TRAVELING

Camping & Outbond di Taman Botani Sukorambi Jember


Jember punya destinasi wisata yang asyik. Bisa camping dengan suasana yang cukup rindang sekaligus ada fasilitas outbond-nya. Aku beruntung banget bisa mencoba camping dan outbond di sini. Di mana itu?

Taman Botani Sukorambi
Instagram: @taman.botani.sukorambi
Aku yakin temen-temen di Jember – Jawa Timur sudah akrab banget dengan Taman Botani Sukorambi. Biasanya temen-temen ke sini tuh untuk renang atau outbond dengan kelompok. Seneng kalau bisa Flying Fox di sana. Ya kan? Lagian kolam renangnya pun sudah luama buanget dibuka. Aku masih ingat tahun 2007 kalau nggak salah, aku sudah jalan-jalan ke sini. Ngelihatin orang renang. Wk!Baca Juga Gebyar 17 Even Seru di Taman Botani Sukorambi Jember!

Taman Botani Sukorambi ini juga ada wisata edukasi seperti nama flora dan fauna. Macem-macem hewannya meski belum lengkap seperti kebun binatang gede. Ohya, ada wahana bermainnya juga. Konsepnya Rekreasi sambil Belajar.
Taman Botani Sukorambi Jember
Kali ini aku bakal ngebahas camping
di Taman Botani Sukorambi-nya yaaa…

Gathering sambil Camping

Jadi ceritanya aku lagi ada acara kantor nih. Gathering sambil camping. Eh sama mancing juga! Kami dipandu oleh Himpunan Provider Outbound Indonesia (HPOI). Mulai dari upacara pembukaan, games outbond, olahraga, acara inti, hingga acara ishoma-nya dari hari pertama hingga hari kedua.
Upacara Camping & Outbond Taman Botani Sukorambi Jember

Basah-basahan Nge-outbond

Sayangnya kami mulai acara itu sore, jadi outbond-nya singkat. Kurang panjang, huhu. Aku dan tim hanya bisa merasakan 2 games outbond saja. Yang pertama jalan di atas air kolam sambil pegang bambu panjang. Yang megang semua anggota tim dan berjalan di atas pohon yang melintang di atasnya.
Outbond Taman Botani Sukorambi Jember
Di situ aku jatuh dong!
Hahaha… iyalah yaa.. langsung basah setengah badan ke bawah. Jatuhnya di kolam ikan lele lagi. Alamak! Aku jadi bisa ngerasain dasar kolam yang genjur-genjur lumpur yang aduhai bikin geli.Baca Juga Rasanya Begini Kalau Main Polo Lumpur di Ledokombo Jember

Games kedua masih basah-basahan. Tapi kali ini nggak pakai bambu buat melewatinya. Aku harus bergandengan dengan temen lalu jalan di atas bambu gede basah yesbecause bambunya udah basah sisa tim lain yang udah kejebur duluan.
Outbond Taman Botani Sukorambi Jember
Tapi kami berhasil loohhh! Yeaay! Meski kami digodain sama tim lawan, tapi kami bertekad bisa! Kuncinya, kaki berpijak di bagian buku-buku bambu yang agak menonjol dan kasar. Sehingga kaki nggak licin gitu.
Games ketiga sebenernya main panjat tali. Ini seru banget sih. Kita harus naik ke atas, lalu melewati sisi lain untuk turun. Siapa yang paling cepat dia yang menang. Kelihatannya gampang ya, tapi kata teman-teman cukup susah. Soalnya kita harus mengangkat tubuh kita sendiri. Sayang aku nggak bisa cobain.
Outbond Taman Botani Sukorambi Jember
Games keempat basah-basahan juga di atas kolam ikan. Tapi di sini tantangannya ngumpulin bola-bola. Pakai ban dan dayung untuk jalan. Seru banget! Ada yang nggak maju jalan, ada yang didayung malah putar balik, ada yang hampir jatuh pas mau ambil bola. Haha…Baca Juga Pemandian Tasnan Bodowoso dan Hutan Pinus – Kolam Renang Tanpa Kaporit

