TUTORIAL

TUTORIAL: Mengubah Ukuran Gambar pada Sidebar


Hai, Blogiest yang keren!

Kemarin aku bermain di blog temanku, Tha Artha. Ternyata di sana aku melihat sidebarnya tidak rapi. Maksud tidak rapi di sini adalah seandainya ukuran sidebar kamu 200 pixel, maka jangan kita kasih gambar yang width-nya (lebar) lebih dari 200px. Bisa bayangin kan kalau seandainya kita punya ruangan 200 px tetapi gambar yang kita pasang lebarnya lebih dari 200px. Abaikan untuk heightnya (tinggi). Sebab untuk tinggi akan menyesuaikan, kalaupun gambar sangat panjang ke bawah tidak akan jadi masalah. Blog kita tidak terbatas memanjang ke bawah, karena ada scroll. Sedangkan untuk gambar menyampingnya itu sangat terbatas. Dan aku berjanji untuk memberikan sebuah tutorial untuk mengahatasi hal itu.
Oke, lalu bagaimana caranya mengecilkan gambar supaya lebarnya cucok? GAMPANG BANGET!! Simak yuk caranya!

Pertama, Buka blog kamu –pastinya dong, ya kan? Ya dong?– Langsung menuju Tata Letak.
Kedua, Pilih Gadget mana yang terdapat letak kode untuk menyimpan gambarmu itu. Pilih Edit. Kita hanya akan mengubah sedikit saja kodingnya. Simak tulisan yang aku bold di gambar bawah ini ya…
Kurang jelas ya? Aku perbesar ya…
Nah, tinggal ganti saja angka 180px –maaf lupa kasih px di sana. Sebab itu aku tulis sendiri hehe ^^– di atas dengan ukuran yang sesuai dengan sidebar kamu. Jika ukuran sidebar kamu 200px, maka tuliskan saja 180 atau 190. Semanis-manisnya ukuran blog kamu deh!
Ohya, sebelumnya aku bilang kan kalau itu aku tulis sendiri? Memang aku nggak perlu pakai width kok. Kenapa? Karena ukuran gambarnya memang 180×180. Jadi sudah pas di sidebar-ku.
Bagi yang di dalam kodingnya belum ada width-nya, bisa ditambahkan sendiri. Jangan lupa ya nulisnya widht=”180px”. JANGAN LUPA px-nya. Okey? ^^
Sudah gitu doang kok, save dan reload. Lihatlah Blog kamu rapi karena gambar nggak beraturan. ^^

 

2,008 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

1 Comment

  1. Thanks tuornya ka 😀 mampir ya http://www.vektorkita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.