Awas, Ada Cewek PMS!

Awas, Ada Cewek PMS!

Cewek dewasa ditandai dengan perubahan tubuh, dari segi bentuk fisik dan hormonal. Setiap bulan cewek yang nggak lagi hamil bakal melepaskan telur yang sudah matang bersamaan dengan luruhnya dinding rahim yang penuh darah. Hal ini biasa disebut Menstruasi.

Kenapa bisa Menstruasi?

Dari pertama cewek dilahirkan bahkan masih di dalan kandungan, cewek sudah dibekali ratusan ribu telur yang siap dilepaskan. Beberapa literatur berbeda menyebutkan berapa jumlah telur cewek. Ada yang meyebutkan 700 ribu telur, ada juga yang menyebutkan 300 ribu telur.

Ilustrasi Organ Intim Cewek
Persediaan telur inilah yang akan dilepaskan satu persatu di setiap bulannya. Sehingga dapat dikatakan bahwa jumlah telur cewek itu terbatas dan akan habis pada waktunya. Masa menstruasi wanita antara 30-40 tahun. Setelah itu dia nggak akan bisa hamil dan menstruasi lagi.

Jika telur yang dilepas bertemu dengan sperma, maka terjadilah pembuahan. Ini akan menjadi calon bayi yang bakal tidur nyenak di bantalan darah (dinding rahim). Tetapi, kalau telur itu nggak ketemu dengan sperma, telur akan dilepas bersama dengan dinding rahim sampai bersih. Itulah menstruasi.





Senggol Dikit, Kelar Hidup Lo!

Banyak meme yang nyebutin jangan ganggu cewek lagi PMS. Haha! Soalnya bakal nggak ada ujungnya kalau berurusan sama cewek PMS. Salah dikit bakal disemprot! Cowok yang pernah punya cewek atau banyak teman cewek, paham akan hal ini.

Meme PMS

Pre Menstrual Syndrom. Disebut Pre karena memang PMS terjadi sebelum cewek menstruasi. Dan disebut syndrom karena sifatnya memiliki gejala yang bakal timbul karena sesuatu. 

Terus kenapa cewek PMS hobinya marah-marah, mudah tersinggung, labil, sensitif, dan banyak hal buruk lainnya? Percaya deh, cewek (terutama belum menikah dan melahirkan) yang akan mengeluarkan darah tiap bulannya bukanlah hal yang nyaman. Faktanya, sebelum mengeluarkan darah di hari pertama bulanannya, hormon jadi nggak stabil.

Cewek yang lagi PMS
Hormon dalam tubuh cewek ini berubah-ubah sesuai dengan siklusnya. Aku nggak akan menyebutkan nama-nama hormon itu. Karena mungkin bakal susah dipahami. Intinya begini. Satu bulan ada masa di mana tubuh cewek mempersiapkan kehamilan, maka hormon tersebut meningkat. 

Saat telur tidak jadi dibuahi, hormon akan berubah kembali menjadi stabil. Hormon mempengaruhi perubahan lain dalam tubuh.

Contoh mudahnya, cewek akan mengalami yang namanya pegal-pegal, nyeri yang amat maha dahsyat di bagian (maaf) dada, pinggul dan bagian bawah perut (rahim), suhu tubuh yang meningkat, bau badan, belum lagi jerawat yang tumbuh. Udah susah payah bersihin wajah, perawatan, jerawat hormonal masih aja suka muncul. Apalagi nambah masalah, 'nggak bawa pembalut, tembus!' makin bikin malu dan mood anjlok! Ini membuat bete, kesel, dan nggak nyaman banget! 

Cewek ini seolah dipermainkan oleh hormon dan tubuhnnya sendiri.

Tubuh ini menyerang, kalau diusik... 
Tanduk kemarahan dijamin muncul dan taring gigi siap mencabik-cabik! Muahaha... Cewek yang udah masuk PMS itu maunya disayang-sayang, dimanja, diperhatiin, dispesialin, pokoknya dibuat nyaman deh! 

