Film REVIEW

Review Film SUZZANNA – Nggak Nakutin Tapi Menegangkan!


NO SPOILER – Film Suzzanna – Benapas dalam Kubur ini sukses buat saya pejamin mata berkali-kali saking nggak mau lihat adegannya. Menurut saya ini film Horor Thriller terbaik sepanjang tahun 2018. Hm… mungkin sepanjang saya terakhir nonton Thriller kali ya?

 

👻 Luna Maya Mirip Kalau Diem-diem Bae

Sejak film ini diputer dan nampilin pemeran Suzzanna, saya fokus ke wajah Luna Maya. Mirip banget! Kalau diem tapi… haha… kalau dia lagi ngomong, agak aneh. Kaya bukan wajah normal. Karena ya secara itu kan dipermak ya. Ditempel-tempel sesuatu buat nambal bagian sudut wajah Suzzanna yang khas. Terutama hidung, dagu, sama tulang pipi.

Luna maya dan suzzanna

Saking saya penasarannya sama riasan Luna Maya yang menyerupai ‘Ratu Horor’ di Indonesia ini, saya perhatiin mulu riasannya. Sampai-sampai saya menyadari dan bisa lihat tambalan-tambalan itu di bagian bibir atas dan lubang hidung. Banyak adegan zoom wajah Suzzanna yang angle-nya shoot bawah hidung. Kelihatan banget gap atau semacam garis antara hidung asli dan tambalan. Yang nggak percaya, buktiin sendiri deh… atau ada yang sudah nonton tapi nggak menyadarinya?

Sayaaaang bangeeeet….
Sesempurna gimana pun, datangin MUA Rusia juga… sebenernya nggak bakal mirip 100% sih emang. Tapi kudunya bisa diedit pas videonya jadi atau ambilnya jangan selalu di bawah hidung. Hehe… Bibirnya juga aneh kalau pakai lipstik. Sempat batin, “Kok lipstiknya blepotan sih di ujungnya? Emang dibuat nggak rapi gitu atau gimana?” Hingga akhirnya saya paham, selain lipstik… bibirnya aneh karena seperti ada lapisan bibir kedua dibatas bibir aslinya untuk ngebentuk atas bibir.

Riasan Suzzanna

 

👻 Selain itu… TOTAL!

Luna Maya totalitas banget! Apalagi kalau pas diem mematung. Melotot. Ngelirik. Gerak tubuhnya juga kaku sekaligus lemah gemulai khasnya Suzzanna. Kalau suaranya masih ada rasa Luna Maya-nya, sih. Tapi banyak sekali yang saya rasa pas persis seperti aslinya. Cekikikannya. Desahannya. Seperti: Ah eh ah ehm… khas film jadul. Tau kan maksud saya? Itu juga ditampilin dan nambah cucok film ini. Ditambah setting tahun 89-an. Bajunya jadul, mobil jadul, properti rumah cukup jadul.

Dan ini film dewasa ya…

Ohya, saya naksir berat sama jepit rambutnya. Itu jepit rambut kesukaan saya. Bunga-bunga bahan kain begitu yang seperti bunga beneran. Saya punya beberapa. Hihi…

Yang ini punya aku. Salah satunya. Bahannya begini. Dan saya sangat suka jepit begini. Hehe punya saya yang kecil.

Jepit bunga kain

Karakter Luna Maya sendiri tuh sebenernya kuat banget. Sama seperti Tora Sudiro yang jadi Indro Warkop. Dia bahkan nyaris gak ada rasa Indro-nya karena saking kuatnya karakter Tora sendiri. Nah kalau Luna Maya ini 50:50 lah kalau kata saya. Dia kadang muirip buanget seperti Suzzanna. Kadang masih seperti Luna Maya.

Baca Juga Warkop DKI Reborn – JANGKRIK, Boss! – Aku Tertawa Sampai Menangis

Suzzanna

 

👻 Ceritanya Simple dan Klasik

Menurut saya, kekuatan film ini bukan di film horornya. Film ini jadi serem ketika adegan saling membunuh. Di situ gak ada sensor sama sekali! Darah moncrot… ya udah moncrot aja. Pisau ketusuk ya ketusuk. Jruuusss… darah keluar sekaligus dengan bunyi gemericik darah kental ngucur. Bunyi sayatan-sayatan yang bikin kita ngilu juga sangat dipertontonkan. Tapi tenang… Minim JUMPSCARE kok. Yaaaa ada sih JEDENG… BRAK! TOKTOKTOK…! Secara tiba-tiba. Tapi nggak lebay kaya Film Danur.

Pernah nonton film Danur?
Setuju kan kalau di film itu jualan Jumpscare doang? Saya pernah bahas review film Danur.

 

Baca Juga REVIEW Film DANUR – I Can See Ghosts

 

Ceritanya simple banget. Alurnya maju dan konfliknya satu aja. Mengangkat kisah cinta sepasang suami istri yang harus hancur karena niat buruk orang. Story-nya emang bikin kita terenyuh dan iba dengan nasib keluarga itu. Saya ya sempet berlinang air mata di adegan romantis. Nice!

 

👻 Selalu Ada yang Kocak

Jadi seimbang deh jadinya. Nontonnya jadi nggak bosen. Seru dan bikin ketawa. Dan yang bikin kesel juga ada. Gemes amat akutu sama orang satu itu. 😤

SUZZANNA BERNAPAS DALAM KUBUR

 

👻 Mulus, Soft, Cucok!

Anu, tau sendiri kan kalau kita lihat film lawas tuh pasti banyak efek yang terkesan maksa. Misal nih, pas adegan ketabrak tapi pake boneka. Pas adegan terbang ada talinya, atau efek komputer terbang melayang, atau opacity-nya kecil. Jadi kayak transparan gitu sin hantunya ya kaaan… 😂

Suzzanna

Itu dulu, Suzzanna yang ini udah ngikutin zaman hehe.. ada sih adegan yang kayanya pake komputer atau boneka kepala. Tapi buat saya itu udah bagus banget. Gak maksa. Soft gitu kelihatannya. Jadi kita yang nonton ikut terbawa suasana. Tapi rata-rata mereka bermain dengan tubuhnya sendiri. Entah ya pake stuntman atau enggak. Tapi kelihatan real pemeran aslinya. Good job!

 

👻 Nggak Nakutin tapi Menegangkan

Buat saya ini level horor yang rendah sekali. Karena saya sering nonton film horor ya. Jadi beginian aja gak bakal takut. Nah sayangnya, saya nggak terbiasa nonton Thriller. Suka nggak tega sama adegan sadis berdarah-darah. Tapi di film ini seru bangeeet! Ya ampun saya sampai menggeliat-geliat gimana supaya saya nggak kelihatan adegan sadis.

Nutup mata pake tangan tapi sayanya pake kacamata. Noleh ke kanan atau kiri, layar bioskop segede gaban tetep kelihatan dari anak-anak mata. 😪 Pilihan terakhir tutup mata pake kelopak sendiri paling gampang. Eeeehh suara craatt crooot crat crooot menggema seruangan karena DOLBY Surround are around you…

Bah!

Yang nggeliat-nggeliat nggak cuma saya doang. Banyak orang yang memekik, “iihh.. aahh.. aduuhh… aw…!!!

Suzzanna asli dan luna maya

Nggak nyangka saya kalau film ini banyak adegan tragis. Tapi saya menikmatinya sih… jadi sesuatu yang beda buat film Suzzanna. Kalau dulu kan emang tragis tapi frame-mya dipotongnya kasar. Pas dilempar pisau misalnya, trus tau-tau pisaunya nancep dan darah udah kececeran. Nah kalo ini… beuuhh…. bambu mancep cep cep di perut juga losss gitu aja kaya gak punya dosa. Trus darah pekat berkilat kena cahaya ngucur (seolah-olah) dari tubuhnya. Hiiii…

 

👻 Moral View?

Kok saya nggak nemu pesan moral di film ini ya? Hahaha… buat saya ini murni hiburan. Ada sih yang bisa kita petik yaitu: Jangan kita iri dengan keberhasilan orang lain yang membuat kita buta dan berbuat buruk sehingga bisa mencelakakan orang lain.

Udah gitu doang pesannya. Hahaha!

Baca Juga Review Film – A Man Called Ahok – Alasan Ahok Terjun Politik

Suzzanna dan suami

 

👻 Siap Nontonnya?
Udah deh, ini recomended buat yang rindu sosok Suzzanna dan yang suka thriller. Jangan mengharap cerita yang mirip kaya yang dulu, karena sama sekali beda. By the way… saya nonton ini dalam keadaan hamil. Dan ceritanya kan Suzzana lagi hamil tuh. Karena ini film gabungan antara “Bernapas dalam Kubur” dan “Beranak dalam Kubur” Jadi yang hamil, pikir-pikir kalau mau nonton. Haha… takutnya mual atau jadi parno. Kebetulan saya kuat sampe ending. Padahal saya sudah diwanti-wanti sama suami:

Ini film Ibu hamil ditusuk perutnya loh? Kamu nggak apa-apa?

Ehm… sebenernya apa-apa sih, ragu tapi sudah sampe kursi bioskop. Masa mau pulang, wkwk. Hati-hati mual bagi yang nggak bisa nonton thriller…

Waspadalah…. waspadalah!

Sudah siap nonton Suzzanna Bernapas dalam Kubur?

Suzzana bernapas dalam kubur

Baca Review Film Lainnya

Sumber Gambar: Google Image

352 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

14 Comments

  1. nonton nggak ya? entah kenapa sekarang agak takut nonton film2 horor

  2. Oke. Jadi, ini tulisan tentang Suzzanna yah, tapi baca ini aku jadi kepingin beli jepitan rambut bunga-bunga’an itu. Lah? Hahahaha. Aku belum nonton nih. Tapi liat fotonya yg pertama itu, mirip juga yah. Ya gak jauh beda lah.

  3. Belum nonton aku tapi segera setelah ada temannya langsung nonton nih film

    1. Nonton sendiri berani nggak hihii

  4. Ini penasaran sih apalagi imej Suzzana kan udah melekat banget ratu film horor dan liat hasil akhir mekap mirip banget. Baeklah, sepertinya masuk list tontonan setelah membaca ripiu ini ^^

    1. Iya Suzzanna itu punya julukan Ratu Horor Indonesia rupanya.

  5. Selasa aku mau nonton ini ama mama :D. Tp sbnrnya aku heran, kenapa judulnya di ganti yaaa.. Krn adegannya kombinasi antara beranak dalam kubur td? Tp sbnrnya film suzanna ada juga yg judulnya Bernapas Dalam Lumpur. Nahh, ama film itu ada hubungannya juga ga :D. Aku sih jd pgn nonton film suzanna nya yg dulu juga, beranak dalam kubur, juga yg bernapas dalam lumpur.

  6. Aduh… kalau film horror, saya lewat deh. Walau semua bilang aktingnya Luna Maya bagus, tetap saja saya ogah nonton.

  7. Aduh mbak kalau udah namanya film horor mah ampun haha. Pernah sekali tuh nonton, eh sampe rumah kebayang terus jadinya. *Penakut banget nih, hihihi*

    1. Yaah… kala sama aku dong ya hihi…

  8. Bahkan sampe suaranya tipis2 mirip banget… bikin merinding….

    1. Mirip mbak. Tapi kadang ya rasa-rasa Luna Maya.

  9. dari awal making movie nya aku udh nyadar kalo make up yang dipoles ke Luna Maya itu sangat powerfull alias melekat banget, apalagi yg make up in itu orang luar, duh tambah mirip… jadi serasa suzanna masih idup, hehehehehe #jejakbiru

    1. Iya, Luna Maya mirip banget, tapi pas diem siihh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.