Resolusi 2018 - TERATUR

Resolusi 2018 - TERATUR


Halo Desember!
Kok rasanya tahun 2017 ini cepat berlalu ya? Meski sebenernya kalau diingat-ingat, banyak banget peristiwa yang kulaluin hingga membentuk pola pikir baru, skill baru, wawasan baru, sampai model kemalasan yang baru.

Tahun 2016 kemarin, aku nggak buat resolusi sama sekali. Padahal seliweran temen-temen bikin, tapi akunya nggak. Sengaja supaya mengalir gitu aja. Nggak aku targetin kudu gimana-gimana. Cuma berdoa semua dilancarkan. Itu saja.

Eh tapi kok ya sepanjang tahun malah jadi malas. Nggak ngerti kudu ngapain. Nggak terarah. Ngerjain sesuatu nggak ada tujuannya. Setiap bulan ada sesuatu yang WAW misalnya. Setelah nerima itu ya selesai. Dibilang seneng yaa seneng. Dibilang puas ya, alhamdulilah.. tapi kok kaya ada yang kurang.

Nggrambyang gitu... Pas di akhir tahun seperti ini jadi nggak jelas mau evaluasi dirinya.
Terus, mumpung ada waktu 2 minggu sebelum bener-bener berakhir, pengen niatin bikin resolusi 2018. Tujuannya supaya apa yang aku lakuin itu jelas, terukur, terkontrol, bermanfaat dan ada kepuasan batin bahwa hidup di tahun 2018 banyak point yang goals.

Cuma bingung dong mau bikin resolusi apa. Haha!

Awal tahun 2017 lalu, aku nemu ulasan uapik dari Mbak Emanuella (nyonyamalas.com). Ngejelasin gimana cara mudah membuat resolusi yang S.M.A.R.T berdasarkan teorinya Peter Drucker dengan Mind Map. Sebelum mengulas apa saja resolusiku, maka aku jelaskan sedikit apa itu Mind Map dan teori S.M.A.R.T. Supaya teman-teman bisa ikut mudah bikinnya.





Mind Map

Mind adalah pikiran. Map adalah peta. Mudahnya kalau digabung, apa yang ada di pikiran kita dibuat peta supaya mudah dikategorikan, diprioritaskan, diperinci karena kita bakal breakdown sebuah pikiran menjadi lebih spesifik.

Bikin Mind Map bisa pakai aplikasi di komputer/ smartphone. Buanyak buanget aplikasi gratis di playstore. Atau kalau pengen lebih flexibel dan berseni tinggi, ya pakai corat-coret pena dan kertas.  Mind Map yang dibuat bebas, boleh berupa kombinasi antara garis dan:
👍 Gambar, kalau yang mudah memahami sesuatu dari visual.
👍 Tulisan, kalau yang lebih suka simple.





Teori S.M.A.R.T oleh Peter Drucker

Siapa Peter Drucker? Dialah Guru Manajemen Dunia. Kata beliau, kita nggak bakal bisa mengelola sesuatu kalau kita nggak ngukur alias kita nggak ngekonsep dengan baik. SMART ini maksudnya adalah:

Tema besar resolusiku: TERATUR.

Aku berhasil bikin Mind Map dong! Aku semangat banget untuk 2018 TERATUR. Dan ternyata bikin Mind Map sangat sangat sangat mudah! Aku mulai dari poin besar lalu aku breakdown  menjadi lebih rinci.

Di bawah ini adalah Mind Map-ku dengan 1 Tema Resolusi dan beberapa Poin Besar. Kucontohin 1 Poin yang di-breakdown menjadi lebih rinci. Kalau ku jelasin semua nanti bakal panjang, hehe. Maka inilah Resolusi 2018 punyaku:


SPIRITUAL
Mempertahankan solat fardhu tepat waktu, dan mulai ngerajinin ibadah sunahnya. Untuk Dzikir insyallah sudah mulai dibiasakan sejak setahun terakhir setiap hari karena udah naik motor (listrik) sendiri. Untuk membunuh ngantuk dan ngelamun ya dengan dzikir.

