REVIEW: 3 Koplak Mengejar Cinta, Ketawa iya - Nangis iya.

Thursday, 4 June 2015

REVIEW: 3 Koplak Mengejar Cinta, Ketawa iya - Nangis iya.

Hai blogiest!
Kali ini aku ingin berbagi bacaan seru karya Haris Firmansyah, nih! Judulnya 3 Koplak Mengejar Cinta (Di mana ada cinta, di situ ada jomblo ngarep). Novel setebal 274 halaman ini kubabat habis sekitar 1 bulan lamanya. Hehe.., ini karena aku bacanya lama dan nyicil-nyicil.

Novel 3 Koplak Mengejar Cinta by Haris Firmansyah.
Novel 3 Koplak Mengejar Cinta by Haris Firmansyah.

Ini berkisah tentang tiga sahabat yang sekolah di SMK favorit di Kota Cilegon, jurusan Listrik. Di sekolah ini perbandingan antara cowok dan cewek adalah 5:1. Udah bisa dibayangin kalau di sini krisis cewek. Perebutan cewek antar kawan jadi benang merahnya.

Yah, gimana jadinya kalau tiga sahabat ini menyukai orang yang sama? Usaha masing-masing dari mereka ini seru. Sampai berlomba-lomba menjadi orang yang baik untuk mencuri hari seorang gadis yang sama-sama mereka sukai.

Namanya juga siswa, ancaman nggak naik kelas jadi hantu menyeramkan. Guru agama di kelas 3 sahabat ini angkat tangan saking bandelnya kelas 1 Listrik 1 ini. Guru baru yang gantiin ngasih tugas aneh sekaligus ancaman 'nggak naik kelas' kalau nggak dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

Mereka disuruh bikin diary amal sehari-hari. Nah, dari situ pula 3 koplak menjadikan salah satu cara untuk menarik hati gadis pujaan mereka.

Jadi..., akhirnya kepincut sama siapa dong?
Hehe..., selamat menebak ya!
--------

Review untuk Novel 3 Koplak Mengejar Cinta

Ada yang sedikit kurang pas di keseluruhan cerita ini. Ini memang kisah persahabatan. Dari judulnya aja 3 koplak, artinya ini kisah persahabatan 3 kawan. Tapi sayangnya yang kuat hanyalah persahabatan 2 kawan, satunya kurang kuat. Mungkin karena 1 kawan ini nggak sering muncul.

Tiga sahabat ini diantaranya Ardhan, Ibam, dan Pasai. Tapi pas di adegan paling seru naik ojek ngebut, nyaris mati nubruk truk tronton, dan hampir dikeroyok copet, hanya ada Ardhan dan Ibam aja. Pasai nggak ikutan karena dia di sekolah. Jadi serasa, ini persahabatan 2 orang anak manusia.

"Mampus!" ucap Ibam ketika menyadari bahwa sebentar lagi 
motor yang kami tumpangi bakal adu kebo dengan truk tronton di depan.
Kang ojek seakan menikmati ketika adrenalnnya terpacu. 
Dia malah menjulurkan lidah sembari teriak cihuy.
-- 3 Koplak Mengejar Cinta, hal. 220-221

Tapi..., novel ini enak dibacanya. Ringan dan nggak maksa buat nuturin moral view yang ada di dalamnya. Malah sesekali aku ngakak kepingkel-pingkel. Ini novel sukses bikin aku terhibur dan sakit perut.

Seru banget pas adegan persahabatan yang solid. Tapi jadi masuk akal dan alami sebab kisahnya nggak melulu solid aja, kadang juga berantem dan egois.

Nangis ketika persahabatan ini sama-sama rela berkorban satu sama lain. Jujur, air mata ini keluar dan gondok karena aku nahan nangis di tenggorokan. Hiks.

"Nggak pernah ada yang sia-sia dengan apa yang udah kita
perbuat. Lo sadar nggak? Selama perjalanan ini, kita nemuin arti 
persahabatan. Iya, gue ngerasa lo ahabat gue banget. Gue pengen 
selalu nemenin lo, bantu lo dan ngejaga lo...."
-- 3 Koplak Mengejar Cinta, hal 258.

Over all, ini novel recomended banget buat dibaca. Aku lagi nunggu novel doi selanjutnya. Aku selalu suka novel mas ganteng ini. Genre dia komedi dan emang beneran bikin ngikik.

Tertarik baca novelnya?
Novel 3 Koplak Mengejar Cinta ada di toko buku di seluruh Indonesia plus rak buku Indomaret kesayangan temen-temen. 
Sudah baca? Pengen baca karya doi yang lain? Silakan klik di sini, ya.
Selfie with Novel 3 Koplak Mengejar Cinta by Haris Firmansyah.
Selfie with Novel 3 Koplak Mengejar Cinta by Haris Firmansyah.


34 comments :

  1. Iya, aku juga ngerasa ceritanya lebih condong persahabatan 2 orang.

    Kamu mewek nggak sih bacanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mewek..., eh, kamu juga mewek ya, bacanya, Do? Hm... hati kita berarti sensitif ya, baca kegigihan persahabatan. XD

      Delete
  2. maaf aku juga mengiyakan kalau persahabatannya lebih kental berdua aja.

    nah dramanya itu bikin air mata menitik. nyebelin banget kan? ajahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, mungkin kekurangannya hanya itu. Sisanya.... jempolan deh!
      Iya, kamu juga mewek ya? Hahaha..., nggak nyebelin kok. Malah bikin menarik.

      Delete
  3. Belum baca nih :D

    Bolehlah dijadikan list buku yang akan dibeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya! Yuk, dibaca. Gampang kok dapetinnya, di tokbuk pasti ada.

      Delete
  4. Belum baca nih. Sepertinya oke buat ngilangin stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... iya betul, seratus! Bisa ngilangin stress ini... ^^

      Delete
  5. Jadi pengen baca, reviewnya menarik dan membuat gua jadi pengen baca... kasih cuplikannya lagi dong, hehe... becanda... btw, bukunya kayaknya bagus dan mungkin harganya juga bagus... mudah2an bisa beli bukunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya nggak mahal. Dibawah 40.000 kok. Hehe..., sisanya baca sendiri, yaa... ^^

      Delete
  6. hmm, beberapa review buku ini emang cukup bagus sih.
    dan gue juga sempet beberapa kali liat buku ini, tapi ntah kenapa kurang terlalu tertarik.
    jadi..... cerita persahabatannya kurang kuat? hmm. apalah arti sahabat

    ReplyDelete
  7. Wah, kisah-kisah persahabatan selalu sukses bikin aku mewek. Apalagi akhir-akhir ini, ketika aku mesti berpisah dengan sahabatku dari TK, ah, jadi pengen mewek nih keingat dia :')

    Kayaknya seru nih bukunya, kocak tapi inspiratif, jadiin wishlist ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk.., mudah kok didapetin. Di Indomaret aja ada :3

      Delete
  8. Wah review novel. Aku selalu kepincut kalo ada orang yang review bukunya dengan bagus. Meskipun gak review formal, tapi dari cara bahasa dia yang menarik pasti bikin orang tertarik buat mau baca buku itu juga.

    Emang gak akan pernah habis deh kalo ngomongin soal sahabat. Menarik juga sih idenya, rebutan cewek di sekolah yang jarang banget ada cewek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Jadi seru kan..? Emang seru hihihi....

      Delete
  9. udah nggak pernah ke gramed. lagin nggak pernah beli, cuma baca gratisan

    nantilah kalau ada uang lebih, mungkin bisa beli klau pengen

    ReplyDelete
  10. Udah punya novel ini tukeran sama lelaki gagal gaul tapi belum dibaca :P

    Padahal udah lama sih ya, soalnya kemarin agromedia (bukune, mediakita) diskon 30% borong buku banyak, jadi bacanya nyicil apalagi waktunya sekarang udah terbatas..
    Baca bukunya haris harus nyiapin waktu yang tepat biar gak kepotong2 :D

    Yang jelas gue percaya kalo tulisannya haris pasti gaul banget, hampir semua bukunya gue punya dan mengakui kalo tulisannya selalu bikin ngakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuuh..., bener kan... Iya kok.., tulisan Haris emang kocak dan seru. xD

      Delete
  11. ternyata lo lama juga yaa kalo baca buku, 274 aja 1 bulan, gue mah kalo segitu mungkin sehari bakalan habis hehe. tapi mungkin lo nggak pengen buru-buru baca buku itu yaa.

    kayaknya seru banget nih novel, pengejaran cinta dari 3 cowok SMA. apalagi ditambah komedi yang nggak garing dan ending yang penuh hikmah. kayaknya gue harus beli deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku kalau baca emang pelan-pelan, hihihi.. Tapi ini udah tamat dong. Kalau tamat, artinya aku menikmati buku ini dan penasaran dengan isinya.

      Yes, kudu coba baca yaa..

      Delete
  12. Kudu baca nih, settingnya di Cilegon soalnya. Kota dimana gue tumbuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh..., berarti setempat sama penulisnya, kenalan dulu, gih.. :)

      Delete
  13. Oh, ternyata bukunya ada di Indomaret juga. Gue kira cuma ada di toko-toko buku. Gue jarang ke gramedia soalnya. Bisa lah nabung dulu, kalo nanti bener-bener niat pengen beli..

    ReplyDelete
  14. Baru denger judulnya. Itu waktu bacanya apa kagak kelamaan yaa, kak? Gue baca buku, harus selesai hari itu juga. Soalnya, gue penasaran sama cerita yang disuguhkan sama si penulis. Apalagi kalo bagian pembukaan dari buku itu udah bikin kita tertarik sebagi pembacanya.

    Itu, kok, difoto sama boneka? Dapet hadiah boneka atau niat ngejual bonekanya, nih? :p

    Eh, iyaaa. Pas baca judul artikel ini, aku ngerasa kayak berat banget buat ngebacanya. Takutnya ada spoiler-spoiler gitu. Tapi udah aku baca sampai habis dan untung aja spoilernya dikit. Kadang kesel gitu sama blogger yang ngereview buku atau film dan endingnya dikasi tau. Kan gak seru lagi kalo aku baca atau nonton entar :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenaaang..., aku masih menghargai penulisnya. Masa udah capek-capek bikin novel aku bocorin di sini sih, hihihi.. :)

      Hehe, iya nh akunya lama ya bacanya. Maafkaan.. :3

      Delete
  15. Wih, keren nih review bukunya. Jadi penasaran sama cerita keseluruhannya :D

    Cerita persahabatan dan rebutan cewe, gak kebayang deh gimana mereka rebutannya.

    Aku suka sama kata-kata ini >> "Nggak pernah ada yang sia-sia dengan apa yang udah kita perbuat. Lo sadar nggak? Selama perjalanan ini, kita nemuin arti
    persahabatan. Iya, gue ngerasa lo ahabat gue banget. Gue pengen
    selalu nemenin lo, bantu lo dan ngejaga lo...."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.., itu kutipan buku Mas Haris ini. Pas aku baca itu nangis, inget pas perjuangan persahabatan mereka kuat banget. Jadi gondok dehh.. :')

      Delete
  16. Whuah, novelnya Haris ya. Dari tulisan di blognya lucu lucu. kayaknya bukunya juga seru nih.

    Sama kayak fatimah, aku suka dengan kalimat yang ini. "Nggak pernah ada yang sia-sia dengan apa yang udah kita
    perbuat. Lo sadar nggak? Selama perjalanan ini, kita nemuin arti
    persahabatan. Iya, gue ngerasa lo ahabat gue banget. Gue pengen
    selalu nemenin lo, bantu lo dan ngejaga lo..."

    Gila deep banget. jadi beneran pengen beli!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliii..., di toko buku atau di indomaret, ya.. :)

      Delete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com