Resolusi 2018 dan Realisasinya

Kira-kira bikin resolusi itu penting nggak sih?

Menurut saya sih bisa penting bisa enggak. Penting jika kita pengen selama setahun ke depan tuh kita punya impian dan kita mau merealisasikannya. Dijabarin dengan misi-misi untuk mendapatkannya. Misal target turun BB 10 Kg, misinya ikut gym, zumba atau lainnya. Jadi kita paham apa yang kudu kita rencanakan nanti.

Nggak penting ketika kita ya selow aja ngehadapin hidup. Atau yang ngerasa malah tertekan kaya terkesan dikejar-kejar deadline. Ya itu semua kembali ke masing-masing orang.

 

Tahun 2018 ini saya sengaja bikin resolusi karena memang mau challenge diri sendiri. Karena juga saya pengen punya pencapaian yang terukur. Jadi bukan resolusi yang bias. Saya sudah jabarin resolusi 2018 saya di  Resolusi 2018 – TERATUR. Itu saya buat niat pake MINDMAP segala loh. Ini bikinnya pake aplikasi hape.

Dan sekarang adalah detik-detik pergantian tahun 2018 – 2019. Ini sungguhan detik-detik karena saya nulis ini jam 20.00. Kurang 4 jam lagi udah tahun depan hahaha! Nah, postingan kali ini adalah ingin review, apakah semua yang saya-resolusi-in itu berhasil tercapai apa enggak. Terutama di bidang Blogging. Sebelum itu beberapa resolusi yang juga ikut tercapai adalah:

 

 

 

 Menikah!

Yes! 23 Juni 2018, saya resmi menjadi seorang istri dan 31 Desember 2018 ini tepat usia janin saya 5 bulan lebih 2 hari) menurut perhitungan HPHT. Alhamdulillah.. resolusi besar ini terwujud tanpa kendala apapun. Lancar, menjadi raja dan ratu semalam. Dan sekarang menjadi wanita yang penuh dimanja karena sedang mengandung. Saya baru menulis pengalaman kehamilan 1 judul blogpost. Baca: Cerita Ketika Positif Hamil Tahun 2019 resolusi lengkapi kisah kehamilan dan mariage saya ya! Karena itu akan jadi kategori baru di blog saya.

 

 Keuangan

Ini bisa saya bilang berhasil. Yeay! Tabungan nggak 25% malah. Lebih banyak sepertinya. Penghasilan dari blogging lumayan banget buat menahan diri nggak pake uang gaji pokok. Jajannya yaa dari hasil ngeblog. Dan nabung jadi sukses! Karena ngerasa banget nggak banyak ngeluarin uang. Belanja online juga bisa 2-3 bulan sekali. Saya bangga pada diri sendiri hahaha! Tapi… nah ada tapinya. Menabung tahun ini memang ada rencana mau dibuat apa. Dan pengeluaran nggak cuna berapa ratus ribu, tapi berjut-jut. Bangga karena semha beli sendiri. Alhamdulillah…

Tahun ini saya menikah, jadi alokasi dana tabungan terpakai untuk keperluan itu. Pasca menikah pun juga mengeluarkan biaya seperti:

  • Honeymoon
  • Beli Mesin Cuci
  • Beli Camera Mirorless (Resolusi tahun 2016)
  • Beli perlengkapan rumah tangga

 

Naah ada tapinya, masuk bulan November-Desember banyak diskon di marketplace. Haha! Saya termasuk salah satu orang yang ikut menyemarakkan Harbolnas. Budget yang saya tetapkan sangat sedikit daripada tahun-tahun sebelumnya. Nyaris cuma 30% doang dari budget tahun lalu. Luar biasa…

 

Untuk catat job Sponsorship blog/sosmed tercatat alhamdulillah. Dan angkanya fantastis! Untuk ukuran blogger yang masih berkembang seperti saya, angka 10 juta ke atas masuk ke rekening per pertengahan tahun itu luar biasa. Sempet vacum nge-blog beberapa bulan karena hamil. Bawaannya pengen bobok terus. Banyak job yang saya cancel atau tolak.

