Tips Sukses Dapetin Tiket Kereta Api untuk Lebaran

Lebaran sebentar lagi…

Beberapa pekan lalu ada pengumuman sudah boleh pesan tiket untuk mudik lebaran 2019 ini. Para pejuang mudik pasti sudah mikirin tanggal berapa berangkat mudik dan bahkan sudah menentukan juga kapan pulangnya. Ya untuk apa lagi kalau bukan untuk pesan tiket.

Saya setiap tahun pasti mudik. Dari Jember ke Malang. Naik kendaraan sendiri bisa 4 jam berangkat. Pulangnya bisa sampai 8 jam lebih. Pernah pas dihitung 12 jam karena arus balik padet bangeeett… Enak naik kereta api. Jadwal jelas, sampainya juga tepat waktu. Harganya juga lebih terjangkau sih daripada pesawat ya. Saya setahun terakhir ini suka banget bepergian pakai kereta api. Transportasi paling nyaman perjalanan jauh ya kereta api. Siapa yang setuju?

 

Pemesananan sudah bisa dipesan H-90. Jika lebaran antara tanggal 5-6 Juni, maka tiket sebenernya sudah bisa dipesan mulai Februari akhir. Nah ketika tulisan ini di-publish (Maret 2019) tiket kereta api lebaran masih sangat bisa dipesan. Karena pas saya cek di pegi-pegi, kursi kosong masih banyak, gengs. Ya tergantung rute ke mana juga sih. Tiket Jember Malang berangkat mepet hari H yaitu tanggal 3 Juni 2019 masih banyak kursi yang kosong.

 

 

Tips Sukses Dapetin Tiket Kereta Api untuk Lebaran

Pesan Jauh Hari

Nih, mumpung masih Maret, segera deh atur cuti atau ijin kantor/sekolah. Kalau bisa nih, blanko cuti juga segera dibuat dan segera minta ACC sama atasan. Nah, kerjaan kantor atau tugas lain kalau bisa ikutan dirapel sejak awal. Kalau blogger, di-publish-nya pakai setting waktu. Jadi nggak bakal kelewat.

 

 Pesan Online

Duh, udah bukan rahasia lagi kalau pesan online ini jauh lebih terjangkau ketimbang beli langsung ke lobi kereta api. Harga normal lewat aplikasi aja biasanya juga masih lebih murah. Apalagi yang kebetulan lagi bagi-bagi voucher potongan. Wah! Double combo! Budget mudik jadi berkurang. Tapi ya gitu… tetep jauh-jauh hari. Kalau deket hari lebaran biasanya harganya juga meningkat.

 Update Voucher

Nah, seperti yang saya bilang tadi. Pesan online apalagi via aplikasi hp itu lebih banyak potongan diskon. Voucher misalnya. Nih aku kasih salah satu contoh voucher yang lagi bisa dipakai saat artikel ini dipublish. Biasanya ntar langsung motong. Dan kita bayar biaya setelah dipotong. Enak, tho? Cuma memang, kita kudu proaktif cari tahu voucher apa yang lagi berlaku. Karena biasanya ada masa waktunya hanya beberapa hari. Atau kalau nggak mau ketinggalan informasi, nyalakan notifikasi promonya. Dijamin nggak bakal kelewat.

 

 Pesan di Bukan Jam Prime Time

Nah, ini juga salah satu kunci sukses pas pesen tiket kereta sampai ke pembayaran lanjut ke konfirmasi. Jam Prime time ini maksudnya adalah jam yang sibuk. Trafic internet sibuk, manusianya juga masih produktif beraktivitas. Coba pesan di malam hari, ehm… maksudnya dini hari. Ada beberapa bank yang membuka fasilitas internet/mobile banking di atas jam 1. Yaaa coba-coba di antara jam segitu deh.

 

 Siap Pembayaran Online (Internet/m-banking)

Nah, jangan lupa juga siapkan alat tempur pembayaran. Kalau internet banking pakai token remote, ya siapkan tokennya. Kalau pakai m-banking via SMS ya cari podisi sinyal SMS yang bagus. Kalau pakai m-banking via aplikasi, jangan lupa siapkan internet yang cepet. Karena biasanya kan pembayaran tiket via online ini ada batas waktunya. Jangan sampai hangus hanya karena kita kurang persiapan dan muter-muter mulu sinyalnya.

 

 Data Penumpang Harus Siap

Ini juga nggak kalah penting. Soalnya ini bersangkutan dengan identitas kita. Isian nama dan No KTP. Iya kalau yang pesen satu orang. Kalau sekeluarga? Butuh waktu lama untuk ngetik doang. Keburu abis kursinya. Jadi kalau bisa, kita isi dulu di aplikasi data-data penumpang. Jadi pas proses pesan tiket, tinggal klik-klik doang, pilih siapa hendak turut.

 

Jadi, siap mudik, gengs?

Semoga lancar ya mudiknya!
Siapa yang mudiknya naik kereta?
Mudik kemana?

347 total views, 1 views today

One thought on “Tips Sukses Dapetin Tiket Kereta Api untuk Lebaran”

  1. temanku cerita bahwa tiket kereta api ke daerah dia sudah habis padahal pas dia cerita itu masih bulan februari. tiket yang dimaksud itu tiket buat lebaran nanti. wah. aku belum pernah mudik jadi nggak tahu bahwa sampai segitunya ya ternyata persaingan mendapatkan tiket itu. btw, itu keluarga jember cantik-cantik banget anak perempuannya. termasuk dirimu. mirip-mirip ya fisiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.