[Kisah Nyata] Cara 'Penunggu' Menunjukkan Keberadaanya di Rumahku

Friday, 19 June 2015

[Kisah Nyata] Cara 'Penunggu' Menunjukkan Keberadaanya di Rumahku

Hai blogiest! Bagaimana puasa hari pertama kemarin? Lancar, kan?
Air galon yang menghilang  secara misterius.
Air galon yang menghilang
secara misterius.
Sumber Photobucket.
Hari ini adalah hari kedua bulan puasa di tahun 2015. Hari ini ya kulalui biasa saja, mengerjakan pekerjaan rumah di siang hari, sore bantuin Mama masak untuk berbuka, lanjut ke kantor, berbuka dan terawih bersama di kantor, pulang, istirahat, dan bangun lagi untuk siap-siap sahur di hari kedua.

Bulan puasa, katanya hantu, setan, jin, atau makhluk astral lainnya dimasukin penjara, ya? Nggak bakal ngeganggu manusia yang lagi berpuasa. Tapi percaya nggak, kalau justru penunggu rumahku ini 'usil' dan nunjukin keberadaanya di rumah.

Seperti yang kubilang tadi, semua berjalan normal. Hingga ketika aku bangun untuk bersiap masak sahur, Mama yang sudah stand by di dapur bilang ke Papa begini, "Bukannya kemarin malam baru aja beli air galon baru ya? Kok sekarang sudah habis, sih?"

Aku yang masih ngumpulin nyawa masih bingung arah pembicaraan Mama. Jadi ceritanya, menjelang sahur pertama, air galon di rumah habis dan persediaan juga belum beli. Otomatis malam itu juga beli di Indomaret. Terus? Ya dipasang dong di dispansernya. Full tank lagi deh galonnya!

Nah baru juga semalem dipasang galonnya, masih full, puasa juga kan? Nggak minum air selama seharian. Dan nggak mungkin juga dong air itu bakalan habis dalam semalam. 

"Bocor kali," aku jawab pakai logika.

Papa segera ngecek bawah dispanser. Kering. Nggak ada genangan air sama sekali. Ini kondisi galon habis tanpa air setetes pun. Papa angkat tuh galonnya dan nginceng ke dalam dispenser. Habis! Nggak ada air sama sekali. Lantai di bawah dispenser pun nggak ada tanda-tanda kebocoran sama sekali. Pinggiran mulut dispanser juga kering-ring-ring.

Ini jadi bahasan selama sahur kedua pagi ini. Kami semua percaya nggak percaya. Keluarga kami bukan keluarga yang percaya pada makhluk seperti itu. Tapi keluarga kami percaya Tuhan menciptakannya.

Jadi siapa yang ngabisin air galon dalam semalam? Mungkin, sebelum para makhluk astral itu dikunci dalam penjara, minum air sebanyak-banyaknya. Yah... entahlah.

Hal seperti tanda-tanda keberadaannya ini sudah sangat sering terjadi. Baik di rumahku yang lama dan di rumahku yang baru sekitar 4 tahun ini kutempati. Kalau di rumah lama aku sering dengar suara langkah kaki setiap hari. Kalau main komputer selalu aja ada yang lewat bolak balik, baik warna putih maupun hitam. Pernah lihat wujud manusianya di halaman bekalang. Kadang dipanggil dari luar rumah, aku tengok nggak ada orang.

Kalau di rumah baru ini, mulai dari kursi bergerak sendiri di depan mataku, sampai kucingku terbangun juga karena denger derit kursinya, cincin yang jatuh di depan kakak cowok yang lagi nonton tivi, pasta gigi yang goyang-goyang sendiri, sosok hitam lari-larian di tangga, penampakan cewek rambut panjang menutupi wajah di dapur, kertas yang bergerak sendiri, suara debuman dai lantai dua yang lagi nggak ada orangnya, lampu balkon lantai dua yang mati di mata Mamaku tapi lampu itu hidup kalau dilihat aku dan kakakku, dan masih banyak lagi.