 

 Skill

Resolusi kemarin, baca minimal 1 artikel. Ini sangat terlaksana. Bahkan lebih. Jangankan berita online. Media cetak yang saya langganan di rumah, Jawa Pos, pasti saya baca sambil sarapan. Kalau nggak baca koran rasanya ada yang kurang. Kemarin saya janji baca tanpa scroll/skip. Ini belum sepenuhnya dilakuin karena kadang pas buka judul, eeeh artikelnya pengulangan berita sebelumnya. Hm… Untuk wawasan, target baca saya tahun 2018 itu 15 buku, tapi yang tuntas cuma 1 hahahahahahahahahaa ngetawain diri sendiri. Saya rupanya lebih banyak baca blog, media online, koran, dan pantengin social media juga trending YouTube/Twitter. Tahun depan… tetep 15 buku deh.

 

Nah, untuk dunia kreatif, 50:50 lah. Ada kalanya saya rajin banget bikin konten blog dan video, ada kalanya lemah pengen tidur aja di kamar. Wwkkwk… Jadi ternyata ini masih tergantung mood. Bisa saya bilang masih gagal sih. Soalnya janji di resolusi 2018 kemarin: 1 bulan 1 video YouTube.

 

 Pekerjaan

Ngantor sebenernya telat terus. Tapi telatnya konsisten jam segitu-segitu mulu. Masuk kategori teratur dan disiplin nggak sih wkwkw. Cuti juga terpakai dengan maksimal dan bermanfaat. Ada kalanya cuti cuma di rumah aja. Puasin males-malesan di rumah. Main hape, online, nge-YouTube di atas kasur. Untuk kesalahan maksimal 3x dalam sebulan, alhamdulillah… meski ada salah sesekali tapi sebulan nggak nyampe lah 3x. Bahkan beberapa bulan udah nyaris nggak pernah salah lagi. Kalau pun salah, biasanya dipikul bareng alias kesalahan bareng-bareng wkwkw.

 

Nah, untuk Pekerjaan Blog, ada yang sudah tercapai ada yang belum. Singkatnya:

  • Bikin Media Kit, ini terealisasi H-6 sebelum tahun 2018 ini berakhir hahahaha! Lihat Media Kit saya di: ABOUT ME atau DISCLAIMER.
  • Edit Font & Menu, alhamdulillah bulan Oktober 2018 saya memutuskan ganti ke WordPress (sebelumnya di Blogspot). Artinya desain pun ganti. Menu-menu juga ditata sedemikian rupa. Ya inilah tampilan saat ini. Gimana dengan font-nya? Bagus nggak? Atau perlu diganti?
  • Bikin Giveaway, Nah ini Giveaway tahun 2018 hanya terhitung 3 kali aja dan semuanya skincare/kosmetik. Padahal rencana mau giveaway-in hadiah handphone tapi belum kesampaian. Semoga tahun 2019 terlaksana.  Awal tahun ini saya mau ada giveaway kosmetik, by the way. Stay tune yaa…
  • Cari Sponsorship, sejauh ini sih giveaway-nya memang dari sponsorship semua. Tapi artinya saya nggak nyari. Jadi ini belum terlaksana.
  • Join 1-2 Komunitas Baru, Kalau ini juga belum sih. Komunitas yang saya ikuti masih sama seperti tahun sebelumnya. Tapi saya baru ikut group baru di Facebook… Group Seputar Kehamilan hihi…
  • Punya Rate Card, Ini terlaksana. Karena saya sudah mulai terbiasa menentukan fee ketika ditanya calon klien. Yaaaa kadang ada yang lanjut, kadang nggak ada kabar. Yasudahlah… budget mereka sedikit kali hihi…
  • DA 25 PA 35, Alhamdulillah… ini tercapai banget. Saya pun pas baca ulang Resolusi 2018 kemarin beberapa hari ini tuh kaget sendiri. Saya menentukan angka pasti. Bukan sekedar “Naikin DA PA” doang. Tapi jelas, angkanya sekian. Akhir tahun ini DA saya 30 dan PA saya 37! Waw kaaan! Angkanya melebihi rencana. Dan saya bingung tahun depan mau nargetin DA PA berapa, soalnya sekarang susah amat yak naikin DA PA, sampe lelah sendiri hahaa… Untuk angka DA/PA terupdate pantau Media Kit saya di ABOUT ME.
  • 4 Juta Pageviews, Alhamdulillah… Nyampe pas pertengahan tahun 2018. Tapi itu via Blogspot. Bukan via Google Analytics. Sebab saya baru pasang Google Analytics itu baru tahun berapa ya… baru-baru aja. Sedangkan views sudah berjalan sejak tahun 2007. Gambar di bawah ini adalah pageviews via blogspot per Oktober 2018. Setelah itu sudah tidak terdeteksi lagi karena saya pindah ke WordPress. Tahun depan 5 Juta bisa nggak yaaaa???

  • Kerjasama dengan Klien yang Relevan, ini yes banget. Karena tahun ini saya berani menolak atau cancel beberapa kerjasama yang tidak sesuai rate card atau pun yang saya merasa nggak mampu. Selain itu saya juga berani menolak kerjasama yang barang atau artikelnya tidak jelas.

 

 Social Media

Saya sih teguh pendirian, nggak mau ikut politik dan sara. Tapi kadang… bumil labil ini suka kesulut emosi ikut komentar. Tapi dalam setahun bisa diitung jari kok. Kadang-kadang yaaa.. ikut “Sekadar mengingatkan” yang sudah keluar nalar. Meski nggak ikut campur, tapi sayanya masih suka mantengin artikel berbau politik dan sara, lengkap dengaaan… kolom komentarnya. Haha… karena baca kolom komentar itu lebih menarik ketimbang isi artikelnya wkkw…

Untuk unfriend dan unfollow, beberapa sudah dilakukan bagi saya ketika menemukan akun provokator. Kalau masih kawan di-unfollow. Kalau pas dicek ternyata nggak kenal-kenal amat (sambil heran kenapa bisa berteman) langsung unfriend. Untuk gali inspirasi, saya sedang ikhtiar aktif di komunitas yang saya ikuti sebelumnya. Saling berkunjung ke karya kawan membuat saya punya ide. Semua dari kami akhirnya jadi berkawan dan saling support! Thanks, kawan…

 

Kalau teman-teman gimana? Resolusi 2018 kemarin terwujud semua?

Kalau saya… yaaaa 80% terwujud laaahh…

Sumber Gambar Freepik

651 total views, 1 views today

9 thoughts on “Resolusi 2018 dan Realisasinya

  1. Baru ngeh gantih wordpress setelah baca resolusi. Nanti dibuatin enak dan gak enaknya ganti ke wordpress ya kak. Soalnya pengen juga, tapi masih ragu2. Hehe

    Semoga tahun 2019 kita bisa lebih baik lagi dan tercapai semua resolusinya. Aamiin.

  2. saya ga bikin resolusi pas tahun 2018 mbak, jadi ga ada yang bisa di evaluasi maupun di share, , hahaha..

    tapi tahun ini saya bikin resolusi kok, jadi bakalan ada tulisan ttg evaluasi akhir tahun whehehe…

    Syukur tercapai hingga 80 % ya… eh btw rate card yang ada di about me… about me nya kok ngelink ke tulisan ini balik mbak?

  3. Ah Vindy…tulisannya udah makin dewasa. Sehat terus ya Bumil…kalo hamil emang pengen bobok mulu bawaannya. Ntar kalo si dedek lair, ada alasan: aduh masih mbiasain diri ada baby nih, jadi ngeblognya yaa gitu deh. Ahaha. Pengalaman saya sih. Tapi moga kamu gak gitu lah 🙂

  4. Kereeennnn, detail bnget. Klo resolusiku di thn 2109, sama sih kyk thn2 sebelumnya lebih ke perkembangan bisnis/usahaku. Tp kali ini ada tambahan ingin aktiv ngeblog lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.