12 Buku yang Ter-Paling #TerusBergegas GagasMedia

Thursday, 2 July 2015

12 Buku yang Ter-Paling #TerusBergegas GagasMedia

Hai Blogiest yang suka baca buku!
Aku ikut memeriahkan ulang tahun Gagas Media yang ke-12 tahun. Maka aku akan ikut berbagi buku apa saja yang Ter-Paling menurut versiku sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Gagas Media di event #TerusBergegas. Ter-Paling ini bisa paling mengesankan, paling mengharukan, paling keren covernya, paling kece judulnya, dan masih banyak lainnya. Rata-rata buku yang kupunya adalah yang paling kusuka. Aku membelinya maka aku suka dari cover dan juga sinopsis ceritanya.

Okey, simak yuk 12 buku yang ter-paling di bawah ini.

12 Buku Ter-Paling #TerusBergegas Gagas Media by Vindy Putri
12 Buku Ter-Paling #TerusBergegas Gagas Media by Vindy Putri


1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!
1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!

1. Mandy - Kathryn Reiss
2. Anak-Anak Rembulan - Sujatrini Liza
3. DREAM - Joannes Rhino
4. Gadis Garut - Sayid Ahmad Abdullah Asegaff

5. Sheila (Kenangan yang Hilang) #2 - Torey Hayden
6. Sheila (Luka Hati Seorang Gadis Kecil) #1 - Torey Hayden
7. Date Note - Haris Firmansyah
8. 3 Koplak Mengejar Cinta - Haris Firmansyah

9. Lovecats - Gianti Pradipta
10. Picture Perfect - Pradnya Paramitha
11. Long Distance RelationSick - Hadi Kurniawan
12. Keluarga Salah Gaul - Vivie Hardika
2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?
2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?
Buku-buku yang pernah membuatku menangis.

Jarang ada buku yang bisa membuatku menangis. Mungkin karena pilihan bukuku bukan merupakan buku menyedihkan atau tragis. Dari semua buku yang kubaca dan kupunya, ada 3 buku yang bisa membuatku menangis.

Sheila (Luka Hati Seorang Gadis Kecil) dan Sheila (Kenangan yang Hilang) - Torey Hayden
Ini dua novel berhubungan satu dengan yang lainnya. Kisahnya sangat memilukan. Bayangkan saja ada seorang gadis kecil yang autis, dihindari oleh banyak orang karena bagi mereka anak kecil ini membahayakan. Padahal gadis kecil ini butuh perhatian. Paling nggak tega ketika gadis ini harus dilecehkan secara seksual oleh pamannya. Pisau harus merenggut kegadisannya. Kisahnya berlanjut hingga dewasa, dia masih saja menjadi gadis autis namun mulai perlahan sembuh. Sangat menyentuh dan menggetarkan hati. 

3 Koplak Mengejar Cinta - Haris Firmansyah
Ini adalah novel kesekian dari Haris Firmansyah. Novel ini sebenarnya ber-genre komedi. Kisah persahabatan yang sama-sama sedang mengejar cinta. Tapi ada sisi mengharukannya. Hal yang paling membuatku mewek adalah ketika persahabatan mereka ditunjukan dari sebuah kesetiaan. Ini persahabatan laki-laki, loh. 

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
Quote yang kusuka ada pada buku yang berjudul Feel karya Wulan Guritno dan Adilla Dimitri. kutipan yang sederhana tetapi langsung mengena dihati. 

Quote pilihan dari buku Feel - Wulan Guritno dan Adilla Dimitri

"Pahami orang lain sebelum meminta orang lain memahami dirimu. 
Tuntut dirimu sebelum dirimu menuntut orang lain."
Buku Feel, Hal.8

Setiap orang selalu ingin diperhatikan dan dinomor satukan. Ini manusiawi, karena setiap manusia ingin dianggap dan terlihat. Namun sering kali manusia tersebut lupa, bahwa orang lain memiliki keinginan yang serupa. Supaya seimbang, masing-masing haruslah mencoba untuk memahami dan menuntut diri sendiri. Aku pun sampai saat ini belum bisa memahami keinginan orang lain, terutama orang terdekat. Sepertinya aku pun belum memahami siapa diriku dan apa yang aku ingini.


4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya, Hehehe.
4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya, Hehehe.

Tokoh dalam novel Date Note karya Haris Firmansyah yang ingin kupacari.
Tokoh dalam novel Date Note karya
Haris Firmansyah yang ingin kupacari.
Aduh >.< Siapa ya?
Tokoh yang ingin kupacari adalah tokoh dalam novelnya Haris Firmansyah. Hihihi. Kenapa? Karena ngerasa cocok dengan apa yang dialami oleh penulisnya. Di kisahnya kan si cowok romantis ini gagal cinta terus. Kasihan, kasihan, kasihan. Sini, sini sama aku aja. >.<

Dan sepertinya kita cocok, apa yang dialaminya pun terkadang aku meng-iya-kan. Aku suka dengan gaya dia bercerita. Lucu seru nggak maksa. Udah, gitu aja sih alasannya. Apakah menyukai seseorang harus dengan alasan? -ngutip kata-kata adiknya Bang Raditya Dika.

Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!

Ending novel dalam novel Mandy
sangat mengesankan.
Ending novel yang berkesan menurutku ada pada novel Mandy (Misteri Wangi Magnolia) karya Kathryn Reiss. Soalnya ide ceritanya aja udah menarik banget. Ini kisah tentang penghuni baru di sebuah rumah lama, dan dia menemukan sebuah miniatur kecil. Dari miniatur tersebut bisa melihat kehidupan dari penghuni-penguni sebelumnya. Tapi bukan tanpa alasan ada kekuatan magis di rumah itu. Sebab, dari rumah itu akan mengungkap sebuah misteri. Misteri mayat gadis kecil di sana. Endingnya? Keren banget pokoknya!






6. Buku pertama Gagas Media yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?
6. Buku pertama Gagas Media yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?

Buku Gagas Media yang pertama kali aku beli.
Buku Gagas Media yang
pertama kali aku baca.
Ada buku pertama kali kubaca dari terbitan Gagas Media. Saat itu lagi maraknya buku komedi atau yang lucu dalam bentuk Kumpulan SMS. Udah bosan pinjam buku lucu seperti itu, aku beli nih, buku komedi karya Endang Rukmana yang berjudul Sakit 1/2 Jiwa.  Aku belu buku ini yang cetakan ke-4 tahun 2007. Dan memang isinya lucu. Meski sepertinya aku salah beli karena isinya agak dewasa dikit sedangkan aku bacanya pas masih kelas 3 SMP. Haha...










7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang membuatmu menarik, kenapa?
7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang membuatmu menarik, kenapa?

Buku yang judulnya menarik
saat pertama kali beli.
Dari semua buku yang aku punya, ada judul yang aku suka karena dari judulnya aku memang langsung tertarik. Lovecats karya Gianti Pradipta. Aku suka karena ada kucingnya. Aku selalu suka apapun yang berhubungan dengan kucing. Hehe, alasan subjektif ya? Tapi selain judulnya yang langsung mencuri perhatian, ceritanya juga bagus kok. Meski awalnya dibuat sebel banget tapi endingnya membuat pecinta kucing sepertiku bahagia.







8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?

Cover buku yang aku suka.
Cover buku yang aku suka.
Dari semua buku yang kupunya dan sudah kubaca, cover yang bagus dan kulihatin sampai melotot sambil ikut membayangkan ilustrasi dari isi cerita adalah bukunya Risa Saraswati yang berjudul Gerbang Dialog Danur. Selain kucing, aku selalu penasaran dengan sixth sense seseorang. Hal yang tidak dimiliki banyak orang pasti mengundang banyak pertanyaan. Risa yang punya kemampuan meliht makhluk astral, menceritakannya dalam buku. Dan covernya yang ini ciamik banget! Ini berhasil membuat para pembaca yang juga penasaran dengan kisahnya mempercayai wujudnya. Keren banget designer covernya!





9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Tema. Aku selalu menyukai hal yang ringan dan nyaman untuk dibaca. Cinta, tentu ini tema yang paling kusuka. Kisah yang penuh kasih sayang, dengan bumbu romantis dan lucu (komedi). Aku sangat mengapresiasi penulis buku yang dapat menuliskan kisah cinta yang romantis dan lucu. So.., aku suka tema Comedy Romantic.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?

Penulis yang ingin kutemui adalah Haris Firmansyah. Mau minta dia jadi pacarku beneran. Hihihi... Alasannya? Sudah terjawab di nomor 4. Bisa nggak ya sekalian jadi istrinya? Waks. 

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
Aku lebih suka Buku Cetak (kertas). Meski aku kuliah di Sistem Informasi yang mempelajari bagaimana menganalisis dan mendesign sebuah sistem yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan secara paperless, aku tetap lebih nyaman membaca printout daripada softcopy. Tetapi..., e-book juga menjadi solusi paling tepat ketika printout hilang, rusak, dimakan usia, atau musibah para buku yang terlalu lama disimpan. 

Majalah BINARY #1 Digital (e-Book berupa Flash Media) dan Printout-nya.
Aku bisa bikin majalah kampus berupa digital dan cetak (flash media bukan pdf). Ide ini kugagaskan dan berhasil launching dengan sangat keren. Dan majalah itu masih tetap terbit dan launching berdampingan hingga sekarang (Edisi ke-4). Secanggih apapun era saat ini, kertas tidak mungkin bisa dihapus begitu saja. 

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
Here we go!




33 comments :

  1. ehem eheemm dah bacanyaa :p
    tapi pengen ikutan juga event ini. kapan deadline kak vin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehem ehem deh, Intan :)
      Deadlinenya 5 Juli 2015, Tan.

      Delete
  2. Wah wah ngarep banget sama Haris Firmansyah WKWKWK

    Semoga menang ya :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Iyeay! Hihihi... bagus emang, Vie. Jokes kamu keren nggak maksa.

      Delete
  4. dari semua buku itu, gak ada satu pun yang pernah dibaca, sebagai pencinta buku, gue ngerasa gagal, huhu
    eventnya boleh juga, ada hadiah kecenya gak? hahah lumayan kan :p
    btw, nih postingan kaya ada maksud terselubung, cepet dilamar yaaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadiahnya sih kayanya paket buku ya. Nah, gunanya ikut beginian nih, temen-temen bisa nambah referensi bacaan. Hihihi..
      Haha... apa siiih >.<

      Delete
  5. Aseeek. Long Distance Relationsick masuk nomor satu. Eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik! Si Minggu si cowok romantis tapi pea. :D

      Delete
  6. Baru baca Long Distance Relationsick doang :(
    Pengin baca yang 3 Koplak Mengejar Cinta ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 koplak selain di toko buku gramedia dan lainnya, juga ada di indomaret kok. :)

      Delete
  7. Waw, "3 Koplak Mengejar Cinta" bikin nangis toh? Kupikir bukunya bergenre komedi? *belum baca*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin nangis ya, ada bagian yang bikin nangis. Tapi ceritanya ya koplak :D

      Delete
  8. Vindy niat banget bukunya difotoin satu-satu. Buku-buku lamaku kebanyakan ditinggal di kampung, jadi nggak bisa difoto semua. Haha

    Semoga KITA menang kado buat bloggers!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma moto doang, Do. Ya kan kebetulan bukunya ada di kamar sendiri. Hehe...
      Yuk... amin. Semoga yaaa

      Delete
  9. Buku raditya dika gak ada? padahal terbitan gagas media juga. Lumayan tuh buat ngisi kebosenan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sebenernya, tapi aku lebih suka yang di atas :D

      Delete
  10. mudahan menang event nya ya mbak indy . btw aku suka quotenya hhe ,padahal tidak tau bukunya hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makasih ya, Febrian :)
      Hehe.., ya gak apa-apa kok..

      Delete
  11. Hihihi, yang pernah aku caba cuma Torey Hayden aja ;)

    ReplyDelete
  12. Wew keren buku2nya tapi ane belum baca buku diatas 1 pun :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mudah-mudahan jadi dapat referensi ya dari ulasanku di atas :)

      Delete
  13. Sakit 1/2 Jiwa tuh kak yang menurutku keren. Endingnya bener-bener nggak terduga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes.. thats right. Tapi agak dewasa sih. Aku bacanya pas SMP.

      Delete
  14. Aku suka baca novel tp gak pernah beli kak, rata2 minjem temen, pokoknya gratisan wkwk makanya mau bkin ginian tp gak punya bukunya._. Hueheee..

    Samaan kita kak sukanya yg genre Romance comedy, hehe..

    Buku yg kak Vindy sebutin diatas blm ada yg pernah aku baca, tapi lumayan lah buat referensi klo mau beli bku, soalnya klo udh nympe gramed suka bingung mo milih bku apa._. Itu lovecats tokoh utamanya kucing apa gmn kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tokoh utamanya manusia dong :D Tapi ada hubungannya dengan pecinta kucing gitu. Seru lah ceritanya. Hihi aku udah bisa ngira kamu bakal tertarik sama Lovecats. :3

      Iya, aku juga ada yang pinjem sih. Hihihi

      Delete
  15. Aku pengin bikin post gini kayak kamu, tapi aku sadar.. aku belum cukup bagus di dunia buku. Btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, perasaan itu kadang aku juga merasa demikian. Pelan-pelan dicoba ya.. :)

      Delete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com