Aku sih nggak takut ya... udah terbiasa. Kadang aku ajak komunikasi, "Jangan ganggu, ya. Karena aku nggak ganggu kamu." Gitu, Cuma nggak habis pikir aja. Mereka ini niat mengganggu, tapi aku nggak takut. Niat usil atau... gimana? Sampai-sampai nih, pagi ini sahurnya krisis air matang. Ya mau nggak mau godok air baru. Nungguin deh air panasnya dingin supaya bisa diminum. 

Dispenser yang kini nggak ada dispensernya karena habis.
Dispenser yang kini nggak ada galonnya karena habis. Galonnya lagi diisi ulang.

Dasar hantu kehausan. Minum sampai segalon dihabisin sendiri. Aku jadi inget film Susana yang makan sate 20 tusuk sekaligus.

NB: Tulisan kisah ini tidak bermaksud untuk mengajak kalian percaya hal-hal nggak masuk logika. Semua kembali kepada kepercayaan masing-masing ya... ^^

Jadi... menurut kalian, ke mana air galon itu pergi?
Jawab dengan logika ya kalau bisa... hehehe.

----------------------------------------------------------------------------------------------------


UPDATE 20 Juni 2015
(Sahur ketiga bulan puasa tahun 2015)

Ketika aku selesai menulis postingan ini, aku share dong di Facebook. Ada beberapa yang menanggapi. Ada yang menceramahi panjang lebar seperti di bawah ini. Nama disamarkan demi keutuhan bangsa.

Komentar di status yang menceramahiku dengan panjang tiada tara.
Komentar di status yang menceramahiku dengan panjang tiada tara.

Nah, kemudian, tak disangka ada temen kampus (orang kesatu) komentar seperti di bawah ini. Kemudian dilanjut dengan teman lain (orang kedua) yang mengiyakan apa yang dikatakan orang pertama. Orang pertama setelah kutanya begitu langsung japri alias jelasin jalur pribadi via wasap, dan dikirim foto tulisan doa untuk ditempel di tempat angker. Meski sebenarnya aku tidak merasa rumahku ini angket. Rumahku hanya ada penunggunya. Itu saja. Sama seperti rumah dia, rumah kamu, kamu, kamu, dan kamu. Okey, yuk langsung aja disimak.


Hasil brainstorming antara pemilik status horor dan para sixth sense.

Hasil brainstorming antara pemilik status horor dan para sixth sense.

Hasil brainstorming antara pemilik status horor dan para sixth sense.


Sahur berikutnya dimulai. Air kembali berkurang! Tapi baru sepertiganya. Dan kali ini, air menetes ke lantai. Ini berbeda dari kasus kemarin malam. Ini baru masuk akal. Jadi..., dispansernya rusak. So? Mana yang benar? Mungkin yang benar adalah, si hantu merusak dispanser. Ya..., hantunya yang ngerusak dispanser!

Tapi balik lagi,
Sebenarnya ke mana, sih, air galon yang kemarin malam?

Update Juli 2015

Jadi aku karena masih penasaran, aku punya teman dekat yang juga indigo. Aku cuma kasih tau foto doang sambil tanya, "Apa yang kamu bisa lihat dari foto ini?"
Dia belun baca postingan ini sebelumnya. Kemudian dia langsung nyrletuk, "Ih rumah siapa itu? Kok banyak 'itu'-nya?"
Aku jawablah itu dapur rumahku. Trua dia jelasin, kalau ada yang usil mukanyabkaya galon.
Sumpah aku belum bilang apapun tentang cerita galon. Trus dia bilang ada yang kecil perempuan.

Aku tanya, "Rambutnya kriwil?"
Dia jawab, "Iya kriwil. Kok tau? Kecil badannya."

Dan yah... dia orang kesekian yang memberikan kesaksian serupa. Kamu, yang mungkin diberi kelebihan dari Tuhan, apa yang kamu lihat?


70 comments :

  1. Ditimbun sama maling lewat, kali. Wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey, kamu malingnya, ya... *segera periksa barang berharga di rumah*
      Lihatin gula, bawang putih, lombok, beras, kali aja juga digotong maling. Fiiuhh masih utuh. :P

      Delete
  2. Emang haus kali tuh makhluk. Di rumah gue juga kadang suka ada kejanggalan gitu. Entah kipas angin mati sendiri, remot tv muter2 tanpa disentuh sama sekali, dll. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, haus kali ya... Mau dikunci jadi dia kenyangin dulu perutnya. :D

      Delete
  3. Wuah ajaib bener air galon hilang secara misterius tanpa meninggalkan petunjuk. Kasus yang sulit.

    Btw.. udah sering banget liat gangguan semacam itu dan gak takut? Ini sakti banget... gue nonton film horor sendirian aja tidurnya gelisah.. ini sampe banyak banget diusilinnya..

    Besok2 gue saranin pake pure it aja, jadi kalo krisis air matang bisa ngambil air di kamar mandi aja~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, aku punya pure it. Wah lupa dijelasin ya di atas. Aku ada pure it, dan kebetulan juga nggak diisin air. Asik kan... makin krisis air.

      Duh, jadi belum bisa ngejelasin secara logika buat jawabannya?

      Delete
  4. seriously? ak pernah liat d tv kaya Syfy atau Thrill, tp blm pernah liat langsung..
    kejadian d rumah baru, beneran? wooww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dindaa.... kamu punya blog yaaa.. :D
      Serius, Dind. Dan kejadian galon itu tadi saur...

      Delete
  5. untungnya ga penakut ya mba, kalo saya tipe orang penakut, hehehe
    btw kalo dijawab secara logika, ha mungkin juga ya menguap, hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..., kebetulan nggak penakut. :D Hahaha... menguap ya.. sepertinya jawabannya belum bener, Nur. Lah, gimana mau nguap kalau dispensernya ada di dalam rumah. Sebelum-sebelumnya juga nggak begini.. :(

      Delete
  6. Mungkin kerajaan semut yang ada dirumah kak vindy lagi demo mungkin, lalu semua semut itu kehausan. Kebayang kan kalo semut itu datangnya bergerombolan. Jadinya abis deh

    Itu sih pikir ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus.., tebakan kamu sedikit masuk akal. >_<

      Delete
  7. Kalau hal seperti itu untungnya saya belum pernah alami dan semoga tidak pernah saya alami, aamiin.

    Saya pernah diberitahu katanya kalau hal2 seperti itu terjadi di rumah kita itu akibat gangguan dari jin, kalau seperti itu sebaiknya kita membaca surah al-baqarah atau kalau tidak bisa juga membaca dzikir pagi dan petang. In sya Allah jin tidak akan menganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terima kasih ya.. :) Mudah-mudahan nggak ganggu lagi.

      Delete
  8. Oh, jadi rumah yg gue masukin semalem itu rumah elu.. maaf ya, gue curi air galonnya, hehe :v

    Gue pribadi belom pernah ngalamin kejadian supranatural kayak yang udah lo alamin, kayak benda gerak/jatoh sendiri atau liat penampakan, sampe sekarang belom pernah -_-
    tapi kalo rasa-rasa ngeri/lagi diawasi sering sih, mungkin cuma perasaan doang kali yak..

    pantes aja mimpi lo kemaren absurd, dirumah lo penunggunya aja jail.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... jadiii... kamu. Ketangkap! Hahaha..., kalau mimpi absurd itu murni sepertinya kelupaan berdoa.

      Delete
  9. waaaahhh.. kalo gue di takutin hantu gitu.. gua langsung minta pindaaaahh..!!!!
    gue tuh penakut banget. level 10 kali...
    ini aja abis baca ini gue jadi parno nih di rumah..

    hm.. mungkin airnya kesedot kali. nggak tau kesedot apaan. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.... maaf ya Risah, kamu jadi takut. Aku juga awalnya parno lewat dapur. Tapi terus lama-lama aku jdi terbiasa lagi.
      Nah ayooo.. kesedot apaaaan.. >_<

      Delete
  10. cara mereka berkomunikasi macam-macam memang ya. tapi kebanyakan sih emang mainin barang disekitar. tapi selama kita nggak ganggu, mereka juga pasti nggak ganggu. kecuali kalau merekanya udah iseng keterlaluan. gue sendiri sih nggak takut sama yang kayak gitu.... karena udah sering banget nonton film horror.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep! That's right! Yah... jangan disamain sama nonton horor dooong. Aku nonton horor juga nggak takut sih. Film horor dan thrill aku malah takutan nonton Thrill.

      Delete
  11. wah banyak juga ya kejadiannyaa ndy *_*
    di balkon rumahku aku juga pernah denger ada suara orang jalan-jalan, kebetulan kamarku lt.2 besok paginya aku pindah ke kamar bawah. serem ihh :'D

    mungkin galonnya bocor tapi aernya ngerembes di sela-sela lantai (iya gaksih?)
    btw posisi galonnya sama persis kayak di rumah, tepat di samping kulkas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sela-sela lantai. Mudah-mudahan begitu ya... Supaya bisa masuk akal. :)
      Iya, tapi dengan seringnya mereka nunjukin keberadaan mereka, semakin kebal kitanya.

      Delete
  12. astagfirullah al'adzim itu kayaknya hantu puasa.
    mungkin dia merasa tersingung tiap kali buka gak diajak minum ckckckck
    kirim salam sama hantunya, ya. untung cuman air kalau lauk sahur, bisa aku tendang itu hantu kalau terjadi dirumahku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hantunya nggak puasa itu. Minum air galon, diabisin sendiri lagi. Ogah deh kirim salam. Sms aja gih sana. Kali aja hantunya udah canggih, bawa hengpong. >_<

      Delete
  13. waduh, bahas yang beginian.
    Aku sih males bahasnya tapi dah terlanjur baca sampe habis.
    Kata temenku sih, biasanya kalau ada orang yang bahas hantu biasanya sih hantunya bakal datang dan dengerin apa yang dibahas


    yg tabah aja, mungkin hantunya juga ikutan buka pas magrib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kata Risa Sarasvati juga begitu. Kalau diomongin dianya pengen tahu juga. Gagal ngomongin di belakang, mereka curang. Dengerin gosipannya kita -_-

      Delete
    2. nah iya tuh
      makanya ane paling males kalau udah ada yang bahas hantu

      tiba-tiba langsung merinding ja gitu nih badan

      Delete
    3. Suruh pergi aja, sih.. mereka pasti pergi kok :D

      Delete
  14. :D mungkin hantunya cuma iseng, mau ajak main,, penunggu di rumah sodara yg kutempatin,, dia suka ngumpetin konci motor, dompet dkk -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh... tapi sia[a juga yang mau main sama diaaaa -________-

      Delete
  15. Mungkin hantu itu ingin bermain bersama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..., nggak deh aku nggak mau temenan sama mereka. >_<

      Delete
  16. gue mikir, apa faedahnya nyolong galon air ? apa manfaatnya ? mau di pake bangunin orang sahur kali wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kali ya? Jadi dianya ikutan bangunin orang sahur pakai galon kosong. Karena galonnya baru full tank, dianya abisin dulu.

      Delete
  17. Ini kak Vindy masih bru pindah banget apa udh lama? Soalnya biasanya klo dirumah baru biasanya hantu nya sering ganggu, mungkin semacam ngajak kenalan (?)

    Tp klo udh keseringan diganggu jd kebiasa ya? Tuh kak Vindy ampe udh gak takut gtu, udh akrab dong brrti? Haha.. Aku sih kalo ditunjukin penampakan gtu udh ngibrit dluan kali.. wkwk

    Emg disetiap rmh psti ada penghuninya ya? drumahku jg ada kok, keanehan2 kyak gtu sih udh sering trjadi, mgkin trkadang dia iseng kali.. Aku jg kdang udh kebiasa sama suara2 aneh diatap kamarku..

