin sehat.

yoga

 

Waktu Bangun Tidur yang Selalu Berubah-ubah

Sebagian besar orang yang sering bergadang setiap malam, pastinya sangat susah sekali untuk melakukan bangun pagi. Siapa sangka, bahwa bangun tidur pada siang siang hari jika dilakukan secara terus menerus dapat menurunkan kinerja tubuh serta membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Ketika seseorang terbangun pada pagi hari maka akan mendapatkan udara segar agar membuat sirkulasi oksigen yang ada dalam tubuh dapat tergantikan dengan lebih baik. Tidak hanya udara saja, ternyata berjemur pada pagi hari di bawah jam sembilan diyakini mampu merangsang tubuh agar dapat memproduksi vitamin D untuk kesehatan pada tulang. Jika kebiasaan bangun tidur yang tidak diubah dari sekarang, maka itu akan membuat metabolisme pada tubuh menjadi menurun.

 

 

Tidak Melakukan Sarapan Pagi

Nah, ini merupakan terusan dari faktor pola hidup sehat di atas. Yakni jika kita selalu bangun kesiangan, pastinya sarapan pun di waktu bsiang juga bukan?. Kebiasaan ini pun harus kita ubah, sebab sarapan pada pagi hari memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Seperti menjaga konsentrasi, memberikan energi yang lebih, menyegarkan otak, mengurangi resiko stress, serta dapat mengontrol konsumsi makan yang berlebih. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup asupan makanan, maka tanpa kita sadari sistem metabolisme akan membuat kinerja seluruh organ menjadi tidak stabil serta dapat memicu tubuh menjadi memberontak untuk selaku makan dan akhirnya tidak terkontrol dalam hal konsumsi. Hilangkan perilaku seperti ini, sebab dapat membuat kita kehilangan konsentrasi saat bekerja maupun beraktivitas sehari-hari.

breakfast

 

 

Itulah beberapa faktor pola hidup sehat yang sebaiknya kita ubah dari sekarang agar tubuh menjadi lebih sehat kembali. Semoga bermanfaat.

 497 total views,  1 views today

One thought on “Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.