Sedekah! Ini penting. Rasa-rasanya ini jadi renungan di satu-dua tahun terakhir. Aku ngerasa pemasukanku itu selalu kurang dan pengeluaran selalu lebih. Nggak terkontrol. Mungkin bener manajemenku lagi eror. Entah deh... tapi aku yakin... masalahnya aku kurang bersedekah. Tahun depan, tiap minggu kudu ada yang dikeluarkan! Bismillah...


✔ KEUANGAN
Ini krusial banget deh. Salah manajemen dikit aja udah rusak ke depannya. Awal ngantor dulu aku selalu punya batas limit tabungan. Nggak boleh kurang dari limit tuh isi ATM. Tapi satu tahun ke belakang, nyaris tinggal sepertiga dari batas limit...! Heran... belanja online padahal enggak sering. Mungkin memang masih ada hubungannya sama kurang sedekah sih. Okey, ikhlaskan... tahun depan kudu buat perencanaan.

Ada banyak artikel mengatakan bahwa hal paling mudah dalam manajemen keuangan adalah membaginya dalam beberapa kategori dompet. Oke, aku mulai dari paling sederhana dan dimulai paling kecil dahulu.
Aku aslinya suka dan rajin sekali kontrol uang masuk dan keluar dilihat dari mutasi bank dalam satu bulan. Pernah kuulas di “Hampir Terjebak dengan Transferan Berlipat di Rekening”.

Sejak pengeluaran selalu lebih dari pemasukan, aku jadi takut cek mutasi bank. Bikin sakit hati dan pusing mikirin, “Ini salahnya di mana?” Lalu dijawab sendiri, “Sedekah, Vind...” Kemudian aku merasa bersalah pada diri sendiri.

Kalau tadi kudu manajemen pengeluaran, kali ini harus kembali rajin cek mutasi bank lagi. SETIAP BULAN. Kontrol. Jangan males. Catat pemasukan dari gaji dan job sponsorship misalnya. Tahun 2018 kudu banyak nabung. Karena tahun depan aku banyak kebutuhan.


SKILL
Passionku menulis dan tenggelam dalam dunia grafis baik ilustrasi maupun videografi. Aku kudu bisa baca sehari minimal 1 artikel (blog/novel/komik) yang bagus, berkualitas, dan berbobot di media yang baik alias bukan abal-abal/provokasi. Membiasakan diri membaca dari awal-akhir tanpa skip/scroll terlalu jauh (males baca).
Untuk skill grafis, aku harus juga lihat trend terbaru. Kalau trend ini bisa 3-4 bulan sekali kudu main ke image hosting, blogwalking ke temen-temen, nge-Pinterest, nge-YouTube dan lainnya. Dan untuk video, ugh! My YouTube Channel vacum ada sekitar 4 bulanan terakhir. Sedih banget kalau lihat subscriber naik terus, tapi konten masih absen! Aku kudu buat planning deadline 1 bulan mau bikin apa. Nggak usah muluk-muluk lah... 1 video/bulan.

Pokoknya kudu tetep kreatif.

Dan yang paling ampuh dalam mengasah skill, aku kudu rajin ikut lomba yang penyelenggaranya jelas serta hadiah UANG. Ya, uang. Buat itu tadi... nambal tabungan bolong gede. Nabung buat apa? Buat...


KESEHATAN
Buat kesehatanku. Setahun terakhir kemarin alhamdulillah sakitnya lumayan jarang. Mentok daya tahan tubuh turun karena pancaroba, demam atau maag. Aku kalau udah maag pasti merembet ke lainnya.

Maag – Nggak nafsu makan – Bobot berkurang – Makin mudah sakit – Minta perhatian
Endingnya = Pekerjaan terlalaikan.