Outbond Taman Botani Sukorambi Jember
Nah puncaknya adalah games merakit sebuah tiang yang terdiri dari 8 bambu. Ujungnya adalah tiang bendera merah putih. Kami semua tim menjadi satu dan berkoordinasi untuk bisa membuat tiang itu tegak berdiri.
Dari games ini kelihatan loh siapa yang aktif, siapa yang cuma bisa ngomporin alias cuma bersorak gangguin temennya. Ada juga yang diem pasif ngelihatin aja. Ada yang bingung kudu ngapain, dan itu aku wakaka… Ada yang ingin terlihat unggul, ada yang bisanya cuma mandor aja, dan sebagainya.
Hingga akhirnya kami berhasil…!
Outbond Taman Botani Sukorambi Jember

Pesta Ikan & Sate Kelinci

Sebenernya sebelum acara outbond berlangsung, ada acara mancing bareng. Dan hasil pancingan dibakar bersama-sama di malam harinya. Wih, ikannya buanyak banget dan gede-gede. Selain bakar ikan, juga bakar sate kelinci. Ini baru pertama kali aku makan sate kelinci, by the way.
Mancing di Taman Botani Sukorambi Jember
Enak banget! Nikmat!
Aku makannya nambah di piring kedua dengan nasi munjung!
Haha… laper banget abis bergerilya dengan air.

Lepas Lampion

Ini adalah acara yang paling aku suka. Karena aku baru pertama kali melakukan ini. Seperti di tivi dan buku ituloh.. lepasin lampion ke udara di atas langit yang gelap. Suasananya jadi romantis dan indah!Baca Juga Rasanya Begini Kalau Main Polo Lumpur di Ledokombo Jember

Aku sempat gagal menerbangkan karena lampionku berlubang. Setelah diganti baru, yeeaay! Bisa…! Mereka terbang dan entah sampai mana lampion itu bisa bertahan. Tinggi… tinggi… sampai nggak kelihatan.
Lepas Lampion di Taman Botani Sukorambi Jember
Sisanya yaa… free time sambil nyanyi dan bermain sendiri. Di sini kami have fun dan bisa saling mengakrabkan satu sama lain. Syahdu banget. Dan tentunya ujung acara kami adalah bobok.
Di… tenda~
😝
Luama buanget aku nggak tidur di tenda. Terakhir pas jaman SMA tahun 2007 pas pramuka. Ini kali ketiga aku tidur di tenda. Yang pertama pas masih SMP, ya acara pramuka juga.

Olahraga, Yes!

Pagi menjelang, waktunya olahraga!
Dengan instruktur seksi dan lagunya asyik banget… kami olahraga dooong! Nggak ada tuh yang malu-malu. Mereka semua bergerak. Itu artinya kami semua menikmati rangkaian acara. Hingga acara ini ditutup dengan bermain panahan.
Olahraga Pagi di Taman Botani Sukorambi Jember
Yes… aku mencoba daaaan… gagal wkwkw…
Mana pas nyoba, temen pada gangguin lagi. Kan aku jadi malu… Hahaa…
Panahan di Taman Botani Sukorambi Jember
Panahan di Taman Botani Sukorambi Jember
Itulah serunya acara camping bersama kantorku. Seru banget dan mungkin pengalaman ini nggak akan pernah aku lupain. Terima kasih Taman Botani Sukorambi bersama Provider Outbound Indonesia (HPOI) yang sudah memfasilitasi acara gathering kami.
Camping & Outbond Taman Botani Sukorambi Jember
Berkesan dan menyenagkan.
Bagi teman-teman di Jember yang pengen punya pengalaman baru yang seru, bisa loh Taman Botani Sukorambi ini jadi pilihan.Baca Juga Gebyar 17 Even Seru di Taman Botani Sukorambi Jember!

Fasilitasnya juga cukup menurutku. Mulai dari tempat sampah hingga kamar kecil untuk mandi/bersihin badan. Katanya ada 13 kamar mandi tersedia di sana. Aku suka di kamar mandi dekat kolam lele. Yang ada gazebonya. Di situ cukup bersih dan luas untuk mandi dan keramas.

Taman Botani Sukorambi
Jl. Mujahir, Sukorambi, Kabupaten Jember,
Jawa Timur 68151, Indonesia
Buka Setiap Hari (Kecuali hari Jumat)
07.00 – 16.00 WIB
Sumber Gambar: Taman Botani Sukorambi Official | Dokumen Wawan Dwi Siswanto |& Heru Putranto

3,408 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

17 Comments

  1. I and my family are very helpful with the info from you. May we all succeed the Hereafter.Cara Cepat Mengecilkan Perut BuncitObat Benjolab Di VaginaObat Oles Tahan LamaSehat Itu Barokah

  2. I and my family are very helpful with the info from you. May we all succeed the Hereafter.Cara Cepat Mengecilkan Perut BuncitObat Benjolab Di VaginaObat Oles Tahan LamaSehat Itu Barokah

  3. Rach Alida Bahaweres says:

    Seru banget bisa ngumpul bareng. Aku udah lama nih mba nggak gathering bareng teman2 kerja. Soalnya pekerjaannya nggak memungkinkan buat hangout sesering mungkin ama rekan kerja. Heheh

  4. Anggi Putri W says:

    wah seru banget yaa…

  5. Hahahaha seru amat gamesnyaaa.. Ga biasa.. Coba pas outing kemarin games kantorku begini jg, pasti seru.. :D. Pengen tau apa aku bisa jalan di titian bambu gitu :D. Tp ngebayangin nyebur ke kolam lelenya rada geli jg sih mba hahahah

  6. Faisol abrori says:

    Wahhh mbak vindyyy lagi-lagi grafisnya bagus, fotonya juga bagus, hemmmm sukses Selalu….

  7. Noya stories says:

    Paling enak yang pesta ikan n sate kelinci mbak. Oya sekarang botani banyak perubahan ya? aku hanya tau perubahan tempat parkir yang halaman depan aja (diluasin tanpa pagar)

  8. Aku jadi nostalgia outbpund gini nih jaman2 kuliah sama kerja dgn prang yg beda2, dan pasti emang serrruuu. Baru pas diem, kerasa badan pegel semua, wkwkwk. Next time kit acamping yuk Vin bareng BJS, hihi. Lepas lampion, aku blm pernah, ih. Ke botani juga belum pernah, hadehh 😀

  9. Wow seru acara outbound nya. Btw sate kelinci enak? aku belum pernah makan dan kalo diminta cobain kok geli ya rasanya hahaha 😀

    1. Enak, dan menurutku nggak ada bedanya sama sate ayam hehee…

  10. menyenangkan sekali ya mbaak. aku juga udah lama ga tidur ditendaa. kangen camping. kangen outbond. kangeeeeeen.

  11. Camping sm tmn sekantor, dg kegiatan yg cihuy begitu, plus tmpatnya yg kece abis, bakal jd penglaman yg gk terlupakan ya mbk, Makasih sharingnya, 🙂

  12. Seru banget mbak, ternyata lengkap juga di taman botani, kirain cuma taman sama kolam aja.

    1. Iya, camping ini termasuk 'menu' baru hehe…

  13. Johanes Anggoro says:

    Outbound memang seru, apalagi bersama rekan sekerja. Biar nambah rasa kekeluargaan dan kekompakan.

  14. Cindy Silvy Foresty says:

    Mau tanya mbk, itu baju setelah basah-basahan besoknya dipakai lagi ?? hehehhe

    1. Enggak doong, Mbak Cindy… hahaa… hari pertama pakai biru, basah kan, pake yang merah tuh.. sampe besoknya hihihi.. Bawa baju ganti lain sih, tapi malas ah.. yang merah dari malam sampe besoknya pulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.