    Tp drmhku setannya gak pernah ampe ngabisin aer galon jg sih. Wkwk.. Kenapa tuh setan malah ngabisin aer galon ya? Kenapa gak aer bak mandi aja gtu?.__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah sekitar 4 tahun, Lu. Iya dulu pertama kali pindah mereka ngajak kenalan kok. Entah yang sekarang usil. Sampai udah biasa aja. XD

      Iya, di setiap rumah pasti ada deh. Tapi sebenernya mereka itu nggak bakal ngganggu sih. Cuma kadang-kadang suka pengen diakuin, bahwa mereka ada. Gitu kali ya? Aku sotoy banget wwkwk..

      Delete
  18. mungkin ada yang minum sampe sama galon-galon nya. hehe

    ReplyDelete
  19. Untung aja gue baca ini siang-siang, jadi nggak begitu merinding..

    Gila hebat banget ya, udah kebiasa dan nggak takut sama hal-hal begituan. Gue nonton orang kesurupan macan di dunia lain trans 7 aja tidur jadi nggak tenang..

    Em.. menjelaskan secara logika, mungkin sebenarnya dibawah dispenser itu bukan sumur, melainkan lorong yang akan mengantarkan kita menuju pusaran air di segitiga bermuda. Nah, mungkin aja airnya kehisap. Nggak nyambung ya? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah biasa, tapi kalau dilihatin ya, ogah! Wkwk... Dunia dunia nggak takut, malah penasaran. :D

      Nah, kamu malah analisisnya begitu XD Berasa nonton Sience Fiction.

      Delete
  20. Di rumah gua juga ada tuh...biasa kalo ada yg cuci piring malem-malem, suka serasa ada yg "colek" punggung kita, tapi pas kita balik badan, ga ada orang...ngeri ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiii..., syukurlah aku nggak disentuh-sentuh. >.<

      Delete
  21. lah loh mba, airnya bisa hilang gitu? hahahaha jadi penasaran ga nih? mau di selidikin ga? ayo selidikin bersama. ahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dari kemarin sudah diselidikin. Ya hasilnya begitu.. :')

      Delete
  22. Gila vin, aku setengah nggak percaya juga. Kenapa di bulan puasa gini ada aja cerita horror kayak gini. bahasamu keliatan jujur banget lagi -___-

    kalau berani, rekam aja itu dispenser selama semalaman vin, liat apa yang terjadi.. pakai resolusi kecil aja biar hemat memori, terus sambil di chargge biar baterainya tahan lama. kalau kepo pengen liat sih. hhihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakk..., apakah aku terlihat berbohong :'(
      Ah, jadi kaya Paranormal Activity, sih? Btw, film PA yang terbaru udah keluar belum ya? #oot

      Delete
  23. gilak, anti mainstream banget dah peristiwa-peristiwa mistis beginian. kalau dibikin film, judulnya "misteri hilangnya air di galon di bulan ramadhan" wkwk.

    lu mungkin sama keluarga lu emang puasa vin, tapi setannya mungkin nggak kuat puasa dan batalin puasa bersama teman-teman dan keluarganya. makanya air 1 galon langsung habis ciakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya. Sekalian dibikin film ya. Biar aku jadi terkenal. >_<
      Hahaa.., hantunya gagal puasa. Dia kegoda sama dirinya sendiri.

      Delete
  24. Hmmm... Katanya memang di setiap rumah ada penunggunya. Saya sih kalo masalah gitu gak takut soalnya pernah ngalamin yang lebih ekstrim lagi tapi sayangnya sampe sekarang belum pernah ngeliat secara langsung. Jadi logika gue bilang, ngapain loe takut ama sesuatu yang bahkan belum pernah loe liat sendiri?

    Saran saya sih jangan banyak nontn film horor kalo masih penakut. Biasanya suka tersugesti. Kayak pintu tiba-tiba diketuk tengah malam, kirain anu padahal cuma kelelawar mabok yang nabrak pintu, trus kabur lagi karena takut dibakar massa karena mabuk2an pas bulan puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYes, aku sih nggak takut. Paling kalau sudah digodain gitu ya takut dikit tapi terus ya biasa aja. Aku mah doyan film horor, horor thrill juga suka.

      Delete
  25. Tapi kayaknya ngusir setan atau zin pake kirim fatihah itu menurutku...
    gak ada gunanya lah. Daripada kayak gitu, mending mbak vin rajin-rajin baca qur'an aja dirumah.
    Soalnya qur'an itukan menjaga. Tapi buat temen2 yang katanya bisa lihat setan, maaf ya.
    Kita manusia bisa lihat manusia karena......... kita sesama manusia.
    manusia yang bisa lihat jin karena.... dia sama-sama kayak... ahsudahlah.
    itu ustadzku yang bilang hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kiranya begitu. Yang kamu bilang itu bener kok, Riz. Tumben nggak sesat ajarannya? XD

      Delete
  26. jadi, pas hari pertama sama kedua kayaknya bener sama mahluk lain itu airnya, terus, waktu kamu nyangka itu perbuatan mereka, mereka gak mau ketauan sama kamu, dan mereka ngerusak dispenser kamu di hari berikutnya biar mereka . kayaknya gitu, vin haha :v

    ReplyDelete
  27. sepertinya penunggunya kepanasan, sekarang kan ramadhan banyak yang taradus. Bisa jadi airnya di buat berendam sama si doi. hahhahaha.

    ReplyDelete
  28. baru tahu kalau hantu hobi ngabisin aer galon hhe

    yah, aku sih percaya-percaya aja, soalnya aku juga sering dapet pengalaman seperti itu tiap pindah kost. beda-beda lagi gangguannya.

    di sebut takut ya emanh takut, tapi kakau udah biasa sih, ya tetep aja merinding -___- hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah biasa, tapi kalau dipikir ya merinding juga :3

      Delete
  29. ahhhh cakep
    ngomongin setan...
    untung bacanya ngga malem2...
    banyak banget ya pengalaman gaib nya, ampe udah biasa gitu, kalo gue mah paling ngalamin kaya gini tuh pas lagi naek gunung... oiyah, kalo digunung itu, sampe2 gue ngga bisa bedain mana dunia gaib, mana dunia nyata.. haha
    makanya ngga pernah naek gunung lagi :))

    tentang dispensermu itu, gue yakin itu cuma bocor. Tapi gue percaya sama hal-hal gaib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, veritain dong hal ghaib di gunung. Kayanya seruuu.... >.<
      Iya, semoga itu bener-bener karena bocor ya.

      Delete
  30. oh... tenang itu masalah politik saja antara pak ahok dan dprd... mudah2an bisa terselsaikan oleh cepot... amin

    ReplyDelete
  31. baca ginian tengah malem, ngeri juga >.<
    apalagi baca skrinsut facebooknya, ya ampun, kalau dikasih tahu kaya gitu, gue bakal galau pisan. mending gak usah dikasih tahu bentuknya >.< ngeriii,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,,,m aku sih awalnya juga ngeri kalau sudah dikasih tau bentuk. Sampai sekarang malah suka kebayang-bayang. hahaha

      Delete
  32. hantunya baru jogging,,,, trus hauuuusss bangett.. xixixi

    ReplyDelete
  33. Mungkin hanya bocor di tempat tak terduga dan tak terlihat pandangan. Kenapa tak terlihat bekasnya? Mungkin karena penguapan air berlangsung lebih cepat. Faktor suhu udara tinggi?

    ReplyDelete
  34. Wah sama dgn aq di rmhq slalu trjadi hal yg sma brulang2..air di galon slalu habis dlm wkt smalam pdhal di rmh kmi cm tgl ber3 mna mgkn bsa ngabisin dlm wktu smalam.. Ini yg mnjdi tnda tanya bgi kami mngapa air di dispenser cpat bgt habisx.. Udah googling kmana2 gk nemu jawabnx...

    ReplyDelete
  35. Wah sama dgn aq di rmhq slalu trjadi hal yg sma brulang2..air di galon slalu habis dlm wkt smalam pdhal di rmh kmi cm tgl ber3 mna mgkn bsa ngabisin dlm wktu smalam.. Ini yg mnjdi tnda tanya bgi kami mngapa air di dispenser cpat bgt habisx.. Udah googling kmana2 gk nemu jawabnx...

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com