Kuncinya badan kudu fit. Tahun 2018, sebelum jam 1 malam kudu tidur! Lepas gadget. Ini kudu dipaksa. Bangun subuh nggak tidur lagi. GERAK! Sarapan cukup, olahraga joget-joget juga mulai dibiasakan lagi. Supaya metabolisme bisa keluar lewat keringat bukan lewat jerawat.

FYI, di channel YouTube-ku ada banyak video dance cover lagu-lagu remaja yang enak buat gerak, 11-12 lah sama Zumba. Keringetan. Aku tipe badan yang susah gemuk. Bisa sih berisi, tapi cepet kurusnya lagi kalau telat 1-2 jam makan. Jadi kudu dikunci jadi otot. Tujuan ngecover dance ya karena ingin olah tubuh dengan lagu yang aku suka. Sekaligus melatih daya ingat. Ini ngaruh loh!

Kalo Zumba minder sama mbak-mbak badan seksi lainnya.

Tapi gara-gara keseringan begini, aku dikira masih anak sekolah, huhu. Nggak jarang dipandang sebelah mata, "Masih anak kecil..." Padahal sudah seperempat abad lebih... Tubuh ini memang mungil. Alhamdulillah artinya awet mudah, hihi.

2018, capai berat badan ideal. 




💧 Terapi Musnahkan Parasit
Dalam kurun waktu 6 bulan aku harus musnahkan ‘parasit’ di tubuh ini. Selain terapi obat, aku juga kudu jaga daya tahan tubuh. Nggak boleh drop. Kalau drop, parasit ini menjangkit lagi dan aku nanti makin lama berobatnya. Bukan parasit mematikan kok. Semacam virus yang sedang reaktif. Aku kena virus ini karena keseringan makan sushi mentah. Bisa saja kubiarkan dan akan hilang dengan sendirinya... tapi... selama ada kesempatan berobat, maka aku usahakan segera berobat. :)

Biasanya sih aku selalu sedia vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Di tubuhku, ciri yang paling kelihatan ketika ngedrop misalnya:


Kalau sudah gitu, pasti aku sedia obat maag dahulu untuk ‘mengakali’ perut kembung dan perih supaya enak makannya. Soalnya kalau nggak gitu, cium aroma masakan aja udah bikin asam lambung naik dan seadnainya dipaksa makan bisa keluar lagi.  Kalau sakit jangan lama-lama. Nanti ya gitu, kerjaan keteteran, merugikan banyak pihak terutama diri sendiri. Resolusi bisa berantakan gara-gara sakit nggak berkesudahan.



Seperti bulan Desember ini, musim hujan. Mendung mulu bikin males ngapa-ngapain. Aku yang kerja sebagai designer layout di sebuah surat kabar daerah, jam kerjanya adalah sore hari. Desember hujan selalu deras di sore hari. Resikonya? Ya berangkat kantor hujan-hujanan lah!


💧 Minum Multivitamin Lengkap dengan Mineral
Kehujanan, males gerak, males makan trus maag, yakin deh sumpah, bakal sakit. Enter wind alias masuk angin. Haha, bahasa ngasal! Trus aku sempet sakit. Aku masih ingat betul, setelah foto itu diambil (bersepeda, kiri), besoknya aku demam tinggi, mengigil, kepala berat, lidah pahit dan langsung minum penurun panas. Selain maksa makan walaupun sedikit, ketika demam turun aku disaranin minum multivitamin dan mineral Theragran-M. Minumnya setelah makan lalu dipaksain juga tidur lebih cepat supaya istirahat.


Kandungan vitamin A, B1, B2, B5, B6, C, D3, E, K, Fe, Mg, Manganese, Copper, dan Zn membantu mencukupi untuk tubuh yang sedang turun daya tahan tubuhnya atau sedang dalam proses penyembuhan. Banyak penyakit dan infeksi kayanya subur banget berkembang biak di suhu rendah seperti ‘musim basah’ ini. Kalau lihat kandungannya, Vitamin B-nya banyak. Jadi buat tubuh yang letih karena seharian kerja, bisa segar esok paginya. Belinya di apotek kesayangan.