Ada yang bilang setelah menikah (berhubungan suami istri/melahirkan) gejala tubuh tidak nyaman itu nggak bakal muncul lagi. Aku tidak bisa mengiyakan karena aku belum mengalami hal itu. Tapi aku pernah kok emosi stabil bahkan tubuh merasa nyaman. Itu pun paling setahun hanya 1-2 kali. Sisanya pasti selalu sakit dan menjemuhkan. Iiyyuuuwwhhh!





Telat Menstruasi, PMS makin lama

"Telat nih. Satu minggu."

Demi Tuhan ini hal yang paling nggak disukain cewek! Telat mentsruasi adalah hal paling menyebalkan! Aku nggak bicarain telat karena berhubungan seks ya. Itu lain hal. PMS umumnya terjadi 1-2 minggu sebelum tanggal menstruasi. Kalau menstruasi telat? Aaaaahhh... Tubuh ini makin nggak karuan!

Baca Juga TIPS Hidup TERATUR

Umumnya, Setelah pegal, nyeri, linu PMS, begitu hari pertama muncul, kesakitan itu hilang. Lah ini? Nyeri berkepanjangan, menstruasi nggak kunjung datang. Itu artinya:
Cewek lagi nyeri Menstruasi
PENDERITAAN SEMAKIN LAMA! 

Please..., kemana cewek harus meletakkan tubuh ini dengan nyaman. Hiks.






Kenapa Menstruasi Telat?

Kalau terjadi pembuahan, jawabnya cewek itu sedang hamil. Tapi kalau belum terjadi pembuahan, jawabnya: hormonnya lagi 'makin' nggak stabil. Udah dipermainin hormon, masih aja nggak stabil. Nggak stabilnya karena pengaruh eksternal. Misalnya banyak pikiran, pola makan nggak bagus, daya tahan tubuh, atau mungkin kurang istirahat karena kesibukan. 

So, udah tahu kan kenapa cewek PMS selalu menyebalkan dan sensitif? Tenang bagi kaum cowok, itu artinya kamu punya cewek normal karena hormonal. Itu sebabnya penting untuk mencatat kapan tanggal menstruasi. Banyak aplikasi di android sebagai pengingat. Jika sudah begitu, pihak cewek bisa mempersiapkan pembalut di tas dan bisa menjaga pola makan sehingga hormon bisa lebih stabil.


  Tips untuk cewek PMS  
1. Makan makanan yang sehat untuk menstabilkan hormon. Buah, sayur, dan banyak makan protein.
2. Catat tanggal menstruasimu. Ini penting untuk alarm dan history.
3. Minum jamu/oles balsem/sesuatu yang hangat , kalau nyeri datang.
4. Selalu membayangkan hal yang menyenangkan. 
5. Mulai belajar 'masa bodoh' dengan hal nggak penting yang bikin makin bete.
6. Selalu bawa persediaan pembalut di tas, biar nggak uring-uringn kalau tembus.

Cewek PMS, Cowok Pusing

  Tips menghadapi cewek PMS  
1. Jika tahu tanggal mentruasi, persiapkan mental +\- 1 minggu sebelumnya.
2. Jika mulai berubah jadi singa, sanjung, besarkan hatinya dengan pujian dan hal menyenangkan.
3. Jika cewek sudah marah, jangan lantas ikut marah memperbesar masalah. Yakinlah, ini hanya emosi sesaat. Khilaf, istilahnya.
4. Intinya, buat hatinya tenang dan senang.
5. Peluk dia.


Semoga tulisan ini memberi jawaban dan wawasan baru, ya...!
Wanita hanya ingin dimengerti... 
^^

Sini Peluk!

Sumber Gambar:
Aswaja | 1Cak | Salam Reproduksi Wanita | Cara Mengatasi Nyeri Haid | Komik Line

Previous
Next Post »

29 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 11:10:00 GMT+7 delete

euuuuh betul tuh kalo lagi PMS suka gitu males ini itu lah mau nya dieum di manjain :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 11:31:00 GMT+7 delete

Nah..., iya begitu. Pengennya dimanjain yah hihi

Reply
avatar
Thursday 27 August 2015 at 12:13:00 GMT+7 delete

Cewe gua kalo lagi PMS bukan jadi galak, malah jadi mesra tuh, kenapa ya?
Tapi emang kasian ya kalian para cewe, sebulan sekali harus ngalamin hal kayak gini. Ya Tuhan, untung saya dilahirkan jadi seorang cowo...

Reply
avatar
Mei Wulandari
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 14:56:00 GMT+7 delete

Untunh kalo lgi mens badanku gak sakit. Kan banyak tuh yg ngeluh kesakitan.
Tapi bener sih klo lg PMS plisss jgn ganggu

Reply
avatar
Jefferson L
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 16:45:00 GMT+7 delete

wahahaha, lumayan nambah pengethuan biologi. pre menstrual syndrom ini emang salah satu siklus yang horror yak. siklus pertumbahan darah yang membuat wanita terlihat lebih seram daripada biasanya...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 17:51:00 GMT+7 delete

Ya, tapi aku bersyukur sih jadi cewek.., karena cewek itu selalu spesial hihi

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 17:51:00 GMT+7 delete

Beruntung kamu nggak sakit ya... aku selalu merasa nyeri nih.. :(

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 17:52:00 GMT+7 delete

Ya..., makanya sayangi cewek kamu ya. Hehehe... Syukur bisa jadi wawasan baru buatmu tentang biologi haha

Reply
avatar
rizki
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 17:52:00 GMT+7 delete

Wah adikku mesti baca nih, awal-awal mens sempet uring-uringan dia. Kayaknya PMS eh emang iya PMS. Haha..

Berguna banget tipsnya kak

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 18:27:00 GMT+7 delete

jadi inget beberapa bulan yg lalu.. hahaha
ada temen cewek gue yg ngomong tentang PMS terus gue tanyain PMS itu apa? malah jawabnya PMS = mesntruasi, kan yg bener gejalan sebelum menstruasi..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 20:43:00 GMT+7 delete

Nah..., ajak adiknya baca, biar dia bisa mengenali tubuhnya :)
Sama-sama...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 27 August 2015 at 20:44:00 GMT+7 delete

Yup..., PMS itu sebelum menstruasi. :D Nah..., kaya begitu kudu dilurusin tuh.. hehehe... semga setelah baca ini nggak jadi salah lagi yaa

Reply
avatar
Doni Jaelani
AUTHOR
Friday 28 August 2015 at 07:50:00 GMT+7 delete

wahaha nambah info banget tentang dunia per-pms-an haha

Btw asik tipsnya, jadi pengen nyari cewek pms yang mau dipeluk #EHGIMANA

Reply
avatar
Friday 28 August 2015 at 14:21:00 GMT+7 delete

Kasihan ya jadi cewek. Tiap bulan kayak gini. Nggak jadi pengen jadi cewek deh. *apaan

Kayaknya ini penyebab dulu kakak aku sering marah marah deh. Dia lagi PMS. Emang setiap hari marah-marah sih. Tapi ada waktu dimana marahnya ini tingkat nasional. Beh, cuma nyentuh benda-benda berharganya dikit aja bisa langsung di smackdown.

Reply
avatar
Lulu Anditha
AUTHOR
Friday 28 August 2015 at 17:19:00 GMT+7 delete

Ah, ngomongin pms, aku bulan Juli kmren gak dapet loh:( Bulan agustus ini jg blm, biasanya sih di akhir bulan gtu sih, mdah2an aja tgl 29-30 agst ini dapet deh.. Hormonku emg gak stabil nih:( kdang muka udah bruntusan krna jerawat, eh trnyata blm dpt jg.. Udh dtunggu2in pdhal:(

Kalo masalah nyeri gtu sih, Alhamdulillah aku gak suka nyeri2 yg ampe sakit banget gtu pas mens hri prtama, paling agak2 mules, tp gak parah2 banget sih, bsokannya jg udh ilang.

Eh tp prnah deh sekali2nya... Bener2 sakit sampe ga bisa bgn dr tmpat tdr seharian. Makan pun enggak, saking gak berasa laper. Rasa laper kalah sama rasa sakit. Biarpun udh diolesin balsem tp sama aja, gak ngaruh.

Klo PMS, brrti sblum mens ya?? Kalo emosional sih biasanya aku lebih mudah trsinggung, baper, trs nangis mulu dehh, bkan marah2 akumah, nangis.. Wkwk

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 28 August 2015 at 20:20:00 GMT+7 delete

Iya, Lu... begitu emang rasanya. Nggak nyaman gitu ya badannya. Itu pengaruh hormon, Lu. Jadi gampang emosi. Wah, Juli kenapa nggak dapet, Lu. Tapi ada juga temen yang begitu. Bulan kedua mens-nya jadi lebih lama sedikit. Mudah-mudahan nggak sampai nyeri banget ya bulan ini. Kan rapel 2 bulan tuh.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 28 August 2015 at 20:22:00 GMT+7 delete

Ah, ketahuan kamu mau jadi cewek ya hayoo coba tebak.. :D
Iya gitu, Ponco. Suka nggak rasional ya cewek PMS itu. -_-

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 28 August 2015 at 20:23:00 GMT+7 delete

Nah..., jadi nambah wawasan lagi ya..Senang dengernya bisa jadi manfaat. :)

Reply
avatar
Sunday 30 August 2015 at 00:31:00 GMT+7 delete

Whaha. Ngomongin cewek PMS.
Aku sebenernya juga suka telat gitu. Aku kalo telat, biasanya karena kurang olahraga. Harus lari-lari dulu dan banyak gerak gitu, baru keluar. :')
Terus jerawat pasti muncul terus. :( Suka sebel. Nanti wajah udah bersih, eh, ada lagi jerawatnya. Kulelah dengan jerawat ini. :(
Masalah nyeri, beuuuh. Jangan ditanya, itu sakit banget. Kalo udah kumat, aku cuma bisa guling-guling di kasur. Kadang sampe nangis. -_-
Udah aku orangnya mudah emosi, ditambah PMS. Wkwkwk. Bahaya banget. :))
Tapi, untungnya makin ke sini, makin bisa mengontrol emosi. Hehe. Harus bisa begitu kan ya, Kak? :)

Reply
avatar
Uni Dzalika
AUTHOR
Sunday 30 August 2015 at 20:17:00 GMT+7 delete

Kalo aku, cukup bawain eskrim sama cokelat, udah bakalan adem :)) hahahah

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
Tuesday 3 November 2015 at 13:54:00 GMT+7 delete

Tips mengatasi cewek PMSpoin ke 5, peluk dia. Oh, iya banget. Habis itu langsung adem ayem dan sabarrrrr/

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 3 November 2015 at 18:40:00 GMT+7 delete

Hihhi.. beruntung pacar kamu ya. Beliin coklat udah anteng :D

Reply
avatar
Saturday 5 November 2016 at 09:34:00 GMT+7 delete

lucnunya kalau cwe lagi pms, nabrak tembok, temboknya yang minta maaf wkwkwkw ada-ada aja ni .. :D

Reply
avatar
TekoNeko
AUTHOR
Saturday 5 November 2016 at 09:53:00 GMT+7 delete

PMS = Pengen Meluk Situ, asik wkwkwkwkwk

Reply
avatar
dhonnies
AUTHOR
Thursday 6 April 2017 at 16:29:00 GMT+7 delete

sudah, kalo cewek lg PMS rasanya greget banget tapi terkadang lucu juga. :D

Reply
avatar
ASETIAWAN
AUTHOR
Wednesday 27 September 2017 at 16:08:00 GMT+7 delete

Hehe. Cukup tau (dalam diri, tak usah kuganggu kamu lagi, kutak mau lagi-kutak mau lagi, sayang....)

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon