Pengalaman Perekrutan (Psikotest-Interview) di Beberapa Perusahaan

Tuesday, 3 February 2015

Pengalaman Perekrutan (Psikotest-Interview) di Beberapa Perusahaan

Halooo....., blogiest!
Ketemu lagi denganku di postingan mengenai perekrutan kerja. Setelah kemarin aku posting mengenai perjalanan jobseeker, lalu aku share tips dan trik lolos psikotest, lalu aku juga berbagi tentang bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan. Kali ini aku akan bercerita panjang mengenai pengalaman aku diinterview.

Seperti kisahku di perjalanan jobseeker-ku, aku pernah mengikuti test di empat perusahaan besar seperti PT. Paragon Technologi and Inovation, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Bank BRI dan Bank BCA. Sebenarnya aku juga banyak menaruh surat lamaran. Namun tidak ada respon hingga sekarang. Jika aku list, ini dia nama-nama perusahaan yang pernah kutaruh lamarannya. (UPDATE Sept 2015)

0. Penerbit Indie Pustaka Jingga (semasa kuliah)
1. Adira Finance
2. PT. Columbindo
3. PT. Paragon Technologi and Inovation (Wardah)
4. Bank BRI via Vendor KPSG
5. BTPN Syariah
6. PT. Sumber Alfaria Trijaya
7. Bank BII
8. Asuransi Sinarmas
9. Bank BCA
10. BIZZNet
11. BPJS
12. Jawa Pos Group Radar Jember
13. Mandiri Micro
14. Pos Indonesia
15. Sebelas (11) Perusahaan BUMN di kotaku.

Sumber: google.com
Wah.., banyak juga ya. Tapi aku yakin, teman-teman yang lebih berpengalaman dariku sudah mengirim lebih dari list yang kutulis ya. Dari dua belas nama perusahaan tersebut, hanya tujuh diantaranya aku dihubungi untuk test psikotest hingga interview. Kujelaskan satu persatu yaaaa ^^

0. Penerbit Indie Pustaka Jingga (Semasa kuliah)

Ini adalah penghasilan paling pertama selain uang saku dari orang tua. Hihihi... Diawali dari hobiku mendesain gambar, hingga akhirnya ada seorang pemilik penerbit indie merekrutku sebagai desainer cover dan layout bukunya. Kuterima dan ini berjalan dari Januari 2012 hingga Juni 2014. Hampir 3 tahun aku bekerja di sini. 

Penghasilan sama sekali tidak tetap. Karena aku dibayar per-project. Jika ada pesanan  maka aku mengerjakannya. Di akhir bulan ditotal sudah berapa aku mengerjakan, maka itulah penghasilanku. Menurutku penghasilanku tidak banyak, tapi ini sangat membantu dari segi finansialku. Aku bisa beli ini itu dengan hasil bekerja tanpa meminta dari orang tua.

1. Adira Finance

Ini pertama kalinya aku mencari lowongan pekerjaan di internet dan aku memberanikan diri mengirim langsung lamaran ke kantornya. Aku melamar sebagai staff administrasi. Dan.... aku lupa tanda tangan di surat lamaranku. Ini pengalaman pertama, dan pertama kalinya juga aku lupa membubuhkan tanda tangan.
Alhasil? Aku kepikiran berhari-hari, berminggu-minggu, menyesal tiada henti. Ya, sampai sekarang tidak dipanggil ahahaha...

2. PT Columbindo

Ini kali kedua aku mencari lowongan di internet dan masih dibuka saat itu. Via email dan aku harus melampirkan data digital. Karena malas, aku hanya mem-foto sertifikat-sertifikatku, kuperkecil supaya tidak terlalu besar ukurannya, daaann... tidak rapi, melenceng ke kiri, ke kanan, tidak simetris.
Hasilnya? Tidak dipanggil juga. Wkwkwk..., lamaran yang nggak niat kali ya?