Foto di atas ini adalah  tepat kemarin sore sebelum masuk kantor. Pakai mantel soalnya memang sebelumnya dueres buanget. Desember, gede-gedene sumber. Jadi supaya terapi obat virus itu cepat musnah, multivitamin dan mineral juga penting. Supaya nggak jadi ngedrop.

Itulah kenapa aku menekankan NABUNG...
Pokoknya 2018 kudu sembuh dan sehat!


PEKERJAAN
Ngantor datang dan selesai ontime! Rencanain CUTI jalan-jalan sama kesayangan. Tahun 2017 aku nggak bisa ngerasain cuti jalan-jalan, karena cutiku habis untuk berangkat umroh awal tahun 2017. Bayangin deh, ngawali tahun, cutinya sudah abis. Selama bulan Februari-Desember yaa... jadi karyawan dengan loyalitas tinggi. Dan juga, kinerja kudu makin berkualitas. Dalam satu bulan, toleransi kesalahan maksimal 3x! Kalau bisa nol! Nah kalau kerja di Blog:




✔ WAWASAN
Tahun lalu via Goodreads, aku harus tuntas 15 judul. Tahun ini... minimal 8 judul saja lah. Karena tanggungan baca online juga makin banyak. Bacanya juga harus di website terpercaya. Aku juga harus aktif di komunitas dengan niat sharing & caring


2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Vindy has
read 1 book toward
her goal of
8 books.
hide





SOSIAL MEDIA
Karena tema besarku TERATUR, maka aku harus kontrol kebiasaan pegang gadget. Selain itu harus SAMA SEKALI nggak mau ikut campur Politik dan SARA. Tahan nafsu untuk nggak komentar sama sekali di status/forum yang sensitif. Timelineku bersih, tapi kadang suka kepancing emosi rusuh di postingan orang. Biar apa? Biar aku kelihatan pinter. Tapi ternyata nggak ada gunanya buat diri sendiri.

Mending sosial media dibuat ngumpulin ide! Kumpulin ide! Kumpulin ide!




RELATIONSHIP
Untuk terus bisa jadi berkembang, jalinan sosial itu penting banget ya. Misal hal sederhana, punya janji. Terus banyak alasan akhirnya nggak bisa ditepatin. Konfirmasi/ngabarin sih, tapi kan ngeganggu juga ya? Aku harus bisa mikir dan berhati-hati dalam berjanji. Tolong Vindy kalau merasa nggak mampu, jangan di-iya-in.

Terima/tolak

Selain itu aku harus senantiasa berujar positif. Dalam hal apapun misal support kawan/kerabat.  Doa yang baik, insyaallah baik untuk pemilik hati yang bersuara. Dan paling akhir... Tahun 2018 semoga... jadi menikah. Amin...

Yaitulah resolusiku dengan menerapkan teori SMART dan pakai cara mind map. Mudah banget ternyata! Dan semua jadi lebih spesifik, terukur, ada motivasinya, sesuai dengan kemampuan insyaallah, dan punya tenggat waktu tertentu. Sebenernya lebih bagus kalau dibuat per bulan.  Entar tinggal nyoret mana yang goal mana yang belum. Tapi....

Semua nggak bisa dilakuin kalau nggak ada niat dan tubuh yang sehat.
Yuk, Vindy...
2018...
Bisa hidup TERATUR...


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.
Sumber Gambar: Yingyang | Drawnhy97 | Dooder | Freepik | Dokumen Pribadi

Previous
Next Post »

91 komentar

Write komentar
Santo Ahmad
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 08:31:00 GMT+7 delete

keren bannget itu infografisnya bikin sendiri ya kak hehe. aku mau ngomentarin gambarnya aja hahaha

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 09:06:00 GMT+7 delete

Itu gambar diambil dari sumber, tapi semua aku yg olah dan kombinasikan ;)

Reply
avatar
Nathalia DP
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 09:45:00 GMT+7 delete

Keren, resolusi & penyajiannya :)

Reply
avatar
Friday 15 December 2017 at 10:22:00 GMT+7 delete

Semoga segala resolusinya terpenuhi di tahun depan Vindy. Semangat!!

