REVIEW

Aku & Kawan-Kawan Pernah Anyang-Ayangan


Sepekan lalu Mamaku bilang, “Ayo adek jangan nahan pipis!” Ketika itu Mama lihat adekku lagi mengapit kedua kakinya. Tangannya sibuk sama makanan di dapur. Jelas itu nahan buang air kecil. Trus Mama lanjut berpetuah sambil cerita kalau beliau pernah sampai pipis berdarah karena nahan pipis. Yang awalnya buang air kecil sedikit-sedikit tapi rasanya nggak tuntas, sampai rasanya sakit buang air kecil hingga sedikit berdarah.

Aku yang denger, seketika nginget-inget kalau aku pernah dan cukup sering ngerasa buang air kecilnya sedikit dan nggak tuntas. Rasanya kaya masih pengen dikeluarin lagi tapi nggak keluar juga. Sakit sih enggak, cuma rasanya nggak puas. Meski telah disudahi ritual buang air kecil itu, nggak lama aku pengen buang air kecil lagi. Ya karena itu tadi… masih belum puas, ujung-ujungnya yang keluar cuma sedikit banget.

Kalau sudah begitu, aku mikir ini ada yang nggak beres. Ya awalnya nggak ngerti penyebabnya itu apa. Terjadi begitu aja.

🍒 Terlalu Sibuk, Lupa Buang Air Kecil

Salah satu kejadian ketika susah buang air kecil ini aku alami ketika garap kerjaan di depan komputer berlama-lama. Deadline nih! Jadi kudu diselesaikan dalam sekali duduk. Baik di kantor maupun pekerjaan yang digarap di rumah.

Ketika di kantor pas lagi seru-serunya garap tugas, tiba-tiba aku pengen buang air kecil. Tapi ya gitu… entaran aja deh pipisnya. Nunggu kebelet banget, baru pipis. Sampai akhirnya tuh ngerasa nggak kebelet buang air kecil lagi. Lupa. Ini serius! Ditambah lupa minum. Terlalu asyik sama garap tugas, lupa semuanya. Ini masalah kebiasaan buruk menurutku yang bisa jadi penyebab sakit buang air kecil.

Di rumah juga gitu. Pulang kantorku itu malam hari. Kalau keburu deadline atau lagi pengen cepet digarap, aku fokus di depan komputer bisa sampai subuh. Suhu udara dini hari itu kan rendah banget ya. Biasanya seperti ngerasa pengen buang air kecil tapi nggak pengen. Nah loh…

Nahan Pipis

 

Duh, gimana ya jelasinnya. Yang pada akhirnya aku sendiri nggak yakin ini kebelet buang air kecil apa nggak sih? Dan terulang lagi, menunda buang air kecil yang sampai akhirnya menyerah ke kamar mandi juga. Tapi keluarnya sedikit-sedikit dan agak maksa. Lama lagi keluarnya. Padahal rasanya kandung kemih ini penuh, kok yang keluar cuma sedikit sih?

Nahan buang air kecil kadang disengaja karena faktor toilet yang terdekat nggak bersih. Biasanya milih nahan sampai nemu toilet yang bersih, ya kan? Pasti kita pernah mengalami. Atau misalnya kita sungkan mau memutus pembicaraan sedangkan kita kebelet banget. Biasanya di telepon nih. Soalnya aku pernah. Hehe.

Yang paling sering adalah mager alias males gerak.

Kebelet, sih… tapi entaran aja pipisnya…

🍒 Kurang Minum, Apa yang Dikeluarkan?

Ini juga jadi masalah kebiasaanku. Buruk sekali memang. Saat ini sedang belajar untuk terapi air putih agar badan nggak mudah lelah sekaligus memperbaiki metabolisme tubuh terutama buang air kecil.

Ada kalanya aku malas minum. Ini malasnya secara sadar pula. Jadi aku ini tahu kalau haus, tapi malas ambil air minum. Kadang juga faktor ketersediaan air yang kurang cocok. Misal, di suatu tempat adanya air kemasan merk A, sedangkan aku kurang cocok dengan air itu. Akhirnya aku memilih nggak minum. Nanti aja beli di tempat lain.

Akhirnya apa yang aku bisa keluarkan kalau asupan air aja nggak ada. Dehidrasi paling sering. Dan ketika buang air kecil jadi sedikit sekali. Syukur buang air kecil ketika bangun tidur masih lancar setiap hari dan banyak. Jadi kupikir ini masih belum terlambat.

🍒 Faktor Lain Penyebab Anyang-anyangan
Selain malas dan kurang minum, biasanya anyang-anyangan dialami oleh wanita hamil. Karena kandung kemih terdorong oleh janin yang semakin membesar. Jadi dikit-dikit kebelet buang air kecil. Dan faktor lain adalah bakteri. Namanya bakteri E-coli (Escherichia coli). Bisa masuk ke saluran kemih melalui tangan atau celana dalam yang tidak bersih.
E-coli Bacteria
🍒 Mencari Solusi Anyang-anyangan

Sebenarnya ini hanya masalah kebiasaan. Kalau misalnya aku menerapkan hidup sehat minum air putih yang banyak dan nggak menunda buang air kecil, semua pasti teratasi. Tapi kalau sudah terlanjur? Masih bisa diobati sih. Seperti kasus Mamaku. Tapi dengan obat.

Paling aman memang menggunakan bahan alami. Buah atau sayur misalnya. Dan ternyata ada buah yang bisa digunakan sebagai terapi bagi penderita Anyang-anyangan. Namanya buah Cranberry. Mirip buah chery tapi lebih mirip blueberry. Warnanya merah.

Fakta Cranberry

Buah seperti ini kan nggak lazim ditanam disekitar kita ya? Padahal kandungannya baik untuk ginjal karena memperlancar urine juga bisa mengatasi bakteri jahat yang masuk melalui saluran pembuangan.

Terutama untuk wanita.

🍒 Kenapa Wanita?

Bentuk organ intim wanita itu sangat berdekatan dengan pintu saluran buang air besar. Padahal di sana tempatnya banyak bakteri E-coli menempel pada saluran kemih. Cranberry dapat mencegah bakteri tersebut menginfeksi.

Itu sebabnya kita sebagai wanita harus tahu juga cara membersihkan organ intim. Yaitu dengan cara membersihkannya dari depan ke belakang (dari atas ke bawah) atau dari pintu saluran urine menuju lubang anus. Bukan diusap berlawanan arah melainkan seharah-bilas-searah-bilas. Ini PENTING.

Ini pelajaran yang kudapat ketika remaja dulu kayanya. Ketika dapat penyuluhan kesehatan reproduksi dan cara merawatnya. Apalagi aku tumbuh sebagai wanita yang aktif bekerja.

Karena kalau arahnya terbalik atau bolak-balik atas-bawah-atas-bawah, bisa menyebabkan bakteri E-coli tadi naik ke salurang urine. Itu bisa menginfeksi saluran kemih. Nambah lagi satu masalah, ya kan? Udah susah mengatasi kebiasaan susah minum dan nahan buang air kecil, ini lagi nambah-nambah infeksi. Ohya, hal ini biasa disebut Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Jangan sampai ya…

🍒 Cranberry Rasanya Enak
Lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih karena mengandung Proanthocyanidin yang menghambat perlekatan bakteri E-coli ke saluran kemih. Tapi kita masih bisa merasakan manfaatnya dalam bentuk minuman enak dalam kemasan yang ada di Indonesia.
Aku sudah coba dan emang enak.
Manis agak kecut segar.
Prive Uri-cran

Ketika mulai ngerasa nggak nyaman buang air kecilnya, aku coba minum dua kali sehari. Berangsur lancar kembali. Ditambah minum air putih yang banyak supaya memproduksi kemih banyak dan punya stok untuk dikeluarkan ketika ingin buang air kecil lagi.

Prive Uri-cran ini sebenernya ada dua kemasan. Kapsul dan serbuk. Karena aku malas minum kapsul, jadi aku lebih memilih serbuk. Soalnya jadi nggak seperti minum obat. Kaya minum minuman rasa-rasa. Padahal ini suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah cranberry.

Ini bisa jadi solusi ketika dirasa mulai nggak nyaman. Bisa diminum kapan aja dan di mana aja. Ini bisa menjadi cara mencegah anyang-anyangan. Tapi jika dirasa belum kunjung pulih, segera ke dokter ya. Jangan sampai kejadian Mamaku terjadi pada kita.

Apalagi sampai berulang. Jangan ya…

Ohya isi Prive Uri-cran yang serbuk per box ada 15 sachet. Kalau yang kapsul per box-nya isi 30 kapsul. Minum ketika diperlukan ya. Palingan satu-dua hari minum sudah lancar kembali jika belum parah sepertiku misalnya.

Prive Uri-cran

Tujuan tulisan ini ditulis karena aku peduli untuk kesehatan saluran kemih wanita-wanita di Indoensia. Ini juga bukan hanya wanita dewasa saja. Sejatinya pria juga berpotensi yang sama kalau nggak jaga kebersihan reproduksinya atau sering nahan buang air kecil juga. Dan siapa sangka anak-anak juga sangat bisa anyang-anyangan. Ssering banget kan lihat anak kecil suka menahan buang air kecil?