3. PT. Paragon Technologi and Inovation

Aku menaruh lamaran di sini saat Jobfair di Universitas Muhammadiyah Jember pada tanggal 12 Agustus 2014. Perusahaan yang mengelola produk kosmetik Wardah, MAKEOVER, dan lainnya. Aku mengisi jabatan sebagai staff administrasi. Saat aku menaruh lamaran aku dapat sample gratis pelembab ber-SPF 15. Lumayan yaaaa..... *sifat asli suka gratisan keluar wkwkwk*
Seminggu aku menaruh lamaran, aku di-SMS untuk mengikuti psikotest di Gedung Magistra Utama. Di sana aku satu ruangan dengan temen kampus yang sama-sama lulus barengan, namanya Nurul Ilmiah atau biasa dipanggil Iil.
Psikotesnya seperti biasa, pilihan ganda isinya gambar-gambar cari yang sesuai pola, deret matematika mencari nilai di tengah-tengahnya. Lalu aku disuruh mengisi pertanyaan yang isinya siapa diri kita, keinginan kita, gaji yang diharapkan, saran dan kritik untuk PT. Paragon, dan menceritakan secara deskripsi siapa kita.
Pulangnya diberi oleh-oleh buku agenda lucuk bingit. Seperti ini gambarnya, (aku lupa poto, nanti kuupdate dengan poto asli diriku.)

Buku Agenda oleh-oleh dari psikotest PT. Paragon Technologi and Inovation
Sumber: rezkasafirasite.files.wordpress.com

4. Bank BRI via Vendor KPSG

Aku juga menaruh lamaran ini dari Jobfair di Universitas Muhammadiyah tanggal 12 Agustus 2014. Kalau tidak salah sih administrasi juga. Aku dikabardi via SMS satu bulan kemudian untuk ikuti psikotest di Malang. Pada saat itu aku sudah diterima di tempat lain. Maka aku tidak ambil kesempatan itu.

Tapi satu bulan kemudian aku di-SMS lagi nih, disuruh datang psikotes di Malang. Kali ini aku ikuti karena aku juga sudah berniat untuk resign dari pekerjaan lama. Begitu aku sampai di tempat test, aku bersama sekitar 10 orang lainnya. Aku pakai pakaian batik Pakai baju begini nih:

Aku dan batikku
Psikotes yang aku jalani di Bank BRI ini dimulai dari Mengisi data diri, riwayat hidup dll. Lalu aku harus mengisi tes gambar, deret angka. Aku juga harus membuat gambar diri dan gambar rumah pohon. Seperti yang pernah kuceritakan di perjalanan jobseeker, kalau aku pernah ababil pas ngerjakan test ini.

Kutipan kisah bodohku saat mengerjakan test rumah dan pohon:
Gambar Rumah dan Pohon. Aku ada cerita lucu nih. Pertama kali aku ikutin test gambar rumah dan pohon. AKu asyik menggambar rumah, plus detailnya. Lalu pohon asal saja. Kubuat dua pohon kanan dan kiri dari rumah. Yang satu pohon ada buahnya bulat-bulat single. Yang satu tidak ada buah sama sekali. Aku juga lengkapi dengan kucing di depan rumah, dan ada aku yang keluar dari rumah bawa tas. Maksudnya berangkat kerja.
Begitu selesai, intrsuksi terakhirnya adalah, "Beri keterangan pohon apa yang Anda buat, ya." 

Glodak...!!Ini pohon apaan yang kugambar?? Nggak jelas gini!Karena aku panik dan beberapa teman sudah mengumpulkan, Aku asal saja menulis:Yang ada buahnya: Pohon Mangga. (Padahal buahnya bulat)Yang tidak ada buahnya: Pohon Jalan. 

Pohon Jalan?Entahlah... yang ada di bayanganku, pohon yang ada di pinggir jalan ituloh! Wkakakakak....
Sumpah aku menyesal sampai di rumah. Lalu aku tidak memikirkan itu hingga sekitar dua minggu aku dapat kabar kalau aku lolos! Hihihi...
Seminggu kemudian aku dinyatakan lolos psikotest BRI. Tapi sampai sekarang belum dipanggil-panggil tuh untuk interview dengan BRI-nya.

5. BTPN Syariah

Ini perusahaan aku pernah ikuti saat demo singkatnya. Ini aku dapat info lowongannya juga dari Jobfair di Universitas Unmuh. Aku baru ikut demonya saja dan tidak sampai ikut test psikotest-nya. Karena aku sama sekali tidak tertarik. Sombong banget sih? Hehe..., karena memang tidak cocok.\
Posisi yang ditawarkan adalah Pembina Wisma, dimana harus stay di wisma atau rumah Mess di Desa. Itu artinya aku harus bisa berkendara motor dan itu seperti hidup di KKN. Perlu diketahui aku sangat trauma dengan KKN. Alasannya? Ada deh.. :D

Bukan berarti tidak bagus ya posisi itu, hanya saja memang tidak cocok dengan kondisi dan situasiku. Jadi begitu mbak HRD-nya selesai menjelaskan, mbaknya menawarkan untuk kami sebagai calon pelamar meninggalkan lokasi test jika tidak tertarik. Dan aku keluar.

6. PT. Sumber Alfaria Trijaya

Aku juga memasukkan lamaran dari Jobfair di Universitas Unmuh tanggal 12 Agustus 2014 juga. Banyak juga ya aku masukin lamarannya. Aku melamar sebagai Purchasing Staff. Kata Mbak HRD, boleh langsung ikut perekrutan pada hari Senin besoknya pukul 07.00 pagi.

Aku datang pukul 07.00 pagi dengan pakaian putih hitam. Di sana aku bersama pelamar-pelamar dari pendidikan SMA yang ingin melamar sebagai pramuniaga dan kasir. Di situ pelamar S1 sangat sedikit. Hanya 12 orang dan kebetulan aku bertemu salah satu kawan kuliah, namanya Dawim. Syukurlah aku ada teman ngobrol.

Tes pertama adalah test fisik. Bersama satpam perempuan, kami para pelamar diukur tinggi, tindik selain anting, dan tato. Ada loh yang tindiknya lebih dari satu. Dia sempat panik. Dan dia tidak lolos. Padahal dia udah seksi pakai baju press body dan rok span sedengkul yang seksi.

Pelajaran, penampilan bukan penilaian utama. Otak dan attitude-lah yang menjadi
pertimbangan pertama. 

Lanjut..., setelah itu test psikotest sambil dipandu oleh mas HRD-nya. Usai psikotest, dipanggil siapa saja yang tidak lolos. Ohya, di perusahaan ini test-nya walking interview. Jadi, setiap tahap test kalau gagal maka langsung pulang, dan jika lolos maka masih di tempat hingga tahap selanjutnya, begitu seterusnya.

Setelah psikotest aku dinyatakan lolos, lanjut ke test kepribadian. Test ini tidak ada yang benar maupun salah. Ini merupakan kepribadian kita, akan dianalisis ketika interview nanti. Dan benar saja, setelah test ini selesai, aku lanjut ke interview HRD. Lancar sekali bahkan aku diinterview 2x pada hari itu. Yang lainnya 1x. Kemudian aku menunggu 1 minggu lamanya.

Pada interview saat itu aku lebih kepada pengenalan diri. Aku menceritakan keseharian, hobi, prestasi, pengalaman kerja dan alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Enjoy sekali dan aku nyaman. Bahkan aku banyak bertanya seperti apa sih pekerjaan aku nanti. Dan mereka dengan senang hati menjawab. Kemudian aku ditelepon untuk hadir ke interview selanjunya.

Interview selanjutnya aku langsung dihadapkan pada manager finance franchise. Jadi aku dialihkan dari Purchasing ke Finance Franchise. Perlu diketahui juga, selama kita masih dalam masa perekrutan, segala hal bisa terjadi seperti halnya pergantian posisi.

Pada interivew kali ini aku lebih kepada kesiapan aku jika aku menjadi bagian mereka. Sekarang lebih kecocokan antara Finance dan Bidang pendidikanku. Ya awalnya sih perkenalan lagi, karena berbeda orang nih yang interview, tapi sisanya lebih kepada kesiapan diri dan keyakinanku bekerja di sana. Lagi-lagi aku tanya mendetail tentang pekerjaan Finance yang akan aku kerjakan, resiko dan solusi jika terjadi kesalahan. Di sini aku manfaatkan betul untuk mengetahui seluk beluk pekerjaanku nantinya.

Tiga hari kemudian aku ditelepon lagi untuk menghadap Manager HRD. Kupikir masih interview lagi, ternyata aku langsung deal gaji. Disuruh datang lagi besoknya membawa persyaratan administrasi untuk pembukaan buku rekening. Lalu aku bekerja deh besoknya....!

7. Bank BII

Kalau ini aku dapat lowongan di internet. Kirim via pos dan tidak ada kabar hingga sekarang. Padahal aku mengharap banget bisa bergabung di sini. Kalau tidak salah aku mengambil posisi Staff Administrasi Marketing. 

8. Asuransi Sinarmas

Ini juga sama, dapat di internet. Kalau ini aku kirim langsung ke kantornya, dan aku juga tidak dapat kabar dari sini. Kalau tidak salah juga aku ambil posisi staff administrasi.

9. Bank BCA

Kali ini aku melamar dari jobfair yang diadakan oleh Univesitas Jember bulan November 2014. Aku daftar sebagai pelamar melalui online yang diisi langsung di meja stand BCA menggunakan Tab. Plus foto langsung di depan orang-orang antrian di belakang. Hihihi malu sih....

Sebulan kemudian aku dihubungi SMS untuk melakukan psikotest di Gedung Perpustakaan Univesitas Jember. Prosesnya sangat melelahkan! Karena pesertanya 120 lebih! Masuk satu persatu dipanggil aja butuh satu jam. Lalu mengerjakan test gambar, deret angka, penjumlahan, buanyak banget deh! Saran pagi kudu makan! Tapi syukurnya jam makan siang aku dapat nasi kotakan. Lalu diumumkan siapa saja yang lolos tahap pertama, aku masuk di dalamnya. dari 120 lebih hanya diambil 37 orang.

Ohya, aku pakai pakaian yang sama ketika aku test di BRI. Tidak seperti pegawai Bank kan? Hehehe.. nggak punya pakaian bagus juga sih.

Lalu test lagi, test kepribadian dan beberapa lainnya aku juga lupa. Kemudian test gambar. Gambar manusia dan pohon. Kali ini aku gambar Pohon rambutan. Langsung pengumuman dan aku lolos lagi, dijaring menjadi 12 orang.

Dari 12 belas orang ini mengisi lagi test kepribadian lagi tapi soalnya lebih banyak. Juga diberi satu lembar kosong disuruh tulis keinginan dan harapanku. Disamping menulis, aku dan yang lainnya mulai interview satu persatu. 

Interview kali ini sangat bersahabat sekali. Sesekali yang interview menuliskan sesuatu dari yang kuucapkan. Lebih membahas tentang kehidupan sehari-hari, hobi, pekerjaan sebelumnya, pendidikan sekolah juga. Satu bulan kemudian aku ditelepon oleh nomor jakarta untuk hadir interview langsung di kantor cabang BCA.

Di kantor BCA ternyata aku bertemu juga dengan teman kuliahku, namanya Mbak Hessy. Dia melamar posisi Operating Staff atau apa gitu... kalau aku sih dialihkan lagi menjadi Teller, sebelumnya frontliner. Interviewnya lebih kepada minatku, kenapa aku berminat di perbankan, dan pekerjaan-pekerjaanku sebelumnya. Pengenalan diri aja sesuai hobi dan apa saja yang kukerjakan selama menganggur. Kemudian, belum ada kabar sampai sekarang terhitung sekitar 2 minggu yang lalu.

10. BIZZNet

Ini aku ikut jobfair di Universitas Jember Novembert 2014. Dan belum ada panggilan hingga sekaranh.

11. BPJS

Perekrutan ini sangat kutunggu-tunggu dan kuharapkan. Denger-denger sih gaji dari pegawai BPJS itu paling tinggi dari pegawai bank loh! Aku pernah baca di mana lupa. Hehe...
Pada saat itu ada perekrutan via online dan aku ikutan. Pada tanggal pengumuman ternyata aku tidak lolos. Ya sudah mungkin kualifikasiku tidak sesuai dengan posisi yang kulamar. Akhirnya aku pasrah. eh lima hari kemudian aku dihubungi via email lagi bahwa aku berkesempatan untuk mengikuti psikotest karena penambahan kuota.

Aku ikuti deh, via online. Seru banget test via online begini. Ada beberapa sub test yang harus dilakukan. Boleh menggunakan kalkulator atau kertas oret-oret. Boleh dikerjakan dirumah, warnet atau di mana saja asalkan pasti koneksinya lancar. Boleh dibantu siapa aja ya hehehe. Tapi..., tetap saja ada batas waktu yang sangat singkat. Jadi mau dibantu oleh siapa pun, atau mau pakai kalkulator sekalipun, kalau tidak cepat berpikir ya sama saja.

Model testnya ada perbedaan gambar, gambar 3D yang diputar-putar, deret angka, penjumlahan pengurangan perkalian pembagian (ini aku pakai kalkulator), dan soal cerita matematika sederhana namun butuh ketelitian juga.

Kutunggu pengumuman, ternyata aku gagal. Tak apalah, kucoba lagi besok-besok kalau ada buka lowongan lagi. ^^
UPDATE Sept 2015: Aku coba ini untuk kedua kalinya. Tapi nggak lolos lagi di tahap administrasi.

12. Jawa Pos Group Radar Jember

Ini tempat bekerjaku sekarang. Test lisan biasa langsung interview dan aku langsung diterima sebagai karyawan kontrak dulu. Aku enjoy di sini. Berjalan bulan ketiga dan aku merasa sangat nyaman. (Februari 2014)

Capek juga ya cerita panjang lebar. Sekian dulu deh... ^^ semoga bermanfaat dan membuka gambaran teman-teman untuk mencari pekerjaan yaaa...

13. Mandiri Micro

Aku sempat melamar di Mandiri Micro. Lihat lowongan di kantor pos. Yang dibutuhin sebenernya sih Marketing Founding atau apa gitu aku lupa. Tapi aku masukkinnya sebagai Administrasi Staff. Dua hari berikutnya ditelepon dan dipanggil interview tapi sebagai founding itu. Aku menolak. Di sini aku merasa sombong banget. Menolak kesempatan. Tapi aku punya pemikiran lain.

14. Pos Indonesia

Rekrutmen ini serentas secara online. Posisinya sebagai aku lupa. Tapi yang pasti, aku gagal. Tidak ada pemberitahuan email. Baik, coba lain kali.

15. Sebelas (11) BUMN di kotaku.

Ini inisiatif. Melamar tanpa ada lowongan. Kusebar semua sama sebagai staff administrasi. Nasib lamaranku gimana?

  1. Ada yang hanya sampai Pak Satpam diterima, 
  2. ada yang sampai Pak Satpam tapi langsung ditolak disuruh lewat online, 
  3. ada yang sampai HRD diterima lamarannya, 
  4. ada yang sampai HRP tapi sambil ditolak secara halus sambil bilang, "kami belum bisa menerima jalur seperti ini. Semua terpusat Mbak. Nanti dibuka saja ya websitenya. Tunggu informasi lowongannya."
  5. Ada juga yang diterima lalu satu bulan selanjutnya ada surat sampai ke rumah. Surat penolakan dengan alasan "belum menerima karyawan baru."
  6. Ada juga yang tidak ada kabar.
------

Panjang dan banyak ya percobaan mencari kerja? Apa itu artinya aku buruk? Nggak.. nggak juga. Kalau mau percaya diri dan sombong, nilaiku bagus kok semasa kuliah:

  • IPK  nyaris cumlaude. 
  • Universitas juga akreditasi A, universitas Negeri. 
  • Dapat sertifikat "Lulus tercepat", 
  • Prestasi juara banyak, 
  • Aktif dan pengalaman organisasi sebagai leader juga ada, 
  • Soft skill dan hasilnya juga aku punya, 
  • Pengalaman kerja juga sudah kukantongi sebelum lulus. 3 tahun lebih malah pengalaman kerjaku.


Lalu di mana letak kesalahannya?

Ingat saja.., diatas langit masih ada langit. ^^ Masih banyak yang jauh lebih baik dari pada prestasi dan pengalamanku. Yang sekolahnya di Universitas lebih besar, nilai lebih bagus, pengalaman lebih banyak, serta pertimabangan mereka lainnya. Dan satu lagi... mungkin aku salah karena aku mengirim:

  1. Bukan di saat mereka butuh.
  2. Aku mengirim lamaran yang tidak sesuai kualifikasi. (meski dalam beberapa pengalaman orang ini berhasil) Aku lulusan Komputer tapi aku jarang bahkan hampir nggak pernah ambil lowongan komputer. XD
  3. Bukan rekomendasi orang dalam. Waks... ini jleb banget. Hehehe.... 

Beruntunglah kalian yang ketika mencari pekerjaan langsung dapat. Itu artinya rejeki dan keberuntungan. Banyak bersyukur karena masih banyak orang yang belum mendapatkan pekerjaan.

Bagi teman-teman yang masih mencari pekerjaan atau hendak mencari pekerjaan lebih baik, teruslah mencoba berbagai kesempatan. ^^

Nggak coba CPNS, Vind? yuk kita lihat jawabanku Ikut CPNS? Kekuh Ngejar PNS?.

25 comments :

  1. Replies
    1. Wah ada Chacha.. hihi.. makasih ya chaa udah bersedia mampiiirr ;)

      Delete
  2. Banyak juga tuh pengalaman nyari kerjanya...saya mah sedikit

    dan itu kebanyakan jadi pegawai bank, enak dong kalau bisa kerja di sana tapi itu kok nasibnya nggak ada kabar sampe sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada kabar kok yang BCA. Lolos.. :) Pas tes kesehatan nggak aku ambil. Lebih memilih mempertahankan pekerjaan sekarang... :D

      Delete
  3. Replies
    1. Sekarang masih tetap di Jawa Pos Group Radar Jember. ^^

      Delete
  4. Duh bizznet, pingin banget di sana. Apalagi kalau di technoville yang di bogor XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bizznet, denger-denger di jawa barat sudah banyak yang pakai ya.. Sepertinya peluangnya bagus untuk berkarir di sana.

      Delete
  5. Mb mw tanya
    Wktu lamar d.BRI psikotesnya modelnya ap aja ia..hihiii
    Msh amatir, tp pngn coba ikutan

    ReplyDelete
  6. Mba.. Mau tanya ? Itu yg lewat KPSG udah ada panggilan interview user ga sampe skrang ? Soalnya seminggu yg lalu saya juga baru dapat pengumuman lulus psikotes.. Mohon infonya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bocoran tes psikotes kpsg ya mbak
      Sya ada panggilan tes psikotes
      Trima ksih

      Delete
  7. Mba.. Mau tanya ? Itu yg lewat KPSG udah ada panggilan interview user ga sampe skrang ? Soalnya seminggu yg lalu saya juga baru dapat pengumuman lulus psikotes.. Mohon infonya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. KPSG BRI ya? Belum ada hingga sekarang. Artinya sudah setahun ya.. ^^

      Delete
  8. Saya juga habis tes untuk bri via kpsg, sudah sebulan sejak di nyatakan lolos tapi sampe sekarang belum ada panggilan untuk interview dengan user.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sampai sekarang pun Tesnya belum dipanggil juga :D

      Delete
  9. Bisa dicoba dan implementasi artikelnya, terima kasih.
    mungkin sebagai referensi lain bisa juga dibaca
    5 Tanda Interview Kerja Gagal
    di http://carahrd.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. kereeen pengalamannya, bsia jadi pelajaran :)

    ReplyDelete
  11. seru.. mbak gimana sih agar kita nggak gampang nyerah, kebetulan da beberapa pengalaman mbak yang sama dengan aku hehe dibilang senasib boleh ya..:)

    ReplyDelete
  12. mantep pengalaman nya, saya juga sekarang jobseeker nih hhe, itu yang kerja di alfaria trijaya gimana mbak ?

    ReplyDelete
  13. Cara apply lamaran di kpsg gmn ya kak?

    ReplyDelete
  14. Keren kak, rekomendasi orang dalam penting heheheh. Nepotisme masih banyak. Tp jujur itu hebat. Jgn menyerah kak, bumn harus diisi orang jujur . hehehh smngt kak

    ReplyDelete
  15. Mbak mau nanya,, kan keterima di SAT ,, it resign nya knp ya ?

    ReplyDelete
  16. Saya suka sekaki dg tulisan mbak. Fighting! ^^

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com