Reply
avatar
Yenny Susanty
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 11:15:00 GMT+7 delete

ih keren banget dance covernya syuka syuka syuka

Reply
avatar
Prita Hw
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 11:37:00 GMT+7 delete

yey, finally kelar ya! Aku menikmati bacanya, semoga semua resolusi tahun depan ke-achieve lebih dari separuhnya ya Vin :*

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 11:46:00 GMT+7 delete

Makasih Mbak Lia... semoga ga bingungin yaa :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 11:49:00 GMT+7 delete

Amin, percaya atau enggak, pas abis dijembreng gini, makin jelas gitu, 2018 kudu ngapain aja... hehee.. semacam pencerahan.. moga ga hanya coretan semata hihi

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 13:08:00 GMT+7 delete

Amin... semoga bisa setengah atau lebih terealisasi...

Reply
avatar
Komalade
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 14:41:00 GMT+7 delete

Resolusi tahun kemarin aja baru 60% tercapai heheheh semangat mbak Vindy :)

Reply
avatar
Friday 15 December 2017 at 16:18:00 GMT+7 delete

aaahhh.. keren euy resolusinya vindyyy :D
aku sih resolusi paling besar adalah NABUNG. resolusi ngurangin belanja impulsif udah tercapai, semoga bisa bertahan

Reply
avatar
Tian Lustiana
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 16:19:00 GMT+7 delete

Semoga terwujud resolusinya yaaa, Vindy!

Reply
avatar
Boni
AUTHOR
Friday 15 December 2017 at 23:34:00 GMT+7 delete

nambal tabungan bolong gede. Nabung buat apa? Buat... Meried :D

DA PA nya gede, PV semoga tercapai sudah 3,112,105 tahun depan selamat 1 thn penuh sepertinya tercapai.

Kalo ane tukang baca blog orang saja :D revolusinya

Reply
avatar
Saturday 16 December 2017 at 01:10:00 GMT+7 delete

Suka banget tips buat resolusinya Vin.Mau ngikutin bikin yang SMART juga ah. Selama ini resolusi hanya untuk bulan Januari.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 08:59:00 GMT+7 delete

Amin... :) Terima kasih ya... sukses juga untukmu...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 09:01:00 GMT+7 delete

Iya, nabung ya... kayanya kita semua kena sindrom konsumtif secara gak sadar deh huhu...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 09:02:00 GMT+7 delete

Sama-sama... aku juga terinspirasi dari Teman Blogger lain hihi...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 09:03:00 GMT+7 delete

Amin...! Thanks yaaa... sukses juga untukmu :)

Reply
avatar
Sarah Jalan
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 09:16:00 GMT+7 delete

Semoga Terwujud resolusinya ya mbak vindi...:)

Reply
avatar
Lidha Maul
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 12:16:00 GMT+7 delete

Super, resolusinya komplit banget. Semoga terkabul ya. Infografisnya kece lho

Reply
avatar
Inda Chakim
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 12:45:00 GMT+7 delete

Mbk vindy, seru resolusinya euy. Semoga tercapai semua yak. Amiinnnn

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 14:12:00 GMT+7 delete

waaah resolusi yang lumayan kompleks hahaha. tapi memang resolusi macam ini perlu, asal jangan sampai lupa dipastikan atau diusahakan untuk selesai ya tahun depan :)

Reply
avatar
Salaminzaghi
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 15:35:00 GMT+7 delete

resolusinya lengkap nih. semoga tercapai di 2018 :D

Reply
avatar
Oci YM
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 16:15:00 GMT+7 delete

Waaaah.. komplit plit... Moga semua resolusinya ntar tercapai yah Mbak :)

Reply
avatar
insalamina
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 17:13:00 GMT+7 delete

aku gagal fokus sama desainnya yang unyu abis. Semoga tercapai ya resolusi nya dan tetap konsisten!

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 17:15:00 GMT+7 delete

Tapi cukup berat loh sejuta dalam setahun 😂

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 December 2017 at 17:18:00 GMT+7 delete

Amin.. semoga ga hanya sebagai tulisan semata saja....

Reply
avatar
Mildaini
AUTHOR
Sunday 17 December 2017 at 10:09:00 GMT+7 delete

kak, pinjam motor sepedanya eh sepeda motor apa ya, hahaha

Reply
avatar
Miftha Kaje
AUTHOR
Sunday 17 December 2017 at 11:34:00 GMT+7 delete

Resolusinya muantep tenan mbak.. menginspirasiku buat nulis ttg resolusi.. sebelumnya aku juga belum pernah tuh bikin resolusi2 begini..
Semoga resokusinya tercapai dan konsisten ya mbak..

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
Sunday 17 December 2017 at 19:26:00 GMT+7 delete

Semoga impianmu untuk menikah di 2018 kesampaian ya Vind. Membaca ini aku jadi belajar lagi untuk lebih teratur lagi mengatur waktuku. Aku masih suka keteteran di situ.

Semangat buat kita.

Reply
avatar
Boni
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 09:24:00 GMT+7 delete

Kan sesuai judull harus konsisten 3 artikel/day :D

Reply
avatar
Monday 18 December 2017 at 14:09:00 GMT+7 delete

lama nggak mampir sini makin enak dilihat tampilan blognya, ehe.

bener-bener teratur banget reaolusinya. dari masalah batin, kesehatan, hubungan dengan orang lain, dan hal-hal teratur yang lain. semoga tercapai lah mbak. apalagi dibagian keuanga tuh, buat modal nikah. cieeee.

kalo dipikir-pikir aku belum pernah bikin resolusi kayak gini. dari dulu ngalir aja. tapi kemarin-kemarin aku menantang diriku buat lebih sistematis hidupnya. kayaknya perlu juga nih bikin resolusi sedetail ini.

Reply
avatar
Leeviahan
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 16:29:00 GMT+7 delete

woww lengkapnyaaa, semoga resolusinya tercapai th 2018 nanti yaa ^_^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 17:32:00 GMT+7 delete

Udah bntar lagi ya tahun 2018, kok ya aku masih pengen di 2017 hehe, resolusiku kyaknya ya menyelesaikan yng mnjadi resolusi di 2017 dan belum kesampaian hehe

Reply
avatar
Monday 18 December 2017 at 20:16:00 GMT+7 delete

Salah fokus sama gambar2nya 😂😂😂 kayanya kamu tipe orang yang punya banyak hobi. Sama kaya aku! Sampe bingung yang mau difokusih tuh apa 😢😢😢
Dan tulisanmu sedikit memberi pencerahan hehehe

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 21:10:00 GMT+7 delete

Eh, ya nggak sehari 3 artikel juga wkwkwkw...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 21:11:00 GMT+7 delete

Makasih, Mbak Lidha... Iya, ternyata pakai Mind Map bikin detail banget. Jadi enak bacanya.. tinggal dilihat mana yang belum tercapai dan yang kudu diingat-ingat.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 21:14:00 GMT+7 delete

Iya, itu PR besarnya hahahaa.. bisa ga yaa

Reply
avatar
Sam
AUTHOR
Monday 18 December 2017 at 21:46:00 GMT+7 delete

Semoga resolusinya bisa tercapai dan berjalan dengan baik.

Saya dulu buat resolusi kayak gini (nggak terlalu detail sih) tapi akhirnya nggak kesampean karena males, lupa, akhirnya nggak tau deh kemana. Liat resolusi mba vindy jadi kepikiran pengen buat lagi haha.