Itu tadi adalah pengalamanku ketika anyang-anyangan dan mengatasi sakit buang air kecil.  Kita jadi tahu resiko Anyang-anyangan bagi kesehatan wanita dan bagaimana Prive Uri-cran menjadi solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan.Berikut ada beberapa kawan yang juga berbagi seputar ayang-ayangan. Simak ya…

Jadi, yuk kita banyak minum air putih…
Dan jangan menunda buang air kecil…
Eits, jangan lupa juga bersihkan organ intim kita dengan benar ya…
Kalau terlanjur, minum Prive Uriicran deh…
Rasanya enak, serius!
Sumber Gambar
Beritagar | Vemale | Freepik | Akun Facebook kawan-kawan (sudah dapat persetujuan dari yang bersangkutan) | Dokumen Pribadi 

842 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BACA JUGA

22 Comments

  1. bolak balik ke kamar mandi? pernah banget, dan nggak enak sekali mbak. apalagi kalau lagi di luar rumah -_-

  2. Iya aku juga suka. Enak ya.. nggak seperti minum obat. 😀

  3. elvina yanti says:

    wiiiiiihhhhhhhh kerennnn tjakeppp nih tulisannya.Saya ikutan juga, tapi nggak secucok ini -,Oiya, btw suka sama rasanya yang agak tawar ke manis-manis gitu.nahan pas lagi kebelet itu emang sesuatu, apalagi kalau lagi mager, kalau nggak mepet bakalan ditahan dulu pasti -,

    1. Nah.. mageeerr…. itu kesalahan yang sangat disadari wkkww.. toss lah mbak!

  4. memang bahaya banget ya menahan kencing itu… kalo keseringan bisa kena ISK, sereem

    1. Serem, Ya Mbak… aku juga ngeri kalau sampai pipisnya berdarah misalnya.

  5. Jadi… anyang-anyangan itu yang pipisnya sedikit tapi sering ya? Atau kebelet tapi pas pipis eh ternyata dikit keluarnya. Aku baru mendengar istilah ini soalnya, hehe.Tapi kalau soal nahan pipis aku juga pas SMA dulu sering diwanti-wanti sama guru biologi jangan biasain nahan pipis karena banyak akibatnya. Tapi kalau kata guruku dulu itu nanti ada kapur yang menggumpal di saluran kemih sehingga tersumbat ._.

    1. Iya, itu juga betul. Jadi batu ginjal. Cuma batu ginjal juga dipicu kita yang kurang air minum. Sehingga nggak ada yang bisa dikeluarkan melalui pipis. Nah, jadi endapan/kristal gitu di ginjal. Aduhh ngeri ya…Mending banyak minum deh, dan kita keluarkan metabolisme melalui pipis yang sering.

  6. Klo pipis yang gak tuntas itu tuh kadang2 terjadi. Entah kenapa ngerasa gak tuntas gitu. HehePernah nahan pipis yang bener2 nahan, waktu itu dalam perjalanan dan sampe bener2 diujung. Untung aja langsung dikeluarin dan rsanya lega bgt.Anyang2an? ah. ini juga pernah. Dulu ngobatinnya sih apa ya? Lupa. Udah lama sih. Hehe

    1. Nah iya, kadang nahan pipis itu terjadi karena terpaksa seperti lagi di jalan dan nggak memungkinkan untuk berhenti. Yang penting kita kudu paham, sebelum perjalanan jangan minum berlebih dan kalau bisa pipis dulu sebelum berangkat.

  7. Daruma says:

    Ulassnnya keren bgt. Udah byk blogger yg ngulas urican. Gak kecewa sama produknya ponakan saya aja sembuh..

    1. Iya nih… aku juga jujur baru paham manfaatnya bagus. Urusannya sama buang air lagi… sesuatu yang selalu kita lakuin setiap hari.

  8. dulu aku sering , sekarang stelah banyak minum gak lagi

    1. Syukur ya mbak… aku juga nih. Sekarang suka simpan air di kamar tidur. Kadang.. kalau lagi dehidrasi atau pas drop, tenggorokan suka gatal. Itu jelas kurang minum. Langsung bagun dan minum yang sangat banyak. Trus tidur lagi hehee.. Takut…

  9. khairul Leon says:

    Dulu aku pernah di kasih paket urichan banyak banget.Tapi karna ga tau fungsinya buat apa jadi aku ga minum sama sekali.Aku pikir itu gula wkwk.

    1. Abeeehh wkwkw… Sekarang masih ada? Masih belum exp? Dikasih ke sodara aja yang butuh…

  10. Amanda Ratih says:

    Nggak berani lagi aku nahan2 pipis, bahaya banget ada bakteri di saluran kemihnya hiy..

    1. Iya, aku bayanginnya juga ngeri. Jangan sampai ya..

  11. Ikrom Zayn says:

    wah lengkap banget, ayang2en kalau dibiarkan memang bahaya ya mbakapalagi ada bakteri e coli pada saluran kemihadanya bakteri asidofil (yang bisa bertahan pada suasana asam spt Lactobacillus acidophilus pada uricane ini membuat bahaya ISK bisa diminimalisirmantep pokoknya

    1. Iya, setelah dari sini aku jadi banyak tahu juga bahayanya dan kudu ngapain. 😀

  12. Witri Prasetyo Aji says:

    Aku pernah pipis darah jugaa…aku juga minum uricran…enakkk

    1. Sampai pipis berdarah? Ya ampun.. syukur aku belum sampai tahap itu… Ngeri juga bayanginnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.