Ternyata mbak vindy ini suka cover dance, kapan-kapan saya cek youtube deh pengen liat kayaknya keren haha

Reply
avatar
Tuesday 19 December 2017 at 16:10:00 GMT+7 delete

Semoga semua resolusi 2018 tercapai semua ya Vin. Resolusiku tahun depan pengin hidup lebih sehat, karena kalo sudah sakit, nggak bisa ngelakuin apa2

Reply
avatar
Rifqi Banyol
AUTHOR
Thursday 21 December 2017 at 09:05:00 GMT+7 delete

Fix! Lengkap dan infografisnya kece badai. :)

,Semoga semua resolusinya terlaksana semuanya. Aamiin.

Reply
avatar
Thursday 21 December 2017 at 12:57:00 GMT+7 delete

hai vindyyy wah sudah lama kayanya gue engga main kesini, gue aja baru nyadar kalau gue blm bikin resolusi 2018, untung baca postingan ini hahaha, kalau gue biasanya pake mindmap buat belajar, tp engga kepikiran kalau bisa juga buat bikin resolusi, emang bagus sih metodenya , jadi lebih rinci dan sekalian main gambar-gambaran whehe

Reply
avatar
Jefferson L
AUTHOR
Sunday 24 December 2017 at 10:07:00 GMT+7 delete

yeah, akhir tahun itu akhir yang super tepat untuk membuat resolusi. Banyak hal yang pingin dicapai pastinya, dan itu tentu harus benar-benar direalisasikan agar tidak menjadi resolusi semata. gOODLUCK!

Reply
avatar
santi dewi
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 15:33:00 GMT+7 delete

waah... resolusinya banyak ya... semua serba teratur, dan memang harus seperti itu :) semoga tercapai semua :)

Reply
avatar
Saturday 30 December 2017 at 16:06:00 GMT+7 delete

Wah tak sabar juga ah pengen membuat resolusi di tahun 2018. Semoga terkbaul ya keinginannya ya mba :)

Reply
avatar
Sara Neyrhiza
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 17:24:00 GMT+7 delete

Suka banget nih sama grafis mind mapnya..semoga semua tercapai ya mbak

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:15:00 GMT+7 delete

Amin... itu yang terpenting. Melakukan resolusinya :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:17:00 GMT+7 delete

Iya, sampai jumpa di Bulan Desember 2018. Kira-kira apa yang sudah tercapai yaa

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:18:00 GMT+7 delete

Semoga sebentar lagi kita mengawali tahun 2018 dengan penuh semangat!

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:19:00 GMT+7 delete

Dicoba ya.. sekaligus introspeksi diri sih... menelaah mana yang perlu ditingkatkan, mana yang harus dikurangi.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:20:00 GMT+7 delete

Hahaha... semoga yaaa yang belum kesampean tahun ini, bisa kesampean di tahun depan hihi...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:21:00 GMT+7 delete

Iya bener juga sih, suka ini itu mencoba hal baru. Seru aja gitu eksplore diri.. semangat untukmu juga ya...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:21:00 GMT+7 delete

Ayo main ke youtubeku hihii...
Sebenernya juga tantangan baru sih... bikin resolusi, konsekuensinya ya kudu dilakukan...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:22:00 GMT+7 delete

Betul mbak Lianny... sama kita. Hidup teratur dan sehat... :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:22:00 GMT+7 delete

Amin!! Thanks yaaa lama nih ga mampir ke siniiii...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:23:00 GMT+7 delete

Aku sih suka pake gambar juga. Tapi kalau aku gabisa gambar. Jadinya makin berantakan. Trus jadi males deh mau ngebaca. Lebih suka simple tulisan akhirnyaa hehe

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 30 December 2017 at 22:24:00 GMT+7 delete

Amin... semoga beneran teratur ya... demi hidup lebih baik...

Reply
avatar
Sunday 31 December 2017 at 00:00:00 GMT+7 delete

Keep strong, smile and happy.
Semoga disegerakan yg disemogakan.
Amiiin.
Jgn berhenti, jgn menyerah, jgn minder.
Prcaya diri, trus maju kedepan.
Semangaaaattttt

Reply
avatar
Sunday 31 December 2017 at 07:44:00 GMT+7 delete

Keren deh artikelnya ^^ Goodluck buat lombanya dan semoga resolusinya tercapai :)

Reply
avatar
Eni Rahayu
AUTHOR
Monday 1 January 2018 at 20:01:00 GMT+7 delete

Semoga tercapai dengan sukses ya resolusinya, btw grafisnya kereeen

Reply
avatar
Winda
AUTHOR
Wednesday 3 January 2018 at 14:03:00 GMT+7 delete

waaaah infografisnya keren, good luck mba :) resolusi aku tahun ini cuma melanjutkan beberapa resolusi tahun 2017 yang belum tercapai hahahaaa

Reply
avatar
Desi
AUTHOR
Wednesday 3 January 2018 at 15:52:00 GMT+7 delete

waahh, keren resolusinya. semoga tercapai ya aamiin

Reply
avatar
muthihaura
AUTHOR
Wednesday 3 January 2018 at 18:12:00 GMT+7 delete

Kreatif mbaak. Kereeen. Smoga sgala resolusi trwjud ya mbk :) Tahun ini jstru aku g bkin resolusi apa apa. Salam kenal, muthihauradotcom

Reply
avatar
rizka edamnda
AUTHOR
Thursday 4 January 2018 at 08:53:00 GMT+7 delete

aku salah fokus sama infografis nya ... lucu bangeeet hihi

Reply
avatar
Diah Estika
AUTHOR
Saturday 6 January 2018 at 08:57:00 GMT+7 delete

Cakep ih resolusinya ❤️

Salam kenal
Diah
www.diahestika.com

Reply
avatar
Lia Harahap
AUTHOR
Saturday 6 January 2018 at 18:34:00 GMT+7 delete

Aku salah fokus. Itu sepeda elektrik ya, Mbak?

Reply
avatar
Sunday 7 January 2018 at 10:46:00 GMT+7 delete

resolusinya kece abiiss.... semoga tercapai semuanya ya mba,,,

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 January 2018 at 18:28:00 GMT+7 delete

Iyaaa hehee.. sepeda listrik. Nggak pakai bensin. :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 January 2018 at 18:31:00 GMT+7 delete

Amin... makasih ya, Mbak Putu.. :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 January 2018 at 18:40:00 GMT+7 delete

Hihi.. iyaa makasih ya Mbak Windaaa

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 10 January 2018 at 18:41:00 GMT+7 delete

Amin, Terima kasih, Mbak Desi... :D

Reply
avatar
Kresnoadi DH
AUTHOR
Wednesday 10 January 2018 at 23:49:00 GMT+7 delete

Wuih kayaknya udah lama juga gue gak mampir ke sini ya. Muahahaa. Seru juga sih resolusinya. Banyakdan detail gitu. Daaan, gue malah salah fokus ke vector2nya yang kocak. Muehehe. \:p/

Reply
avatar
ihsan saidi
AUTHOR
Monday 15 January 2018 at 00:11:00 GMT+7 delete

izin pakek gambar resolusi 2018 - disertakan sumber. thq.

Reply
avatar
ranselusang
AUTHOR
Wednesday 17 January 2018 at 03:10:00 GMT+7 delete

Semoga resolusinya di tahun ini bisa benar terkabul dan juga teratur. Harus bisa nahan nafsu dan godaan yang menghalangi keberhasilanya ya kak.amin

Reply
avatar
uyoyahya
AUTHOR
Sunday 4 February 2018 at 18:02:00 GMT+7 delete

Resolusinya terperinsi sekali. Suka dengan mind mapnya!

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon